Yang Bukan Termasuk Sumber Keuangan Negara Adalah?

Yang Bukan Termasuk Sumber Keuangan Negara Adalah
8. Penyelenggaraan Undian Berhadiah –

  1. Undian berhadiah ini bisa diselenggarakan oleh pemerintah Indonesia dengan menunjuk salah satu institusi sebagai pelaksananya.
  2. Keuntungan yang diperoleh pemerintah adalah selisi dari penerimaan uang undian dikurangi biaya operasional dan hadiah yang diberikan pada pemenang.
  3. Contohnya:
  4. Undian Bank Danamon berhadiah mobil.
  5. Jawaban:
  6. Sehingga kesimpulannya yang bukan merupakan sumber keuangan negara dari dalam negeri adalah yang berasal dari luar negeri, diantaranya yaitu:
  7. 1. Pinjaman Program
  8. Negara Indonesia bisa mendapatkan penerimaan keuangan dari pihak asing dalam bentuk pinjaman program.
  9. Pinjaman program yaitu seluruhnya berasal dari pihak luar negeri yang bisa dicairkan dalam bentuk uang dan dipakai buat keperluan pembangunan.
  10. 2. Pinjaman Proyek
  11. Indonesia juga bisa memperoleh penerimaan keuangan dalam bentuk pinjaman proyek.
  12. Pinjaman proyek yaitu pinjaman yang sebagian besarnya berasal dari reaksi komitmen pinjaman proyek dari tahun-tahun sebelumnya.

: Yang bukan merupakan sumber keuangan negara dari dalam negeri adalah

Apa yang dimaksud dengan keuangan negara?

8 Sumber Keuangan Negara dan Contohnya Keuangan negara merupakan semua hal yang berhubungan dengan penerimaan dan pengeluaran negara sekaligus efek nya terhadap perekonomian, sumber keuangan negara diperoleh dari beberapa hal. Semua penerimaan dan pengeluaran sangat diperhitungkan oleh pemerintah secara cermat dan teliti dengan tanggung jawab.

Apa yang dimaksud dengan sumber keuangan nasional?

10 Sumber Penerimaan Negara Dalam APBN, dari Dalam dan Luar Negeri Sumber Keuangan Negara Republik Indonesia adalah semuanya yang berhubungan dengan penerimaan dan pengeluaran Negara Republik Indonesia. Sumber keuangan tersebut berdampak besar terhadap perekonomian negara kita secara keseluruhan.

You might be interested:  Iai Berhasil Menyusun Standar Akuntansi Keuangan 1996 Yang Digunakan Untuk?

Apa saja sumber keuangan negara yang berasal dari luar negeri?

1. Pinjaman Program – Negara Indonesia bisa mendapatkan penerimaan keuangan dari pihak asing dalam bentuk pinjaman program. Pinjaman program ini adalah seluruhnya berasal dari pihak luar negeri yang dapat dicairkan dalam bentuk uang dan digunakan untuk keperluan pembangunan.

Apa bedanya keuangan negara dan kekayaan negara?

Apa bedanya keuangan Negara dan kekayaan Negara? Dalam UU No.17 tahun 2003 pasal 1 keuangan Negara adalah semua hak dan kewajiban Negara yang dapat dinilai dengan uang, serta segala sesuatu baik berupa uang maupun barang yang dapat dijadikan milik Negara berhubung dengan pelaksanaan hak dan kewajiban.

  1. Ekayaan Negara adalah semua bentuk kekayaan hayati dan non hayati berupa benda berwujud maupun tidak berwujud maupun tidak berwujud, baik bergerak maupun tidak bergerak, yang dikuasai dan /atau dimiliki oleh Negara.
  2. Subyek kekayaan Negara yang dikuasai berupa kekayaan Negara potensial yang terbagi atas sektor-sektor agrarian/pertanahan, pertanian, perkebunan, kehutanan, pertambangan, mineral, dan batubara, minyak dan gas bumi, kelautan dan perikanan, sumber daya air, udara dan antariksa, energy, panas bumi, kekayaan Negara lainnya.

Diatur di dalam Undang-undang sektoral. Menteri keuangan sebagai pengelola fiscal dan menteri/pimpinan lembaga sebagai pengelola sektoral. Subyek kekayaan Negara yang dimiliki berupa barang milik Negara/daerah yaitu barang berwujud, barang tidak berwujud, barang bergerak, barang tidak bergerak yang berasal dari pembelian atau perolehan atas beban APBN/D dan perolehan lainnya yang sah.

Menteri keuangan sebagai pengelola barang milik Negara dan gubernur/bupati/walikota sebagai pengelola barang milik daerah dan menteri/pimpinan lembaga sebagai pengguna barang milik Negara dan barang/daerah. Subyek kekayaan Negara yang dipisahkan berupa penyertaan modal Negara pada BUMN/D, penyertaan modal pemda pada BUMN/D, kekayaan Negara pada Badan Hukum lainnya, dan kekayaan Negara pada lembaga internasional.

Menteri keuangan sebagai wakil pemerintah pusat dalam kepemilikan kekayaan Negara daerah dan menteri BUMN sebagai kuasa pemegang saham BUMN. (sumber DJKN goes to campus)