Anita Aprilia Setangguh Karang. "Love to study. Sharing about finance, business and business opportunities."

Kelebihan dan Kekurangan Bisnis Online

5 min read

kelebihan dan kekurangan bisnis online

Kelebihan dan Kekurangan Bisnis Online – Hingga kini, bisnis online menjadi salah satu jenis bisnis yang paling digemari oleh masyarakat Indonesia, percaya atau tidak fakta berkata demikian.

Hal ini karena memang perkembangan teknologi di Indonesia terbilang sangat pesat, sehingga menuntut masyarakat untuk terus kreatif dan inovatif dalam menjalankan bisnis.

Pola pikir masyarakat juga mulai berubah, sehingga banyak yang memanfaatkan canggihnya teknologi untuk menghasilkan pundi-pundi keuangan dengan berbisnis online. Ya ialah, kan sayang kalau ponsel pintar cuma dipakai buat stalking si dia. Unfaedah banget ka ya? Mendingan buat bisnis online dong.

Nah, kalau saat ini kamu akan memutuskan terjun ke dunia bisnis online, ada baiknya mengetahui dulu kelebihan dan kekurangan bisnis online. Ia kan?

Karena bagaimanapun, mengetahui kelebihan dan kekurangan sebuah bisnis adalah hal yang meski diperhatikan, termasuk kelebihan dan kekurangan bisnis online. Biar lebih jelas, yuk simak penjelasannya berikut.

Kelebihan Bisnis Online

Kelebihan Bisnis Online

Gais, sadar nggak sih kalau bisnis online hadir dengan pesonanya sendiri loh. Bagaimana tidak, ia datang menawarkan kelebihan yang terbilang luar biasa. Penasaran apa saja?

1. Dapat Menjangkau Banyak Orang

Kelebihan bisnis online yang pertama tentu bukanlah sebuah rahasia umum lagi, semua orang tahu bahwa teknologi yang memanfaatkan jaringan bisa menjangkau siapapun dengan mudah.

Kalau yang di luar negeri aja bisa dijangkau, apalagi kalau cuma tetangga desa. Kecil itu mah.

Maka, kelebihan satu ini adalah kelebihan yang paling menguntungkan bagi seorang pebisnis online, karena kamu bisa memperhatikan keadaan pasar dengan mudah dan bisa menjangkau banyak pelanggan dari berbagai daerah.

Apalagi sifatnya yang tak terbatas dan tak terikat dengan waktu, sehingga memudahkan kamu dalam menemukan target pasar yang tepat. Tak heran jika kemudian banyak calon pelaku bisnis yang menjadikan bisnis online sebagai pilihan.

2. Minim Modal

Kelebihan bisnis online yang kedua adalah minim modal. Yap, kelebihan kedua yang akan kamu temukan adalah minimnya modal.

Hanya dengan memanfaatakan uang  seadanya, kamu sudah bisa memulai bisnis online loh sis, malah ada yang tanpa modal sedikitpun. Nggak percaya? Coba deh buat daftar jadi dropshipper.

Sistem bisnis online satu ini siap buat kamu kagum sekaligus heran, karena ternyata kamu tetap bisa berbisnis walaupun nggak punya modal.

Kelihatan dan kedengerannya konyol, tapi itulah kelebihan bisnis online yang akan kamu temukan sendiri. Kapan lagi coba bisa berbisnis tapi nggak ngeluarin duit?

Jadi, kalau selama ini kamu gagal bisnis cuman karena nggak punya modal, bisnis online satu ini cocok banget buat kamu ya. Coba dulu daftar jadi dropshipper, dan buktikan sendiri.

Caranya gampang, pertama, tentukan kira-kira produk apa yang akan kamu jual. Kemudian, cari tempat yang menyediakan produk tersebut sekaligus membuka pendaftaran dropshipper.

Nah, jika sudah ketemu, kamu bisa langsunf daftar dan menjalankan bisnis ini. Gampang toh?

3. Fleksibel dan Mudah

Semua orang pasti menginginkan sistem bisnis yang mudah dan fleksibel. Hal ini agar bisnis tidak mengganggu kegiatan lain.

Misalnya, bagi seorang siswa, bisnis onlinenya tidak akan mengganggu waktu belajar dan lain sebagainya.

Nah, bisnis online menawarkan keunggulan atau kelebihannya dalam hal ini loh. Hanya dengan bisnis online kamu akan merasakan sendiri, betapa fleksibel dan mudahnya menjalankan bisnis online.

