Naufal Suka sharing, fotografi, dan bertualang :)

Oleh-oleh Khas Batu Malang yang Kamu Harus Coba!

8 min read

oleh-oleh-khas-batu-malang-terlengkap

Saat kalian sedang rekreasi ataupun main ke kota Batu Malang, tentunya kalian tidak lupa dong untuk membelikan oleh-oleh khas Batu Malang untuk keluarga ataupun sahabat dirumah.

Kalau boleh tahu, apa sih hal pertama yang bakal kalian lakukan sebelum mencari oleh-oleh?

Saran dari saya sih, alangkah baiknya jika sebelum membeli oleh-oleh kalian terlebih dahulu mencari informasi mengenai oleh-oleh khas dari tempat tersebut.

Tujuannya agar kalian tidak salah dalam membeli oleh-oleh, yang akhirnya berujung menyesal karena telah membeli oleh-oleh yang tidak tepat.

Nah, pada kesempatan kali ini, saya sudah menyajikan pembahasan mengenai oleh-oleh khas Batu Malang yang dapat kalian sebagai referensi. Monggo disimak.

Malang Strudel

oleh-oleh-khas-batu-malang-malang-strudel
oleholehkhasmalangmurah.wordpress.com

Mendengar kata strudle, bagi sebagian orang mungkin masih terasa asing. Nah, buat kalian yang belum tau apa sih itu strudle? Berikut sedikit penjelasannya.

Strudle merupakan kue berlapis yang terbuat dari pastry, kemudian di isi dengan berbagai macam buah-buahan. Kue strudel ini merupakan salah satu makanan yang populer pada zaman Hasburg Ampire (1278-1780) di Austria.

Diperkirakan, awal mula ditemukannya strudel ini yaitu oleh bangsa Turki dan Yunani yang dikenal dengan Backlava.

Sehingga, saking populernya strudel ini, ia menjadi makanan favorit pada kalangan masyarakat Jerman, Austria, dan negara Eropa lainnya pada zaman itu.

Sedangkan di Eropa, strudel yang sangat populer adalah, strudel yang berisikan buah apel. Jika di Jerman sering disebutnya apfel strudel.

Untuk penjelasan lebih lengkapnya, kalian bisa membaca artikel: Malang strudel, oleh-oleh terbaru dari malang.

Nah, kenapa sih kalian harus mencoba Malang strudel ini?

Yap, karena Malang strudel ini adalah oleh-oleh khas Kota Malang yang sangat cocok untuk dibagikan kepada keluarga dan teman-teman kalian.

Selain rasanya yang lezat dan tentunya sesuai lidah orang Indonesia, tentunya Malang strudel ini juga sudah mendapatkan label halal dari MUI dan BPOM kesehatan.

Jadi mau nunggu apalagi?

Untuk tempat pembelian, berikut alamat yang dapat kalian kunjungi.

Lokasi Oleh-oleh Malang Strudel:

  1. Malang Srudel Semeru: Jl. Semeru No. 47, Oro-oro Dowo, Kec. Klojen, Kota Malang, Jawa Timur 65115.
  2. Malang Strudel Sukarno Hatta: Jl. Soekarno Hatta Kav. 6 No. 2, Mojolangu, Kec. Lowokwaru, Kota Malang, Jawa Timur 65142.
  3. Malang Strudel Lavalette: Istana, Ruko, Jl. W.R. Supratman No. 42, Rampai Celaket, Kec. Klojen, Kota Malang Jawa Timur 65111.
  4. Malang Strudel Batu: Jl. Diponegoro No. 171, Sisir, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur 65314.
  5. Malang Strudel Kebon Agung: Jl. Raya Kebon Agung Kav. 2E, Krajan Barat, Kebonagung, Kec. Pakisaji, Malang, Jawa Timur 65162.
  6. Malang Strudel Karanglo: Jl. Perusahaan Pergudangan KLBIZHUB A2-1 RT. 03 RW. 04 Desa, Tunjungtirto Semarak, Banjararum, Singosari, Malang, Jawa Timur 65153.
  7. Malang Strudel Singosari: Jl. Raya Ardimulyo No. 14, Karangjati, Ardimulyo, Kec. Singosari, Malang, Jawa Timur 65153.

