Trifaris Muhsy -Bahagia bukan milik dia yang hebat dalam segalanya, namun dia yang mampu temukan hal sederhana dalam hidupnya dan tetap bersyukur-

Contoh Undangan Walimatul Ursy

contoh undangan walimatul ursy

Contoh undangan walimatul ursy – Pernikahan adalah suatu hal yang tentunya sangat diimpikan dan diidam-idamkan hampir setiap orang baik laki-laki maupun perempuan. Sehingga ketika seseorang sudah bertemu dengan jodohnya, banyak yang memutuskan untuk melanjutkan ke jenjang lebih serius yaitu pernikahan.

Maka tentunya ada banyak hal yang harus dipersiapkan sebelum melaksanakan pernikahan. Salah satu hal yang tidak kalah penting untuk dipersiapkan adalah undangan.

Ya, karena banyak juga colon pengantin yang masih bingung untuk memilih desain undangan pernikahan yang simple namun tetap spesial. Nah, disini saya sudah menghadirkan beberapa contoh undangan walimatul ursy yang dapat kalian jadikan sebagai refrensi.

Desain Undangan Walimatul Ursy

Terdapat berbagai macam jenis undangan pernikahan dan walimatul urs, berikut ini adalah contoh-contoh undangan walimatul usry unik, simple, dan elegan:

1. Contoh Undangan Walimatul Ursy 3 Lipatan Sederhana

contoh undangan walimatul ursy
source: pixabay.com

Untuk yang pertama, saya akan membahas undangan walimatul ursy dengan desain 3 lipatan sederhana. Undangan walimatul ursy yang satu ini memang dirancang dengan 3 lipatan yang apik dan unik.

Selain itu, yang membuat undangan pernikahan ini nampak simple dan unik adalah warna cover-nya yang natural.

Sehingga meski terlihat sederhana atau simple, tetap memberikan kesan elegan bukan?

Undangan dengan desain 3 lipatan sederhana ini, bisa kalian pesan dengan harga yang relatif cukup murah. Yaitu berkisar harga Rp. 3.500 hingga Rp. 5.000/pcs, bagaimana? Yakin kalian nggak mau nyoba?

2. Contoh Undangan Walimatul Ursy Renda Diagonal

wedding invitation
source: img0.etsystatic.com

Pembahasan kartu undangan walimatul ursy selanjutnya adalah, kartu undagan walimatul ursy dengan gaya renda diagonal.

Yap, kartu undangan yang dihiasi dengan renda diagonal yang dipasang pada permukaannya menjadikan undangan ini terlihat lebih elegan. Ditambah dengan warna simple, yang justru menambah kesan menarik tersendiri pada desain undangan ini.

3. Contoh Undangan Walimatul Ursy Simple Dengan Pita Besar

contoh undangan walimatul ursy
source: finansialku.com

Kartu undangan walimatul ursy yang satu ini sangat simple sekali. Hanya dengan bahan dasar kertas art paper dan cukup dihiasi dengan pita besar sudah bisa menjadikannya undangan pernikahan yang simple dan unik.

4. Contoh Undangan Walimatul Ursy Dengan Desain Nuansa Bunga

contoh undangan walimatul ursy
source: elizato.com

Dengan background yang bernuansa putih, ditambah dengan tema tampilan bunga cantik yang bewarna pink ataupun merah. Menjadikan undangan ini terkesan lebih lembut dan kalem saat dilihat. Sekaligus ditambah dengan font huruf yang elegan, menjadikan undangan dengan desain nuasa bunga ini lebih menarik.

Nah, desain undangan dengan nuansa bunga ini sangat cocok buat kalian yang ingin melangsungkan pernikahan secara formal dan elegan.

5. Contoh Undangan Walimatul Ursy Dengan Tema Warna Coklat

contoh undangan walimatul ursy
source: nikahanya.com

Undangan walimatul ursy yang simple  dengan tema warna coklat ini terlihat lebih elegan bukan? Bagaimana tidak,  dengan desainan sampul luarnya yang bewarna coklat ditambah dengan desain bunga-bunga didalamnya menjadikan undangan ini terlihat lebih cantik.

