Berapa Banyak Industri Jasa Keuangan Bank Di Indonesia?

Berapa Banyak Industri Jasa Keuangan Bank Di Indonesia
2. berapa banyak industri jasa keuangan bank di indonesia?3. apa saja jenis-jenis keuangan bank?​ Berapa banyak industri jasa keuangan bank di indonesia? Menurut jumlah yang terdata pada Otoritas Jasa Keuangan Republik Indonesia (OJK RI) per tahun 2019 adalah 1879 unit. Terdiri dari 115 Bank Umum dan 1786 Bank Perkreditan Rakyat. Apa saja jenis-jenis keuangan bank? Menurut kelompok yang didata Otoritas Jasa Keuangan Republik Indonesia (OJK RI), terdiri dari 2 kelompok yaitu: A.

bank persero, bank pembangunan daerah, bank swasta nasional, bank asing, bank pembangunan daerah syariah, bank swasta nasional syariah

B. Bank Perkreditan Rakyat, terdiri dari:

bank perkreditan rakyat konvensional, bank perkreditan rakyat syariah

: 2. berapa banyak industri jasa keuangan bank di indonesia?3. apa saja jenis-jenis keuangan bank?​

Berapa banyak bank Indonesia di Indonesia?

Jumlah Kantor Bank Umum Berdasarkan Kelompok Bank di Indonesia (2020-2021)

A Font Kecil A Font Sedang A Font Besar

Jumlah kantor bank umum di Indonesia mengalami peningkatan pada 2021. Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, jumlah kantor bank umum bertambah 1.633 unit atau 5,3% dari 30.733 unit pada 2020 menjadi 32.366 unit pada 2021. Berdasarkan kelompok bank, hampir semua jenis bank umum mengalami penambahan jumlah kantor pada tahun 2021, kecuali kantor cabang dari bank yang berkedudukan di luar negeri.

Secara rinci, jumlah kantor bank persero bertambah dari 17.307 unit pada 2020 menjadi 18.182 pada tahun lalu. Jumlah kantor bank pembangunan daerah meningkat dari 4.421 unit menjadi 5.127 unit. Bank swasta nasional juga mencatatkan penambahan jumlah kantor, yaitu dari 8.969 unit pada 2020 menjadi 9.030 unit pada 2021.

Adapun, kantor bank yang berkedudukan di luar negeri tercatat sebanyak 27 unit pada 2021. Jumlahnya berkurang dibandingkan tahun sebelumnya yang sebanyak 36 unit. Kontras dengan jumlah kantornya yang bertambah, jumlah bank umum justru berkurang. Pada 2021, jumlah bank umum tercatat sebanyak 107 bank, lebih sedikit dari tahun 2020 yang berjumlah 109 bank.

You might be interested:  Badan Hukum Yang Merupakan Persekutuan Modal?

Apa itu SPI bank Indonesia?

STATISTIK PERBANKAN INDONESIA Statistik Perbankan Indonesia (SPI) merupakan media publikasi yang menyajikan data perbankan Indonesia. SPI diterbitkan secara bulanan untuk memberikan gambaran perkembangan perbankan di Indonesia secara periodik. Pemberitahuan:

Mulai SPI edisi Maret 2012, dilakukan penyempurnaan penyajian SPI agar selaras dengan perubahan Laporan Bulanan Bank Umum yang telah terlebih dahulu diimplementasikan berdasarkan Peraturan Bank Indonesia No.10/40/PBI/2008 tanggal 24 Desember 2008 tentang Laporan Bulanan Bank Umum. Penyempurnaan dimaksud mengakibatkan perubahan penyajian pada beberapa tabel terkait data Bank Umum dan data Perkreditan sedangkan data terkait Bank Syariah serta data Bank Perkreditan Rakyat tidak mengalami perubahan. Penjelasan lengkap terkait perubahan beberapa tabel Bank Umum dan data Perkreditan dalam rangka penyempurnaan SPI ini, terdapat dalam Matriks Penyempurnaan SPI.

Matriks Penyempurnaan Statistik Perbankan Indonesia (SPI) Matriks Rincian Penyempurnaan Statistik Perbankan Indonesia (SPI) Matriks Penyempurnaan SPI dimaksud memetakan tabel-tabel SPI edisi sebelumnya ke dalam SPI Penyempurnaan.

Pada SPI mulai edisi Desember 2015 data perbankan syariah tidak lagi disajikan. Data perbankan syariah dimaksud telah tersedia di Statistik Perbankan Syariah (SPS) mulai edisi Desember 2015. Namun, data perbankan terkait kelompok bank syariah berdasarkan kategori Bank Umum Kegiatan Usaha (BUKU) masih disajikan di SPI. Diharapkan dengan pemisahan data ini dapat mempercepat data yang diberikan kepada stakeholder,

Pada SPI mulai edisi Februari 2021 periode laporan bulan Desember 2020 akan terdapat penyesuaian “pengelompokan bank umum berdasarkan kepemilikan” yang semula terdiri dari 6 kelompok bank disesuaikan menjadi 4 kelompok bank. Penyesuaian kelompok bank ini diharapkan menjadi lebih relevan terhadap kelembagaan bank umum saat ini.

Untuk keterangan lebih lanjut terkait penerbitan Statistik Perbankan Indonesia dapat menghubungi: OTORITAS JASA KEUANGAN Departemen Perizinan dan Informasi Perbankan Deputi Direktur Publikasi dan Administrasi (IDAP) Email : [email protected] Address : Menara Radius Prawiro, Jl. MH. Thamrin No.2 Telp : 157