Deskripsikan Sistem Tanggal Yang Cocok Digunakan Dalam Bagian Keuangan?

Deskripsikan Sistem Tanggal Yang Cocok Digunakan Dalam Bagian Keuangan
Pemilihan Sistem Penyimpanan Arsip Yang Sesuai Oleh Anugerah Dino 14.42 Setiap kantor/instansi ruang lingkup pekerjaanya tidak akan sama dengan kantor yang lain. Jenis surat yang di urus pun beragam, sesudai dengan dengan bidang pekerjaan yang dilakukan.

  1. Contohnya, arsip-arsip di departemen Kesehatan pasti akan berbeda dengan arsip di departemen Pendidikan.
  2. Arsip di Perusahaan swasta akan berbeda dengan arsip di lingkungan sekolah.
  3. Bahkan dalam suatu kantor yang mempunyai bagian-bagian/unit kerja berbeda juga tidak sama jenis arsipnya, ada unit kepegawaian, pemasaran, produksi, keuangan, dan lain sebagainya, pasti akan berbeda meskipun pada perusahaan yang sama.

Sistem penyimpanan arsip dikatakan baik apabila memenuhi kriteria-kriteria berikut ini.

  • Mudah dilaksanakan dan digunakan
  • Hemat tenaga dan peralatan
  • Hemat waktu dan biaya
  • Sederhana
  • Fleksibel dan mudah dikembangkan
  • Sesuai dengan fungsi dan tugas pokok organisasi

Seperti telah diterangkan sebelumnya, pada dasarnya semua sistem penyipanan arsip sama baiknya. Namun tidak ada salahnya kita simak hal berikut sebelum memilih sistem penyimpanan arsip yang akan digunakan.1. cocok digunakan untuk kriteria berikut ini.

  • Arsip yang ditangani menyangkut tentang kepegawaian. Arsip kepegawaian ini lebih mudah dan lebih sering dicari berdasarkan nama pegawai. Contoh: unit kepegawaian
  • Untuk menyimpan arsip nama pelanggan atau nama keanggotaan. Contoh: Perpustakaan, Bank.

2. cocok digunakan apabila

Kantor/instansinya besar, baik dari segi gedungnya maupun dari ruang lingkup pekerjaanya,

Sistem pengelolaan kearsipan yang digunakan oleh suatu instansi/kantor adalah sentralisasi (terpusat) dan campuran. Kantor instansi yang menggunakan sentralisasi dalam pengelolaan kearsipan berarti semua surat baik aktif maupun in aktif dikelola oleh suatu unit kearsipan sebagai pusatnya. Dengan demikian surat-surat yang dikelola tentunya merupakan surat-surat yang beraneka ragam. Misalnya, ada arsip tentang unit kepegawaian, keuangan, pemasaran, dan sebagainya. Tetapi jika menggunakan sistem desentralisasi, sistem subjek kurang sesuai, karena setiap unit kerja menangani arsipnya sendiri-sendiri, dan arsip yang dikelolanya adalah menyangkut unit kerjanya saja. Misalnya bagian kepegawaian hanya mengurus tentang arsip kepegawaian saja.

cocok digunakan, apabila menyangkut masalah keuangan, karena pada umumnya pencatatan keuangan dilakukan berdasarkan transaksi yang terjadi setiap hari, setiap bulan, setiap tahun, dan sebagainya. sehingga bukti-bukti juga disusun secara berurutan berdasarkan tanggal. Contoh: Bagian keuangan.4. Sistem Wilayah cocok digunakan apabila.

  • suatu perusahaan mempunyai kantor cabang di berbagai daerah. Contoh: perusahaan transportasi dan Bank.
  • suatu perusahaan mempunyai bidang-bidang tugas yang berkaitan dengan luar negeri. Contoh: perusahaan ekspor-impor.
  • suatu perusahaan yang mempunyai daerah pemasaran yang cukup luas di seluruh daerah. Contoh: Kantor pos, Jasa titipan kilat, dan sebagainya.

cocok digunakan apabila suatu kantor yang penanganan suratnya banyak menggunakan nomor identitas sebagai suatu ciri atau tanda yang melekat pada suatu nama. contoh:

  1. Rumah Sakit : No. Identitas pasien
  2. Kantor Pos : No. Kode Pos
  3. Bank : No. Rekening
  4. Perguruan Tinggi : No. Induk Mahasiswa
  5. PLN : No. Rekening Listrik

Namun demikian, banyak juga perusahaan atau kantor-kantor swasta dan pemerintah menggabungkan sistem penyimpanan arsip yang satu dengan yang lain. Hal demikian tidak menjadi masalah, asalkan dengan adanya penggabungan sistem tersebut dapat membuat penyimpanan dan penemuan kembali arsip dilakukan lebih mudah dan lebih cepat. Contoh: Sistem subjek digabung dengan sistem abjad

Subjek utama dan sub subjek terdiri dari nama subjek, tapi sub-sub subjek terdiri dari nama orang.

