Berikut Ini Yang Merupakan Tanggung Jawab Petugas Administrasi Keuangan Adalah?

Berikut Ini Yang Merupakan Tanggung Jawab Petugas Administrasi Keuangan Adalah
Ayo Pahami Tugas dan Tanggung Jawab Sebagai Administrasi Keuangan

  1. Membuat Rencana Keuangan Perusahaan. shutterstock.com.
  2. Mengatur Arus Uang Perusahaan. shutterstock.com.
  3. Mengetahui dan Membayarkan Hutang Perusahaan. shutterstock.com.
  4. Menyusun Kebijakan Anggaran Keuangan Perusahaan.
  5. Mengurus surat-surat berharga perusahaan.

Apa yang menjadi tanggung jawab manajer keuangan?

Tanggung Jawab Manajer Keuangan – Selain tugas, manajer keuangan juga memiliki tanggung jawab utama antara lain sebagai berikut:

Mengkoordinasikan dan mengontrol perencanaan, pelaporan, serta pembayaran kewajiban pajak perusahaan agar efisien, akurat, tepat waktu, dan sesuai dengan peraturan pemerintah yang berlaku. Merencanakan dan mengkoordinasikan penyusunan anggaran perusahaan, serta mengontrol penggunaan anggaran tersebut untuk memastikan penggunaan dana secara efektif dan efisien dalam menunjang kegiatan operasional perusahaan. Mengelola fungsi akuntansi dalam memproses data dan informasi keuangan untuk menghasilkan laporan akuntansi keuangan yang dibutuhkan perusahaan secara akurat. Merencanakan dan mengkoordinasikan pengembangan sistem serta prosedur keuangan dan akuntansi. Selain itu juga mengontrol pelaksanaannya untuk memastikan semua proses dan transaksi keuangan berjalan dengan tertib dan teratur. Merencanakan dan mengkonsolidasikan perpajakan seluruh perusahaan untuk memastikan efisiensi biaya dan kepatuhan terhadap peraturan perpajakan. Merencanakan, mengkoordinasi, dan mengontrol arus kas perusahaan (cash flow), terutama pengelolaan piutang dan utang, Sehingga, hal ini dapat memastikan ketersediaan dana untuk operasional perusahaan dan kondisi keuangan dapat tetap stabil.

Apa itu petugas administrasi keuangan?

Dasar Pengelolaan Administrasi Keuangan – Perusahaan yang ingin memperoleh keberhasilan dalam mengelola usahanya di butuhkan adanya kegiatan bersama yang harus dilakukan di setiap kegiatan perusahaan. Keuangan merupakan salah satu faktor penting dalam keberhasilan dan pendukung dalam mengingatkan usaha atau bisnis.

  • Menerima, menyiapkan uang, serta melaksanakan administrasinya.
  • Menyiapkan bukti bukti yang lengkap mengenai penerimaan dari pengeluaran keuangan sesuai dengan peraturan.
  • Menyusun laporan kas.
  • Meneliti kelengkapan dan bukti pembukuan keuangan.
  • Menata dan mengatur proses administrasi keuangan sesuai dengan prosedur yang berlaku.
  • Menyimpan dan memelihara semua dokumen pembukuan secara teratur
You might be interested:  Yang Termasuk Manfaat Pasar Modal Bagi Investor Adalah?

Tugas Administrasi Keuangan perusahaan seorang administrator(staff ) perusahaan melakukan tugas tugas administrasi dan pengangaran secara umum tugas administrasi keuangan meliputi:

  • Mengelola surat menyurat
  • Mencatat transaksi barang dan jasa
  • Melakukan pencatatan rekonsiliasi dan penutupan transaksi keuangan
  • Melakukan pembayaran dan penagihan
  • Melakukan penganggaran

Prinsip Administrasi Keuangan Manajemen keuangan bukan hanya berkutat seputar pencatatan akuntansi. Dia merupakan bagian penting dari manajemen program dan tidak boleh dipandang sebagai suatu aktivitas tersendiri yang menjadi bagian pekerjaan orang keuangan.

  • Manajemen keuangan pada NGO lebih merupakan pemeliharaan suatu kendaraan.
  • Apabila kita tidak memberinya bahan bakar dan oli yang bagus serta service teratur, maka kendaraan tersebut tidak akan berfungsi secara baik dan efisien.
  • Lebih parah lagi, kendaraan tersebut dapat rusak ditengah jalan dan gagal untuk mencapai tujuan yang ditetapkan.

Dalam prakteknya, Manajemen Keuangan adalah tindakan yang diambil dalam rangka menjaga kesehatan keuangan organisasi. Untuk itu, dalam membangun sistem manajemen keuangan yang baik perlulah kita untuk mengidentifikasi prinsip-prinsip manajemen keuangan yang baik.

Konsistensi ( Consistency )

Sistem dan kebijakan keuangan dari organisasi harus konsisten dari waktu ke waktu. Ini tidak berarti bahwa sistem keuangan tidak boleh disesuaikan apabila terjadi perubahan di organisasi. Pendekatan yang tidak konsisten terhadap manajemen keuangan merupakan suatu tanda bahwa terdapat manipulasi di pengelolaan keuangan.

Akuntabilitas ( Accountability )

Akuntabilitas adalah kewajiban moral atau hukum, yang melekat pada individu, kelompok atau organisasi untuk menjelaskan bagaimana dana, peralatan atau kewenangan yang diberikan pihak ketiga telah digunakan. NGO mempunyai kewajiban secara operasional, moral dan hukum untuk menjelaskan semua keputusan dan tindakan yang telah mereka ambil.

