Trifaris Muhsy -Bahagia bukan milik dia yang hebat dalam segalanya, namun dia yang mampu temukan hal sederhana dalam hidupnya dan tetap bersyukur-

Contoh Surat Penangguhan Penahanan

5 min read

contoh-surat-penangguhan-penahanan

Contoh surat penangguhan penahanan – Kalian perlu tahu, bahwa surat permohonan merupakan surat yang menyatakan permohonan atau permintaan antara satu pihak dengan pihak yang lainnya.

Adapun jenis surat permohonan sendiri ada yang bersifat resmi dan ada juga yang bersifat tidak resmi. Sedangkan untuk surat yang resmi, umumnya akan ditujukan kepada sebuah instansi atau lembaga. Baik itu lembaga pemerintah, ataupun lembaga yang statusnya swasta.

Namun jika dilihat, surat permohonan biasanya akan diberikan dari pihak yang memiliki kedudukan rendah, kepada yang memiliki kedudukan lebih tinggi. Nah, pada pembahasan kali ini, kita akan bersama-sama mempelajari mengenai contoh surat penangguhan penahanan yang tentunya tidak bisa dibuat dengan cara asal-asalan.

Nggak perlu lama-lama, yuk langsung simak pembahasannya.

Pengertian Surat Permohonan 

pengertian-surat-penangguhan-penahanan
pixabay

Berbicara mengenai permohonan, mungkin kalian akan langsung berpikir pada permintaan. Ya, karena permohonan merupakan sebuah permintaan dari satu pihak, kepada pihak yang lain terkait suatu hal.

Hal yang diminta tersebut bisa berupa berbagai hal, baik permohonan izin, bantuan dana, permohonan rekomendasi, beasiswa, dan lain sebagainya.

Karena kita berada di posisi sebagai orang yang meminta suatu hal tersebut, maka dalam penyampainnya kita harus menggunakan bahasa yang baik dan sopan. Sehingga dengan begitu, pihak yang kita mintai permohonan akan lebih bersedia untuk memberikan atau memenuhi permintaan tersebut.

Bagian-bagian Surat Permohonan Resmi

struktur-surat-pemohonan
pixabay

Di dalam penulisan surat, baik resmi ataupun tidak resmi, pastinya terdapat susunan atau bagian-bagian yang harus diperhatikan. Oleh karena itu, kita tidak boleh asal-asalan dalam penulisannya.

Ada banyak sekali susunan atau bagian yang harus di perhatikan selama penulisan surat, sehingga bukan hanya mengandalkan penggunaan bahasa yang baik dan sopan saja. Namun juga memperhatikan struktur yang ada.

Sehingga dengan demikian, surat yang kita buat akan terlihat lebih rapi dan isinya pun dapat tersampaikan dengan baik.

Nah, apa saja sih bagian-bagian penting yang harus diperhatikan di dalam surat tersebut? Berikut pemaparannya:

1. Kepala Surat (Kop Surat)

Dibagian paling atas di dalam contoh surat penangguhan penahanan adalah, kepala surat atau yang sering disebut sebagai kop surat.

Kepala atau kop surat ini, umumnya memuat informasi mengenai nama, logo, identitas, dan alamat kantor dan lembaga pengirim surat.

Bagian dari kop surat umumnya terdiri dari hal-hal berikut:

  • Nama lembaga
  • Logo/lambang lembaga
  • Alamat lembaga
  • Nomor telepon lembaga
  • Kode pos dan fax lembaga (jika diperlukan/ ada)
  • Alamat email dan website lembaga

2. Tempat dan Tanggal Surat

Dibagian yang kedua yaitu tempat dan tanggal surat. Tujuan dari dicantumkannya tempat dan tanggal surat ini adalah, untuk memberikan informasi mengenai kapan dan dari mana surat tersebut dikirim.

Namun untuk tempat surat ini terkadang juga tidak dicantumkan, apabila sudah dicantumkan di dalam alamat instansi pada bagian kop surat. Sedangkan untuk tanggal surat ditulis sesuai dengan waktu surat dikirim.

Cara penulisan tempat dan tanggal surat, di Indonesia umumnya dimulai dari Kabupaten/Kota, kemudian diikuti oleh tanggal, bulan, dan tahun.

Contoh penulisan tempat dan tanggal surat:

Madiun, 25 Desember 2019

Surabaya, 15 Januari 2020

3. Nomor Surat

Di dalam penulisan sebuah surat resmi, umumnya selalu ada nomor surat yang dicantumkan. Pemberian nomor surat ini diberikan pada surat resmi yang dikirim oleh lembaga, organisasi, instansi, ataupun perusahaan yang resmi dan terdaftar.