Sistem subjek digabung dengan sistem tanggal

Subjek utama dan sub subjek terdiri dari nama subjek, tetapi sub-sub subjek terdiri dari tanggal surat.

Sistem tanggal digabung dengan dengan sistem abjad

Arsip mula-mula disusun berdasarkan tahun dan bulan. Arsip pada bulan tersebut kemudian disusun berdasarkan nama-nama korespondensi.

Demikian panduan dalam memilih sistem penyimpanan arsip yang sesuai. Semoga menjadi tambahan ilmu bagi kita bersama. : Pemilihan Sistem Penyimpanan Arsip Yang Sesuai

Mengapa sistem tanggal sangat cocok digunakan untuk masalah keuangan?

Memilih Sistem Penyimpanan Arsip – Memilih Sistem Penyimpanan Arsip yang ada dapat dilihat dari penjelasan dibawah ini, yaitu :

Sistem Abjad sangat cocok digunakan untuk perusahaan yang banyak menyimpan nama pelanggan atau anggotanya seperti bank, perpustakaan dan lain – lain, sistem ini juga sangat cocok untuk digunakan dibagian kepegawaiann karena akan lebih mudah dicari data personal berdasarkan nama pegawai ataupun unitnya. Sistem Subjek sangat cocok digunakan untuk organisasi dalam skala yang cukup besar baik dari ruang lingkup pegawainya ataupun pekerjaannya. sistem yang menggunakan sentralisasi (Terpusat) dalam pengelolaan kearsipannya akan sangat mudah menerapkan sistem ini, dimana semua pengelolaan kearsipan akan dikelola oleh suatu unit kearsipan sebagai pusatnya, dengan demikian arsip – arsip yang dikelolanya akan beraneka ragam, akan tetapi jika dikelola menggunakan sistem desentralisasi sistem subjek akan kurang tepat hal ini dikarenakan setiap unit kerja akan menangani arsipnya sendiri sendiri. Sistem Tanggal sangat cocok digunakan untuk organisasi yang menyangkut masalah keuangan, karena biasanya pencatatan keuangan dilakukan pada transaksi yang terjadi setiap hari, bulan ataupun parameter waktu lain yang telah ditentukan sebelumnya. Sistem Wilayah sangat tepat digunakan pada organisasi yang mempunyai kantor cabang di berbagai daerah ataupun diluar negeri dengan jaringan bisnis yang mencakup daerah yang luas seperti perusahaan ekspor – impor, kantor pos, perusahaan transportasi dan lain – lain. Sistem Nomor sangat tepat digunakan untuk organisasi yang menggunakan nomor identitas sebagai suatu ciri atau tanda yang akan digunakan pada sebuah proses seperti Rumah sakit (Nomor Pasien), Bank (Nomor rekening), Sekolah (Nomor induk siswa ), dan lain sebaginya.

Akan tetapi pada dasarnya hal ini bisa disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan misalkan kita bisa menggabungkan dua metode atau lebih sesuai dengan kebutuhan yang ada di organisasi hal tersebut tidak menjadi masalah asalkan proses pengelolaan dokumen tersebut menjadi lebih baik dan efisien. Terima Kasih.

Apa yang kamu ketahui tentang metode penyimpanan dengan sistem tanggal jelaskan?

PENYIMPANAN ARSIP SISTEM TANGGAL Penyimpanan arsip sistem tanggal adalah sistem penyimpanan dan penemuan kembali arsip yang disusun berdasarkan tahun, bulan, dan tanggal arsip dibuat. Sistem ini merupakan sistem yang sederhana dan mudah, tetapi sistem ini seringkali menggunakan alat bantu lain (kartu indeks) untuk menemukan arsip yang dicari.

Hal ini dekarenakan orang sangat sulit untuk mengingat tanggal kapan surat tersebut dibuat. Apalagi jika arsip yang dicari sudah terjadi beberapa tahun yang lalu. Dalam sistem tanggal tidak memerlukan daftar klasifikasi karena bagian tanggal sangat sederhana, yaitu hanya terdiri dari 3 bagian saja, yaitu nama tahun, nama bulan, dan nama tanggal.

Disamping itu, orang juga sangat hafal dengan urutan bulan dalam setiap tahun masehi, (dimulai dari januari, februari, sampai dengan desember), dan jumlah tanggl pada setiap bulannya (terdiri 28-31 hari).

  • · Daftar klasifikasi tanggal terdiri dari:
  • – Tahun (tanggal utama) sebagai kode laci
  • -Bulan (sub tanggal) sebagai kode guide
  • -Tanggal (sub-sub tanggal) sebagai kode hanging folder
  • · Jenis-jenis peralatan dan perlengkapan dalam sistem tanggal.
  • Peralatan dan perlengkapan yang digunakan untuk penyimpanan arsip sistem tanggal antara lain sebagai berikut;
  • a) Filing Cabinet
You might be interested:  Koperasi Yang Bergerak Di Bidang Jasa Keuangan Disebut Koperasi?

