Sebutkan Apa Saja Lembaga Jasa Keuangan?

Sebutkan Apa Saja Lembaga Jasa Keuangan

  • Lembaga Keuangan Bank. Bank Sentral. Bank Umum. Bank Perkreditan Rakyat (BPR)
  • Lembaga Keuangan Bukan Bank. Pegadaian. Koperasi Simpan Pinjam. Lembaga Asuransi. Leasing. Pasar Modal.

Apa itu Lembaga Jasa Keuangan?

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) – Selain lembaga jasa keuangan perbankan dan lembaga jasa keuangan non-bank. Ternyata lembaga jasa keuangan dalam perekonomian Indonesia ada satu lagi lho. Namanya adalah Otoritas jasa keuangan atau yang sering disebut OJK.

  • Pada bagian ini gue akan khusus membahas mengenai rangkuman OJK kelas 10 ya, sobat!
  • OJK ini adalah lembaga milik negara yang berfungsi untuk menyelenggarakan sistem pengaturan dan pengawasan yang terintegrasi terhadap keseluruhan kegiatan di sektor jasa keuangan.
  • Hal ini mencakup sektor perbankan, pasar modal, sektor jasa keuangan non-bank seperti asuransi, dana pensiun, dan sebagainya.

Jadi, OJK ini berhubungan erat ya dengan lembaga jasa keuangan yang ada di Indonesia. Namun, OJK bersifat netral dan tidak memihak, lho. OJK di berdasarkan UU No.21 tahun 2011 tentang otoritas jasa keuangan di mana pada undang-undang tersebut OJK disebut sebagai lembaga independen yang bebas dari campur tangan pihak lain.

  1. Mewujudkan terselenggaranya seluruh kegiatan di dalam sektor jasa keuangan secara teratur.
  2. Mewujudkan sistem keuangan yang tumbuh secara berkelanjutan dan stabil.
  3. Serta melindungi kepentingan konsumen dan masyarakat.
  1. OJK berwenang untuk melakukan pengawasan dan pengaturan terhadap lembaga jasa keuangan, termasuk memberikan izin dan mencabut izin suatu lembaga jasa keuangan atau layanan bank di Indonesia.
  2. Selain itu, OJK juga berwenang untuk mengatur dan mengawasi kondisi kesehatan bank, aspek-aspek manajemen bank, termasuk mencegah terjadinya kejahatan atau terorisme perbankan.
  3. Oke, kurang lebih itu ya, pembahasan mengenai lembaga jasa keuangan dalam perekonomian Indonesia.
  4. Kalau elo pengen liat pembahasan dalam bentuk video singkat dan dijelaskan oleh tutor ekonomi Zenius, elo bisa liat di materi lembaga jasa keuangan atau dengan klik banner di bawah ini ya!
You might be interested:  Perusahaan Yang Tidak Menggunakan Laporan Keuangan?

Belajar lebih seru dengan paket belajar Zenius. Cobain live class bareng Zen Tutor buat review materi dari sekolah. Latih juga kemampuan elo lewat latihan soal dan tryout ujian sekolah. Simak info lengkapnya berikut ini!

Baca Juga Artikel Ekonomi Lainnya

Originally published: February 3, 2021 Updated by Silvia Dwi & Sabrina Mulia Rhamadanty : Lembaga Jasa Keuangan dalam Perekonomian Indonesia – Materi Ekonomi Kelas 10

Apa saja lembaga keuangan yang bekerja dalam bidang jasa keuangan?

LEMBAGA JASA KEUANGAN DI INDONESIA

Macam-Macam Jasa Keuangan di Indonesia Jasa Keuangan merupakan istilah yang sering digunakan untuk menunjukan jenis jasa yang diberikan atau disediakan oleh industri lembaga keuangan. Industri lembaga keuangan yang dimaksud misalnya Bank, perusahaan asuransi, sekuritas, perusahaan pembiayaan konsumen, dan perusahaan kartu kredit.

Berikut ini adalah beberapa penjelasan terkait dengan lembaga atau perusahaan yang bekerja dalam bidang jasa keuangan. Perusahaan Penjaminan Kredit Perusahaan penjaminan kredit merupakan salah satu badan hukum yang bekerja pada bidang keuangan dimana kegiatan pokok dari perusahaan ini adalah memberikan pinjaman kredit kepada nasabah.

Perusahaan penjaminan kredit bertujuan untuk membantu Usaha Kecil, Usaha Menengah, Usaha Mikro untuk mengakses dana dari lembaga keuangan lain, misalnya perbankan. Perusahaan Penjaminan Infrastruktur Perusahaan penjaminan infrastruktur merupakan salah satu bentuk perusahaan persero.

