Bidang Akuntansi Yang Kegiatan Utamanya Menyusun Laporan Keuangan Disebut?

Bidang Akuntansi Yang Kegiatan Utamanya Menyusun Laporan Keuangan Disebut
1. Akuntansi Keuangan ( Financial Accounting ) – Bidang ini berkaitan dengan akuntansi suatu unit ekonomi secara keseluruhan. Akuntansi keuangan berhubungan dengan pelaporan keuangan untuk pihak-pihak di luar perusahaan. Laporan yang berhasil ini bersifat serba guna ( general purpose ).

  1. Egiatannya meliputi pencatatan kegiatan finansial yang bertujuan untuk dapat menyajikan laporan keuangan.
  2. Laporan keuangan yang meliputi neraca perusahaan, cara menghitung laba rugi dan laporan perubahan modal atau laporan laba ditahan selama jangka waktu tertentu.
  3. Laporan keuangan yang biasanya dihasilkan dari sebuah aplikasi akuntansi ini dapat dimanfaatkan oleh pihak-pihak yang membutuhkan sebagai informasi guna pengambilan keputusan dan kebijakan yang rasional dan relevan.

Tahukah Anda kalau aplikasi akuntansi online Mekari Jurnal bisa memudahkan Anda mengelola keuangan perusahaan secara lebih praktis dan akurat. Buktikan dengan coba gratis aplikasi Jurnal dengan klik pada tombol atau banner di bawah ini. Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang! atau Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Apa yang dimaksud dengan akuntansi pemeriksaan laporan keuangan?

2. Akuntansi Pemeriksaan (Auditing) – Akuntansi pemeriksaan atau auditing adalah bidang akuntansi yang berhubungan dengan kegiatan pemeriksaan laporan keuangan. Kegiatan ini menyangkut kebenaran suatu laporan keuangan atau hasil dan kesimpulannya yang berguna bagi pihak pihak seperti investor kreditur, pemilik saham dan pemerintah.

Apa saja laporan keuangan?

4 Kegiatan Akuntansi Lengkap 4 Kegiatan Akuntansi Lengkap

4 Kegiatan Akuntansi Lengkap

AKUNTANSI merupakan suatu proses pencatatan, penggolongan, peringkasan dan penyajian laporan keuangan yang terjadi selama periode waktu tertentu. Obyek akuntansi adalah transaksi keuangan. Dari pengertian akuntansi tersebut dapat disimpulkan bahwa kegiatan akuntansi meliputi: 1.

Pencatatan (Recording) Pencatatan merupakan kegiatan untuk mengadakan pencatatan atas transaksi keuangan perusahaan yang terjadi ke dalam dokumen (bukti transaksi), buku harian (jurnal) yang tersedia pada perusahaan dengan tepat dan berurutan. Misalnya Transaksi pembelian secara tunai dicatat ke dalam bukti transaksi (nota kontan).2.

Penggolongan (Classifying) Penggolongan merupakan kegiatan menggolongkan transaksi keuangan yang terjadi dalam suatu perusahaan ke dalam perkiraan buku besar. Misalnya Transaksi pembelian secara tunai dicatat ke dalam jurnal pengeluaran kas. Kemudian digolongkan ke perkiraan buku besar kas.3.

  • Peringkasan (Sumarizing) Peringkasan merupakan kegiatan meringkas transaksi keuangan yang sudah digolongkan dan dicatat ke perkiraan buku besar tersebut ke dalam neraca saldo.4.
  • Pelaporan (Presenting) Pelaporan yang dimaksud adalah menyusun laporan keuangan.
  • Laporan keuangan terdiri dari laporan laba / rugi, laporan perubahan modal( ekuitas ) atau laporan laba yang ditahan(PT) dan neraca.
You might be interested:  Wirausahawan Harus Memiliki Modal Yang Cukup Artinya?

Sekian Artikel mengenai 4 Kegiatan Akuntansi Lengkap, Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi sobat baik untuk menambah ilmu, mengerjakan tugas, maupun untuk sekedar menambah pengetahuan. Akhir kata, Terimakasih atas kunjungannya. : 4 Kegiatan Akuntansi Lengkap

Bagaimana persamaan akuntansi yang diterapkan mengacu pada Standar Akuntansi Keuangan?

Pengertian Akuntansi Keuangan Menurut Para Ahli –

Kieso & Weygant (2000)

Akuntansi keuangan adalah proses penyusunan laporan keuangan perusahaan secara menyeluruh yang akan digunakan oleh pengguna laporan keuangan dari pihak internal maupun eksternal perusahaan.

Sugiarto (2002)

Akuntansi keuangan merupakan salah satu bidang akuntansi yang berfokus pada penyiapan laporan keuangan yang dilakukan secara bertahap dalam setiap perusahaan. Laporan ini menjadi bentuk pertanggungjawaban pihak manajemen kepada para pemegang saham dan investor. Persamaan akuntansi yang diterapkan mengacu pada Standar Akuntansi Keuangan (SAK) yaitu Aset = Ekuitas + Liabilitas.

