Bagaimana Pengaruh Analisis Akuntansi Dalam Menilai Kondisi Keuangan Perusahaan?

Bagaimana Pengaruh Analisis Akuntansi Dalam Menilai Kondisi Keuangan Perusahaan
Pengaruh analisis akuntansi dalam menilai kondisi keuangan perusahaan adalah dengan mempelajari transaksi dan peristiwa perusahaan, menilai dampak kebijakan akuntansi terhadap laporan keuangan, menyesuaikan laporan tersebut agar lebih mencerminkan keadaan ekonomi yang mendasarinya dan membuat lebih sesuai untuk di

Mengapa analisis laporan keuangan sangat penting dalam mengukur kinerja keuangan perusahaan?

Mengapa Analisis Keuangan Sangat Penting Suatu proses penelitian laporan keuangan beserta unsurnya yang bertujuan untuk mengevaluasi dan memprediksi kondisi keuangan perusahaan serta juga mengevaluasi hasil yang telah dicapai perusahaan pada masa lalu dan sekarang disebut sebagai analisis keuangan,

Selain itu, juga dapat disebut dengan suatu hubungan antara satu angka dalam laporan keuangan dengan angka yang lain yang mempunyai makna untuk menjelaskan arah perubahan pada suatu fenomena. Angka-angka di dalam laporan keuangan akan mempunyai sedikit arti apabila dilihat secara sendiri-sendiri, tetapi dengan analisis keuangan maka akan lebih mudah dalam menginterprestasikannya.

Berikut ini ada beberapa peranan analisis laporan keuangan, antara lain : Manfaat analisis keuangan Analisis keuangan sangat berarti agar proses cash flow perusahaan dapat berjalan dengan lancar. Berikut ini berbagai manfaat dari adanya analisis keuangan bagi sebuah perusahaan.

Untuk mengetahui hubungan di antara suatu perusahaan dengan perusahaan yang lain, baik pada satu laporan keuangan ataupun antar laporan keuangan. Sehingga jika terjadi kelemahan di dalam satu atau beberapa perusahaan pada laporan keuangan, maka akan diambil suatu tindakan untuk memperbaikinya. Untuk mengetahui posisi keuangan perusahaan pada suatu periode tertentu. Seperti harta, kewajiban dan modal atau hasil usaha yang telah dicapai dalam beberapa periode. Untuk mengetahui beberapa kelemahan yang dapat menjadi kekurangan suatu perusahaan. Untuk mengetahui beberapa kekuatan yang dimiliki suatu perusahaan. Untuk mengetahui langkah perbaikan yang perlu untuk dilakukan, yang berkaitan dengan posisis keuangan di perusahaan pada saat ini. Dapat memberikan suatu informasi yang lebih luas dan lebih dalam dari pada informasi yang terdapat pada laporan keuangan biasanya. Dapat menggali beberapa informasi yang tidak tampak secara kasat mata dari suatu laporan keuangan atau yang berada dibalik laporan keuangan tersebut. Dapat mengetahui beberapa kesalahan yang terdapat dalam laporan keuangan serta dapat membongkar hal yang mempunyai sifat konsisten dalam hubungannya dengan suatu laporan keuangan ataupum kaitannya dengan informasi yang dapat diperoleh dari luar perusahaan. Dapat menentukan sebuah peringkat perusahaan menurut kriteria tertentu yang sudah dikenal di dalam dunia bisnis. Dapat membandingkan situasi perusahaan satu dengan perusahaan yang lain pada periode sebelumnya atau dengan standart industri normal maupun standart yang ideal. Dapat memahami situasi dan juga kondisi keuangan, hasil usaha serta struktur keuangan pada suatu perusahaan. Dapat untuk memprediksi potensi yang mungkin akan dilakukan perusahaan di masa yang akan datang. Dapat memberikan suatu informasi yang diinginkan oleh para pengambil keputusan. Untuk melakukan penilaian suatu kinerja manajemen pada masa datang, apakah perlu dilakukan penyegaran atau tidak. Dapat digunakan sebagai pembanding perusahaan satu dengan perusahaan yang sejenis tentang hasil yang telah mereka capai.

Tujuan analisis keuangan Pada dasarnya setiap kegiatan manajemen memiliki tujuan untuk mendapatkan sesuatu. Begitu pula dengan analisis keuangan, berikut ini berbagai tujuan dari analisis keuangan yang harus dilakukan oleh perusahaan Anda.

