Anita Aprilia Setangguh Karang. "Love to study. Sharing about finance, business and business opportunities."

10 Jenis Usaha Kuliner yang Paling Laris di Indonesia dengan Modal Terjangkau

5 min read

10 Jenis Usaha Kuliner yang Paling Laris di Indonesia dengan Modal Terjangkau

Jenis Usaha Kuliner yang Paling Laku – Salah satu jenis usaha yang saat ini tengah digemari adalah usaha kuliner. Kamu pasti ngerasa ya, kalau setahun belakangan ini banyak banget jenis usaha kuliner yang unik-unik, dan sebagian besarnya ya kuliner bagian minuman dan makanan ringan.

Bahkan, karena bervariasinya jenis usaha kuliner ini membuat banyak sekali food vlogger bermunculan. Ia kan?

Nah, dengan banyaknya peminat makanan tentu menjadi sebuah berita bagus jika kamu ingin memulai usaha kuliner. Masak ia cuma pengen jadi penonton dari keberhasilan usaha kuliner milik orang lain, nggak kepikir gitu buat ngikutin jejaknya.

Kalau alasan kamu tidak ingin usaha kuliner cuman karena bingung jenis usaha kulinernya seperti apa, tenang deh, karena kali ini saya akan membagikan 10 jenis usaha kuliner yang paling laku dan pastinya berpotensial menghasilkan jutaan rupiah, asalkan kamu punya strategi yang jitu.

Jenis Usaha Kuliner yang Paling Laku

Nah setelah membaca 10 jenis usaha kuliner yang paling laku berikut ini, jangan lupa untuk menerapkannya ya.

Apalagi 10 jenis usaha kuliner yang paling laku ini bisa kamu kerjakan dengan mudah dan minim modal loh, malah kamu bisa memulainya hanya dari rumah saja, manfaatin aja media sosial yang kamu punya sebagai media promosi. Simple kan?

Ada apa saja nih jenis kulinernya? Yuk simak penjelasannya berikut.

1. Minuman Ala Kekinian

Jenis Usaha Kuliner yang Paling Laku minuman kekinian

Rasa manis merupakan salah satu cita rasa yang paling disukai banyak orang, terutama minuman. Ia nggak? Apalagi kalau disantap siang-siang bolong, duuuh segernya kadang bikin lupa dunia hhaha.

Banyaknya penggemar minuman dingin membuat bisnis minuman ala kekinian kian bermunculan. Kamu pasti sering nemuin, baik di beranda media sosial atau malah di gang-gang dekat rumah.

Minuman kekinian mempunyai banyak variasi, mulai dari cokelat, green tea, taro, oreo, hingga red velvet.

Rasa-rasa tersebut juga merupakan primadonanya es-es kekinian, terutama rasa cokelat. Ya meski terbilang biasa, namun tampaknya rasa satu ini memang sangat cocok di lidah semua orang dan rasanya memang tak tergantikan, apalagi bagi anak muda.

Minuman kekinian bahkan tampaknya akan terus hadir, dan akan terus booming nyaris di seluruh daerah, terutama perkotaan yang banyak pelajar dan mahasiswanya.

Selain itu untuk memulai bisnis minuman kekinian juga modalnya nggak terlalu besar kok, dengan jaminan keuntungan yang besar, tergantung dengan pilihan bahan yang akan kamu gunakan.

Jika ingin memulai bisnis minuman kekinian, hal yang penting untuk kamu perhatikan adalah melakukan survey dan analisis di lapangan.

Bukan hanya itu, kamu juga meski mengamati perilaku calon konsumen, serta pendapatan sekitar, agar kamu lebih mudah menentukan harga dan juga kuliatas minumannya.

Tapi, jika kamu ingin memulai bisnis minuman kekinian dengan sistem franchise, tentu hal tersebut tidak perlu dilakukan ya, karena pasti franchise yang akan kamu pilih sudah mempunyai standarnya masing-masing ya, mulai dari ukuran cup, bahan baku, harga, hingga stand.

2. Kopi

Jenis Usaha Kuliner yang Paling Laku Kopi Kekinian

Jenis usaha kuliner yang paling laku berikutnya adalah kopi. Ya, banyaknya jenis kopi di Indonesia membuat usaha kopi demikian menjanjikan. Apalagi saat ini, kopi sudah tidak lagi ditawarkan dalam bentuk yang biasa.