Pia Cap Mangkok Asli Kota Malang

oleh-oleh-khas-batu-malang-pia-cap-mangkok
agenkuliner.com

Wahh, baru dengar namanaya saja, sudah terngiang-ngiang dalam fikiran kita, kalau oleh-oleh khas batu malang yang satu ini adalah berbentuk seperti mangkok.

Tapi sebenarnya, meskipun namanya pia cap mangkok, pia ini pada dasarnya tidak berbentu mangkok. Pia cap mangkok hanya sebuah penamaannya saja, bahkan hingga saat ini penamaan tersebut masih menjadi misteri.

Karena, hanya empunya saja yang mengetahui.

Namun, sebelum membahas pia cap mangkok lebih jauh, ada baiknya kalian membaca sejarah singkat dari oleh-oleh khas batu malang yang satu ini.

Pia cap mangkok, pertamakali dibuat oleh pasangan Zabur Oetomo (Oei To Lam) danTri Pinarti (The Pin Nio) pada tahun 1959. Lama juga yaa?

Guna meneruskan warisan resep dari para pendahulu (leluhur), kemudian resep tersebut diolah kembali menggunakan bahan-bahan pilihan. Agar bisa menghasilkan cita rasa yang terbaik.

Pia cap mangkok, dibuat dengan teknik tradisional. Bahkan hingga saat ini, semua pia cap mangkok dibuat secara satu persatu dengan menggunakan tangan atau biasa disebut handmade.

Alasan mengapa kalian harus mencoba oleh-oleh khas Malang yang satu ini adalah, karena pia satu ini rasanya lain dari yang lain.

Namun, jika dilihat dari yang sangat menonjol, yang menjadikan pia mangkok berbeda dari yang lain adalah segi tekstur kulitnya. Pia mangkok memiliki tekstur kulit yang agak crispy-crispy gimana gitu.

Dijamin, kalian bakal dibikin ketagihan.

Adapun untuk membeli pia cap mangkok ini, kalian bisa cek lokasi beikut.

Lokasi Pembelian Pia Cap Mangkok:

  1. Jl. Semeru No. 25, Ruko Semeru, Klojen, Kauman, Kec. Klojen, Kota Malang, Jawa Timur 65111.
  2. Ruko Grand, Jl. Soekarno Hatta No.Kav. 16-17, Mojolangu, Kec. Lowokwaru, Kota Malang, Jawa Timur 65142.
  3. Jl. Villa Tidar No. 5, Pisang Candi, Kec. Sukun, Kota Malang, Jawa Timur 65146.

Ledre Pisang Bangka

oleh-oleh-khas-batu-malang-ledre-pisang-bangka
piknikdong.com

Ledre pisang bangka, merupakan salah satu oleh-oleh khas Kota Batu Malang yang terbuat dari jenis pisang raja. Sedangkan pemakaian cap Bangka, bukan berarti juga ia berasal dari pulau Bangka.

Namun ternyata, pemakaian cap Bangka dikarenakan ledre pisang bangka ini berasal dari jalan Bangka. Sebuah jalan kecil yang terletak pada area perumahan di Mota Malang.

Kalau ditanya soal rasa, ledre pisang Bangka memiliki rasa yang manis, dengan keaslian rasa manis yang berasal dari pisang. Selain itu, rasanya juga sangat renyah, gurih, dan terasa kres-kres saat digigit.

Kalian juga harus tau, karena ternyata oleh-oleh ledre pisang Bangka ini tidak memakai bahan pengawet. Sehingga aman dan baik untuk kesehatan.

Ledre pisang bangka ini juga cocok sekali buat camilan kalian selama perjalanan pulang dari kota Batu Malang.

Untuk tempat pembelian, kalian bisa langsung menuju ke alamat yang tertera berikut.

Lokasi Ledre Pisang Bangka Malang:

  1. Ledre Pisang Bangka: Jl. Bangka No. 20-22 Kota Malang, Telp. 0341-368323

Queen Apple Oleh-oleh Terbaru Khas Batu

oleh-oleh-khas-batu-malang-queen-apple
raramuhammad.com

Queen apple adalah oleh-oleh khas Kota Batu Malang yang baru saja di luncurkan pada bulan Mei tahun 2017 yang lalu. Kehadiran queen apple ini langsung disambut secara positif oleh masyarakat setempat.

Queen apple yang tidak lain merupakan hasil racikan dari Farah Quinn, seorang chef fenomenal ini banyak sekali diburu oleh turis maupun masyarakat Kota Malang sendiri.