Screening – Analisis dilakukan dengan cara melihat analisis keuangan dengan tujuan untuk memilih suatu kemungkinan investasi atau merger Forcasting – Analisis dipakai untuk meramalkan suatu kondisi keuangan perusahaan dimasa yang akan datang. Diagnosis – Analisis bertujuan untuk melihat kemungkinan adanya beberapa masalah yang terjadi baik di dalam manajemen operasi, keuangan maupun masalah yang lain. Evaluation – Analisis dilakukan untuk menilai suatu prestasi manajemen, operasional dan juga efisiensi. Sehingga dapat mengevaluasi hasil kinerja pada perusahaan tersebut. Understanding – Dengan melakukan suatu analisis keuangan, informasi mentah yang dibaca pada laporan keuangan akan menjadi lebih luas dan juga lebih dalam. Sehingga dapat lebih dimengerti.

You might be interested:  Yang Merupakan Pemanfaatan Produk Pasar Modal Yaitu?

Itulah beberapa peran analisis keuangan dalam suatu perusahaan. Untuk menjadi perusahaan yang berkembang, seorang pemimpin harus dapat mengatur laporan keuangannya dengan baik. Supaya tidak terjadi hal-hal yang dapat merugikan perusahaannya. Selain itu, untuk menghindari penyimpangan di dalam keuangan perusahaan maka perlu dilakukan analisis pada laporan keuangan tersebut.

  • Hal itu dilakukan untuk memperbaiki penyimpangan keuangan yang telah terjadi, sehingga perusahaan yang mereka pimpin dapat berjalan dengan baik dan berkembang pesat.
  • Demikian artikel tentang analisis laporan keuangan, semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk para pemimpin dan calon pemimpin dalam mengatur keuangan perusahaan mereka.

Salam Pencerahan! Sumber : https://www.tommcifle.com/mengapa-analisis-keuangan-sangat-penting/ : Mengapa Analisis Keuangan Sangat Penting

Seperti apa pentingnya analisis akuntansi untuk analisis keuangan?

Analisis akuntansi penting bagi analisis keuangan karena analisis akuntansi mempelajari transaksi dan peristiwa perusahaan, menilai dampak kebijakan akuntansi terhadap laporan keuangan, menyesuaikan laporan keuangan tersebutagar lebih mencerminkan keadaan ekonomi yang mendasarinya dan membuatnyalebih sesuai untuk

Bagaimana kita dapat mengetahui bahwa perusahaan tersebut memiliki kondisi keuangan yang baik?

Ciri-Ciri Perusahaan yang Anda Kelola Mempunyai Kondisi Keuangan yang Baik Oleh: Jonathan Tanuwijaya Pada saat anda sedang mengelola sebuah bisnis, hal yang lumrah apabila anda kehabisan uang tunai sehingga menyebabkan kas anda tidak dapat menyimpan uang sepeserpun.

Ondisi ini bukanlah indikator yang dapat menunjukkan bahwa bisnis yang Anda kelola perlahan menuju jurang kegagalan. Prinsip tersebut pun berlaku sebaliknya, pada saat sebuah bisnis mempunyai omset yang sangat tinggi, atau sedang melakukan pemasaran secara besar-besaran, maka perusahaan yang anda kelola belum tentu sedang mempunyai kondisi keuangan yang baik.

Tetapi, dalam menentukan baik atau tidaknya situasi keuangan memang dinilai tricky. Misalnya, pada saat suatu perusahaan mampu membayar gaji para karyawan ataupun melunasi semua tagihan dan berbagai biaya bulanan dengan tepat waktu, maka hal tersebut dapat dikatakan bahwa perusahaan sedang berjalan baik-baik saja.

Sebenarnya ada banyak ciri yang menunjukkan bahwa perusahaan yang anda kelola mempunyai kondisi keuangan yang baik, diantaranya: 1. Bertumbuhnya pendapatan Pada saat Anda menerima laporan laba rugi perusahan yang sedang dikelola setiap bulan, maka anda harus menganalisisnya dengan teliti. apabila laporan tersebut menunjukkan bahwa pendapatan dan keuntungan bisnis yang Anda kelola meningkat beberapa persen, maka anda boleh bernafas lega.

namun apabila perusahaan anda tidak mendapati lonjakan profitabilitas setiap bulan atau tahunnya, bisnis Anda cukup terdapatnya prospek keuangan yang kuat, maka perusahaan yang anda kelola sedang dalam kondisi sehat.2. Rasio profitabilitas masih sehat Rasio profitabilitas merupakan alat yang dapat mengukur tingkat pengembalian penjualan dan investasi terhadap perusahaan yang Anda kelola.

