Naufal Muhsy Penyuka kopi yang tak terlalu manis. Pembelajar yang tak jua paham. Pejalan yang tak jua sampai.

Contoh Kata Pengantar Karya Ilmiah Singkat & Jelas

7 min read

kata-pengantar-karya-ilmiah-lengkap

Kata pengantar, merupakan bagian dari pendahuluan dari sebuah karya tulis ilmiah, yang umumnya berisi ungkapan terimakasih dari penulis. Kata pengantar karya ilmiah, terdapat pada setiap karya tulis di pendahuluannya.

Karya ilmiah yang dimaksud meliputi makalah, skripsi, tesis, desertasi, dan lain sebagainya.

Kata pengantar sendiri memiliki peranan yang sangat penting di dalam karya tulis ataupun karya ilmiah. Karena melalui kata pengantar, penulis dapat menyampaikan rasa syukur atas kontribusi yang telah diberikan selama penyelesaian karya tersebut.

Untuk penjelasan lebih lengkapnya, yuk simak pembahasan mengenai kata pengantar berikut ini.

Definisi dan Fungsi Kata Pengantar

definisi-dan-tujuan-dari-kata-pengantar
pixabay

Kata pengantar merupakan, sebuah halaman atau bagian yang ada pada sebuah karya ilmiah. Umumnya kata pengantar berisi ucapan syukur dan terimakasih yang disampaikan oleh penulis.

Biasanya kata pengantar selalu diletakan pada bagian awal sebuah karya ilmiah, dan peletakan tersebut bukan tanpa maksud.

Karena penulis ingin pembacanya mengetahui bahwa, dalam penyelesaian karya ilmiah tersebut penulis atau tim penyusun telah melakukan banyak hal. Bahkan ada pula beberapa pihak yang membantu selama penyusunan karya ilmiah tersebut.

Untuk menulis sebuah kata pengantar, kalian tidak boleh asal atau sembarangan. Karena kata pengantar memiliki beberapa sturuktur yang harus diperhatikan.

Apa saja struktur-struktur itu? Yuk simak pembahasan struktur kata pengantar karya ilmiah berikut ini.

Struktur Kata Pengantar

struktur-kata-pengantar-lengkap
pixabay

Berikut ini adalah beberapa struktur kata pengantar yang harus kalian ketahui, sebelum kalian menulis kata pengantar untuk sebuah karya ilmiah.

1. Pembukaan

Pembukaan sebuah kata pengantar, umumnya terletak pada bagian paragraf pertama dan kedua. Kemudian didalam pembukaan tersebut berisikan ucapan rasa syukur penulis atau tim penyusun atas selesainya karya ilmiah yang dibuat.

Di Indonesia sendiri, ucapan terimakasih atau rasa syukur pada bagian pembukaan umumnya ditujukan kepada Tuhan Yang Maha Esa. Namun, tentunya tetap disesuaikan dengan agama masing-masing.

Buat yang beragama islam, ucapan rasa syukur ditujukan kepada Allah SWT, dan begitu juga dengan pemeluk agama yang lain.

Kemudian, setelah ucapan terimakasih atau rasa syukur kepada Tuhan YME. Penulis akan melanjutkan ucapan terimakasih untuk pihak-pihak yang telah turut serta atau memiliki andil dalam penulisan karya ilmiah tersebut.

Sedangkan untuk penyebutan pihak-pihak yang bersangkutan, umumnya akan disesuaikan seberapa berpengaruhnya pihak tersbut dalam penyelesaian karya ilmiah.

Misal untuk karya ilmiah tugas sekolah, biasanya nama pertama yang akan dicantumkan dalam ucapan terimakasih adalah guru yang telah memberikan tugas. Baru setelahnya pihak-pihak lain yang membantu pembuatan karya ilmiah tersebut.

2. Isi

Di dalam bagian isi sebuah kata pengantar karya ilmiah, akan dicantumkan sedikit mengenai gambaran isi dari karya ilmiah tersebut.

Kemudian setelah itu, akan ada pembahasan mengenai bagaimana penulis atau tim penyusun menuliskan isi di dalam karya ilmiah.

Namun alangkah baiknya, saat kalian menulis bagian isi agar tidak menuliskan secara detail. Karena hal tersebut akan menyebabkan kata pengantar yang kalian buat terlalu panjang.

Oleh karena itu, kalian hanya cukup menjelaskan sedikit saja perihal isi dari karya ilmiah yang kalian buat untuk memberikan sedikit gambaran kepada pembaca.

