Kelebihan dan Kekurangan Bisnis Paytren yang Wajib Kamu Tahu!

Di tahun 2013, sejagad maya dihebohkan dengan sebuah aplikasi yang diciptakan oleh Ustadz Yusuf Mansur yang dinaungi oleh PT. Veritra Sentosa Internasionl.

Aplikasi ini merupakan hasil pemikiran seorang ustadz kondang, yang ingin memberikan kontribusi tehadap kehidupan masyarakat. Pasalnya, aplikasi yang dibuat oleh Ustadz Yusuf Mansur bisa dijadikan sebagai bisnis.

Yap, nama aplikasinya adalah Paytren. Aplikasi ini merupakan sebuah bisnis yang menganut  sistem pembayaran dengan uang digital, seperti yang sedang marak terjadi saat ini.

Bagaimanapun, yang namanya bisnis ataupun aplikasi pasti mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing, tak terkecuali Paytren. So, kali ini kita akan bahas tentang kekurangan Paytren, lengkap dengan segala seluk-beluk Paytren.

Hal ini bertujuan agar kamu lebih yakin kalau mau memulai bisnis dengan Paytren. Sebelum ke pembahasan kelebihan dan kekurangan Paytren, kayaknya akan lebih bagus kalau kita membahas seputar hal-hal yang berkaitan dengan Paytren, seperti manfaatnya, hingga sistem kerjanya. Ia nggak?

Sekilas Tentang PayTren

Topik utama kita sebenarnya tentang kekurangan Paytren tapi nggak ada salahnya kalau kita ulas tentang Paytrennya dulu ya. Karena walaupun sudah dikenal dari tahun 2013, tentu bukan jaminan kalau semua orang kenal baik dengan Paytren.

So, Paytren adalah sebuah aplikasi yang dirancang untuk mempermudah semua penggunanya dalam bertransaksi, apapun itu. Mulai dari transaksi pembayaran listrik, tagihan finansial, pembelian pulsa, paket data, air, telepon, dan sebagainya.

Manfaat Menggunakan Paytren

Dengan menggunakan Aplikasi Paytren, kamu akan mendapatkan berbagai manfaat loh.

1. Pertama, Simple

Aplikasi Paytren hadir menawarkan berbagai manfaat, seperti simple dan mudah digunakan. Kamu menjadi fasilitator orang-orang yang akan membeli pulsa, membayar listrik, leasing finance, bpjs, dan sebagainya tanpa meski keluar dari rumah.

Karena sistemnya mempermudah orang lain, maka kamu juga bisa menjalankannya dengan mudah.

2. Harga Lebih Murah

Manfaat yang kedua adalah, kamu akan mendapatkan harga distributor, sehingga lebih murah apabila dibandingkan dengan harga di tempat yang lain.

Sehingga, jika ingin kamu jual kembali tentu akan untung, dan kalau digunakan sendiri juga oke.

3. Mendapat Pahala

Selain memberikan kesempatan bagi yang ingin berbisnis, aplikasi Paytren juga sudah dirancang Ustadz Yusuf Mansur untuk membantu kamu dalam bersedekah.

Jadi, kalau selama ini kamu bingung mau sedekah, atau malas bersedekah, mungkin aplikasi ini bisa menjadi solusi yang paling tepat.

Jadi, dengan bertransaksi di Paytren kamu akan secara otomatis ikut bersedekah dan membantu orang-orang yang tidak mampu.

4. Dapet Cashback Transaksi

Ada berbagai fitur yang menarik di Paytren, dan salah satunya adalah ada cashback jika kamu sering melakukan transaksi. Jadi, perbanyak transaksi, maka cashback akan semakin banyak kamu dapatkan.

Baca juga Cara Memulai dan Menjalankan Bisnis Agen Kuota untuk Pemula

Cara Kerja PayTren

Paytren menawarkan sistem kerja yang super mudah, karena kamu seperti hanya memindahkan transaksi saja, misalnya dulu harus ke bank, atau ke outlet pembelian dan pembayaran, maka dengan Paytren kamu hanya bisa menggunakan aplikasi ini saja, sehingga akan menghemat waktu kamu.

Nah, berikut ada beberapa langkah yang bisa kamu coba untuk memulai bisnis di Paytren:

Langkah pertama, isilah formulir pendaftaran terlebih dahulu, kemudian pilih paket dan lengkapi semua data yang dibutuhkan. Dan kamu bisa memilih paket apapun yang kamu inginkan.