  1. Supaya bisa mendapatkan hasil rasio, maka anda perlu menghitung margin keuntungan dengan cara melibatkan pengambilan keuntungan bersih tahunan, kemudian membaginya dengan penjualan tahunan.
  2. Rasio profitabilitas pada suatu perusahaan yang mempunyai kondisi keuangan yang baik akan menunjukkan nilai yang tinggi.

Namun apabila sebaliknya, pada saat perusahaan anda dapat menghasilkan penjualan namun margin keuntungan anda tetap rendah yang telah dipengaruhi oleh biaya awal, struktur harga, ataupun faktor-faktor lain, maka anda perlu lebih berhati-hati ketika mengelola keuangan anda.3.

  1. Jumlah pengeluaran yang seimbang Seiring dengan pertumbuhan pendapatan pada perusahaan yang anda kelola, maka total pengeluaran pun umumnya ikut meningkat.
  2. Untuk bisa membuat perusahaan anda tetap berada pada kondisi keuangan yang sehat, anda perlu memastikan bahwa pengeluaran tidak lebih besar dari pendapatan Anda.

Misalnya, dalam satu tahun pendapatan Anda meningkat 15%, maka pengeluaran anda tidak boleh melebihi dari 10% dalam jangka waktu yang sama.4. Tidak banyak melakukan pengajuan hutang Di dalam sebuah ekonomi perusahaan, terdapat dua jenis rasio hutang yang dikenal oleh perusahaan yang menjadi salah satu indikator sehat atau tidaknya sebuah bisnis, yaitu rasio utang dengan aset dan rasio utang dengan ekuitas.

  • Apabila rasio utang dengan aset berguna guna mengukur besaran jumlah aktiva perusahaan yang dibiayai dengan jumlah uang, maka rasio hutang dengan ekuitas berfungsi untuk melihat adanya perbandingan utang perusahaan dan ekuitas perusahaan atau pemegang saham.
  • Biasanya suatu perusahaan dikatakan sehat secara kondisi keuangan jika memiliki rasio utang rendah, tetapi dalam hal rasio utang dengan aset, maka perbandingan maksimal antara rasio utang dan aset harusnya 1:2 apabila sebuah perusahaan tersebut tetap ingin berada dalam kategori baik secara finansial.

Bibliography 4 Tanda Perusahaan Anda Memiliki Kondisi Keuangan yang Baik. (2017, September 18). Retrieved from: https://sleekr.co/blog/4-tanda-kondisi-keuangan-baik/ Badingatus Solikah, 3351403053 (2007) pengaruh Kondisi Keuangan Perusahaan, Pertumbuhan Perusahaan, dan Opini Audit Tahun Sebelumnya Terhadap Opini Audit Going Concern.

Mengapa seorang analisis dalam melakukan analisa laporan keuangan harus menggunakan angka pembanding dalam rasio keuangan?

Mengapa perlu membandingkan suatu rasio keuangan dengan standard tertentu seperti standard industri? Karena angka – angka yang berdiri sendiri sulit dikatakan baik tidaknya. Untuk itu diperlukan pembanding yang bisa dipakai untuk melihat baik tidaknya angka yang dicapai oleh perusahaan.

You might be interested:  Aspek Keuangan Yang Perlu Diperhatikan Pada Perancangan Usaha?

Apa yang terjadi jika suatu usaha yang berkaitan dengan bisnis tidak melakukan analisis keuangan?

Tidak Memiliki Proyeksi Bisnis Jangka Panjang yang Baik – Dalam sebuah laporan keuangan, segala transaksi bisnis harus tercatat dengan rapi. Penjualan, pembelian dan semua aset perusahaan harus tertera dengan jelas. Dengan adanya pencatatan tersebut, perusahaan akan mengetahui dalam berapa lama sebuah produk dapat merespon pasar.

Lalu, berapa sisa modal yang memiliki, berapa besar profit atau keuntungan yang mendapat sehingga memiliki dasar untuk membuat keputusan ke depan. Jika tidak memiliki laporan keuangan, Anda tidak akan tahu berapa banyak yang telah menghasilkan oleh perusahaan dan apa saja kendala keuangan yang telah menghadapi.