3. Penutup

Pada bagian penutup kata pengantar, umumnya berisikan permohonanan maaf dan harapan dari penulis atau tim penyusun dari karya ilmiah yang telah dibuat.

Namun biasanya, permohonan maaf tersebut ditujukan apabila di kemudian hari ditemukan beberapa kesalahan dari karya ilmiah tersebut.

Karena saat seseorang membuat sebuah karya ilmiah, tentu tidak langsung jauh dari yang namanya kesalahan. Pasti masih ada beberapa bagian yang memiliki kekurangan.

Permohonan maaf yang ditulis sangat diperlukan, karena penulis atau tim penyusun tidak dapat bertatap muka dengan pembaca secara langsung. Sehingga apabaila terdapat kesalahan penulisan karya ilmiah, kiranya penulis sudah memberikan permohonan maaf atas kealfaan yang ditemukan oleh pembaca.

Sedangkan harapan, umumnya berisikan pandangan atau potensi lebih lanjut dari topik atau pembahasan yang diangkat di dalam karya ilmiah. Biasanya, sebuah topik atau pembahasan memiliki beberapa sisi menarik yang dapat dibahas untuk dijadikan karya ilmiah lainnya.

Cara Menulis Kata Pengantar Karya Ilmiah

cara-menulis-kata-pengantar-yang-baik-dan-benar
pixabay

Sebelum menuju kepada contoh-contoh kata pengantar karya ilmiah, ada baiknya kalian mengetahui bagaimana metode penulisan kata pengantar yang baik dan benar.

Mengapa kalian perlu mengetahui hal tersebut?

Tentu supaya kalian tidak hanya bergantung pada contoh penulisan kata pengantar yang terdapat dalam artikel ini.

Sebab perlu kalian ketahui bahwa, kata pengantar tak ayal adalah sebuah curahan hati dari penulis dan pemikiran penulis terhadap pembacanya. Metode dalam penulisan kata pengantar ini tidak akan jauh berbeda isinya dengan pembahasan sebelumnya mengenai struktur kata pengantar.

Untuk kata pengantar, saya merekomendasikan untuk kalian supaya pada bagian pertama menyertakan kalimat yang menyampaikan rasa syukur dan pujian kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Contoh: Alhamdulillah, puji syukur, dan lain sebagainya. Baru setelah itu berikan sedikit penjelasan mengenai pembahasan dari karya tulis ilmiah yang kalian buat, sertakan juga tujuan dan maksud kalian membuat karya ilmiah.

Selain itu, kalian juga perlu menuliskan ungkapan terimakasih kepada pihak-pihak yang telah ikut andil dalam menyelesaikan karya ilmiah tersebut. Misalnya dosen, guru, keluarga, teman, sahabat, dan lain sebagainya.

Bukan hanya itu, kalian juga dapat menuliskan keinginan apa saja yang kalian harapkan dari penulisan karya ilmiah yang telah dibuat.

Kemudian pada bagian akhir, jangan lupa untuk menuliskan ucapan permohonan maaf apabila terdapat kekurangan pada karya ilmiah kalian. Tunjukan pula kepada pembaca agar berkenan memberikan kritik dan saran yang bersifat membangun mengenai karya ilmiah tersebut.

Nah, berikut ini sudah saya sajikan contoh-contoh kata pengantar yang dapat kalian jadikan sebagai referensi:

Contoh Kata Pengantar Karya Ilmiah – Makalah

kata-pengantar-karya-ilmiah-makalah
pixabay

KATA PENGANTAR

Assalamualaikum Wr. Wb.

Segala puja dan puji syukur hanya Allah SWT, yang telah memberikan kami kemudahan sehingga kami dapat menyelesaikan makalah ilmiah ini dengan waktu yang tepat waktu. Karena tanpa pertolongan-Nya, tentu kami tidak akan sanggup untuk menyelesaikan makalah ilmiah ini dengan baik.

Sholawat beriring salam, semoga senantiasa tercurah limpahkan kepada manusia terbaik sepanjang zaman, yaitu nabi kita Nabi Muhammad SAW. Semoga kita bisa mendapatkan syafaatnya kelak di yaumil qiyamah.

Penulis mengucap syukur Alhamdulillah kepada Allah SWT, atas limpahan nikmat yang tidak pernah terhitung jumlahnya. Sehingga penulis mampu menyelesaikan pembuatan makalah ilmiah sebagai tugas akhir dari dari mata kuliah Ekonomi Syariah dengan judul “Kinerja Keuangan Pada Bank Syariah”.