Filing cabinet disesuaikan dengan daftar klasifikasi yang sudah dibuat. Pada umumnya satu laci filing cabinet dapat menyimpan arsip untuk satu tahun. Tetapi bisa saja 1 laci untuk menyimpan arsip 2-3 bulan, jika arsip yang disimpan dalam jumlah yang banyak.

  1. B) Guide Jika satu laci memuat arsip satu tahun, maka satu laci memerlukan guide sebanyak 12 (dalam satu tahun ada 12 bulan).
  2. Tetapi jika satu laci memuat 2-3 bulan maka diperlukan guide sebanyak bulan tersebut.
  3. C) Hanging Folder Jumlah hanging folder yang dibutuhkan adalah sebanyak jumlah hari dalam satu tahun.

Tetapi jika laci hanya untuk 2-3 bulan, maka diperlukan hanging folder sebanyak jumlah hari dari 2-3 bulan tersebut. d) Kartu Indeks Kartu indeks diperlukan sebanyak jumlah dari jenis arsip yang disimpan. untuk lebih jelas peralatan yang dibutuhkan pada penyimpanan sistem tanggal ini silahkan baca jenis-jenis perlengkapan arsip.

  1. · Prosedur penyimpanan arsip sistem tanggal
  2. Langkah-langkah penyimpanan arsip sistem tanggal pada dasarnya sama dengan langkah sebelumnya, antara lain sebagai berikut.
  3. a) Memeriksa surat/berkas
  4. Surat/berkas diperiksa dengan melihat tanda-tanda perintah penyimpanan dan menentukan identitas surat, yaitu tanggal surat tersebut dibuat. Contoh:

Agus akan menyimpan arsip dari PT Surya Kencana tertanggal 1 Maret 2013. Berarti identitas surat tersebut adalah 1 Maret 2013.

  • b) Mengindeks
  • Membagi tanggal menjadi tanggal utama, sub tanggal, dan sub-sub tanggal. Contoh:
  • Surat tanggal 1 Maret 2013 terdiri dari tanggal utama (2013), sub tanggal (Maret), sub-sub tanggal (1).
  • c) Mengode

Memberi kode pada surat dengan kode tanggal. Pembuatan kode dengan menuliskan kode tanggal pada sebelah kanan atas sebagai penanda surat. Hal ini dimaksudkan agar mempermudah pada saat pencarian kembali arsip.

  1. d) Menyortir
  2. Kegiatan menyortir dilakukan tergantung situasi dan kondisi, menyortir dilakukan jika kuantitas surat masuk dan keluarnya banyak pada hari yang sama.
  3. e) Menempatkan

Langkah terakhir dalam penyimpanan surat adalah menempatkan arsip sesuai dengan kode dan klasifikasi surat. Contoh: arsip tertanggal 1 Maret 2013 disimpan pada laci berkode 2013, dibelakang guide Maret, di dalam hanging folder berkode 1. Perlu diingat bahwa penyimpanan sistem tanggal pun harus menyediakan kartu indeksnya, jadi kartu indeks untuk surat tertanggal 1 Maret 2013 harus dibuat juga.

· Prosedur penemuan kembali arsip sistem tanggal Langkah-langkah penemuan kembali arsip pada sistem tanggal adalah sebagai berikut.Tentukan identitas surat, berupa tanggal berapa surat tersebut dibuat. Contoh Arip ingin meminjam arsip lamaran kerja Retno Ismaningsih tertanggal 5 Februari 2012. Berarti identitas arsip tersebut adalah 5 Februari 2012.

Cari arsip tersebut dalam laci berkode 2012, dibelakang guide februari didalam hanging folder 5. Lihat arsip tersebut apakah benar sesuai yang dicari. Jika ya, ambil arsip tersebut dan tukar dengan lembar pinjam arsip (lembar 1).

  • Berikan arsip tersebut kepada peminjam berikut dengan lembar pinjaman arsip (lembar 2)
  • Simpan lembar pinjam arsip (lembar 3) ke dalam tickler file
  • Note: Lembar pinjam arsip, tickler file dapat dilihat pada jenis-jenis perlengkapan arsip

Jika identitas arsip tidak diketahui maka proses mencari arsipnya menggunakan kartu indeks. Adapun langkahnya adalah sebagai berikut. Tentukan identitas arsip, berupa nama orang/badan/perusahaan. contoh, Arip akan meminjam arsip Retno Ismaningsih yang tidak diketahui tanggal pembuatannya. Berarti identitas arsip tersebut adalah Retno Ismaningsih.

  1. Indekslah nama tersebut menjadi Ismaningsih, Agus.
  2. Tentukan kodenya menjadi Is
  3. Carilah kartu indeks di dalam laci berkode I, dibelakang guide berkode I dan hanging folder Is.

Lihatlah kartu indeks tersebut dan lihat kode surat. contoh untuk kasus diatas setelah dilihat ternyata arsip tersebut mempunyai kode surat 5 Februari 2012.