Penulisan nomor surat ini, biasanya meliputi nomor urut penulisan surat, kode surat, tanggal, bulan, dan juga tahun penulisan surat.

Fungsi dari penulisan nomor surat tersebut adalah, agar lebih memudahkan dalam pengaturan dan penyimpanan surat. Serta mengetahui jumlah surat yang telah dikeluarkan oleh suatu lembaga atau instansi.

Sedangkan untuk penempatan nomor surat sendiri, yaitu disesuaikan dengan bentuk dan sistem penulisannya.

Nomor surat yang ditulis dapat dicantumkan di bagian sebelah kira atas kertas untuk surat berperihal, dan dapat juga dicantumkan di bawah judul untuk surat yang berjudul.

Contoh penulisan nomor surat:

293/BPOM/05/12/2019

023/BMH/XII/2019

4. Hal/Perihal

Fungsi dari bagian hal/perihal ini adalah, untuk memberikan petunjuk kepada pembaca surat mengenai kepentingan dan isi pokok dari surat tersebut.

5. Alamat Tujuan

Di dalam surat resmi, terdapat dua alamat tujuan yang perlu ditulis. Yaitu alamat luar yang ditulis di sampul surat, dan alamat dalam yang ditulis pada bagian dalam kertas surat.

Penulisan alamat pada bagian sampul, kalian harus menulisnya secara lengkap. Sedangkan untuk penulisan alamat dalam, kalian hanya cukup menuliskan sebagiannya saja.

Misalnya seperti Bapak/Ibu, bisa juga Yth, dlsb.

6. Salam Pembuka

Fungsi dari salam pembuka ini adalah, untuk membuka pembicaraan dalam surat sesuai adab, sopan, dan santun.

Di dalam cara penulisan salam pembuka, kalian cukup mengawali dengan huruf kapital dan mengakhiri dengan tanda koma.

Misal:

Dengan hormat,

Selamat pagi,

7. Isi Surat

Seteleh menuliskan salam pembuka, saatnya kalian masuk kepada inti dari sebuah surat. Yakni isi surat.

Di dalam isi surat, kalian hanya perlu menyampaikan apa yang harus disampaikan kepada orang atua lembaga yang dituju.

Pada bagian pembuka isi surat, umumnya berisi pengantar bagi pembaca untuk mengetahui isi dan berita yang akan disampaikan oleh pengirim surat.

Kemudian pada bagian inti surat, berisi maksud dan tujuan. Yaitu menyampaikan maksud surat secara jelas, singkat, dan padat agar pesan dari surat dapat tersampaikan dengan baik pada pembacanya.

Terakhir bagian penutup isi surat. Dibagian ini berisi penegasan dan kesimpulan dari isi surat secara keseluruhan. Selain itu, penutup ini juga dapat berisi harapan atau ucapan terimakasih kepada pembaca atas penyampaian pesannya.

8. Salam Penutup

Salam penutup berfungsi sebagai ucapan salam akhir untuk menambah kesantunan dalam berkirim pesan, meskipun tidak harus ada.

Cara penulisannya pun tidak jauh berbeda dengan salam pembuka. Yakni diawali dengan huruf kapital dan diakhiri dengan tanda koma.

Misal:

Hormat kami,

Terimakasih,

9. Nama Pengirim dan Tanda Tangan

Dibagian akhir atau bagian bawah surat, yaitu harus ada nama terang dan tandatangan pengirim.

Bagian-bagian Surat Permohonan Tidak Resmi

bagian-surat-tidak-resmi
pixabay

Jika di dalam pembahasan unsur surat resmi ada banyak sekali hal-hal yang harus diperhatikan, maka di dalam pembahasan unsur surat tidak resmi ini sebaliknya.

Namun meskipun tidak begitu banyak, di dalam penulisannya kita tidak boleh menyepelekan atau meninggalkan salah satu bagian-bagian berikut ini:

  1. Tanggal pengiriman surat
  2. Alamat surat
  3. Salam pembuka
  4. Isi surat
  5. Penutup surat
  6. Tanda tangan pengirim surat

Daftar Contoh Surat Penangguhan Penahanan

Berikut ini adalah contoh-contoh surat penangguhan penahanan yang dapat dijadikan sebagai referensi:

Contoh Surat Penangguhan Penahanan 1

Nah, jika tadi kita sudah membahas mengenai pengertian dan juga unsur-unsur di dalam surat permohonan resmi dan tidak resmi, maka saatnya kita masuk kepada pembahasan yang utama. Yakni contoh surat penangguhan penahanan dari istri, keluarga, dan juga pengacara atau advokat.