Tentu penulis menyadari jika makalah ini masih jauh dari kata sempurna, dan masih banyak kekurangan dan kesalahan di dalamnya. Oleh karena itu, penulis mengarapkan kritik dan saran dari pembaca makalah ini. Supaya makalah ini dapat menjadi makalah yang lebih baik lagi kedepannya.

Akhir kata, apabila terdapat banyak kesalahan pada makalah ilmiah ini, penulis mohon maaf yang sebesar-besarnya.

Penulis juga tidak lupa mengucapkan banyak terimakasih kepada semua pihak, khususnya kepada Ibu Ririn selaku guru pembimbing yang telah memberikan arahan dalam penulisan makalah ilmiah ini.

Demikian, semoga makalah ilmiah ini dapat bermanfaat. Terimakasih.

Madiun, 15 Desember 2019

 

Penyusun

Contoh Kata Pengantar Makalah Agama

contoh-makalah-agama-untuk-tugas-sekolah-kuliah
pixabay

KATA PENGANTAR

Segala puja dan puji syukur kita haturkan kehadirat Allah SWT, karena atas limpahan rahmat serta anugerah dari-Nya kami dapat menyelesaikan makalah dengan judul “Takdzim Kepada Ustadz dan Guru”.

Sholawat serta salam, tidak lupa pula kita haturkan kepada uswatun hasanah kita, yaitu Nabi Muhammad SAW. Karena atas risalah dan petunjuk dari beliau, sehingga kita dapat merasakan manis dan nikmatnya iman sampai saat ini.

Kemudian dengan rendah hati, kami menyampaikan permohonan kritik dan saran dari pembaca untuk makalah ini, agar kami dapat merevisinya kembali. Karena kami menyadari, di dalam makalah yang telah kami buat ini masih ada banyak sekali kekurangan.

Tidak lupa, kami ucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada setiap pihak yang telah memberikan dukungan, dan bantuan selama proses penyelesaian makalah ini.

Akhir kata, demikianlah yang dapat kami haturkan, kami sangat berharap makalah yang telah kami buat ini dapat memberikan manfaat kepada setiapa pembacanya.

Madiun, 15 Desember 2019

 

Penyusun

Contoh Kata Pengantar Makalah Sejarah

makalah-sejarah-lengkap-terbaik-untuk-referensi
pixabay

KATA PENGANTAR

Ucapan puja dan puji syukur semata-mata hanya kami haturkan kehadirat Allah SWT, Tuhan semesta alam. Hanya kepada-Nya lah kami memohon dan hanya kepada-Nya lah kami menyembah.

Sholawat beriring salam, semoga senantiasa terucurahkan kepada junjungan nabi kita, Nabi Muhammad SAW. Suri tauladan terbaik dalam hidup kita, yang telah menyampaikan sebenar-benar petunjuk yakni petunjuk agama islam.

Dengan penuh takdzim dan hormat, Alhamdulillah pada akhirnya kami dapat menyelesaikan makalah kami dengan judul “Sejarah Perkembangan Islam di Bumi Nusantara” tanpa suatu halangan apapun.

Namun, tidak dapat kami pungkiri bahwa dalam pembuatan makalah ini masih terdapat banyak sekali kekurangan dan kesalahan.

Oleh sebab itu, kami mengharap kritik dan saran yang bersifat membangun dari pembaca. Supaya kami dapat memperbaiki kesalahan tersebut, sehingga makalah ini dapat menjadi lebih baik lagi.

Demikian yang dapat kami sampaikan, dan kami berharap semoga makalah ini dapat bermanfaat. Terimakasih.

Madiun, 15 Desember 2019

 

Penyusun

Contoh Kata Pengantar Karya Ilmiah – Skripsi

kata-pengantar-karya-ilmiah-skripsi
pixabay

KATA PENGANTAR

Bismillahirrahmanirrahiim

Segala ucapan syukur penulis haturkan kehadirat Allah SWT, yang telah memberikan rahmat serta hidayah-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan skripsi ini dengan baik.

Sholawat serta salam semoga senantiasa tercurah limpahkan kepada junjungan kita, Nabi Muhammad SAW.  Yang telah membawa risalah islam, sehingga kita dapat merasakan nikmatnya iman hingga saat ini.

Bagi penulis, penyusunan skripsi yang berjudul “Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Dengan Model Pembelajaran Talking Stick pada Mata Pelajaran IPS”.

Adapun tujuan dari pengajuan skripsi ini sebagai pemenuhan beberapa ketentuan guna kelulusan pada jenjang perkuliahan PGSD Strata I Universitas PGRI Madiun.

