Analisis Balik Modal Yang Digunakan Untuk Dapat Menentukan?

Analisis Balik Modal Yang Digunakan Untuk Dapat Menentukan
Rumus BEP/analisis break even point (Analisis balik modal) digunakan untuk menentukan hal-hal seperti: Jumlah penjualan minimum yang harus dipertahankan agar perusahaan tidak mengalami kerugian. Jumlah penjualan minimum ini berarti juga jumlah produksi minimum yang harus dibuat.

Apa itu analisis balik modal?

Manfaat adanya analisis balik modal bagi investor dan pebisnis adalah untuk menemukan prospek profit dari investasi, penentu kinerja perusahaan, pengambilan kebijakan, hingga prospek kestabilan dan profitabilitas perusahaan. Analisis balik modal atau analisis return of investment (ROI) adalah alat ukur untuk menilai keuntungan finansial dari sebuah investasi di perusahaan.

Utamanya, manfaat adanya analisis balik modal bagi investor adalah untuk mengetahui perbandingan prospek profit antara beberapa proyek investasi. Jika Anda sudah memiliki instrumen investasi, seorang pebisnis, atau akan memulai berinvestasi, ada baiknya untuk mempelajari manfaat analisis balik modal bagi pebisnis dan investor serta cara menghitungnya.

Baca terus artikel ini untuk mengetahuinya.

Apa fungsi menghitung balik modal?

JAKARTA, investor.id – Analisis balik modal sering juga disebut dengan istilah analisis return on investment (ROI). ROI adalah alat ukur untuk menghitung keuntungan finansial dari sebuah investasi. Salah satu manfaat dari analisis balik modal adalah sebagai pembanding proyek investasi yang satu dengan lainnya.

Selain itu, berikut 10 manfaat dari analisis balik modal dikutip dari Pintu Academy.1.Mengukur Profitabilitas Perusahaan Tiap perusahaan pastinya mendambakan keuntungan agar lini usahanya semakin berkembang. Manfaat dari analisis balik modal adalah untuk mengukur profitabilitas perusahaan. Berbagai divisi dalam perusahaan harus bisa memanfaatkan aset yang ada untuk mendapatkan keuntungan.

Nilai profit yang dihasilkan dari aset-aset bersangkutan dapat menjadi salah satu unsur penilaian bahwa penggunaannya optimal. Analisis ROI juga sangat membantu untuk mengetahui tingkat pengembalian sebuah investasi. Hasil analisis ini dapat dijadikan dasar untuk memilih investasi yang dapat meningkatkan laba perusahaan.2.Penyesuaian Tujuan Antar Divisi Perusahaan Tiap perusahaan pastinya memiliki divisi yang berbeda-beda.

  1. Return on Investment berguna untuk memastikan keselarasan tujuan dari tiap divisi.
  2. Tiap peningkatan ROI dalam sebuah divisi akan membawa peningkatan ROI juga ke seluruh divisi perusahaan.
  3. Tentunya hal ini sangat berguna untuk mencapai kesesuaian visi dan misi sebuah badan usaha.
  4. Baca juga: ROI Lebih Cepat, Selo Group Perkenalkan Proses Konstruksi Precrafted 3.Indikator Kinerja Berbagai Divisi ROI juga dapat digunakan sebagai indikator kinerja dari berbagai divisi di dalam sebuah perusahaan.
You might be interested:  Efek Yang Diperdagangkan Di Pasar Modal?

Perolehan ROI yang baik menunjukan bahwa berbagai divisi dalam perusahaan telah menggunakan aset perusahaan secara efektif, mulai dari manajemen biaya, pemanfaatan aset yang efektif, strategi pemasaran, hingga strategi harga jual.4.Berguna Sebagai Analisis Perbandingan Investasi Berikutnya, manfaat dari analisis balik modal adalah untuk membantu membuat perbandingan antar tiap bisnis yang berbeda.

Analisis perbandingan yang dibuat dari data ROI ini mencakup profitabilitas serta pemanfaatan aset.5.Mengukur Kinerja Manajer Investasi Kinerja manajer investasi yang bagus tentunya adalah yang bisa mengambil keputusan secara tepat dan memberikan pengembalian investasi yang optimal. Adanya analisis balik modal dapat digunakan sebagai tolok ukur dalam menilai bagus tidaknya kinerja manajer investasi.

Baca juga: Berikut Pengertian dan Cara Menghitung Holding Period Return 6.Meminimalisir Konflik Kepentingan Internal Semakin tinggi nilai sebuah investasi, maka biasanya akan semakin tinggi pula pengembalian yang dihasilkan perusahaan. Dalam hal ini, analisis balik modal berguna sebagai alat untuk mengevaluasi berbagai proyek investasi yang berbeda secara obyektif, memilih proyek dengan potensi pengembalian terbaik, sekaligus meminimalisir konflik kepentingan dari pihak-pihak yang terlibat.7.Mengukur Persaingan di Pasar Adanya analisis balik modal sangat berguna sebagai tolok ukur profitabilitas sebuah investasi, membandingkan proyek-proyek yang ada di dalam perusahaan maupun di luar perusahaan dan menentukan tingkat kompetisi dari tiap proyek tersebut.