Surat Permohonan Penangguhan Penahanan
 Perihal       : Permohonan Penangguhan Penahanan

Lampiran   : 1 buah lampiran

Kepada

Yth. Bapak Kopolres Magetan

Di

Magetan

Dengan hormat,

Sehubungan dengan datangnya surat ini, kami telah menyampaikan kepada Bapak Kapolres Sanjaya, kami menerangkan bahwa kami adalah perwakilan dari keluarga:

Sdr. Hakam bin Iman, Umur 35 Tahun

Yang pada saat ini sedang menjalani proses penyidikan atau dugaan pada tindak pidana pelaku penyalahgunaan obat-obatan terlarang.

Maka dengan adanya kejadian pidana tersebut, kami mengatasnamakan sebagai keluarga tersangka, memohon kepada Bapak Kapolres setempat agar dapat dilakukan penangguhan penahanan atau tahanan luar.

Oleh sebab itu, sebagai bahan pertimbangan dari Bapak dengan ini kami sampaikan jaminan sebagai berikut:

  1. Tidak akan menghilangkan barang bukti.
  2. Tidak akan melakukan tindakan melarikan diri.
  3. Tidak akan melakukan sebuah tindakan pidana yang serupan ataupun tindak pidana yang lainnya.
  4. Siap untuk dihadapkan dan menghadap kepada penyidik apabila sewaktu-waktu diperlukan.
  5. Sudah dengan serius disetujui dan disepakati oleh pihak pelapor.

Demikian surat permohonan penangguhan penahanan ini kami buat dengan sebenar-benarnya, harapan yang besar dan atas segala perhatian dan juga kebijakan dari Bapak Kapolres kami ucapkan banyak-banyak terimakasih.

Mengetahui, Magetan 29 Desember 2019

 

(Nama Terang)

Contoh Surat Penangguhan Penahanan 2

Contoh surat penangguhan penahanan selanjutnya yaitu, contoh surat penangguhan dari seorang advokat atau pengacara. Contoh surat ini dapat kalian jadikan sebagai referensi dan juga pengembangan wawasan di bidang pendidikan.

Surat Penangguhan Penahanan
Perihal : PERMOHONAN PENANGGUHAN DAN PENGALIHAN PENAHANAN

Dengan hormat,

Yang bertanda tangan di bawah ini:

(Nama Advokat)

Adalah advokat dan penasehat hukum pada ……………. yang beralamat di Jl. …………….. Magetan Telp. …………… dalam hal ini bertindak untuk dan atas nama klien kami :

(Nama Klien)

Bersama dengan ini, kami bermaksud mengajukan Surat Permohonan Penangguhan Penahanan atau Peralihan Terhadap Jenis Penahanan Lainnya terhadap klien kami.

Yang telah ditahan oleh kepolisian………………….. terhitung sejak tanggal…………………. berdasarkan surat perintah penahanan nomor………………… tertanggal…………………. terkait dengan perkara dugaan tindak pidana…………………. sebagaimana diatur dalam Pasal……………….

Sebagai bahan pertimbangan, dengan ini kami sampaikan bahwa yang bersangkutan :

  • Tidak akan melarikan diri
  • Tidak akan menghilangkan barang bukti
  • Tidak mengulangi tindak pidana
  • Bersedia untuk melakukan pemeriksaan penyidikan apabila sewaktu-waktu diperlukan
  • Sebagai seorang tulang punggung perekonomian keluarga, dan yang bersangkutan memiliki tanggungan 3 orang anak
  • Yang bersangkutan akan bertindak kooperatif dan siap mematuhi segala prosedur dan aturan yang berlaku

Demikian surat permohonan ini kami ajukan, besar harapan dari kami agar dapat dikabulnya permohonan ini. Atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan banyak-banyak terimakasih.

Magetan, 27 Desember 2019

Hormat kami,

Kuasa Hukum Tersangka

(Nama Advokat)

Sekian

Demikianlah beberapa pembahasan mengenai contoh surat penangguhan penahanan beserta pengertian dan strukturnya. Kalian dapat menjadikan pengertian dan contoh tersebut sebagai referensi ataupun tambahan pengetahuan.

Selain itu kalian juga dapat membaca contoh surat keterangan domisili sebagai referensi dan tambahan pengetahuan yang lain.

Akhir kata, semoga pembahasan-pembahasan tersebut dapat bermanfaat, sekian dan terimakasih 🙂

Trifaris Muhsy -Bahagia bukan milik dia yang hebat dalam segalanya, namun dia yang mampu temukan hal sederhana dalam hidupnya dan tetap bersyukur-

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.