Kini, kopi menjadi sebuah menu yang paling disukai banyak orang dan telah menjadi gaya hidup para remaja dan orang dewasa. Sehingga banyak sekali kedai kopi yang bisa kamu temui dalam bentuknya yang khas agar lebih mudah dikenali.

Banyaknya variasi kopi menjadi salah satu alasan mengapa sebuah kafe menjadi ramai, sebab pembeli bisa menikmati kopi dari berbagai daerah dengan mudah, dan merasakan sensasi yang berbeda-bea.

So, usaha kopi bisa menjadi pilihan yang tepat untuk bisnis usaha kuliner kamu loh.

3. Usaha Kuliner Frozen Food

Usaha Kuliner Frozen Food

Frozen food telah menjadi salah satu deretan dari jenis usaha kuliner yang paling laku di saat-saat seperti ini, dan tampaknya akan terus laku ke depan.

Apalagi kini, jenis makanan beku sudah terbilang sangat banyak, mulai dari bakso, sosis, nugget, kentang hingga dimsum.

Dengan penyajian yang praktis, rasa lezat, dan harga yang ditawarkan terbilang terjangkau, tak heran jika kemudian frozen food menjadi jenis usaha yang sangat potensial mengisi pundi-pundi keuangan kamu.

Untuk memulai bisnis frozen food, kamu bisa menyesuaikannya saja dengan modal yang ada, karena bisnis satu ini bisa dijalankan dengan modal yang kecil loh sis.

Lihat ya, kamu tuh cuma butuh spanduk, pamphlet, media sosial, freezer, dan juga stok barang. Itu doang. Kalau kamu gercep dan gigih, dijamin, nggak nunggu setahun bisnis kamu sudah mulai berkembang. Tapi ya gitu, kuncinya harus gigih.

Baca juga:

4. Usaha Kuliner Jajanan Pasar

Usaha Kuliner Jajanan Pasar

Jenis usaha kuliner yang paling laku berikutnya adalah jajanan pasar. Jajanan pasar biasanya menyediakan berbagai kuliner, salah satunya adalah kue basah.

Usaha kuliner yang satu ini juga sangat mudah kamu temukan saat pagi ataupun sore hari. Ketika pagi, makanan ini bisa dijadikan sebagai teman pendamping minum kopi atau teh, sementara dicari ketika sore karena dianggap dapat menambah syahdu suasana sepulang bekerja atau beraktivitas di luar.

Tak heran jika kemudian jajanan pasar juga sangat cocok utnuk kamu pilih sebagai jenis kuliner yang menguntungkan.

Nah, jika ingin memulai bisnis ini, kamu nggak perlu kok memproduksinya sendiri, karena sudah banyak sekali pemasok yang bersedia menyediakan aneka jajanan pasar bagi bisnis kamu.

Hanya saja, kamu meski menyiapkan stand yang tepat untuk berjualan, dan melakukan promosi, baik itu promosi offline ataupun online.

5. Bisnis Kuliner Seblak

Seblak, merupakan salah satu jenis kuliner bercitarasa pedas yang digemari banyak kalangan, terutama bagi mereka pecinta pedas.

Seblak dibuat dengan menggunakan bahan baku kerupuk yang direbus, kemudian diracik dengan bumbu tertentu, dan biasanya akan ditambahkan beberapa topping. Duh jadi ngiler hhaha.

Yap, kuliner satu ini memang sangat nikmat, terutama jika disantap ketika selesai hujan di cuaca yang dingin.

Seblak menjadi salah satu daftar jenis kuliner yang paling laku loh. Dengan teksturnya yang terbilang unik, seblak kerap dijadikan sebagai cemilan yang cukup mengenyangkan.

Apalagi modal yang diperlukan untuk usaha seblak juga tidak terlalu besar kok, dan skill memasak yang diperlukan ya standar memasak biasa, seperti menumis, merebus, dan sebagainya. Gampang kan ya?

Kamu juga bisa menemukan bahan-bahan pembuat seblak di berbagai tempat, mulai dari warung biasa, pasar, maupun di supermarket.

Nah, agar seblak kamu semakin laris, kamu meski bisa membuat variasi baru, misalnya dengan menemukan topping yang tepat ataupun dengan memberikan pilihan level pedas. Dijamin dah, bakalan rame tuh warung.

6. Usaha Kuliner Gorengan

Usaha Kuliner Gorengan

Coba deh ngacung, siapa yang di sini yang nggak suka gorengan? Kayaknya nggak ada ya.