Sehingga ada kemungkinan Anda justru membuat keputusan yang salah dari sebuah prediksi keuangan yang salah. Baca Juga : Contoh Laporan Keuangan Untuk Hindari Kerugian

Apakah setiap perusahaan perlu melakukan analisis terhadap laporan keuangan jelaskan?

Pengertian Analisis Laporan Keuangan – Apa yang dimaksud dengan analisis laporan keuangan? Analisis laporan keuangan adalah aktivitas yang dilakukan untuk mengidentifikasi, menilai, mengolah hingga membandingkan informasi yang terdapat dalam sebuah laporan keuangan.

    • Manajer perusahaan
    • Investor pasar modal
  • Karyawan perusahaan
  • Pemberi kredit
  • Auditor internal dan eksternal
  • Regulator

Mengapa analisis laporan keuangan merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari analisis bisnis?

Analisis laporan keuangan merupakan bagian tak terpisahkan dari analisis bisnis karena pada dasarnya laporan keuangan berisi informasi tentang rencana bisnis perusahaan, analisis lingkungan bisnis, dan strategi perusahaan sehingga laporan keuangan dipandang sebagai bagian penting dan tak terpisahkan dari analisis

Bagaimana untuk mengetahui kondisi rasio keuangan suatu perusahaan dikatakan baik atau buruk?

Bagaimana Pengaruh Analisis Akuntansi Dalam Menilai Kondisi Keuangan Perusahaan Kinerja perusahaan merupakan hasil dari kegiatan manajemen di setiap perusahaan. Parameter yang sering digunakan untuk menilai kinerja suatu perusahaan adalah dengan menggunakan pendekatan di mana informasi keuangan diambil dari laporan keuangan atau laporan keuangan lainnya.

  • Rasio Keuangan merupakan hal penting yang perlu diperhatikan dalam menjalankan sebuah perusahaan.
  • Seorang pengusaha harus memahami tentang rasio keuangan, karena memiliki banyak manfaat yang dapat diperoleh apabila dapat menganalisis rasio keuangan perusahaan.
  • Rasio keuangan digunakan sebagai salah satu alat ukur untuk mengetahui posisi keuangan dan keberhasilan suatu perusahaan yang dapat digunakan sebagai pedoman dalam pengambilan keputusan.

Ketahui tentang cara penilaian kinerja perusahaan berdasarkan analisis rasio keuangan di bawah ini.

    Bagaimana Pengaruh Analisis Akuntansi Dalam Menilai Kondisi Keuangan Perusahaan Ada beberapa faktor penting yang dapat mempengaruhi kinerja suatu perusahaan. Diantaranya adalah sebagai berikut ini: 1. Efektivitas dan efisiensi 2. Otoritas atau wewenang 3. Disiplin atau taat terhadap hukum dan peraturan yang berlaku 4. Inisiatif, yang berkaitan dengan daya pikir dan kreativitas dalam perusahaan Bagaimana Pengaruh Analisis Akuntansi Dalam Menilai Kondisi Keuangan Perusahaan Laporan keuangan memiliki beberapa nilai keuntungan dan kelebihan yang dapat dirasakan dampaknya, baik bagi manajemen atau pemilik perusahaan, antara lain adalah sebagai berikut ini: 1. Menjadi alat pengukuran atau penilaian kinerja perusahaan, Dengan adanya laporan keuangan perusahaan, semua informasi tentang aliran pendapatan dan pengeluaran dalam perusahaan tercatat dengan baik dengan valid dan transparan.

    Sehingga laporan keuangan juga dapat menjadi dasar penilaian dari kinerja unit usaha dan tim karyawan yang ada di perusahaan.2. Membuat langkah-langkah untuk perbaikan perusahaan, Dengan mengetahui dimana letak inefisiensi perusahaan, maka langkah-langkah perbaikan dapat dilakukan secara lebih baik dan tepat sasaran.

    Dengan adanya laporan keuangan, maka akan jelas terlihat dimana terjadinya pos-pos perusahaan dengan pengeluaran atau pembiayaan yang besar sehingga perlu dihemat, dan lain sebagainya.3. Menjadi dasar informasi untuk melakukan proyeksi di masa mendatang,

    Dengan adanya data keuangan, maka akan membantu manajemen dan pemilik perusahaan dalam menentukan target dan visi untuk pengembangan bisnis yang ingin didapatkan di masa depan. Terutama dalam melakukan pembelian aktiva atau melakukan pinjaman ke pihak lain yang harus disesuaikan dengan kemampuan perusahaan dalam menghasilkan pendapatan yang lebih baik lagi.4.