Selama penyusunan skripsi ini, tentu penulis mendapati beberapa hambatan dan tantangan. Namun dikarenakan medapat binaan dan dukungan dari semua pihak, akhirnya hambatan tersebut dapat teratasi.

Sementara di dalam penyusunan skripsi ini, tentunya penulis sadar akan ada banyak sekali ditemukan kekurangan. Baik dari segi kualitas maupun segi kuantitas bahan observasi yang penulis tampilkan.

Oleh karena itu, penulis mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun sehingga dapat menjadikan skripsi ini menjadi lebih baik lagi.

Kemudian, penulis mengucapkan banyak-banyak terimakasih kepada seluruh pihak yang telah memberikan dukungan, baik berupa bantuan, do’a, maupun dorongan dan berbagai macam pengalaman selama proses menyelesaikan penulisan artikel ini.

Akhir kata, penulis berharap semoga bantuan yang telah diberikan oleh segenap pihak dapat menjadi ladang amal kebaikan. Semoga skripsi ini juga dapat memberikan manfaat serta berguna bagi kemajuan pembelajaran di Sekolah Dasar.

Madiun, 15 Desember 2019

 

Penyusun

Contoh Kata Pengantar Karya Ilmiah Singkat

kata-pengantar-singkat-untuk-karya-tulis
pxabay

KATA PENGANTAR

Assalamualaikum Wr. Wb.

Alhamdulillah, ucapan rasa syukur kita haturkan kehadirat Allah SWT. Karena atas rahmat dan hidayah dari-Nya kami dapat menyelesaikan penulisan tentang “Adab Anak Kepada Orangtua” ini.

Sholawat dan salam semoga selalu tercurahkan kepada junjungan kita bersama, yaitu junjungan Nabi Muhammad SAW, keluarga, sahabat, dan seluruh umatnya sampai saat ini. Semoga kita bisa mendapatkan syafaatnya kelak di yaumil qiyamah.

Hanya ucapan syukur yang dapat penulis sampaikan, sehingga penulisan makalah yang menjadi tugas pelajaran Pendidikan Agama ini dapat terselesaikan dengan baik.

Kami juga mengucapkan banyak terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu dalam proses penyusunan makalah ini.

Demikian yag dapat kami sampaikan, harapannya semoga makalah ini dapat dijadikan sebagai panduan bagi pembaca untuk lebih berbakti kepada kedua orangtua. Kritik serta saran selalu kami harapkan, supaya makalah ini dapat ditingkatkan kedepannya.

Contoh Kata Pengantar Proposal

proposal-bisnis-dan-usaha
pixabay

KATA PENGANTAR

Bismillahirrahmanirrahiim

Puja dan puji syukur senantiasa kita panjatkan kehadirat Allah SWT, Rabb yang telah memberikan banyak nikmat kepada kita semua. Salah satu nikmat yang telah diberikan-Nya ialah, selesainya kami dalam menyusun proposal usaha ini dengan maksimal dan tepat waktu.

Adapun untuk jenis usaha yang akan kami jalankan nantinya adalah, usaha busana muslim muslimah. Ada banyak sekali umat muslim yang tinggal di kawasan Kota Madiun, sehingga sangat cocok apabila usaha ini dijalankan.

Namun di dalam perintisan usaha ini masih memiliki beberapa kendala, salah satunya yaitu biaya yang tidak sedikit. Oleh karena itu, kami mengajukan proposal berikut kepada Bapak atau Ibu sekalian.

Besar harapan kami, semoga proposal ini dapat memberikan manfaat, khususnya kepada kami yang menjadi pemohon beserta Bapak dan Ibu.

Kemudian, kami sangat menyadari bahwa hadirnya proposal ini bukan berarti tanpa ada kekurangan ataupun kesalahan. Sehingga kami membutuhkan kritik, saran, ataupun masukan dari Bapak dan Ibu sekalian.

Madiun, 15 Desember 2019

 

Pemohon

Sekian

Itulah beberapa pembahasan mengenai kata pengantar yang dapat kalian jadikan sebagai referensi. Selain kata pengantar karya ilmiah, kalian juga dapat membaca cara membuat resume jurnal, contoh makalah sejarah bahasa Indonesia, ataupun pembukaan pidato bahasa Inggris sebagai referensi dalam tugas lain.

Alhamdulillah, semoga pembahasan-pembahasan tersebut dapat bermanfaat. Sekian dan terimakasih 🙂

Naufal Muhsy Penyuka kopi yang tak terlalu manis. Pembelajar yang tak jua paham. Pejalan yang tak jua sampai.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.