Sedangkan untuk jenis kue yang diproduksi oleh queen apple sendiri ada 2 jenis, yang pertama adalah bolu, dan yang kedua strudel.

Mengenani rasa, tidak perlu ditanya. Ada banyak sekali jenis rasa yang ditawarkan oleh queen apple. Diantaranya adalah: Chocolate, vanilla, cheese, cinnamon, mango, kurma, durian, jack fruit, milk, almond, raisins, vla, dan pineapple.

Jadi mau tunggu apa lagi? Yuk langsung dicoba.

Untuk tempat pembeliannya, kalian bisa langsung datang ke lokasi berikut ini.

Lokasi Queen Apple:

  1. Queen Apple Batu Malang: Jl. Sultan Agung No. 30, Batu Malang (Depan Museum Angkot) Open Now.
  2. Queen Apple Kawi Malang: Jl. Kawi Atas No. 2, Kawi, Kota Malang, Telp. 0341-408407. (Coming Soon).
  3. Queen Apple Singosari Malang: Jl. Perusahaan No. 06 Tunjungtorto, Singosari, Malang. (Coming Soon).

Makobu Cake

oleh-oleh-khas-batu-malang-makobu-cake
dolandolen.com

Mungkin sudah banyak nih, yang pernah mencoba perihal cake kekinian yang beredar di Kota Malang. Namun jika kalian ingin merasakan perpaduan antara cake, pastry, dan topping yang pas, kalian harus cobain makobu cake.

Dengan filling dan topping yang melimpah, membuat makobu cake memiliki citarasa yang kuat, ditambah dengan sentuhan pastrynya yang menggoda. Hmmm, nikmatnya.

Untuk saat ini, makobu cake sedang memiliki 6 varian rasa yang lagi hits di Kota Malang.

Apa aja sih 6 varian makobu cake yang lagi hits itu?

  1. Castella Apple
  2. Castella Chocolate
  3. Castella Blueberry
  4. Castella Banana Crunchy
  5. Castella Chesse
  6. Castella Cappucino

Kalau kalian sedang berwisata di Malang, kalian bisa langsung menu ke tempatnya.

Alamat Makobu Cake Oleh-oleh Khas Batu Malang:

  1. Makobu Cake Malang: Jl. Besar Ijen No. 28, Kota Malang. Buka pada pukul: 07.00 WIB – pukul 22.00 WIB.

Baca juga: resep ayam bakar kecap spesial

De’konco Cokelat Tempe

oleh-oleh-khas-batu-malang-coklat-tempe
m.omiyago.com

Makanan cokelat bagi sebagian orang sudah menjadi suatu hal yang lazim. Namun, untuk cokelat yang akan kita bahas ini tidak semua orang pernah merasakannya.

Yap, cokelat tempe de’konco. Cokelat tempe de’konco merupakan sebuah produk industri rumahan yang ada di Kota Malang, Jawa Timur. Dengan menawarkan perpaduan cita rasa yang unik, yaitu perpaduan antara lezatnya cokelat dan renyahnya tempe.

Untuk varian rasa yang dihadirkan oleh cokelat tempe de’konco sendiri diantaranya adalah, rasa susu, cokelat, apel, strawberry, dan lain sebagainya.

Sedangkan untuk cita rasa kelezatannya, terletak pada bumbu tempe yang menjadi rahasia pemiliknya sendiri.

Oh iya, selain rasa yang sudah disebutkan di atas, cokelat tempe de’konco juga menghadirkan rasa pedas. Wah kayak gimana tuh makan cokelat rasa pedas? hhehe.

Tenang-tenang, rasa pedas pada cokelat tempe de’konco memiliki sensasi yang unik. Sensasi antara legit dan manisnya cokelat, berjumpa dengan ledakan rasa pedasnya di mulut.

Bahkan rasa pedasnya, sampai terasa di lidah dan langit-langit mulut.

Untuk tempat pembeliannya, kalian bisa langsung datang ke alamat berikut.

Lokasi Cokelat Tempe De’konco:

  1. Jl. Soekarni Hatta No. 83B, Mojolangu, Kec. Lawokwaru, Kota Malang, Jawa Timur 65142.

Bakpao Telo Oleh-oleh Khas Batu Malang

bakpao-telo-khas-kota-batu-malang
sahabatpiknik.com

Mendengar kata bakpao, sepertinya sudah tidak asing di telinga orang Indonesia. Eitss, tapi jangang berfikiran dahulu kalau bakpao yang satu sama seperti bakpao yang dijual keliling-keliling itu.

