Naufal Muhsy Penyuka kopi yang tak terlalu manis. Pembelajar yang tak jua paham. Pejalan yang tak jua sampai.

Contoh Undangan Halal bi halal

5 min read

contoh undangan halal bi halal

Contoh undangan halal bi halal – Sebagai warga Negara Indonesia, tentunya sudah tidak asing lagi bagi kita ketika mendengar kata halal bihalal. Ya, tradisi unik yang selalu ada saat hari Raya Idul Fitri tiba.

Idul Fitri dan Halal bi Halal bagaikan dua sisi mata uang yang tak bisa terpisahkan, saling berkaitan mempercantik nuansa masing-masing.

Namun disetiap acara, pastinya kita tidak pernah lepas dengan yang namanya undangan. Begitu juga dengan acara halal bihalal ini.

Nah, buat kalian yang masih bingung dengan susunan dan cara pembuatan undangan halal bi halal, berikut ini adalah contoh-contoh undangan halal bi halal yang dapat kalian jadikan referensi dan tiru:

1.  Contoh Undangan Halal bi halal Perusahaan

contoh undangan halal bi halal
pixabay

Pada saat perayaan hari yang penuh dengan kebahagiaan, yaitu hari Raya Idul Fitri. Sebagian dari sekian banyak perusahaan, pasti akan ada yang mengadakan acara halal bihalal untuk seluruh staffnya, terutama karyawan.

Nah, buat kalian yang menjadi panitia pada saat acara halal bihalal di perusahaan, pastinya sangat membutuhkan contoh undangan halal bi hlalal. Berikut adalah contoh undangan halal bihalal perusahaan yang bisa kalian jadikan sebagai refrensi.

UNDANGAN HALAL BIHALAL PERUSAHAAN

PT. TUBAGUS INDRA

Jl. Gang Sawahan , No. 113, Ngariboyo

Kota Madiun, Jawa Timur 76937, Telp. 0351-0285023

SURAT UNDANGAN HALAL BIHALAL

Kepada Yth,

Seluruh Karyawan PT. Tubagus Indra

Di Tempat

Assalamualaikum Wr. Wb.

Tidak terasa sebentar lagi bulan suci Ramadhan akan usai, semoga Allah SWT mengampuni dosa-dosa kita dan menerima seluruh amal baik kita. Serta selalu menetapkan kita dalam barisan orang-orang yang bertaqwa. Aamiin ya Robbal Aalamiin.

Karena bertepatan dengan momen yang suci, yaitu hari Raya Idul Fitri. Maka kami ingin mengundang seluruh karyawan PT. Tubagus Indra untuk hadir pada acara Halal Bihalal dengan tema “Mempererat Silaturahim” yang Insya Allah akan diselenggarakan pada:

Hari/Tanggal  : Sabtu, 8 Juni 2019

Tempat           : Hotel Aston Madiun

Pukul               : 09.00 WIB – Selesai

Di harapkan, agar seluruh karyawan dapat hadir tepat pada waktu dan tempat tersebut. Demikian surat undangan ini kami sampaikan, atas waktu dan perhatiannya kami ucapkan terimakasih.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Madiun, 28 Mei 2019

Direktur Perusahaan

 

 

Bambang Suwito, SE.

2.  Contoh Undangan Halal bi halal Keluarga Besar

contoh undangan halal bi halal

Pastinya silaturahim antara sanak family adalah hal yang wajib dilakukan, terutama saat hari Raya Idul Fitri tiba. Ya, tempat tinggal yang berjauhan, menjadikan momen hari raya ini sebagai momen yang sangat berharga dan spesial.

Karenanya pada saat momen ini tiba, banyak sekali keluarga besar yang ingin mengadakan acara halal bihalal.

Namun pastinya ada banyak hal yang harus dipersisapkan agar acara halal bihalal dapat berjalan dengan lancar.

Salah satu hal penting yang harus dipersiapkan selain tempat dan konsumsi adalah undangan, dan berikut adalah contoh undangan halal bihalal keluarga besar yang dapat kalian jadikan sebagai refrensi.

Baca juga: Contoh Surat Peminjaman Barang

UNDANGAN HALAL BIHALAL KELUARGA BESAR
Kepada Yth,

Seluruh keluarga besar Bapak H. Harjo Tekad

Fii Mardhotillah

Assalamualaikum Wr. Wb.

Tidak terasa sebentar lagi bulan suci Ramadhan akan usai, semoga Allah SWT mengampuni dosa-dosa kita dan menerima seluruh amal baik kita. Serta selalu menetapkan kita dalam barisan orang-orang yang bertaqwa. Aamiin ya Robbal Aalamiin.