    Meningkatkan kredibilitas dan akuntabilitas suatu perusahaan, Untuk beberapa investor, laporan keuangan yang baik dapat menjadi dasar dalam melakukan penanaman modal kepada perusahaan tersebut. Namun, bukan berarti hal ini menyebabkan laporan keuangan dapat dipoles dengan angka-angka positif yang baik sehingga perusahaan dapat dinilai lebih tinggi. Bagaimana Pengaruh Analisis Akuntansi Dalam Menilai Kondisi Keuangan Perusahaan Ada 4 indikator rasio keuangan yang dapat digunakan untuk menilai kinerja keuangan perusahaan. Keempat indikator ini saling berhubungan sehingga para pengusaha harus dapat menjaga keseimbangan antara keempat rasio yang dimiliki. Indikator tersebut diantaranya adalah: 1.

    • Rasio Likuiditas, merupakan rasio untuk mengetahui kemampuan perusahaan dalam memenuhi kewajiban membayar hutang-hutangnya maupun untuk mengecek efisiensi modal kerja.
    • Rasio ini dapat digunakan untuk mengukur likuiditas suatu perusahaan.
    • Apabila perusahaan tersebut mampu memenuhi kewajibannya, maka dapat dikatakan bahwa perusahaan tersebut likuid.

    Sedangkan apabila perusahaan tersebut tidak mampu memenuhi kewajibanya, maka perusahaan tersebut dikatakan ilikuid. Rasio yang sering digunakan untuk menghitungnya adalah Current Ratio, Quick Ratio, dan Cash Ratio,2. Rasio Profitabilitas, merupakan rasio yang digunakan untuk menunjukkan kemampuan suatu perusahaan dalam menghasilkan keuntungan.

    • Selain itu, rasio ini juga dapat digunakan untuk mengetahui kelangsungan hidup perusahaan yang dapat diukur menggunakan Gross Profit Margin, Net Profit Margin, Return On Assets, dan Return On Equity.3.
    • Rasio Solvabilitas, merupakan rasio yang digunakan untuk menilai kemampuan perusahaan dalam melunasi seluruh kewajibannya baik jangka pendek maupun jangka panjang.

    Rasio ini dapat diukur dengan menggunakan Rasio Hutang terhadap Aktiva, Time Interest Earned, dan Fixed Charge Coverage.4. Rasio Aktivitas, digunakan untuk mengukur tingkat penggunaan aktiva atau kekayaan perusahaan. Rasio ini diukur dengan menggunakan perputaran piutang, perputaran persediaan, perputaran aktiva tetap, dan perputaran total aktiva. Bagaimana Pengaruh Analisis Akuntansi Dalam Menilai Kondisi Keuangan Perusahaan Analisis rasio keuangan digunakan oleh manajemen perusahaan untuk menentukan seberapa baik kinerja perusahaan. Sedangkan fungsi analisis rasio keuangan untuk para investor adalah untuk melihat perusahaan yang akan digunakan untuk investasi, apakah memiliki kondisi keuangan yang baik atau tidak. Sehingga investor dapat menentukan investasi mana yang terbaik. Suatu perusahaan dapat dikatakan dalam kondisi baik apabila memiliki indikator-indikator seperti memiliki rasio likuiditas yang lancar, profitabilitas yang tinggi, solvabilitas yang tinggi, serta rasio aktivitas yang tinggi. Indikator-indikator tersebut dapat diketahui menggunakan rasio keuangan yang dapat dihitung berdasarkan data yang diperoleh dari laporan keuangan.

Untuk melakukan analisis rasio keuangan, setiap perusahaan harus memiliki laporan keuangan yang akurat. Dengan rasio keuangan, maka tim manajemen dan pemilik perusahaan dapat menilai bagaimana kinerja perusahaan dan dapat membantu bagi para investor untuk mengambil keputusan dalam berinvestasi.