6. Contoh Undangan Walimatul Ursy Dengan Tema Masjid

contoh undangan walimatul ursy
source: 123weddingcards.com

Kubah, adalah ciri khas dari sebuah bangunan masjid. Dan hal itulah yang menjadi dasar dari desain undangan walimatul ursy dengan tema masjid ini.

Namun yang menarik dari undangan ini selain desain kubahnya adalah, tambahan kaligrafi yang digambar dengan tinta warna emas.

7. Contoh Undangan Walimatul Ursy 4 Lipatan

contoh undangan walimtul ursy
source: brilio.net

Dengan warna dasar cream yang sekilas, membuat undangan pernikahan ini terlihat lebih vintage. Selain itu, yang membuat undangan ini sedikit berbeda dengan undangan lipat lainnya yaitu, dibuatnya undangan ini menjadi model 4 lipatan. Sehingga walaupun dengan desain yang simple, undangan pernikahan ini tetap terlihat lebih menarik.

8. Undangan Walimatul Ursy Laser Cut

undangan laser cutting
source: fimela.com

Undangan pernikahan yang aslinya biasa saja, namun jika ditambah dengan desain atau hiasan yang bagus hasilnya akan sangat terlihat mewah bukan? Sama halnya dengan undangan walimatul ursy yang satu ini.

Sekilas, undangan walimatul ursy ini mungkin nampak biasa saja. Namun karena cover bagian depan muka undangan ditambah dengan laser cut, membuatnya nampak lebih mewah.

Baca juga: Contoh surat peminjaman barang

9. Undangan Walimatul Ursy Klasik

undangan pernikahan klasik
source: magva.com

Saat ini mungkin masih banyak orang-orang yang menyukai nuansa klasik, termasuk pada masalah desain undangan pernikahan. Karenanya buat kalian yang tidak terlalu suka dengan desain undangan pernikahan yang mencolok, pilih saja desain undangan pernikahan ini.

Dengan warna yang nampak natural dan hiasan yang tidak terlalu banyak. Hanya cukup dihiasi dengan ornamen-ornamen sederhana namun tetap menjadikan undangan pernikahan ini terlihat lebih cantik dengan nuansa klasiknya.

10. Undagan Walimatul Ursy Lipat 2

undangan pernikahan sederhana
source: tokopedia.com

Pastinya disetiap undangan walimatul ursy, dicantumkan nama dari kedua mempelai beserta do’a sesuai yang diajarkan oleh Rasulullah SAW. Maka dengan desain  undangan walimatul ursy lipat 2 ini kita bisa menghadirkan kesan yang lebih simple namun tetap elegan.

Dengan sisi atas yang bisa diisi dengan nama dari kedua mempelai, sedangkan sisi bawahnya bisa dicantumkan do’a pernikahan.

11. Undangan Dengan Desain Pintu Gerbang

desain undangan
source: aliexpress.com

Sampul undangan walimatul ursy yang didesain seperti pintu gerbang ini, memberikan kesan yang mewah dan megah, ditambah dengan warna emasnya yang mendominasi.

Selain bentuk dan warnanya, yang menjadikan undangan walimatul ursy ini nampak lebih menarik adalah ukiran-ukiran yang dibuat sedemikian rupa pada covernya.

Namun tidak harus selalu warna emas, kalian juga bisa merubah warna covernya dengan warna lain seperti hitam, biru, ataupun warna yang kalian sukai.

12. Undangan Pernikahan Dengan Desain Wayang

undangan pernikahan
source: senyumsimpul.com

Sebagai warga Negara Indonesia, pastinya kita tau dengan seni pewayangan atau yang biasa di sebut dengan wayang. Khususnya untuk masyarakat yang tinggal di daerah jawa dan bali.

Nah, buat kalian yang ingin melangsungkan pernikahan dan bingung mencari-cari desain undangan pernikahan dengan kesan kebudayaan. Undangan pernikahan dengan motif kebudayaan jawa ini bisa kalian gunakan.