Namun sebelumnya perlu kalian ketahui, jika ternyata makanan yang satu ini konon berasal dari Tiongkok.

Biasanya makan bakpao, akan terasa lebih nikmat jika disajikan dengan secangkir teh hangat. Hmm, udah ngiler duluan nih.

Kembali ke tema.

Sedikit berbeda dengan bakpao pada umumnya, jika biasanya bakpao terbuat dari tepung terigu. Maka bakpao yang menjadi oleh-oleh khas Batu Malang ini terbuat dari telo atau biasa disebut ubi jalar.

Soal rasa tidak perlu ditanya, dengan menjadikan telo atau ubi jalar sebagai bahan dasarnya, bakpao telo ini memiliki rasa yang luarbiasa.

Bahkan, bakpao telo ini menjadi salah satu oleh-oleh yang sangat digemari banyak wisatawan.

Nah, buat kalian yang berminat untuk mencoba oleh-oleh yang satu ini, kalian bisa langsung berkunjung pada alamat yang tertera dibawah ini.

Lokasi Oleh-oleh Bakpao Telo:

  1. Jl. Seram, Kasin, Kec. Klojen, Kota Malang, Jawa Timur 65117.
  2. Krajan Utara, Sumber Porong, Kec. Lawang, Malang, Jawa Timur 65216.
  3. Jl. Raya Malang – Gempol No. 62, Sumping Wetan, Sentul, Kec. Lawang, Malang, Jawa Timur 67163.
  4. Untuk lokasi yang lebih dekat dengan tempat kalian, kalian bisa langsung search di googlemap nggih.

Jenang Apel Oleh-oleh Khas Batu Malang

jenang-apel-khas-batu-malang
ftrfasisal.blogspot.com

Siapa sih yang nggak tau dengan oleh-oleh khas batu malang yang satu ini. Karena, belum lengkap rasanya jika berwisata ke Kota Batu Malang, dan pulang tanpa membawa makanan khas berupa jenang apel ini.

Dari namanya saja sudah bisa ditebak, jika oleh-oleh yang satu ini terbuat dari bahan dasar apel. Namun lebih tepatnya, serat apel.

Karena memiliki bahan olahan yang berbeda dari jenang pada umumnya, jenang apel ini memiliki tekstur dan rasa yang lebih khas. Tekstur dari jenang apel ini lembut dan sedikit ada serat-seratnya, sehingga dapat menimbulkan sensasi tersendiri saat memakannya.

Langsung tancap gass dong buat beli jenang apel, hhihihi.

Frozen Bakso Asli Wong Malang

frozen-bakso-president-makanan-khas-malang
tokopedia.com

Frozen bakso Malang atau bakso president ini terletak di Jl. Batanghari. Selain bakso beku yang dapat bertahan sampai berbulan-bulan apabila disimpan di dalam freezer, tempat wisata kuliner atau oleh-oleh khas Malang yang murah dan enak ini, menyediakan pula bumbunya.

Sehingga kalian dapat mengolah sendiri bakso khas malang ini di rumah. Bagaimana, Enak bukan?

Sari Apel Khas Kota Batu Malang

sari-apel-khas-batu-malang
grid.id

Saking terkenalnya dengan buah apel, masyarakat Batu Malang pun memanfaatkan apel untuk dijadikan berbagai macam olahan. Sari apel khas Batu Malang salah satunya.

Sehingga ketika kalian berwisata ke Kota Batu, kalian tidak hanya membawa pulang buah apel dalam bentuk buah utuh saja, namun juga bisa membawa sari buahnya.

Untuk sari apel, kalian bisa memilih sari apel yang berasal dari buah apel jenis romebeauty dan manalagi. Selain itu, sari apel tersebut juga terbuat dari apel segar yang telah dicuci bersih terlebih dahulu. Kemudian dibuang bijinya dan dan dimasukan ke dalam mesin peras untuk memisahkan antara ampas dan sari buahnya.

Saat ini banyak sekali produsen yang megolah dan menghasilkan sari buah apel ini. Sehingga kalian harus pandai-pandai dalam menentukan mana sari apel yang menggunakan pemanis dan pengawet buatan, dan mana yang tidak menggunakan.