Lembaga Penyediaan Ekspor Indonesia Berdasarkan Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2009 Tentang lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia, Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia atau (LPEI) dibentuk demi membantu dan mendukung kebijakan yang dilakukan oleh pemerintah dalam mendorong ekspor barang-barang asli dalam negeri menuju Negara-negara tertentu. Perusahaan Pembiayaan Sekunder Perumahan

Fungsi atau tugas dari pendirian perusahaan ini adalah untuk menyediakan berbagai macam pembiayaan perumahan. Tujuan dari pembiayaan perumahan antara lain untuk meningkatkan kapasitas pembiayaan perumahan agar dapat dijangkau oleh masyarakat di berbagai kalangan.

  • Di Indonesia hanya ada satu Perusahaan Pembiayaan Sekunder Perumahan, nama perusahaan tersebut adalah PT Sarana Multigriya Finansial atau sering disingkat dengan PT.
  • SMF (persero).
  • Perusahaan Pegadaian Pemerintah memiliki program untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat kelas menengah ke bawah.
  • Untuk meningkatkan dan mendukung program pemerintah tersebut, perusahaan pegadaian didirikan untuk memberi kemudahan bagi usaha skala mikro, kecil dan menengah dalam mencari pinjaman modal dengan bunga pinjaman yang tergolong kecil.
You might be interested:  Bagaimana Pengaruh Analisis Akuntansi Dalam Menilai Kondisi Keuangan Perusahaan?

Pemberian pinjaman memiliki dasar hukum gadai dan fidusia. Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Lembaga jasa keuangan ini sering disebut dengan BPJS yang didirikan berdasarkan Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2011 Tentang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial.

  1. Perusahaan ini memberikan jaminan dalam berbagai bentuk, yaitu jaminan kematian, jaminan kesehatan, jaminan kecelakaan kerja, jaminan pensiun, dan jaminan hari tua.
  2. Jenis jaminan dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan masyarakat yang menggunakan BPJS.
  3. Lembaga Keuangan Mikro Lembaga Keuangan Mikro (LKM) didirikan tidak hanya untuk mendapat keuntungan semata.

Lembaga jasa keuangan ini bergerak khusus dalam bidang pemberian jasa pengembangan usaha dan pemberdayaan ekonomi masyarakat. Caranya adalah dengan memberi pinjaman dan pembiayaan secara langsung untuk usaha yang berskala mikro baik kepada anggotanya atau kepada masyarakat.

Perusahaan ini juga melakukan pengelolaan uang simpanan masyarakat atau kelompok dan bersedia memberi konsultasi dalam pengembangan usaha yang dilakukan oleh kelompok masyarakat maupun individu. Anda dapat memilih perusahaan penyedia jasa keuangan sesuai dengan kebutuhan dan keinginan anda. Baik untuk perorangan maupun untuk kelompok demi kelancaran usaha-usaha yang anda miliki.

Masing-masing lembaga perusahaan juga memiliki tingkatan masing-masing, mulai dari yang tersedia untuk kalangan bawah hingga untuk kalangan atas dengan nominal yang sangat bervariasi. Jasa keuangan merupakan industri yang memiliki pendapatan paling besar di dunia, yaitu mencapai 20%.

Apa saja jenis lembaga keuangan di Indonesia?

Pasar Modal –

Pasar modal adalah tempat pertemuan dan melakukan transaksi antara pihak pencari dana (emiten) dengan pemilik dana/penanam modal (investor). Dalam pasar modal yang diperjualbelikan adalah jenis efek seperti saham dan obligasi. Jika diukur dari waktu modal yang diperjual belikan merupakan modal jangka panjang.

    Apa saja jenis-jenis lembaga keuangan bank?

    1. Bank Sentral – Bank Indonesia adalah Bank Sentral Bank Sentral adalah lembaga keuangan yang memiliki tanggungjawab untuk menstabilkan harga-harga dan nilai mata uang suatu negara. Di Indonesia, Bank Sentral adalah Bank Indonesia yang berpusat di Jakarta dan mempunyai kantor bacang di beberapa daerah di Indonesia.

    Menetapkan dan menjalankan kebijakan moneter sehingga jumlah uang yang beredar di masyarakat dapat dikontrol. Mengatur dan mendorong kelancaran sistem pembayaran produksi. Misalnya dengan memproduksi uang lebih banyak atau menaikkan tingkat suku bunga untuk menarik uang yang beredar di masyarakat.

    Baca juga: Lembaga Keuangan Bukan Bank