Walaupun dengan motif wayang, undangan pernikahan ini masih terlihat sangat simpel, elegan, unik dan tentunya menonjolkan kesan entik yang sangat kental.

Isi dan Kata-kata Undangan Walimatul Ursy

isi dan kata-kata undangan pernikahan
source: pixabay.com

Jika di atas kita sudah membahas beberapa desain atau contoh undangan walimatul ursy yang dapat kalian jadikan sebagai refrensi. Maka tentunya, kita juga tidak boleh lupa dengan inti dari dari sebuah undangan yaitu isi. Apalagi mengingat undangan walimatul ursy ini akan kita berikan kepada banyak orang yang ingin kita undang.

Karenanya, jangan sampai hanya fokus pada tema dan bentuk desain undangan yang unik, sehingga lupa dengan pemilihan kata yang baik dalam undangan pernikahan kita. Berikut adalah contoh isi dan kata-kata dalam undangan walimatul ursy.

Lembar 1

Pada halaman pertama undangan walimatu ursy, tentu kita akan meletakkan kolom tempat untuk nama / tujuan tamu undangan.

Kepada

Yang Terhormat :

Bapak/Ibu/Saudara/i

Kemudian tuliskan nama penerima undangan.

Di samping kolom ini, kita bisa meletakkan nama pengantin serta tanggal pernikahan dengan format.

“Adam & Hawa

10 November 2019”

Selain itu, kita juga bisa menambahkan foto prewdding pengantin dengan ukuran yang menyesuaikan halaman agar tetap terlihat bagus dan rapi.

Kemudian di halaman selanjutnya, kita bisa menuliskan.

“Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu isteri-isteri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan dijadikan-Nya diantaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berfikir.” (QS. Ar Rum : 21)

Ya Allah, dengan mengharap Rahmat dan Ridho-Mu perkenankanlah tautan cinta buah hati kami :

(Hawa / Nama Mempelai Wanita)

Putri ke-2 dari Bpk. (Nama Ayah) & Ibu (Nama Ibu)

Dengan

(Adam / Nama Mempelai Pria)

Putra ke-3 dari Bpk. (Nama Ayah) & Ibu (Nama Ibu)

Akad nikah Insya Allah akan dilaksanakan pada :

Hari :

Waktu :

Tempat :

Lembar 2

Bismillahirrahmanirrahim Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Dengan memohon rahmat dan ridho-Mu Ya Allah, Kami bermaksud mengadakan acara resepsi pernikahan putra dan putri kami Yang Insya Allah akan dilaksanakan pada :

Hari :

Waktu :

Tempat :

Ucapan terima kasih yang tulus dari kami apabila Bapak/Ibu/Sdr/i berkenan hadir dan memberikan do’a restu kepada kedua mempelai.

Jazakumullah Khairan Katsiran Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Kami yang berbahagia Keluarga Bpk. (Nama Ayah Mempelai Wanita) Keluarga Bpk. (Nama Ayah Mempelai Pria)

Kemudian pada halaman terakhir ini kita bisa meletakkan denah tempat, atau foto prewedding. Jika kita meletakkan foto prewedding, maka foto harus disetting atau diatur sedemikian rupa agar tidak memakan banyak tempat untuk denah.

Namun bisa juga denah tempat diletakkan pada lembaran khusus yang diselipkan pada undangan pernikahan. Karena hal itu juga tidak akan merusak keindahan dari undangan pernikahan yang telah kita buat.

Lalu bagaimana dengan desain undangan pernikahan unik yang menggunakan bahan selain kertas, seperti kayu, gelas, kipas, dlsb?

Khusus untuk media undangan pernikahan tersebut, kita cukup meletakkan / menuliskan sapaan hormat, nama mempelai, dan maksud undangan lengkap (hari, tanggal, dan tempat). Untuk denah kita cukup menyertakannya dalam bentuk lembaran khusus.

Sehingga, cukup dengan bahasa atau maksud yang singkat, padat, dan jelas agar tidak memakan banyak tempat. Namun semuanya tergantung pada desain undangan pernikahan yang ingin kita gunakan.