Kamu akan menemukan adanya perbedaan mendasar dari bisnis online dengan bisnis offline. Ia nggak?

Karena kan, bisnis online bisa kamu jalankan kapapun dan dimanapun kamu mau, sementara bisnis offline menuntut kamu agar stay di tempat atau di toko dan sistemnya juga ngga fleksibel, sehingga agak merepotkan.

Apalagi, semua orang pasti berusaha menemukan sebuah sistem bisnis yang menawarkan sistem yang mudah dan fleksibel. Dan saat ini, sudah banyak sekali loh orang yang membuktikan betapa fleksibel dan mudahnya menjalankan bisnis online ini.

Yakin nggak pengen jalanin bisnis online? Yakin masih mikir tujuh kali keliling buat ngejalanin bisnis online?

4. Ada Banyak Jenis Bisnis

Pada umumnya bisnis offline ataupun online sama-sama mempunyai banyak jenis, yang membedakan antara keduanya hanyalah masalah sistem bisnisnya.

Kalau sistem bisnis offline, kamu tahu sendiri kalau bisnis ini harus dijalankan di toko, berbeda dengan sistem online yang bahkan bisa kamu kerjakan dari rumah saja.

Ada banyak sekali jenis bisnis online yang bisa kamu temukan, contohnya apa nih kak?

Pertama dengan menjadi dropshipper, tadi sedikit sudah disinggung ya masalah bisnis ini. Intinya, kamu bisa mulai bisnis tanpa modal, dan kamu hanya perlu mempromosikan produk, itu saja.

Kedua dengan menjadi penulis lepas, menjadi penulis lepas adalah salah satu bisnis yang paling menguntungkan, terutama jika kamu mempunyai skill yang luar biasa. Dalam sebulan, keuntungan yang bisa kamu peroleh cukup tinggi loh.

5. Berpotensi Membawa Bisnis Go Internasional

Internet adalah jaringan global yang membungkinkan kamu untuk berhubungan dengan siapapun di belahan bumi.

Saat ini, bisnis online bisa kamu jalankan walaupun produk yang kamu tawarkan berasal dari Indonesia dan diincar oleh banyak orang. Kok bisa?

Ya karena ternyata, banyak loh sis orang Indonesia yang tersebar ke seluruh penjuru negeri. Dan kamu pasti tahu dong, ada banyak orang yang mengambil peluang bisnis ini.

Misalnya, dengan menjual makanan khas Indonesia ke luar negeri. Ya jelas laku keras, secara, orang Indonesia yang posisinya sedang di luar negeri pasti merindukan makanan khas negeranya. Ia kan?

Apalagi nih, udah banyak banget orang luar yang ingin mencicipi kuliner Indonesia. Sehingga bisnis satu ini terbilang cukup menggiurkan.

6. Penghasilan Berlipat

Dengan menjalankan bisnis online, kamu tidak bisa memprediksi penghasilan dengan tepat loh, karena biasanya, bisnis online tergantung dengan kondisi pasar dan bagaimana kamu menjalankannya.

Sistem bisnis online selalu mengingatkan kamu, bahwa promosi merupakan hal yang paling penting dalam bisnis online, karena hanya dengan promosi bisnis kamu bisa dilarisi banyak orang.

Siap buat ngiklan teruss? Kalau siap, yuk gas memulai bisnis online sekarang, dan dapatkan penghasilan berlipat-lipat.

7. Bebas Pajak

Kelebihan bisnis online berikutnya adalah bebas pajak. Berbeda halnya jika kamu menjalankan bisnis offline ya, ada biaya pajak yang meski kamu keluarkan, misalnya pajak pembangunan ataupun pajak pendapatan.

So, kalau kamu berbisnis online, sebesar apapun bisnis yang kamu jalankan, dan sebesar apapun penghasilan kamu, karena sistem bisnisnya digital, maka kamu tidak akan terkena pajak, apapun bentuknya.

Paling kamu hanya perlu bayar domain sama hosting doang sis, itu juga harganya murah loh.

8. Bisa Sukses dengan Latar Belakang Apapun

Apabila kamu ingin memulai bisnis online, maka tak ada keahlian khusus yang harus kamu miliki dan ini menjadi salah satu kelebihan bisnis online.

So apapun latar belakang kamu, kamu bisa menjalankan bisnis online ini.

