Mau Laris Jualan Soto Ayam? Coba Praktikkan Hal Ini!

Membuka usaha jualan soto ayam bisa dibilang adalah bisnis yang banyak diminati hampir di seluruh lapisan masyarakat Indonesia. Bahan yang mudah didapat dan cara pengolahan yang cepat menjadi alasannya. Bahkan setiap daerah di Indonesia pun juga memiliki jenis soto ayam dengan cita rasa yang khas. 

Mulai dari soto Betawi bahkan  hingga Lamongan, semuanya menjadi favorit bagi semua orang. Nah, lalu bagaimana tips usaha soto ayam supaya laris? Simak ulasan lengkapnya berikut ini: 

1. Pastikan Rasa dari Soto yang Akan Dijual Enak

Hal pertama yang perlu dilakukan sebelum mulai jualan soto ayam adalah rasa dari soto ayam yang akan dijual. Cita rasa dari soto ayam tentu menjadi faktor utama dalam usaha kuliner. 

Nah, karena itu pastikan bahwa rasa dari soto ayam sudah tepat dan enak untuk dihidangkan kepada masyarakat. Tambahkan cita rasa yang khas bila memang hal ini perlu.

Biasanya cita rasa yang khas akan membuat seseorang merasa lebih tertarik untuk mencoba. 

2. Temukan Lokasi yang Tepat 

Langkah selanjutnya yang perlu dilakukan bila ingin memulai membuka usaha soto ayam adalah mencari lokasi warung atau depot yang tepat. Tempat berjualan yang bersih dan menarik adalah satu hal yang penting bagi pengusaha kuliner di zaman modern ini. 

Memilih tempat strategis di pinggir pusat perkotaan juga bisa jadi pilihan tepat supaya dagangan lebih laris. Bisa juga memilih lokasi yang nyaman di dekat taman kota dan berikan desain menarik pada warung atau depot yang akan digunakan untuk berjualan. 

3. Tentukan Harga yang Tepat 

Memikirkan harga yang akan ditetapkan sebagai biaya pembelian soto ayam juga perlu dipastikan. Penentuan harga ini bisa dilakukan melalui hitungan pengeluaran bahan pembuatan soto. Apabila lokasi berada pada daerah perkotaan dan diharuskan menyewa maka, penetapan harga juga bisa diakumulasi dari biaya sewa. 

Namun, pastikan juga bahwa penetapan harga ini ditetapkan berdasarkan lokasi tempat berjualan. Apabila lokasi berjualan ada disekitar desa atau mungkin lokasi sekolah maka, akan lebih baik bila menetapkan harga standar yang sesuai. Hal ini berlaku juga bila warung atau depot dibuka di daerah perkotaan dengan para pekerja. 

4. Tambahkan Menu Lain yang Cocok 

Tentunya selain menghidangkan soto ayam yang enak, berbagai menu juga bisa dihadirkan sebagai pelengkap. Biasanya usaha jualan soto ayam akan identik dengan berbagai menu tambahan seperti jeroan ayam atau bahkan kerupuk udang atau bahkan menu lain yang cocok.

Hal ini perlu dihadirkan dalam usaha soto ayam karena terkadang konsumen akan mencari tambahan menu pelengkap. Siapkan menu ini pada piring-piring yang tertata rapi dan dapat dilihat oleh pembeli supaya lebih menarik perhatian. 

5. Lakukan Promosi 

Hal lain yang perlu dilakukan supaya usaha soto ayam semakin laris adalah melakukan promosi dengan tepat. Banner atau mungkin brosur bisa jadi pilihan tepat untuk memasarkan soto ayam. Buat banner serta brosur semenarik mungkin supaya masyarakat tertarik untuk membeli.

Menghadirkan promo sesekali juga bisa jadi pilihan tepat untuk melakukan promosi asalkan promo ini masih dalam tahap wajar dan tidak merugikan. Hal lain yang bisa dilakukan adalah promosi melalui media sosial seperti Instagram, Whatsapp dan aplikasi lain. 

6. Lakukan Evaluasi

Setiap usaha tentu memiliki masanya sendiri, untuk itu tidak mudah putus asa adalah kunci terbaik untuk bisa memiliki kesuksesan. Lakukan evaluasi dengan cara memberikan ruang kritik dari pembeli bisa jadi solusi. Nantinya melalui evaluasi ini, bisa melakukan perbaikan mungkin dari rasa atau bahkan tempat. 

Itulah tadi hal-hal yang bisa dilakukan bila ingin jualan soto ayam menjadi laris. Tentunya usaha yang tidak pernah lelah adalah kunci yang tepat untuk meraih kesuksesan. Lakukan juga evaluasi pada usaha yang tengah dijalankan. 

Tinggalkan komentar

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.