Yap, mungkin karena gorengan menjadi salah satu jenis makanan yang Indonesia banget. Dengan pilihannya yang cukup banyak, tak heran jika gorengan menjadi salah satu dari 10 jenis usaha kuliner yang paling laku.

Apalagi nih, dengan mengkonsumsi gorengan juga bisa membuat kenyang. Dan tampaknya, gorengan menjadi salah satu kuliner yang tak akan pernah mati di Indonesia.

Usaha kuliner satu ini tepat sekali jika kamu bisa menyajikan gorengan yang lezat. Dan modal untuk memulai bisnis gorengan juga nggak banyak kok. Pokok e, modal minimalis, untung maksimalis deh.

Kamu tahu sendiri kan, bahwa sebagian besar masyarakat Indonesia mempunyai kebiasaan mengkonsumsi gorengan, berapapun usianya.

Bahkan aneka gorengan juga kerap dijadikan sebagai lauk, misalnya tempe goreng, bakwan, dan tahu isi. Ketiga gorengan ini seolah menjadi ciri khas Indonesia loh.

7. Camilan Snack Kering

Camilan Snack Kering

Jenis usaha kuliner yang paling laku berikutnya adalah snack kering. Saat ini, snack kering telah hadir dalam bentuk yang kekinian, ya walaupun yang tradisional juga masih terus diproduksi.

Snack kering merupakan makanan yang paling diincar oleh kalangan muda, apalagi jika ada promosi di media sosial dengan harga yang agak miring.

Dan salah satu jenis snack kering yang paling diminati adalah snack kering yang bercitarasa pedas, misalnya kerupuk kulit, singkong, macaroni, batagor kering, hingga mi lidi.

Prospek kuliner satu ini sangat bagus, karena di sela-sela menghabiskan hari-hari, anak-anak muda kerap memilih cemilan sebagai penambah indah suasana. Asek.

Nah, jika kamu ingin memilih jenis kuliner ini, kamu meski mempunyai metode pemasaran yang tepat ya.

8. Healthy Snack

bisnis makanan Healthy Snack

Usaha kuliner yang paling laku selanjutnya adalah healthy snack. Jenis makanan sehat ini bisa berbentuk vegan oat bowl, salad sayur, buah, Vietnam spring roll, dan sebagainya.

Karena nggak bisa dielakkan, bahwa saat ini vegetarian telah dijadikan sebagai gaya hidup banyak orang.

Tak hanya itu saja, makanan sehat ini juga pasti menjadi incaran orang yang tengah menjalani proses diet. Kamu bisa menerapkan bisnis satu ini dengan system pre-order ya.

9. Roti Bakar

bisnis Roti Bakar

Kalau malem-malem, paling enak nongkrong ditemenin sama roti bakar. Ya nggak? Rasanya yang manis dengan balutan sedikit gurih membuat banyak orang memilih roti bakar sebagai snack malam hari ketika sedang berkumpul dengan teman-teman.

Apalagi biasanya, hanya dengan mengeluarkan uang Rp. 12.000 saja kamu sudah bisa menyantap roti bakar dengan puas.

Ya memang semurah dan selezat itu. So, tak heran jika kemudian prospek kuliner roti bakar ini terbilang sangat bagus ke depannya.

10. Usaha Kuliner Martabak

Usaha Kuliner Martabak

Usaha kuliner yang paling laku yang terakhir ada martabak.

Yap, martabak menjadi kuliner malam yang wajib bagi sebagian besar orang Indonesia, hal ini ini karena memang cita rasa martabak sangat cocok di lidah orang Indonesia. Dan banyak sekali orang yang memilih martabak sebagai teman sembari santai di malam hari.

Martabak hadir dengan berbagai variasi, seperti martabak manis, martabak telur, hingga martabak mini.

Nah, agar bisnis martabak yang kamu jalankan bisa sukses, kamu harus bisa berinovasi sebaik mungkin, karena kalau martabak yang kamu jual biasa-biasa saja, alias standar martabak pada umumnya, ya bisa kalah saing sama martabak lain sis.

So, itulah10 pembahasan mengenai jenis usaha kuliner yang bisa kamu coba. Kamu bisa memilih jenis usaha kuliner yang kamu pandang bisa menghasilkan ya. Yuk pilih usaha kuliner yang tepat dan raih suksesmu di sana. Aamiin.

Anita Aprilia Setangguh Karang. "Love to study. Sharing about finance, business and business opportunities."

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.