  • Ambillah arsip yang dimaksud tadi pada laci berkode 2012, dibelakang guide Februari, dalam hanging folder 5.
  • Jika arsip tersebut benar, ambillah dari folder dan ganti dengan lembar pinjam arsip (lembar 1).
  • Berikan kepada peminjam berikut lembar pinjam arsip (lembar 2).
  • Simpan lembar pinjaman arsip tersebut (lembar 3) pada ticker file.
  • Note: Lembar pinjam arsip, tickler file dapat dilihat pada jenis-jenis perlengkapan arsip

Sumber : http://newinfotech.mywapblog.com/halo-semua.xhtml : PENYIMPANAN ARSIP SISTEM TANGGAL

Apa saja kelebihan dari sistem penyimpanan arsip berdasarkan tanggal?

Sistem tanggal ( chronological filing system ) – Sumber: pexels.com Sistem tanggal pada penyimpanan arsip adalah sistem yang mengurutkan surat berdasarkan tanggal menerima surat dan mengirimkan surat sehingga cocok jika mencari surat berdasarkan waktu kejadian. Dalam meng index arsip pada metode ini juga menyusun frekuensi surat berdasarkan harian, mingguan dan bulanan.

Apa keunggulan sistem tanggal?

Sistem Tanggal (Chronological Filing System) Kelebihan dari sistem ini adalah cocok digunakan bagi surat atau dokumen yang memiliki tanggal jatuh tempo dan juga mudah dan sederhana saat indexing.

Sistem arsip yang mana yang paling tepat untuk diterapkan di perusahaan besar?

Naskah Soal Ujian Sekolah Mapel Administrasi Umum Tahun 2021 Paket B – 1. Pengambilan keputusan menjadi lebih cepat karena adanya staf ahli di dalam organisasi merupakan ciri struktur organisasi.A. staf B. lini C. fungsional D. garis dan staf E. fungsional dan garis 2.

  • Dapat menjalani hubungan baik antar anggota organisasi, struktur anggota dapat mengetahui tugas, kewajiban dan tanggung jawabnya, spesialisasi dalam melakukan tugas.
  • Merupakan manfaat.A.
  • Coordinating B.
  • Planning C.
  • Organizing D.
  • Actuating E.
  • Controlling 3.
  • Fungsi manajemen yang pertama kali harus dilakukan manajemer untuk menjalankan organisasi secara efektif dan effisien adalah.A.

pengendalian B. pengorganisasian C. perencanaan D. pengawasan E. pengarahan 4. Fungsi manajemen menurut Henry Fayol adalah.A. Planning, Staffing, Coordinating, Reporting, Budgeting, Organizing, Directing B. Planning, Organizing, Actuating, Controlling C. Planning, Organizing, Motivating, Conditioning, Controlling D.

Planning, Organizing, Comanding, Coordinating, dan Controlling E. Planning, Organizing, Staffing, Directing, Controlling 5. Salah satu kegiatan yang dilakukan oleh pimpinan organisasi untuk memotivasi karyawan supaya bekerja keras sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan dan memberikan suasana kerja yang nyaman termasuk dalam fungsi manajemen.A.

controlling B. planning C. actuating D. organizing E. directing 6. Hari ini, PT Wiyata Mandala mengirimkan sebuah surat untuk PT Cahaya Abadi. Surat tersebut disebut juga.A. surat penting B. surat masuk C. surat niaga D. surat keluar E. surat biasa 7. Cara pembuatan konsep dengan memusatkan pada unit tertentu yang menangani kegiatan administrasi persuratan disebut.A.

  1. Desentralisasi B.
  2. Sentralisasi C.
  3. Diskontinuisasi D.
  4. Sosialisasi E.
  5. Apersepsi 8.
  6. Buku yang digunakan untuk menyampaikan surat di lingkungan kantor kantor disebut.A.
  7. Buku agenda tunggal B.
  8. Buku agenda berpasangan C.
  9. Buku agenda kembar D.
  10. Buku ekspedisi ektern E.
  11. Buku ekspedisi intern 9.
  12. Berikut ini yang termasuk ke dalam pesawat kantor adalah.A.

kertas, amplop, mesin B. mesin tik, komputer, OHP C. intercom, telepon, faksimile D. lemari, rak, meja, kursi E. gambar, lampu, vas bunga 10. Suatu kegiatan untuk menampung hasil pengadaan barang perlengkapan yang meliputi segi administrasi maupun segi fisik disebut.A.

Pengadaan B. penghapusan C. penyimpanan D. pemeliharaan E. pendistribusian 11. Alat pembatas antar kelompok arsip yang satu dan yang lainnya dikenal dengan nama.A. guide B. cardex C. kartu indeks D. filling cabinet E. hanging folder 12. Alas an system abjad pada umumnya dipilih sebagai system penyimpanan.A.

You might be interested:  Sebutkan 4 Jenis Pajak Yang Dibayar Rumah Tangga Konsumen?

