Cara Mengetahui Berapa Pajak Motor Yang Harus Dibayar?

Cara Mengetahui Berapa Pajak Motor Yang Harus Dibayar
Cek Pajak Motor lewat Website Daerah – Terakhir, kamu juga bisa cek pajak motor melalui website daerah. Berikut cara pengecekannya:

  • Silahkan masuk ke browser kamu.
  • Masuk ke situs samsat sesuai dengan daerah kamu. Misalnya, wajib pajak yang tinggal di Jakarta dapat mengunjungi situs berikut https://samsat-pkb2.jakarta.go.id/,
  • Masukan informasi kendaraan seperti nomor polisi dan NIK.
  • Setelah itu, akan muncul tampilan informasi mengenai biaya dan tanggal jatuh tempo pembayaran pajak.

Baca juga:  Biaya Ganti Plat Motor, Syarat,dan juga Caranya

Bagaimana cara mengetahui dasar pengenaan pajak motor?

Apakah Anda mengetahui apa sebenarnya pajak motor itu? Pajak motor termasuk dalam pajak progresif. Pajak progresif sendiri ialah pajak yang tarif pemungutannya sesuai dengan persentase yang meningkat sesuai dengan nilai objek pajak dan kuantitas atau jumlah dari objek pajak, dalam hal ini motor adalah objek pajaknya.

No. Urutan Kepemilikan Kendaraan Persentase Tarif Pajak
1. Motor Pertama 1,5%
2. Motor Kedua 2%
3. Motor ketiga 2,5%
4. Motor Keempat dan seterusnya 4%

Lalu bagaimana cara menghitung pajak motor? Caranya cukup mudah asalkan kita terlebih dahulu mengetahui dasar pengenaan pajak tersebut. Ada dua yang menjadi dasar pengenaan pajak motor, antara lain:

  • Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB), nilai jual bukanlah harga jual umum suatu kendaraan, melainkan nilai yang telah ditetapkan oleh Dispenda yang didapatkan dari Agen Pemegang Merek (APM)
  • Bobot maupun efek negatif yang bisa merefleksikan tingkat kerusakan jalan yang diakibatkan kendaraan tersebut dan dinyatakan di dalam koefisien yang nilainya satu atau lebih

Apa itu pajak motor?

Istilah Pajak Motor yang Ada di STNK – Pemilik kendaraan tidak hanya wajib mengetahui cara melihat pajak motor di STNK, melainkan juga istilah terkait pajak yang ada di dalam surat tersebut. Ada beberapa istilah mengenai pajak motor yang terdapat di dalam STNK yang harus dipahami, di antaranya adalah sebagai berikut.

  • Baca Juga : PKB merupakan istilah untuk Pajak Kendaraan Bermotor yang akan dicantumkan di dalam setiap STNK.
  • Tarif PKB ini adalah sebesar 1,5 persen dari jumlah keseluruhan nilai jual kendaraan.
  • Tarif PKB ini akan menurun setiap tahunnya, sebab nilai jual kendaraan juga akan lebih rendah.
  • Biaya admin ini akan dikenakan untuk sepeda motor guna membayar penggantian plat nomor setiap 5 tahun sekali.
You might be interested:  Sebutkan Alat Musik Yang Dominan Dipakai Dalam Musik Modal?

Di samping itu, apabila Anda melakukan balik nama motor, maka akan dikenakan biaya admin tersebut. Namun jika sepeda motor Anda baru dibeli, maka tidak dikenakan biaya administrasi. Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor atau BBN KB dikenakan berdasarkan harga kendaraan baru sesuai faktur.

  • Tarif dari BBN KB ini adalah 10 persen untuk kendaraan yang baru dibeli.
  • Sementara untuk kendaraan bekas akan dikenakan BBN KB dengan tarif 2/3 persen dari PKB.
  • SWDKLLJ adalah singkatan dari Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan yang dikelola oleh Jasa Raharja.
  • Besarnya tarif dari SWDKLLJ ini ditentukan berdasarkan peraturan yang digunakan sebagai jaminan perlindungan bagi semua pengguna kendaraan bermotor.

Bagi Anda yang tidak bisa membayarkan pajak sepeda motor secara tepat waktu, maka harus membayarkan denda. Saat Anda telat membayarkan pajak sepeda motor, maka ada dua jenis denda yang harus ditanggung, yaitu untuk PKB dan SWDKLLJ. Denda yang dikenakan ini mempunyai perhitungan tersendiri dan ditentukan berdasarkan lamanya waktu keterlambatan.

Bagaimana cara melihat pajak motor di STNK?

Panduan Cara Melihat Pajak Motor di STNK, Kenali Berbagai Istilahnya – Kamu dapat melihat tanda pajak motor di STNK yang selama ini hanya kamu simpan di dompet saja. Jadi, STNK yang kamu miliki bukan hanya dikeluarkan saat ada razia di jalan oleh kepolisian saja namun juga membantumu mengetahui tagihan pajak kendaraanmu,

Amu tinggal mengeluarkan STNK dan lihat di salah satu sisinya. Akan ada tabel yang menuliskan dengan rinci biaya pajak yang harus kamu bayarkan untuk kendaraanmu. Bukan hanya pajak rutin tahunan, kamu juga bisa mengetahui jika kamu memiliki pajak progresif pula. Untuk kamu ketahui, pajak progresif adalah pajak yang dikenakan jika kamu memiliki kendaraan bermotor lebih dari 1 unit.

You might be interested:  Jelaskan Perbedaan Antara Pengelolaan Keuangan Yang Efektif Dan Efisien?