Untuk lokasi pembelian, kalian bisa menemukannya di berbagai macam pusat oleh-oleh yang berada di Kota Batu Malang, seperti di sekitar agrowisata dan lain sebagainya.

Keripik Tempe Oleh-oleh Khas Batu Malang

keripik-tempe-terenak-terlezat-di-malang
keripiktemperohani.com

Membahas mengenai keripik tempe, tentu sudah menjadi hal yang familiar di kalangan masyarakat Indonesia. Ya, keripik yang terbuat dari bahan dasar tempe ini begitu mudah kita temui diberbagai macam tempat, Kota Batu Malang salah satunya.

Keripik tempe di Kota Batu Malang dijadikan sebagai salah satu oleh-oleh khas selain oleh-oleh yang kita bahas di atas.

Untuk keripik tempe khas Batu Malang ini juga menyediakan berbagai macam rasa, mulai  dari original, balado, jagung bakar,  barbaqeu, ayam bawang, ayam bawang pedas, pizza, lada hitam, ayam bakar, pedas manis, rumput lau, sambal udang, seafood, sapi panggang, udang, sambal setan, spagheti, dan lain sebagainya.

Sedangkan pusat industri dari keripik tempe oleh-oleh khas Batu Malang ini terletak di daerah Sanan, Malang, Jawa Timur.

Keripik tempe hasil sentra industri Sanan ini sangat banyak sekali digemari oleh wisatawan yang berwisata ke Kota Batu Malang.

Karenanya, buat kalian yang ingin memborong keripik tempe dengan berbagai macam varian rasa ini, bisa langsung datang menuju lokasi berikut ini.

Lokasi Oleh-oleh khas Batu Malang Keripik Tempe Sanan:

  1. Jl. Sanan Gg. III No. 168, Purwantoro, Kec. Blimbing, Kota Malang, Jawa Timur 65126.

Aneka Keripik Buah Oleh-oleh Khas Batu Malang

macam-macam-keripik-buah-di-kota-batu-malang
tokopedia.com

Untuk pembahasan mengaenai oleh-oleh khas Batu Malang yang terakhir ini, adalah olahan buah yang dijadikan sebagai keripik sebagaimana pada pembahasan keripik tempe sebelumnya.

Dengan cara pengolahan yang sedemikian rupa, keripik buah ini memiliki cita rasa yang renyah dan pas banget di lidah.

Untuk keripik buah khas Kota Batu sendiri juga tersedia dari berbagai macam buah, seperti keripik apel, keripik nangka, keripik ubi, dan lain sebagainya.

Oleh-oleh khas Batu Malang ini sangat mudah sekali kita temui di gerai oleh-oleh yang tersedia di berbagai macam tempat. Sedangkan untuk pusat industri atau produsennya terletak dibeberapa tempat, berikut diantaranya.

Lokasi Produsen Keripik Buah Khas Batu Malang:

  1. Produsen dan Grosir Keripik Buah di Batu Malang: Jl. WR. Supratman No.47, Ngaglik, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur 65314, Telp. 0811-3338-577
  2. Produsen Keripik Buah Curah Kiloan Malang: Jl. Panderman No. 28C, Sisir, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur 65314, Telp. 0822-3184-7501
  3. Pusat Oleh-oleh Keripik Buah dan Sayur: Batu Galleria, Jl. Diponegoro Blok B2, Sisir, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur 65313, Telp. (0341) 593073
  4. Keripik Buah Andhini: Jl. Pangeran Diponegoro No. 56, Tulungrejo, Kec. Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur 65336, Telp. 0813-3448-9611

Sekian

Itulah beberapa pembahasan mengenai oleh-oleh khas Batu Malang yang dapat kalian coba saat berwisata ke Kota Batu Malang.  Selain oleh-oleh tersebut, Kota Batu Malang juga memiliki berbagai macam kuliner lain seperti nasi uduk spesial, sabal ijo, dan lain sebagainya.

Alhamdulillah, semoga pembahasan-pembahasan tersebut dapat bermanfaat. Sekian dan terimakasih 🙂

Naufal Suka sharing, fotografi, dan bertualang :)

Resep Cara Buat Nasi Uduk

Naufal
5 min read

Resep Sambal Hijau

Naufal
4 min read

Cara Membuat Ayam Kentucky

Naufal
4 min read

One Reply to “Oleh-oleh Khas Batu Malang yang Kamu Harus Coba!”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.