Nama lebih mudah diingat oleh siapapun B. Petugas menginginkan agar dokumen dari nama yang sama C. Semua orang mempunyai nama D. Dokumen lebih sering dicari dan diminta melalui nama E. Jumlah langganan yang berkomunikasi banyak 13. Chronoligical filling system adalah nama lain dari system.A.

  • Abjad B. nomor C.
  • Masalah D.
  • Wilayah E.
  • Tanggal 14.
  • Mengapa seorang personel kantor perlu memiliki kepribadian yang bagus? Dan kepribadian apa saja yang perlu dimiliki oleh personel administrasi? Jelaskan! Jawab : Karna disetiap kita melakukan suatu pekerjaan kita harus memiliki sikap rapi karna rapi merupakan faktor utama kenyamanan saat bekerja jika kita rapi otomatis disaat bekerja kita akan nyaman dalam melakukan nya.

Selain itu, kepribadian adalah hal yang utama bagi personil kantor karena:

Budaya kerja tim sangat penting. Setiap pegawai tentu ingin merasakan kenyamanan dan kepuasan bekerja di kantor. Sayangnya, jika seorang karyawan memiliki kepribadian yang kurang baik dan bergabung dengan sebuah tim kerja, sikap buruknya akan segera memberikan dampak yang negatif. Berbeda dengan kemampuan, kepribadian tak bisa dipelajari. Perlu disadari, kemampuan dapat dipelajari sambil bekerja. Sebaliknya, kepribadian seseorang yang telah mendasari berbagai sikapnya akan sangat sulit diubah.

15. Berdasarkan pola hubungan kerja serta alur wewenang dan tanggung jawabnya, bentuk organisasi dibagi menjadi 3 macam. Salah satu bentuk organisasi dari ketiga macam tadi adalah bentuk organisasi Lini. Menurut pendapat Anda, jenis perusahaan seperti apa yang tepat untuk menerapkan struktur organisasi lini? Jelaskan alasannya! Jawab : Jenis organisasi ini sangat tepat jika diterapkan pada organisasi kecil seperti kedai nasi, warung tegal, bengkel, maupun rukun tetangga.

Ini karena dalam sruktur organisasi lini, hubungan antara atasan dengan bawahan terjadi secara langsung dan vertikal. Dimana sejak dari pimpinan tertinggi sampai dengan karyawan dengan jabatan terendah dalam struktur organisasi ini dihubungkan dengan garis komando atau garis wewenang.16. Menurut Anda, system arsip yang mana yang paling tepat untuk diterapkan di perusahaan yang besar? Jelaskan alasanmu! Jawab : System arsip yang tepat digunakan di perusahaan besar adalah system arsip subjek.

Karena pada perusahaan besar terdapat berbagai masalah/subjek yang ditangani.17. Apakah hiasan memiliki peran penting dalam pekerjaan kantor? Jelaskan alasanmu! Jawab : Berfungsi untuk menambah suasana indah di dalam kantor sehingga semangat kerja pegawai dapat meningkat, dengan adanya hiasan di kantor diharapkan dapat mengurangi stress pegawai sehingga kinerja meningkat.

Bagaimana sistem penyimpanan arsip dapat dikatakan baik?

Abstract – Setiap lembaga atau instansi dalam pelaksanaan kegiatan kantor tidak dapat lepas dari penyimpanan, pencatatan serta pengolahan arsip dengan sistem tertentu yang dapat dipertanggungjawabkan (Mulyadi, 2016:1). Dalam pelaksanaan kegiatan kantor yang semakin maju dan berkembang, maka semakin banyak pula data-data, berkas maupun arsip yang terkumpul dan disimpan karena masih mempunyai nilai guna.

Sehingga perlu penyimpanan secara sistematis apabila dibutuhkan dapat ditemukan dengan mudah dan cepat. Pada suatu organisasi, bidang kearsipan merupakan salah satu unsur dari kesekretariatan atau ketatausahaan. Administrasi pada kearsipan meliputi kegiatan dalam suatu pengurusan, baik mengenai pengumpulan, pengelompokkan, penyimpanan, penemuan kembali, penyusutan atau pemusnahan arsip.

Selain itu arsip merupakan salah satu sumber informasi yang sangat penting dalam suatu kantor (Sugiarto dan Wahyono, 2014:15). Penyimpanan arsip dapat dikatakan baik dan benar apabila arsip-arsip yang sudah disimpan dan jika diperlukan dapat ditemukan dengan mudah, cepat dan tepat.

Apa saja kelemahan dalam sistem tanggal?

Penjelasan: Kelebihan: Filing sistem yang paling sederhana dan praktis. Memudahkan pelaksanaan arsip. Sangat cocok untuk unit pengolah yang kegiatannya berkaitan dengan tanggal jatuh tempo. Sangat mudah diterapkan. Kelemahan: Hanya cocok diterapkan pada perusahaan kecil yang volume kerjanya belum begitu besar dan permasalahannya belum begitu rumit.