Penilaian kinerja perusahaan yang dilakukan secara baik dan benar akan berpengaruh terhadap kesuksesan suatu perusahaan. Selain memastikan bawah penilaian kinerja dilakukan secara baik, setiap perusahaan juga harus melakukan pengelolaan terhadap SDM yang ada. Sleekr hadir sebagai software HR yang sangat cocok untuk perusahaan, dan telah terintegrasi dengan Jurnal sebagai software akuntansi online,

Sleekr telah digunakan oleh ribuan pengguna dan dipercaya oleh banyak perusahaan di Indonesia. Tunggu apa lagi? Coba Sleekr sekarang juga ! Bagaimana Pengaruh Analisis Akuntansi Dalam Menilai Kondisi Keuangan Perusahaan

Apakah perhitungan rasio keuangan dengan menggunakan data dari laporan keuangan sudah menjadi analisis yang kuat untuk mengetahui kondisi keuangan perusahaan?

Apakah perhitungan rasio keuangan dengan mempergunakan data-data dari laporan keuangan sudah dapat Rasio keuangan dengan mempergunakan data-data dari laporan keuangan sudah dapat dijadikan analisa yang kuat untuk memahami kondisi kinerja keuangan perusahaan karena laporan keuangan menunjukkan kondisi perusahaan yang sesungguhnya.

Apa yang akan terjadi jika manajer keuangan membuat keputusan tanpa memperhatikan kondisi keuangan perusahaan yang terdapat pada laporan keuangan?

Akibat yang terjadi apabila manager keuangan membuat keputusan tanpa memperhatikan kondisi keuangan – Brainly.co.id Semua yang mengenai masalah keuangan haruslah terbuka antara atasan dan bawahan terjadap suatu perusahaan. apabila manager mengambil keputusan sepihak tanpa memperhatikan kondisi keuangan. maka akan terjadi masalah atau krisis keuangan d perusahan. keputusan sebaiknya diambil secara musyawarah.

Mengapa kita perlu melakukan analisa terhadap laporan keuangan yang telah dibuat?

2. Solvabilitas – Tujuan dari melakukan analisa laporan keuangan yang selanjutnya adalah sebagai solvabilitas perusahaan. Ini merupakan kemampuan perusahaan dalam memenuhi semua kewajiban. Hasil ini diperoleh dengan membandingkan seluruh kewajiban dengan semua aset serta membandingkan semua kewajiban dengan ekuitas.

Bagaimana laporan keuangan akuntansi dapat digunakan dalam proses pengambilan keputusan?

Contoh laporan akuntansi dapat digunakan untuk pengambilan keputusan dapat dilihat pada keputusan manajer perusahaan. Misalnya seorang manajer melihat laba perusahaan dari laporan keuangan ( akuntansi ). Manajer tersebut melihat laba semakin mengalami penurunan dari bulan ke bulan.

Mengapa analisis kinerja itu penting dilakukan oleh suatu perusahaan?

3. Mengidentifikasi kebutuhan pengembangan dan pelatihan karyawan – Setelah evaluasi kinerja dilakukan, perusahaan dapat mengetahui lebih dalam apa saja kelebihan dan kelemahan karyawan, juga aspek yang perlu dipertahankan, diperbaiki, maupun dikembangkan lebih lanjut.

  1. Dari data tersebut perusahaan dapat mengidentifikasi apa saja kebutuhan pengembangan dan pelatihan karyawan.
  2. Penyelenggaraan program pengembangan dan pelatihan sangat penting untuk mendorong kinerja karyawan.
  3. Tidak hanya memperluas wawasan, tetapi juga mengasah berbagai keterampilan yang berdampak positif bagi pengembangan karier karyawan.

Setelah mengikuti program tersebut, perusahaan tentu berharap karyawan bersedia memberikan kontribusi maksimal sehingga kinerja perusahaan pun meningkat.

Seberapa penting mempelajari analisis laporan keuangan dan apa manfaatnya untuk perusahaan?

Manfaat analisis laporan keuangan – Dikutip dari buku Gambaran Umum Akuntansi Manajemen (2021) karya Harti Budiyanto, analisis laporan keuangan memiliki sejumlah manfaat, yaitu:

Untuk mengevaluasi hasil kerja divisi atau departemen dalam perusahaan. Untuk mengetahui hasil kinerja, pendapatan serta kemajuan atau perkembangan perusahaan. Untuk mengetahui kemampuan keuangan perusahaan serta daftar hutang yang dimiliki. Untuk menentukan kebijakan perpajakan. Untuk meningkatkan kesejahteraan karyawan perusahaan.