Kedua, kamu meski mentransfer biaya pendaftaran, bisa dengan atm, sms, dan internet banking. Dan terkahir, tinggal lakukan konfirmasi saja. Hal ini agar aktivitas mudah dilakukan.

Ketiga langkah-langkah berikut bisa kamu lakukan. Gampang banget kan? Cukup dengan tiga langkah, kamu sudah bisa menjadi seorang mitra Paytren secara resmi dan langsung menjalankan bisnis ini.

Tak hanya itu, kamu juga akan dibimbing oleh orang yang memang sudah professional dalam menjalankan bisnis ini. Oh ya, bisnis satu ini bisa dimulai oleh siapapun ya, tak peduli apa agamanya, sukunya, hingga budaya.

Nah, kalau sudah mendaftar, kamu bisa mulai melakukan transaksi, melayani semua pembelian yang dibutuhkan masyarakat. Semakin banyak yang membeli, maka akan semakin banyak untung yang kamu dapatkan.

Kelebihan PayTren

Paytren mempunyai berbagai kelebihan apabila kamu bandingkan dengan aplikasi pembelian dan pembayaran lainnya.

1. Tidak Punya Kadaluarsa

Semua dana yang kamu miliki di Aplikasi Paytren dapat kamu gunakan kapanpun kamu mau, asalkan akun kamu tidak bermasalah.

Hal ini agar tidak ada yang dirugikan, karena biasanya, aplikasi uang lainnya mematok kadaluarsa, sehingga semua penggunaannya harus segera menggunakan uangnya.

2. Canggih

Hal yang meski kamu pahami adalah, Aplikasi Paytren ini merupakan bisnis yang canggih, karena didukung dengan aplikasi di ponsel. So, kamu meski mendownload aplikasnya terlebih dahulu.

Ya tentu nggak memberatkan ya, karena tanpa gabung Paytren juga kamu sudah pakai smartphone, karena saat ini, smartpone mah udah jadi kebutuhan yang susah buat digantikan, terutama bagi kamu yang kerjanya memang menggunakan smartphone.

Sehingga Paytren akan mempermudah semua penggunanya, seperti media social pada umumnya.

3. Memudahkan Ibadah

Tampaknya, apapun ibadah yang ingin kamu lakukan bisa dipermudah oleh Paytren. Misalnya, kegiatan ibadah yang memang berhubungan dengan uang, misalnya sedekah, qurban, aqiqah.

So, aplikasi ini menawarkan sistem sekali mendayung, satu dua pulau langsung terlampaui. Kamu berbisnis, sekaligus beribadah. Kan keren. Aplikasi mana lagi coba yang menawarkan kemudahan seperti ini?

Kekurangan Paytren

Memang, Paytren hadir dengan berbagai pesona dan kelebihannya, namun kita tidak juga bisa menutup kemungkinan, bahwa kekurangan Paytren juga pasti ada.

Dengan kelebihan-kelebihannya, ada bayak yang merekomendasikan aplikasi ini untuk memulai bisnis kamu dari rumah. Kalau masalah halalnya, mungkin kamu tidak perlu meragukannya lagi ya, karena Ustadz Yusuf Mansur pasti telah memikirkannya dengan matang.

Dalam hal ini, Ustadz Yusuf Mansur juga ikut mempromosikan aplikasi Paytren ke berbagai media. Tak heran jika banyak yang ikut mendaftar.

Baik, kita akan ulas sekilas kekurangan Paytren yang bisa menjadi pertimbangan.

1. Masyarakat Belum Begitu Dipercaya

Meskipun dibuat oleh seorang Ustadz kondang, namun tidak lantas membuat semua masyarakat percaya. Sebagian besar pasti ada juga yang belum percaya.

Nah, inilah yang menjadi kekurangan Paytren yang pertama. Karena masyarakat masih mempercayai, bahwa bank adalah satu-satunya sistem pembayaran yang paling dipercaya dan terbukti kredibilitasnya, apalagi jika menggunakan bank Negara.

Ya walaupun sebenarnya, sistem di bank juga tidak jauh lebih baik daripada Paytren, karena di bank ada unsur ribanya.

Apalagi awalnya, Paytren sudah diframe masyarakat sebagai bisnis MLM, namun seiring degan waktu, terlihat bahwa aplikasi ini sangat berguna bagi umat.

2. Masih Jarang Dimengerti

Kekurangan Paytren yang kedua adalah masih susah dimengerti. Walaupun proses pendafarannya mudah, dan membuat semua proses transaksi menjadi mudah, namun tetap masih banyak yang tidak dimengerti masyarakat luas, karena kemajemukan masyarakat Indonesia.