Transparansi ( Transparency )

Organisasi harus terbuka berkenaan dengan pekerjaannya, menyediakan informasi berkaitan dengan rencana dan aktivitasnya kepada para pemangku kepentingan. Termasuk didalamnya, menyiapkan laporan keuangan yang akurat, lengkap dan tepat waktu serta dapat dengan mudah diakses oleh pemangku kepentingan dan penerima manfaat.

You might be interested:  Apa Yang Dimaksud Dengan Konsep Modal?

Kelangsungan Hidup ( Viability )

Agar keuangan terjaga, pengeluaran organisasi di tingkat stratejik maupun operasional harus sejalan/disesuaikan dengan dana yang diterima. Kelangsungan hidup ( viability ) merupakan suatu ukuran tingkat keamanan dan keberlanjutan keuangan organisasi. Manager organisasi harus menyiapkan sebuah rencana keuangan yang menunjukan bagaimana organisasi dapat melaksanakan rencana stratejiknya dan memenuhi kebutuhan keuangannya.

Pengelolaan ( Stewardship )

Organisasi harus dapat mengelola dengan baik dana yang telah diperoleh dan menjamin bahwa dana tersebut digunakan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Secara praktek, organisasi dapat melakukan pengelolaan keuangan dengan baik melalui : berhati-hati dalam perencanaan stratejik, identifikasi resiko-resiko keuangan dan membuat system pengendalian dan sistem keuangan yang sesuai dengan organisasi.

Standar Akuntansi ( Accounting Standards )

Sistem akuntansi dan keuangan yang digunakan organisasi harus sesuai dengan prinsip dan standar akuntansi yang berlaku umum. Hal ini berarti bahwa setiap akuntan di seluruh dunia dapat mengerti sistem yang digunakan organisasi. Berikut Ini Yang Merupakan Tanggung Jawab Petugas Administrasi Keuangan Adalah Permudah Administrasi Keuangan dengan Jurnal by Mekari Jurnal by Mekari merupakan online dengan laporan keuangan seperti neraca keuangan, arus kas, laba-rugi, dan lainnya. Tujuan Jurnal by Mekari adalah memudahkan pembukuan serta proses akuntansi pemilik bisnis.

  1. Semua perusahaan dan pengusaha pasti menginginkan administrasi yang berjalan baik sementara masih banyak perusahaan yang kesusahan untuk mengelola administrasi yang baik, untuk itulah Jurnal by Mekari hadir sebagai Simple Online Accounting Software untuk menunjang kesuksesan pebisnis.
  2. Dengan menggunakan dari Jurnal by Mekari, maka lebih menghemat waktu proses administrasi dan operasional, dengan harga yang efisien, efektif dan cepat.

Karena itu, pebisnis bisa lebih fokus untuk mengembangkan usahanya. : Mengenal Administrasi Keuangan: Pengertian, Fungsi, Manfaat, Komponen, Petugas, Dasar Pengelola serta Prinsipnya – Mekari Jurnal

Apa tanggung jawab petugas administrasi?

Tugas Penting dan Utama Staff Administrasi Bank –

  • Melakukan kegiatan pelayanan kantor, penyediaan pelayanan dan layanan administrasi perkantoran,sesuai ketentuan yang berlaku untuk mendukung kelancaran operasional perusahaan.
  • Mengelola kas kecil dan kas besar untuk menjadikan dan menyusun data
  • Memelihara dokumen dan sistem data yang terdapat ditempat kerjanya.
  • Melakukan kegiatan administrasi seperti surat menyurat input data, rekap data, dan dokumentasi.
  • Menyusun informasi bulanan berupa informasi kegiatan dan informasi,
  • Supporting dalam kegiatan audit.
You might be interested:  Komponen Yang Terdapat Pada Laporan Keuangan Laba Rugi Adalah?

Apa tugas dan tanggung jawab keuangan?

Peran dan Tanggung Jawab Melakukan penginputan semua transaksi keuangan ke dalam program. Melakukan transaksi keuangan perusahaan. Melakukan pembayaran kepada supplier. Berhubungan dengan pihak internal maupun eksternal terkait dengan aktivitas keuangan perusahaan.

Apa saja fungsi administrasi keuangan di perusahaan?

Kesimpulan – Administrasi adalah kegiatan pencatatan keuangan perusahaan, dilakukan oleh beberapa orang dengan mengikuti aturan dan arahan pemimpin divisi agar proses pencatatan lebih efektif dan efisien, sehingga tujuan administrasi keuangan bisa dicapai.

Tujuan administrasi keuangan adalah memproses dan mengatur keuangan di perusahan, dengan menggunakan sistem keuangan yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Bagian administrasi bertanggung jawab mencatat seluruh kegiatan masuk dan keluarnya uang perusahaan, untuk menghindari tindakan kecurangan dari orang dalam atau luar perusahaan.

Demikian pengertian, fungsi dan tujuan administrasi keuangan. Semoga artikel ini bisa membantu Anda memahami kenapa tujuan administrasi keuangan sangat berpengaruh terhadap perusahaan atau bisnis. Semoga bermanfaat!

Apakah tugas dan tanggung jawab sama?

Tugas adalah perbuatan yang harus diselesaikan seseorang dalam jangka waktu yang ditentukan. Di sisi lain, tanggung jawab merupakan beban yang dipikul seseorang. Inilah perbedaan utama antara tugas dan tanggung jawab. Inilah perbedaan utama antara tugas dan tanggung jawab.

Apa tugas dan tanggung jawab dari pekerjaan?

Diantaranya : 1. Melaksanakan pekerjaan sesuai dengan tugas dan perintah yang diberikan.2. Menjaga ketertiban dan keamanan di lingkungan perusahaan demi kelangsungan perusahaan.3. Bertanggung jawab pada hasil produksi.4. Menciptakan ketenangan kerja di perusahaan (Soedarjadi, 2009:15).