Martini (2012)

Akuntansi keuangan memiliki orientasi pada pelaporan dari pihak eksternal. Dengan banyaknya pihak eksternal yang mempunyai tujuan mendetail kepada masing-masing pihak membuat pihak pembuat laporan keuangan berpatokan pada prinsip dan asumsi-asumsi dalam proses pembuatan laporan keuangan.

Warren Reeve Fees (2008)

Akuntansi keuangan merupakan proses pencatatan dan pelaporan data sekaligus kegiatan ekonomi perusahaan. Laporan tersebut akan menghasilkan laporan utama bagi pemilik, kreditor, lembaga pemerintah dan masyarakat umum meskipun informasi laporan tersebut sangat berguna bagi manajer.

Jogianto (1997)

Akuntansi keuangan adalah menyediakan informasi yang relevan terkait dengan laporan-laporan berkala berupa income statement, balance sheet, retained eraning, laporan perubahan modal dari pihak internal dan eksternal perusahaan sebagai bahan pertimbangan dalam pengambilan keputusan manajemen. Baca Juga Pengertian Akuntansi Biaya Menurut Parah Ahli, Fungsi, dan Jenis

Apa itu Akuntansi Keuangan?

Bidang-Bidang Akuntansi

You might be interested:  Apa Sajakah Faktor Penyebab Timbulnya Perlawanan Pasif Dalam Pemungutan Pajak?

Akuntansi ternyata memiliki banyak bidang, tidak hanya akuntansi keuangan saja tetapi masih ada banyak bidang akuntansi yang perlu kita ketahui. Bidang – bidang akuntansi diantaranya adalah sebagai berikut : 1. Akuntansi Keuangan (Financial Accounting)

Bidang ini berkaitan dengan akuntansi untuk suatu unit ekonomi secara keseluruhan. Bidang ini berhubungan dengan pelaporan keuangan untuk pihak-pihak di luar perusahaan. Laporan yang dihasilkan bersifat serba guna (general purpose). Kegiatannya meliputi pencatatan kegiatan finansial yang bertujuan untuk dapat menyajikan laporan keuangan yang meliputi neraca, laporan laba rugi dan laporan perubahan modal atau laporan laba ditahan selama jangka waktu tertentu.2.

  1. Pemeriksaan Akuntansi (Auditing) Kegiatan yang dilakukan dalam auditing adalah pemeriksaan terhadap hasil pencatatan dan laporan keuangan suatu badan, baik perusahaan maupun pemerintah.
  2. Bidang ini berhubungan dengan audit secara bebas terhadap laporan yang dihasilkan oleh akuntansi keuangan.3.
  3. Akuntansi Manajemen (Management Accounting) Akuntansi Manajemen bertujuan untuk memberikan informasi kepada manajemen dalam menjalankan usahanya.

Beberapa kegunaan akuntansi manajemen adalah mengendalikan kegiatan perusahaan, memonitor arus kas, dan menilai alternatif dalam pengambilan keputusan. Pengendalian perusahaan melalui aktivitas yang dijalankan (activity based management) merupakan tren baru dalam akuntansi manajemen.4.

Akuntansi Biaya (Cost Accounting) Akuntansi Biaya adalah bidang Akuntansi yang mencatat dan menghitung serta menganaiisis data biaya pada perusahaan industri dalam usaha menentukan besalnya harga pokok produksi suatu barang atau produk. Untuk itu dengan Akuntansi Biaya akan didapatkan laporan harga untuk menyusun laporan keuangan.5.

Akuntansi Perpajakan Perpajakan adalah bidang Akuntansi yang menekankan pada masalah pajak yang harus dibayar oleh perusahaan atau perseorangan kepada pemerintah. Dalam perpajakan akan dibahas tentang hukum-hukum dan perhitungan-perhtiungannya dalam usaha menetapkan besamya pajak tersebut.6.

  1. Peranggaran (Budgeting) Peranggaran Bidang ini berhubungan dengan penyusunan rencana keuangan mengenai kegiatan perusahaan untuk jangka waktu tertentu di masa datang serta analisis dan pengawasannya.
  2. Anggaran adalah sarana untuk menjabarkan tujuan perusahaan.
  3. Anggaran berisi rencana kegiatan yang akan dilaksanakan serta nilai uangnya di masa datang.7.
You might be interested:  Berikut Adalah Laporan Keuangan Yang Disusun Perusahaan Jasa?

Akuntansi Pemerintahan (Governmental Accounting) Bidang ini mengkhususkan diri dalam pencatatan dan pelaporan transaksi-transaksi di badan pemerintahan. Akuntansi pemerintahan menyediakan laporan akuntansi tentang aspek kepengurusan dari administrasi keuangan negara.8.