Kamu bisa belajar di berbagai tempat, seperti website, rekan bisnis online kamu, atau forum. Nggak usah takut nggak bisa sis, asal kamu punya niat, tekad, dan komitmen, pasti bisa deh.

Baca Juga:

Kekurangan Bisnis Online

Kekurangan Bisnis Online

Okey setelah mengetahui berbagai kelebihan bisnis online, maka selanjutnya yang harus kamu tahu tentang bisnis online ini adalah kekurangannya.

Hal ini bertujuan agar kamu mempunyai pertimbangan yang matang ketika akan menjalankannya.

1. Tergantung dengan Internet

Tentu hal ini sudah sangat jelas ya, karena kamu telah menjadikan media sosial sebagai tempat berbisnis maka semua kegiatannya pasti berhubungan dengan internet.

Sehingga pada saat padam listrik, jaringan jelek, hujan deras, dan sebagainya, maka bisnis kamu pasti akan terhambat.

Bayangin saat-saat seperti itu ternyata orderan sedang numpuk, tentu ada banyak hal yang menjadi kacau ya.

Beda halnya kalau kamu menggunakan sistem offine, mati lampu? Tinggal pasang lilin, buka jendela. Hehe.

2. Barang Nggak Sampai ke Pembeli

Kekurangan bisnis online yang kedua adalah barang bisa saja nggak sampai ke pembeli.

Misal, karena ada kecelakaan/ kendala di jalan, atau malah barangnya jatuh di tengah jalan saat pengantaran, sehingga kamu akan mendapatkan aksi protes dari konsumen. Yang seharusnya mendapat untung malah jadi buntung.

3. Banyak Penipuan

Sistem online merupakan sistem yang biasanya menyediakan pembayaran di awal, sehingga kalau kamu sudah bayar baru semua pesanan diproses.

Tentu hal ini menimbulkan perasaan was-was bagi siapapun, termasuk kamu yang akan menjalankan bisnis menjadi reseller misalnya.

Uang sudah ditransfer tapi barang tak kunjung tiba, hal ini pasti akan membuat jengkel. Nah inilah salah satu kekurangan bisnsi online yang harus kamu pahami.

4. Siap Melayani Chattingan Dengan Baik

Ada banyak sekali tipe konsumen yang akan kamu temui, salah satunya ya tipe yang banyak tanya tapi nggak jadi beli. So, siapkan stok sabar yang banyak ya sis.

5. Dibanding-bandingkan dengan Online Shop yang Lainnya

Hal yang paling umum kamu temukan ketika berbisnis online adalah, ada banyak kosnumen yang melakukan pembandingan antara bisnis kamu dengan bisnis orang lain.

Kesel kan ya, terutama masalah harga. Tapi ya itulah risiko, dan kamu harus menjalaninya dengan tabah.

6. Omset Akan Menurun

Kekurangan bisnis online yang terakhir adalah omset akan menurun.

Sebagai pebisnis online kamu dituntut untuk selalau update, dan biasanya jika di toko online kamu ada banyak barang yang belum laku, tentu kamu tidak akan mengupade barang baru guna menghabiskan stok. Ia nggak?

Nah, tahukah kamu, bahwa kegiatan ngabisin stok ini bisa buat kamu lupa update hingga membuat omset menurun?

Ya karena semua pelanggan pasti akan beralih ke toko online lain yang selalu mengupdate produknya.

Maka, cobalah untuk selalu mengupadate produk yang kamu tawarkan secara rutin, dan terus memberikan inovasi produk yang memang diperlukan.

Inget sis, kamu negjalanin bisnis online sehingga semuanya harus bisa diupadate secara tepat dan cepat.

Sekian

So, itulah pembahasan singkat mengenai kelebihan dan kekurangan bisnis online yang akan kamu temukan jika sudah menjalaninya.

Maka pertimbangkan lebih dulu jika memang ingin menjalankannya, terutama masalah internet. Karena kekurangan satu ini harus menjadi pertimbangan yang paling serius.

Demikian, semoga bermanfaat. Mulailah berbisnis dari sekarang dengan menimbang kelebihan dan kekurangan bisnis online, karena menundanya sama dengan menunda kesuksesan loh.

Semakin cepat kamu mulai, maka semakin cepat kesuksesan hadir. Yang terpenting terus berusaha yes.

Anita Aprilia Setangguh Karang. "Love to study. Sharing about finance, business and business opportunities."

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.