Dalam suasana Hari Raya Idul Fitri 1440 H, maka kami ingin mengundang keluarga besar Bapak H. Harjo Tekad untuk hadir pada acara Halal Bihalal Keluarga dengan tema “Temu Kangen dan Mempererat Silturahim” yang Insya Allah akan diselenggarakan pada:

Hari/Tanggal   : Kamis, 6 Juni 2019

Tempat            : Rumah Mbah Yut Saminem

Pukul               : 08.00 WIB – Selesai

Dengan ini kami mengharapkan Bapak H. Harjo Tekad beserta keluarga dapat hadir tepat pada waktunya. Demikian surat undangan ini kami buat, atas waktu dan perhatiannya, kami ucapkan banyak terimakasih.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Madiun, 26 Mei 2019

 

 

Sugeng Priyadi

3.  Contoh Undangan Halal bi halal Sekolah

undangan idul fitri

Selain perusahaan ataupun keluarga besar. Instansi pendidikan seperti sekolah juga turut memperingati hari Raya Idul Fitri dengan menyelenggarakan acara halal bihalal.

Dan berikut adalah contoh surat undangan halal bihalal sekolah, yang dapat dijadikan refrensi oleh kalian yang menjadi panitia penyelenggara.

UNDANGAN HALAL BIHALAL SEKOLAH

SMK NEGRI 01 MAGETAN

Jl. Tidur Sembarangan, No. 14, Kec. Magetan

Kabupaten Magetan, Jawa Timur 67689, Telp. 03516898

UNDANGAN HALAL BIHALAL

Yth,

Seluruh siswa-siswi SMK Negeri 01 Magetan

Di Tempat

Assalamualaikum Wr. Wb.

Tidak terasa sebentar lagi bulan suci Ramadhan akan usai, semoga kita bisa meraih suatu kemenangan yang sebenarnya di Hari Raya Idul Fitri ini.

Karena bertepatan dengan momen tersebut, maka kami ingin mengundang seluruh siswa-siswi SMKN 01 Magetan untuk hadir pada acara Halal Bihalal dengan tema “Silaturahim Tahunan” yang Insya Allah akan diselenggarakan pada:

Hari/Tanggal       : Sabtu, 8 Juni 2019

Tempat                : Aula SMKN 01 Magetan

Pukul                    : 09.00 sampai selesai

Demikian surat undangan ini kami buat, kami mengharapkan siswa dan siswi dapat datang tepat pada waktunya. Atas waktu dan perhatiannya, kami ucapkan banyak terimakasih.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

 

Magetan, 25 Mei 2019

Kepala Sekolah

 

 

Agung Suprayogi, Spd.i

4.  Contoh Undangan Halal bi halal Pengajian

contoh undangan halal bi halal
pixabay

Ternyata juga banyak lho, dari jamaah pengajian yang turut serta merayakan atau meramaikan hari Raya Idul Fitri dengan acara halal bihalal.

Sehingga pastinya, panitia acara sangat membutuhkan dengan yang namanya contoh undangan halal bi halal.

Namun tidak perlu khawatir, berikut sudah saya hadirkan contoh undangan halal bihalal yang dapat kalian jadikan sebagai refrensi dalam proses pembuatan.

Baca juga: Contoh Undangan Walimatul Ursy

UNDANGAN HALAL BIHALAL PENGAJIAN 

UNDANGAN HALAL BIHALAL

JAMAAH PENGAJIAN INTAN PERMATA

Nomor : 007/UND/2019

Kepada Yth:

Seluruh Jamaah Pengajian Intan Permata

Fii MardhotillahCO

Perihal : Undangan Halal bihalal

Assalamualaikum Wr. Wb.

Taqaballahu minna waminkum, Siyaamana wa siyaamakum, Taqabal yaa kariim. Semoga Allah SWT mengampuni dosa-dosa kita dan menerima seluruh amal baik kita. Serta selalu menetapkan kita dalam barisan orang-orang yang bertaqwa. Aamiin ya Robbal Aalamiin.

Dalam suasana Hari Raya Idul Fitri 1440 H, kami selaku Pengurus pengajian Intan Permata. Bermaksud memanfaatkan momentum ini untuk lebih meningkatkan serta mempererat silaturahim dengan mengadakan kegiatan dalam bentuk acara Halal bihalal dan Pengajian, yang akan dilaksanakan pada:

Hari/Tanggal      : Ahad, 9 Juni 2019

Tempat               : Masjid Besar As-Silmi

Pukul                   : 09.00 WIB – Selesai

Dengan ini kami mengharapkan Bapak dan Ibu beseta keluarga dapat hadir tepat pada waktunya. Demikian surat undangan ini kami buat, atas waktu dan perhatiannya, kami ucapkan banyak terimakasih.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Magetan, 29 Mei 2019

Ketua Pengajian Intan Permata

 

 

Amar Maruf

5.  Contoh Undangan Halal Bihalal RT

undangan idul fitri RT

Masih dalam suasana merayakan hari yang fitri, biasanya warga desa sering mengadakan acara halal bihalal khususnya dalam lingkup RT.

Ya, perjumpaan antar warga yang tidak tau kapan datangnya, karena banyak warga desa yang mulai merantau.