Mengapa arsip perlu disimpan dengan sistem yang baik?

Mengapa Arsip Perlu di Simpan? – Anda harus menyimpan arsip yang mendukung dalam penentuan keputusan organisasi. Arsip menyediakan informasi berupa bukti apa yang terjadi dan siapa yang bertanggungjawab atas sebuah keputusan. Informasi apa saja yang perlu disimpan dari sebuah arsip :

apa yang terjadi pada suatu pekerjaan, kapan hal itu terjadi, dan siapa yang terlibat dalam perihal tersebut apa keputusan yang telah ditetapkan atau direkomendasikan dan oleh siapa hal tersebut diusulkan atau diputuskan apa saran atau instruksi yang telah diberikan apa perintah dari suatu pekerjaan atau peristiwa atau keputusan.

Gunakan ceklist dibawah ini untuk melihat apakah anda perlu menyimpan arsip:

Apakah saya menulis, mengirim atau menggunakan suatu berkas dalam pekerjaan saya ? Apakah saya (atau orang lain) membutuhkan berkas ini untuk bertindak/ menentukan keputusan ? Akankan informasi ini diperlukan lagi dimasa depan nantinya?

Jika jawaban anda adalah iya untuk setiap pertanyaan tersebut diatas, maka anda harus membuat atau menyimpan sebuah arsip.

Kekurangan apa saja yang mungkin dialami pada suatu kantor jika menerapkan kearsipan sistem abjad?

sebutkan keuntungan dan kerugian arsip sistem abjad Keuntungan dan kerugian arsip sistem abjad adalah: Keuntungan :

  1. Petunjuk penataan berkas sangat sederhana dan mudah dipahami
  2. Kesalahan berkas mudah dicek dengan abjad yang sama atau serangkai
  3. Peralatan atau perlengkapan yang diperlukan sangat sederhana
  4. Penyimpanan hanya memerlukan 1 kali penyortiran
  5. Biaya pelaksanaan yang lebih murah
  6. Dengan penggunaan warna dalam pengodean, kesalahan penempatan berkas akan mudah diketahui

Kekurangan :

  1. Ada kemungkinan terjadi kesalahan penempatan berkas jika tidak mengikuti aturan secara konsisten
  2. Nama yang sama mungkin membingungkan
  3. Mudah mengubah beberapa alfabet dalam surat sehingga serangkaian pemberkasan menjadi tidak sesuai dengan aturan
  4. Berkas atau arsip yang didasarkan pada nama sangat mudah dilihat dan diketahui oleh orang yang bermaksud tidak baik sehingga dari segi keamanan kurang baik.
  • Pembahasan
  • Arsip adalah suatu catatan (record) yang ditulis, diketik, atau dicetak dalam bentuk huruf, angka, dan gambar, yang mempunyai makna dan tujuan tertentu sebagai bahan informasi dan komunikasi yang terekam pada berbagai media, seperti; kertas, kertas film, dan media komputer.
  • Menurut Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2009 Pasal 1 angka 2 tentang kearsipan, arsip adalah suatu rekaman kegiatan atau peristiwa dalam berbagai bentuk dan media sesuai perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, yang dibuat serta diterima oleh lembaga negara dan lembaga lainnya.
  • Sistem penyimpanan adalah sistem yang dipergunakan pada penyimpanan warkat agar kemudahan kerja penyimpanan dapat diciptakan dan penemuan warkat yang sudah disimpan dapat dilakukan dengan cepat bilamana warkat tersebut sewaktu-waktu diperlukan.
  • Arsip dapat disimpan dengan menggunakan beberapa metode seperti:
  1. Filing Sistem Abjad
  2. Filing Sistem Tanggal
  3. Filing Sistem Masalah
  4. Filing Sistem Nomor
  5. Filing Sistem Wilayah

Mengapa keuangan dalam perusahaan memiliki peran yang sangat penting?

Fungsi Manajemen Keuangan – Setelah mengetahui ruang lingkup, bisa disimpulkan bahwa manajemen keuangan juga mempunyai fungsi-fungsinya sebagai berikut: ‍

Dasar Keputusan, Perencanaan, dan Kendali Keuangan

Manajemen keuangan memiliki fungsi dasar untuk keputusan, perencanaan, dan kendali keuangan. Ini dilakukan supaya perusahaan mampu mencapai tujuannya dengan lebih efektif dan efisien. Pada umumnya, para petinggi perusahaan akan memakai sejumlah cara untuk melakukan manajemen keuangan seperti forecasting, analisis rasio keuangan, analisis laba dan rugi, dan lain-lain.

You might be interested:  Dibawah Ini Yang Merupakan Bagian Faktor Produksi Modal Adalah?

Memanfaatkan Aset

Dengan memiliki manajemen keuangan, perusahaan bisa mengatur aset yang dimiliki untuk memberikan nilai keuntungan. Dengan begitu, kelangsungan perusahaan bisa lebih terjaga baik secara jangka pendek maupun jangka panjang.