Hanya saja, page yang sedikit tentunya lebih disarankan. Selain lebih menghemat, menggunakan page yang lebih sedikit juga akan membuat orang yang membacanya tidak bosan.

Baca juga: Macam-macam Souvenir Pernikahan

Manfaat Surat Undangan Pernikhan/Walimatul Ursy

manfaat undangan pernikahan

Sebagian orang ada yang berfikir sudah merasa cukup untuk memberikan undangan pernikahan melalui lisan. Tanpa harus memberikan undangan pernikahan cetak, karena merasa lebih efektif dengan bahasa akrab dan hangat.

Padahal tidak semua orang memiliki daya ingat yang baik, sehingga membutuhkan undangan pernikahan untuk mengingat. Selain itu ada beberapa tujuan mengapa harus ada undangan cetak untuk mengundang tamu pernikahan.

1. Sebagai Pengingat

Sebagaimana yang sudah disampaikan di atas, bahwa tidak semua orang memiliki daya ingat yang baik. Karenanya tidak cukup jika kita hanya memberikan undangan melalui lisan saja.

Undangan walimatul ursy cetak yang didesain secara menarik dan cantik, akan menjadi media pengingat yang baik bagi tamu undangan. Baik hari dan tanggal, nama mempelai, dan juga tempat acara akan diberlangsungkan.

“Undangan cetak yang didesain secara menarik dan cantik, akan menjadi media pengingat yang baik bagi tamu undangan.”

2. Lebih Menghargai Tamu yang Diundang

Jangan sampai kita mengira sudah cukup memberikan undangan pernikahan hanya melalui ucapan lisan ataupun chat di sosial media. Padahal acara walimatul ursy adalah acara sakral dan istimewa yang sangat ditunggu-tunggu oleh calon pengantin.

Jangan sampai orang-orang yang kita undang tidak menghiraukan acara istimewa ini hanya karena, merasa tidak dihormati. Sehingga enggan untuk datang pada acara sakral yang kita gelar.

Oleh karena itu, untuk lebih menghargai orang-orang yang kita undang, sebaiknya kita menggunakan undangan pernikahan cetak yang didesain sebaik dan semenarik mungkin.

Hal tersebut bertujuan agar orang-orang yang kita undang tertarik dan berkenan untuk datang diacara pernikahan yang kita adakan. Semoga dengan itu pula orang yang kita undang, baik teman akrab atau bukan merasa sangat di hormati dengan undangan pernikahan yang kita berikan.

3. Menarik Tamu yang Diundang

Salah satu alasan dianjurkannya desain undangan pernikahan yang apik dan unik adalah, agar menarik tamu yang kita undang untuk datang diacara istimewa yang kita adakan.

Selain itu, undangan yang menarik juga akan membuat tamu undangan bisa terus mengingat momen istimewa tersebut.

Apalagi jika kita menentukan desain undangan yang menarik dan dapat dimanfaatkan pada hari-hari selanjutnya. Seperti undangan yang terbuat dari gelas, kipas, dlsb.

4. Petunjuk Tempat Acara

Kemudian, undangan walimatul ursy yang didalamnya tercantum denah tentu akan sangat membantu dan mempermudah tamu undangan untuk datang diacara pernikahan yang akan kita selenggarakan.

Inilah salah satu tujuan penting mengapa undangan walimatul ursy cetak perlu kita berikan kepada orang-orang yang kita undang saat pernikahan.

Sekian

Itulah beberapa pembahasan mengenai desain undangan walimatul ursy beserta contoh isi, dan manfaatnya. Semoga pembahasan tersebut dapat membantu kalian yang saat ini sedang mencari informasi atau refrensi untuk mempersiapkan pernikahan.

Namun selain itu, ada baiknya kalian juga membaca referensi mengenai inspirasi dekorasi pelaminan yang menarik pada pernikahan.

Akhir kata, semoga pembahasan-pembahasan tersebut dapat bermanfaat, sekian dan terimakasih 🙂

Trifaris Muhsy -Bahagia bukan milik dia yang hebat dalam segalanya, namun dia yang mampu temukan hal sederhana dalam hidupnya dan tetap bersyukur-

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.