Ada yang gampang menerima informasi, ada juga yang tidak, termasuk dalam memahami Paytren.

3. Banyak Pesaing

Kekurangan Paytren yang selanjutnya adalah banyaknya pesaing. Tentu hal ini sudah umum diketahui ya, karena saat ini sudah banyak sekali yang menggunakan aplikasi ini dalam menjalankan berbagai transkasi pembelian.

Apalagi saat booming, nyaris semua orang berbondong-bondong menggunakan Paytren, sehingga membuat persaing terus bertambah.

4. Belum Didukung Sistem Pembayaran Tertentu

Kekurangan Paytren berikutnya, belum didukung dengan sistem permbayaran tertentu. Sederhana sih, tapi ya meskinya memang semua sistem permbayaran sudah tersedia di Paytren.

5. Pembayaran PDAM Belum Menyeluruh

Dari awal, sistem yang ada di Paytren belum dilengkapi dengan daftar PDAM, yang kemudian diadakan. Namun sayangnya, belum semua daftar PDAM tercantum di Paytren, sehingga akan menyulitkan.

6. Sistem Server Down

Kekurangan Paytren satu ini rasanya bukan hanya dialami oleh Paytren ya, tapi beberapa aplikasi lainnya. Padahal, jika server down, maka akan menghambat transaksi.

Misalnya, pulsa yang dikirm lama masuk. Dan biasanya, ini hanya akan terjadi di masa-masa khusus, misalnya ketika ada maintance, dan sebagainya.

7. Biaya Daftar Mahal

Nah, agar menjadi member Paytren, kamu meski membayar uang pendaftaran loh. Angkanya juga terbilang mahal dan terbilang tinggi.

Paytren menyediakan dua jenis linsensi yang bisa kamu pilih, misalnya dengan menjadi member titanium, kamu harus membayar biaya Rp. 10.100.000, sementara member yang biasa atau klasik uang pendaftarannya Rp. 350.000.

Bagi banyak orang, pembayaran ini tentu cukup mahal ya, karena kalau dbandingkan dengan aplikasi lain, tentu harganya akan jauh lebih murah, dan aplikasi lain malah bisa memberikan layanan yang jauh lebih baik.

Dan jika kamu memilih untuk mendaftar menjadi member di beberapa perusahaan justru tidak ada biaya yang harus kamu bayar, alias gratis, kamu hanya perlu menyiapkan uang paling sedikit Rp. 50.000 untuk membeli deposit awal.

8. Banyak Keluhan

Ada berbagai keluhan yang sering terdengar oleh mitra Paytren. Mereka merasa tidak puas dengan pelayanan yang diberikan, karena terbilang slow respon.

Padahal sebenarnya, mereka membutuhkan fast respon, apalagi nih proses verifikasinya bisa sampai berhari-hari.

Hal ini mungkin karena admin ataupun customer service nya sibuk karena terlalu banyak yang harus dilayani, sehingga mereka harus membagi waktu untuk mengurus satu per satu keluhan yang masuk.

Setiap hari, pasti selalu ada keluhan atau masalah yang dikeluhkan oleh member Paytren. Wajar sih, namanya juga aplikasi yang sudah pernah naik daun, tentu penggunanya semakin banyak.

9. Sudah Mulai Ditinggalkan

Kekurangan Paytren yang terkahir adalah mulai ditinggalkan. Sepertinya sih, ini karena ada banyak sekali aplikasi-aplikasi tandingan yang bermunculan, dan hadir dengan fitur-fitur lain yang jauh lebih menguntungkan.

Terutama untuk masalah biaya pendaftaran. Karena Paytren mengharuskan kamu membayar Rp. 350.000 untuk menjadi member Paytren, tentu banyak yang lebih memilih untuk menggunakan aplikasi lain yang memang memberikan bebas biaya pendaftaran, hingga uang yang dimilikinya bisa dialokasikan ke deposit awal saja.

Apalagi, aplikasi-aplikasi yang bermunculan juga menyediakan sistem fast respon untuk melayani berbagai keluhan penggunanya.

Tak heran jika kemudian banyak yang mulai meninggalkan Paytren dan beralih menggunakan aplikasi lain. Dan kamu juga bisa melihat, bahwa saat ini, Paytren sudah tidak booming dan jarang dijumpai.

Oke gais, kayaknya kepanjangan ya. Hehe, tapi nggak apa-apa. Paling nggak pembahasan tentang kelebihan dan kekurangan Paytren ini bisa menjadi gambaran umum, bisa menjadi pertimbangan kamu ketika ingin bergabung menjadi mitra di Paytren. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.