Mengisi momentum pulang kampung ini dengan sebaik-baiknya, seperti silaturahim antar warga. Nah, berikut adalah contoh undangan untuk halal bihalal RT yang dapat kalian jadikan sebagai refrensi.

Baca juga: Contoh Undangan Formal Dalam Bahasa Inggris

CONTOH UNDANGAN HALAL BIHALAL RT

UNDANGAN HALAL BIHALAL

WARGA RT 04, RW 04, DSN. BAROKAH, DS. PAGER GUNUNG

Nomor : 005/UND/2019

Kepada Yth:

Seluruh warga RT. 04 RW. 04

Di tempat

Perihal : Undangan Halal bihalal

Assalamualaikum Wr. Wb.

Taqaballahu minna waminkum, Siyaamana wa siyaamakum, Taqabal yaa kariim. Semoga Allah SWT mengampuni dosa-dosa kita dan menerima seluruh amal baik kita. Serta selalu menetapkan kita dalam barisan orang-orang yang bertaqwa. Aamiin ya Robbal Aalamiin.

Dalam suasana Hari Raya Idul Fitri 1440 H, kami selaku Pengurus RT. 04 RW. 04 Dsn. Barokah, Ds. Pager Gunung bermaksud memanfaatkan momentum ini untuk lebih meningkatkan kerukunan, kebersamaan, dan kekompakan warga, dengan mengadakan kegiatan silaturahim warga dalam bentuk acara Halal bihalal, yang akan dilaksanakan pada:

Hari/Tanggal    : Jum’at, 7 Juni 2019

Waktu              : Pukul 19.00 WIB – Selesai

Tempat            : Gedung Serbaguna RT. 04 RW. 04

Acara               : Halal bihalal dan Silaturahim Warga

Mengingat pentingnya acara tersebut, dengan ini kami mengundang dan sangat mengharapkan Bapak dan Ibu beserta keluarga dapat hadir pada waktunya.

Demikian undangan ini kami sampaikan. Atas perhatian dan kehadirannya kami ucapkan terimakasih.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

 

Hormat kami,

Ketua RT. 04 RW. 04

 

 

Wakyoto

Pengertian dan Sejarah Singkat Halal Bi Halal

pengertian halal bi halal
muslimobsession.com

Di dalam KBBI atau Kamus Besar Bahasa Indonesia, Halal bi Halal diartikan sebagai tradisi untuk saling maaf-memaafkan setelah menunaikan ibadah puasa Ramadhan. Biasanya diadakan di sebuah tempat oleh sekelompok orang.

Ensiklopedi Indonesia, 1978. Menyebutkan bahwa Halal bi Halal berasal dari Bahasa Arab yang tidak berdasarkan gramatikanya yang benar sebagai pengganti istilah silaturrahmi.

Untuk menentukan awal mula tradisi Halal bi Halal ini digelar ternyata sangat sulit. Drs H Ibnu Djarir menuliskan bahwa sejarah dimulainya Halal bi Halal memiliki banyak versi.

Salah satunya, menurut sebuah sumber yang dekat dengan Keraton Surakarta. Bahwa kegiatan ini mula-mula digelar oleh KGPAA (Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya) Mangkunegara I, yang masyhur dipanggil Pangeran Sambernyawa.

Karena, dalam rangka menghemat waktu, tenaga, fikiran, dan biaya. Maka setelah shalat Idul Fitri, diadakanlah sebuah pertemuan antara raja dengan para punggawa dan prajurit secara serentak di balai istana. Kemudian semua punggawa dan prajurit melakukan sungkem kepada raja dan permaisuri.

Sehingga pada perkembangannya, kegiatan ini ditiru oleh Ormas-Ormas Islam dengan nama Halal bi Halal. Kemudian ditiru juga oleh instansi-instansi tertentu.

Kegiatan ini mulai ramai dan berkembang setelah pasca-Kemerdekaan RI. Dan biasanya dilaksanakan tidak hanya pada tanggal 1 Syawal saja, melainkan juga pada hari-hari berikutnya yang masih hangat dengan nuansa Idul Fitri.

Di dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, Halal bi Halal diartikan sebagai tradisi untuk saling maaf-memaafkan setelah menunaikan ibadah puasa Ramadhan. Biasanya diadakan di sebuah tempat oleh sekelompok orang.

Sekian

Demikianlah pembahasan kita mengenai contoh-contoh undangan halal bi halal, baik untuk perusahaan, keluarga besar, sekolah, masyarakat/ RT, dan juga pengajian/ masjid.

Semoga dengan adanya pembahasan tersebut, dapat membantu dan memudahkan kalian dalam menyusun dan membuat undangan halal bi halal yang baik.

Akhir kata, semoga pembahasan-pembahasan tersebut dapat bermanfaat, sekian dan terimakasih 🙂

Naufal Muhsy Penyuka kopi yang tak terlalu manis. Pembelajar yang tak jua paham. Pejalan yang tak jua sampai.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.