Kelola Modal

Manajemen keuangan juga berfungsi untuk kebutuhan modal bagi perusahaan, baik jangka pendek dan jangka panjang. Selain itu juga manajemen keuangan mampu melacak berapa estimasi modal yang diperlukan dan sumbernya dari mana saja.

Kelola Surplus

Seperti diketahui, surplus juga harus dikelola dengan baik supaya perusahaan bisa maju dan berkembang, atau setidaknya melakukan diversifikasi dan ekspansi. Pada dasarnya terdapat sejumlah pilihan dalam mengelola surplus. Ada yang menggunakan sebagai dividen, menjual surplus aset, dan melakukan investasi secara produktif.

Kelola Arus Kas

Manajemen keuangan juga bisa membantu perusahaan kamu untuk memantau sejumlah elemen yang berpengaruh pada stabilitas arus kas, seperti cicilan atau utang-piutang.

Meramal Risiko

Dengan manajemen keuangan, kamu juga setidaknya bisa meramal potensi-potensi risiko yang kemungkinan dapat terjadi di masa mendatang. Risiko ini bisa saja datang dari luar sisi keuangan.

Mengapa dalam mengelola keuangan harus transparan?

TRANSPARANSI? PENTINGLAH TRANSPARANSI? PENTINGLAH pemerintah Korupsi merupakan salah satu permasalahan terbesar dalam pengelolaan keuangan negara. Lembaga Transparency International (TI) merilis data indeks persepsi korupsi ( Corruption Perception Index ) untuk tahun 2018.

  • Dalam laporan tersebut, Indonesia menempati urutan ke-89 dari 180 negara dengan skor CPI sebesar 38.
  • Skor CPI berada pada rentang 0-100, 0 berarti negara dipersepsikan sangat korup, sementara skor 100 berarti negara tersebut dipersepsikan sangat bersih.
  • Semakin besar peringkat maka semakin bersih dari korupsi.

CPI menggambarkan persepsi korupsi atas penyalahgunaan wewenang untuk kepentingan pribadi yang mencakup sektor publik, administrasi pemerintahan, dan politik. ( Transparency International Indonesia, 2018 ). Untuk level daerah, salah satu upaya pencegahan terjadinya perilaku korupsi ialah dengan mengoptimalkan transparansi informasi keuangan daerah.

Peraturan Pemerintah No.71 tahun 2010 tentang Standar Akuntansi Pemerintahan menyebutkan bahwa transparansi ialah prinsip keterbukaan dan kejujuran yang memungkinkan masyarakat untuk mengetahui secara terbuka dan menyeluruh atas pertanggungjawaban pemerintah atas pengelolaan sumber daya yang dipercayakan sesuai peraturan dalam bentuk penyusunan laporan keuangan daerah.

Selain itu, transparansi merupakan proses demokrasi yang esensial, setiap warga negara dapat melihat secara terbuka dan jelas atas aktivitas dari pemerintah mereka daripada membiarkan aktivitas tersebut dirahasiakan ( Katz, 2004 ). Dapat dipastikan banyak orang yang bertanya mengapa keuangan yang dikelola suatu lembaga publik harus transparan atau terbuka untuk diketahui warganya? Ada beberapa penjelasan yang dapat menerangkan mengapa transparansi keuangan lembaga publik sangat penting: Pertama, untuk meningkatkan kepercayaan ( trust ).

  • Pemerintah yang terbuka menyampaikan informasi keuangan kepada publik lebih dipercaya dibanding pemerintah yang relatif tertutup.
  • Medina dan Rufín (2015) menjelaskan bahwa transparansi memiliki dampak langsung pada trust (Kepercayaan) dan dampak tidak langsung terhadap satisfaction (Kepuasan).
  • Pemerintah yang menutup informasi keuangan dapat diduga kurang berkompeten dalam mengelola dan melaporkan keuangan.

Umumnya. pemerintah yang tertutup tidak dapat menjelaskan mengapa kinerja pembangunan mereka kurang baik dan belum berhasil. Oleh sebab itu, diperlukan Transparansi pengelolaan keuangan daerah berupa penyediaan informasi pengelolaan keuangan daerah di situs resmi pemerintah daerah, merupakan salah satu upaya pencegahan tindak pidana korupsi, karena adanya transparansi pengelolaan keuangan diyakini dapat meningkatkan pengawasan masyarakat terhadap pengelolaan keuangan pemerintah daerah.

Informasi yang dapat dibagikan terdiri atas informasi publik dan informasi yang dikecualikan dari publik. Informasi publik adalah informasi yang dapat diakses oleh publik. Sementara informasi yang dikecualikan dari publik adalah informasi yang tidak boleh disebarluaskan ke publik dengan alasan dapat mengakibatkan ancaman keamanan bagi negara, seperti informasi laporan keuangan yang belum diaudit.