Pajak progresif ini biasanya dikenakan pada kendaraan kedua dan seterusnya. Berikut istilah yang tercantum di STNK agar kamu bisa menerapkan cara melihat pajak motor di STNK: 1. BBN KB (Bea Balik Nama kendaraan bermotor), Besarnya 10 persen dari harga kendaraan (off the road) atau harga faktur untuk kendaraan baru, dan bekas (second) sebesar dua pertiga Pajak Kendaraan Bermotor (PKB).2.

  • PKB (Pajak Kendaraan Bermotor ).
  • Besarnya 1,5 persen dari nilai jual kendaraan dan bersifat menurun tiap tahun, karena penyusutan nilai jual.3.
  • SWDKLLJ (Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan): Sumbangan ini dikelola oleh Jasa Raharja.
  • Besaranya sudah ditentukan oleh regulasi dan menjadi perlindungan bagi semua pengguna kendaraan bermotor.

Berdasarkan Undang-undang Nomor 34 Tahun 1964 tentang Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan, sumbangan tahunan yang diperoleh dari pembayaran pajak Surat Tanda Nomor Kendaraan ( STNK) ini ditampung oleh PT Jasa Raharja (Persero).4. BIAYA ADM (Biaya administrasi) : Untuk kendaraan baru tidak dikenakan dan apabila ganti pelat nomor (5 tahun sekali) atau balik nama dikenai biaya ADM.5.

  1. Denda Pajak Kendaraan Bermotor : Apabila jatuh tempo masa berlaku STNK belum melakukan perpanjangan maka akan dikenai denda PKB dan denda SWDKLLJ.
  2. Perhitungan Denda PKB: 25 persen per tahun Terlambat 3 bulan = PKB x 25% x 3/12 Terlambat 6 bulan = PKB x 25% x 6/12 Denda SWDKLLJ : besarnya Rp 32.000 untuk roda 2 dan Rp 100.000 untuk roda 4.

Jika kamu ingin melihat pajak progresif maka yang perlu kamu lakukan adalah mengeluarkan STNK, mencari surat ketetapan pajak daerah (PKB/BBN-KB) dan SWDKLLJ pada STNK yang umumnya ditandai dengan warna cokelat, setelah itu di sisi sebelah kanan lihat besaran PKB, BBN-KB, dan lain-lain.

Pada kotak pertama berisi kode-kode lihat pada kode yang paling belakang maka disitu letak pajak progresif kendaraan bermotor milik kamu. Sementara apabila kamu ingin mengetahui pajak motor pada STNK maka yang perlu kamu lakukan adalah mengeluarkan STNK lalu lihatlah tabel dengan kolom PKB, SWDKLLJ dan jumlah biaya pajak motor kamu.

Itu adalah cara untuk melihat pajak motor di STNK kamu secara manual. Namun saat ini, sudah banyak cara yang lebih modern dan lebih mudah selain lewat STNK yaitu secara online atau pun melalui SMS. Cara ini banyak dipilih oleh anak muda yang tidak mau repot melakukan perhitungan sendiri untuk pajaknya.

You might be interested:  Sebutkan Hal-Hal Yang Disajikan Dalam Laporan Perubahan Modal?

Apakah harus membayarkan pajak sepeda motor secara tepat waktu?

Istilah Pajak Motor yang Ada di STNK – Pemilik kendaraan tidak hanya wajib mengetahui cara melihat pajak motor di STNK, melainkan juga istilah terkait pajak yang ada di dalam surat tersebut. Ada beberapa istilah mengenai pajak motor yang terdapat di dalam STNK yang harus dipahami, di antaranya adalah sebagai berikut.

PKB

Baca Juga : Mudah, Ini Cara Mengurus STNK Hilang Bukan Atas Nama Sendiri PKB merupakan istilah untuk Pajak Kendaraan Bermotor yang akan dicantumkan di dalam setiap STNK. Tarif PKB ini adalah sebesar 1,5 persen dari jumlah keseluruhan nilai jual kendaraan. Tarif PKB ini akan menurun setiap tahunnya, sebab nilai jual kendaraan juga akan lebih rendah.

Biaya Admin

Biaya admin ini akan dikenakan untuk sepeda motor guna membayar penggantian plat nomor setiap 5 tahun sekali. Di samping itu, apabila Anda melakukan balik nama motor, maka akan dikenakan biaya admin tersebut. Namun jika sepeda motor Anda baru dibeli, maka tidak dikenakan biaya administrasi.

BBN KB

Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor atau BBN KB dikenakan berdasarkan harga kendaraan baru sesuai faktur. Tarif dari BBN KB ini adalah 10 persen untuk kendaraan yang baru dibeli. Sementara untuk kendaraan bekas akan dikenakan BBN KB dengan tarif 2/3 persen dari PKB.

SWDKLLJ

SWDKLLJ adalah singkatan dari Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan yang dikelola oleh Jasa Raharja. Besarnya tarif dari SWDKLLJ ini ditentukan berdasarkan peraturan yang digunakan sebagai jaminan perlindungan bagi semua pengguna kendaraan bermotor.

Denda Pajak

Bagi Anda yang tidak bisa membayarkan pajak sepeda motor secara tepat waktu, maka harus membayarkan denda. Saat Anda telat membayarkan pajak sepeda motor, maka ada dua jenis denda yang harus ditanggung, yaitu untuk PKB dan SWDKLLJ. Denda yang dikenakan ini mempunyai perhitungan tersendiri dan ditentukan berdasarkan lamanya waktu keterlambatan.