Yang Merupakan Lembaga Keuangan Non Bank Adalah?

Yang Merupakan Lembaga Keuangan Non Bank Adalah
10. Pasar Uang – Contoh kesepuluh dari lembaga keuangan non bank adalah pasar uang. Contoh satu ini menjalankan usahanya dengan cara mempertemukan orang yang memberikan dana dengan pihak yang meminjam. Instrumen yang biasanya diperdagangkan adalah Sertifikat Bank Indonesia (SBI), Surat Berharga Pasar Uang (SBPU), dan deposito.

Itulah 10 contoh lembaga keuangan non bank yang ada di Indonesia, mulai dari pasar modal, koperasi simpan pinjam, perusahaan asuransi, pegadaian, perusahaan modal ventura, hingga pasar uang. Lembaga keuangan non bank sendiri adalah lembaga keuangan yang kegiatan pokoknya memberikan jasa-jasa keuangan dan menarik dana dari masyarakat secara tidak langsung.

Simak Video ” Zulhas Cerita Banyak Teman Kasih Saran Jangan Ambil Kursi Mendag ” (des/fds) : 10 Contoh Lembaga Keuangan Non Bank di Indonesia

Apakah Pegadaian termasuk lembaga keuangan non bank?

Perusahaan Pegadaian – Anda mungkin baru menyadari bahwa pegadaian yang cabangnya mudah ditemui di setiap kelurahan itu termasuk lembaga keuangan non bank. Pegadaian menjadi idaman masyarakat karena memilki aneka produk seperti kredit cepat aman (KCA).

Apa itu lembaga jasa keuangan non bank?

Lembaga jasa keuangan non bank bukan hanya menyediakan produk peminjaman saja, tetapi juga ada lembaga yang menyediakan layanan jaminan hari tua, yaitu Perusahaan Dana Pensiun. Perusahaan Dana Pensiun adalah badan usaha LKBB yang menyediakan layanan jaminan masa tua dengan cara menghimpun dana yang dipotong dari gaji karyawan setiap bulannya.

Apa fungsi dari Lembaga Keuangan Bukan Bank?

Fungsi dan Tujuan Lembaga Keuangan Non Bank – Sebenarnya, ada cukup banyak fungsi Lembaga Keuangan Bukan Bank di Indonesia. Secara umum, fungsi dan tujuan LKKB adalah sebagai berikut:

You might be interested:  Contoh Pajak Yang Menerapkan Tarif Progresif Adalah?

Menghimpun dana dari masyarakat dengan cara menerbitkan surat-surat berharga, lalu menyalurkan kembali dana tersebut untuk membiayai permodalan bagi perusahaan-perusahaan yang membutuhkan. Menyediakan bantuan modal dalam bentuk kredit kepada masyarakat agar tidak terjebak dalam hutang dengan bunga tinggi yang diterapkan oleh rentenir. Membantu pemerintah dalam upaya pembangunan di berbagai bidang, khususnya di bidang ekonomi dan keuangan. Membantu menstimulasi penyertaan modal swasta serta memperluas sumber-sumber pembiayaan bagi kegiatan usaha. Membantu mendorong pembangunan industri dan ekonomi melalui pasar modal.

Baca juga: Pengertian Lembaga Keuangan

Apa saja jenis lembaga keuangan di Indonesia?

Pasar Modal –

Pasar modal adalah tempat pertemuan dan melakukan transaksi antara pihak pencari dana (emiten) dengan pemilik dana/penanam modal (investor). Dalam pasar modal yang diperjualbelikan adalah jenis efek seperti saham dan obligasi. Jika diukur dari waktu modal yang diperjual belikan merupakan modal jangka panjang.