Lahirnya Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 Tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Instruksi Dalam Negeri Nomor 188.52/1797/SJ Tentang Peningkatan Transparansi Pengelolaan Anggaran Daerah seharusnya menjadi awal terlaksananya transparansi pengelolaan keuangan daerah.

Pemeritah memberikan amanah kepada pemerintah provinsi dan kabupaten/kota untuk menyiapkan menu konten dengan nama ‘Transparansi Pengelolaan Anggaran Daerah’ dalam website resmi pemerintah dan mempublikasikan data mutakhir pada menu konten tersebut sebagai langkah konkret atas transparansi keuangan daerah.

Pengungkapan informasi dapat diimplementasikan melalui media internet berupa penyajian di halaman web masing-masing Pemda ( Sofia dan Husen, 2013 ). Hal tersebut dipicu karena kebutuhan akan informasi realtime telah menjadi kebutuhan utama. Menurut Dartika (2012) Informasi melalui website yang bersifat dinamis diharapkan mampu memberikan aliran informasi yang optimal antara pemerintah dan masyarakat.

Sofia dan Husen (2013) menemukan bahwa terdapat banyak Pemda yang masih belum optimal dalam mengembangkan website-nya dan menerapkan UU KIP. Khusus Pemerintah Daerah di wilayah Maluku Utara belum melaksanakan transparansi keuangan daerah melalui website resmi masing-masing. Baik Pemerintah Provinsi maupun Pemerintah Kabupaten dan Kota masih belum mampu menyajikan informasi keuangannya ( audited ) secara berkala melalui website resmi masing-masing.

Keterbukaan informasi mengenai Laporan Keuangan Audited sesungguhnya sangat diperlukan agar masyarakat luas dapat mengetahui kinerja pemerintah daerahnya serta kebijakan yang diambil dalam urusan keuangan. Keamanan Penggunaan web site dalam upaya transparansi pengelolaan keuangan daerah tentu akan memunculkan masalah baru, yakni keamanan.

Eamanan menjadi aspek terpenting dikarenakan data yang akan diakses oleh publik merupakan data menyangkut APBN dan APBD. Pemerintah Daerah dapat bekerjasama dengan Kementerian Kominfo dan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) untuk menyiapkan protokol keamanan tekhnologi informasi yang dibangun sebagai bentuk upaya mewujudkan trasparansi keuangan daerahnya.

BSSN sudah menetapkan berbagai standar teknis dan prosedur dalam pengamanan informasi keuangan yang di share ke publik secara on line, Rekomendasi

Kementerian Dalam Negeri Melakukan pemeringkatan resmi atas transparansi pengelolaan keuangan daerah berbasis website pada seluruh pemerintah daerah di Indonesia yang dilakukan secara berkala sebagai alat ukur kepatuhan atas peraturan perundangan dan memotivasi pemerintah daerah agar lebih transparan di dalam pengelolaan keuangan daerahnya. Pemerintah Daerah Sebaiknya Pemda dapat segera melakukan update pada website resmi mengenai Laporan Keuangan Audited secara lengkap sesuai amanat peraturan perundangan, mudah diakses, tepat waktu dan memperhatikan keruntutan pengungkapan pada tahun-tahun sebelumnya. Sebagaimana sudah disebutkan sebelumnya, ini akan meningkatkan kepercayaan dan kepuasan kepada pemerintah daerahnya. DPRD Melakukan pengawasan dan tekanan secara lebih instensif kepada pemerintah daerah terkait penerapan transparansi pengelolaan keuangan daerah; dan Masyarakat Masyarakat lebih aktif dalam mengawasi kebijakan-kebijakan yang dilakukan pemerintah daerah dan menggunakan haknya untuk mengakses informasi-informasi keuangan daerah.

(Tulisan ini adalah pendapat pribadi dan tidak mencerminkan kebijakan organisasi) Penulis: Fauzi Kurniawan (Kepala Seksi PPA IIA Kanwil Ditjen Perbendaharaan Prov. Malut) Tulisan ini telah terbit di Harian Malut Post kolom opini tgl 4 Juni 2020 : TRANSPARANSI? PENTINGLAH

Apa yang dimaksud dengan sistem pengendalian keuangan?

S.Giagian (2000: 16) draft manajemen yang didefinisikan bahwa, pengendalian keuangan adalah proses atau usaha yang sistimatis dalam penetapan standar keuangan dalam pelaksanaan dengan tujuan perencanaan, sistem informasi umpan balik, membandingkan pelaksanaan nyata dengan perencanaan menentukan dan mengatur terhadap

Mengapa bagian keuangan memiliki fungsi yang sangat penting bagi perusahaan?

Mengapa bagian keuangan dianggap memiliki fungsi penting bagi suatu perusahaan Karena keuangan merupakan bagian yang vital dalam suatu perusahaan, banyak yang mengindikasikan jika pengelolaan keuangan bagus maka perusahaan tersebut juga dinilai bagus, namun jika manajemen keuangannya buruk maka penilaian terhadap perusahaan juga akan buruk.