Laporan Yang Menunjukkan Posisi Keuangan Perusahaan Pada Akhir Periode Adalah?

Laporan Yang Menunjukkan Posisi Keuangan Perusahaan Pada Akhir Periode Adalah
Bentuk Neraca Keuangan – Perbesar Ilustrasi Laporan Keuangan.Unsplash/Isaac Smith Dalam penyajian laporan keuangan, neraca memiliki dua bentuk penyajian yaitu bentuk Stafel (laporan) dan Skontro (rekening). Berikut ini masing-masing penjelasannya, yaitu: 1. Bentuk Skontro (Rekening) Laporan neraca dengan bentuk Skontro menyajikan rekening dalam dua sisi atau menyamping.

Apa itu laporan posisi keuangan?

Laporan Posisi Keuangan

Pengertian Laporan Posisi Keuangan – Laporan posisi keuangan adalah laporan yang sifatnya sangat sistematis terkait posisi keuangan perusahaan, baik itu perusahaan jasa, dagang, atau manufaktur. Laporan posisi keuangan adalah ringkasan dari sebuah perusahaan terkait kondisi aset, liabilitas, dan juga ekuitas perusahaan.

Dalam suatu kondisi tertentu, statements of financial position juga sering disebut dengan neraca atau balance sheet. Nah, urutan akun dalam neraca yang tepat adalah nomor urut awal yang menyajikan berbagai kelompok akun yang memang paling likuid, lalu disusul dengan tingkat likuiditas yang paling rendah.

Baca juga: Yang Perlu Anda Ketahui Hari Penjualan Beredar di Piutang Usaha?

Apa itu laporan posisi keuangan perusahaan jasa?

Laporan Posisi Keuangan Perusahaan Jasa – Laporan posisi keuangan perusahaan jasa akan lebih menggambarkan posisi keuangan perusahaan di tanggal tertentu yang akan menginformasikan kondisi aset, kewajiban, dan ekuitas pemiliknya. Contoh perusahaan jasa adalah perusahaan yang menjalankan usaha pada bidang asuransi kerugian dan juga reasuransi.

  • Aset, di dalamnya terdiri dari kas dan bank, piutang premi, investasi – deposito berjangka, sukuk, efek, properti, logam mulia, dan pajak dibayar di muka
  • Liabilitas, yang mana terdiri dari utang klaim, hutang komisi, utang pajak, beban akrual, liabilitas imbalan kerja jangka panjang, utang, dan lain-lain.
  • Ekuitas, terdiri dari modal dasar, modal yang ditempatkan dan disetor, serta laba ditahan
You might be interested:  Apa Yang Dimaksud Dengan Pajak Pertambahan Nilai?

Perlu digaris bawahi bahwa format statements of financial position perusahaan jasa sama seperti perusahaan dagang, bedanya jenis transaksi yang berlangsung pada perusahaan jasa tidak terjadi pada perusahaan dagang, begitupun sebaliknya. Agar bisa lebih mudah memahami format statements of financial position perusahaan jasa, berikut ini kami sajikan contohnya:

Bagaimana cara mengetahui kondisi keuangan perusahaan pada periode tertentu?

1. Mengetahui kondisi keuangan perusahaan pada periode tertentu – Laporan ini mewakili posisi keuangan suatu perusahaan pada waktu tertentu. Umumya, waktu yang dimaksud adalah hari terakhir dari periode pelaporan. Dari laporan ini, kamu bisa memiliki pemahaman tentang kesehatan keuangan bisnis pada tanggal tertentu.

Apa manfaat laporan keuangan?

Apa Saja Fungsi Laporan Posisi Keuangan? – Berikut ini ada beberapa fungsi laporan keuangan pada neraca yang bisa Anda pahami yaitu:

  1. Adanya fungsi laporan keuangan pada neraca yaitu di mana terdapat likuiditas yang menunjukkan jumlah waktu yang diperkirakan hingga aset dapat dilaksanakan atau sebaliknya. Namun apabila aset tersebut selesai maka bisa dikonversikan menjadi kas sampai kewajiban atau likuiditas terbayar.
  2. Fungsi laporan keuangan lainnya pada neraca yaitu menunjukkan sisi solvabilitas, yang mana memberikan kemampuan pada sebuah perusahaan untuk membayar seluruh hutang ketika adanya jatuh tempo.
  3. Terakhir adanya kemampuan fleksibilitas keuangan ini dipengaruhi oleh likuiditas dan solvabilitas. Di mana ini berguna untuk mengambil suatu tindakan yang efektif, mengubah penentuan waktu arus kas, dan jumlah. Dengan demikian laporan ini bisa menjadi suatu peluang dan kebutuhan yang mungkin suatu saat nanti terjadi kejadian tak terduga.