Apa Modal Awal Yang Made Sutamaya Gunakan Untuk Menjalankan Bisnisnya?

Apa Modal Awal Yang Made Sutamaya Gunakan Untuk Menjalankan Bisnisnya
Dari Pengepul Sampah Kayu, Made Kini Jadi Pengusaha Beromzet Rp 300 Juta/Bulan “Semakin banyak kerajinan limbah pantai ini bisa terjual, maka lingkungan pun akan semakin bersih. Jadi ayo kita memanfaatkan hal-hal yang dianggap tidak berguna (limbah kayu bekas) menjadi barang yang berguna,” tulis pemilik Kioski Gallery, Made Sutamaya.

Sampah kayu masih dinilai sebelah mata oleh kebanyakan orang. Padahal bila dikreasikan dengan sedikit sentuhan dan seni, sampah kayu mampu menghasilkan uang hingga jutaan rupiah. Baca juga: Hal ini yang dirasakan oleh Made Sutamaya (49). Pria asal Kuta, Bali ini berhasil memanfaatkan tumpukan sampah kayu bekas yang berserakan di pinggir pantai.

Melalui usahanya yang bernama Kioski Gallery, Made sukses menyulap sampah kayu menjadi desain interior bernilai jutaan rupiah. Kreasinya mulai diperhitungkan di jagad bisnis kerajinan yang ada di Indonesia. Made juga mampu bersaing dengan para pengusaha yang berpengalaman dengan menampilkan berbagai karya interior desain yang kreatif dan unik serta memiliki kesan mewah. Foto: Berbagai macam interior desain Kioski Gallery milik Made Sutamaya/Dok: indotrading.com Pernah bekerja cukup lama di salah satu perusahaan mebel bikin Made makin percaya diri membangun bisnisnya. Akhirnya berbagai karya interior desain ia hasilkan dan berhasil ditawarkan kepada para pelanggannya di dalam negeri.

  • Bisnisnya semakin berkembang.
  • Made juga telah berhasil membangun pasar di luar negeri.
  • Produknya sudah diperjualbelikan di beberapa negara Uni Eropa, seperti Belanda dan Prancis hingga ke Afrika.
  • Baca juga: Keberhasilan yang dia raih ternyata bukan didapat dengan cara yang mudah.
  • Butuh waktu yang cukup lama bagi Made berjuang membangun bisnis Kioski Gallery hingga mendapati kesuksesan.

Mau tahu cerita lengkapnya? Berikut ini penuturan Made kepada, Selasa (25/10/2016). “Usaha saya ini bergerak di bidang art untuk interior,” ungkap Made. Foto: Berbagai macam interior desain Kioski Gallery milik Made Sutamaya/Dok: indotrading.com Made mengungkapkan ia mendirikan bisnisnya ini di tahun 2003. Sebelum membangun bisnis ini. Made memiliki pengalaman bekerja di perusahaan mebel selama 23 tahun.

Pengalaman ini yang menjadi basic bagi Made untuk terjun langsung membangun serta mengolah bisnisnya secara mandiri. “Ini berdiri dari tahun 2003 sebelum membangun usaha ini selama 23 tahun saya kerja di mebel. Ya saya memang punya mimpi ingin sekali menjadi pengusaha,” tegas Made. Baca juga: Hanya Bermodal Sampah Kayu dan Paku Made Sutamaya mengungkapkan, memulai bisnis Kioski Gallery terbilang susah-susah gampang.

Maksudnya adalah bisnis ini dibangun tanpa modal besar. Menurut Made modal awal yang dia gunakan untuk membangun bisnis ini hanya tumpukan sampah kayu, paku dan palu. “Modal awal saya itu cuma dua karung plastik, kayu pantai, sama paku dan palu,” ungkapnya. Foto: Berbagai macam interior desain Kioski Gallery milik Made Sutamaya/Dok: indotrading.com Made yang hanya jebolan Sekolah Menengah Atas (SMA) ini menuturkan bila sampah kayu kerap ia dapatkan dari pinggir pantai. Made menjelaskan biasanya pada saat musim hujan, sampah kayu terbawa arus air menuju laut.

  1. Setelah itu, sampah kayu terombang-ambing ombak sampai akhirnya berserakan di pinggir pantai.
  2. Dengan bahan baku utamanya itu patahan kayu dan ranting pantai.
  3. Jadi ranting atau kayu dari hulu dihanyutkan oleh air hujan kemudian sampai ke pantai,” tambahnya.
  4. Baca juga: Keahlian di bidang kerajinan tangan ditambah pengalamannya selama 23 tahun bekerja di perusahaan mebel menjadi modal tambahan bagi Made untuk membangun bisnis ini.

Setelah itu, Made mengontrak sebuah rumah di kawasan Tegalalang, Bali sebagai workshop sekaligus gallery tempatnya bekerja. “Awalnya saya ngontrak dulu di Tegalalang. Nah hasil dari ngontrak ini kita berhasil membeli tanah yang ada di Jalan Ngurah Rai itu tempat workshop nya,” sebutnya. Foto: Berbagai macam interior desain Kioski Gallery milik Made Sutamaya/Dok: indotrading.com Potongan-potongan sampah kayu yang Made dapatkan dari pinggir pantai kemudian dibawa ke sebuah rumah di Tegalalang, Bali untuk diolah. Di sana, Made kemudian memilih jenis kayu yang masih layak pakai.

Kayu-kayu tersebut kemudian dikeringkan dan lanjut ke tahapan perakitan. “Saya rakit produk-produk saya ini,” ungkapnya. Baca juga: Setelah kayu-kayu tersebut dirakit, Made kemudian mendesain serta membentuk kayu menjadi berbagai macam model perkakas rumah yang bakal dijadikan interior desain. Misalnya meja, kursi, kaca, lampu dan lain-lain.

Saat proses perakitan sendiri, Made biasanya menggunakan paku atau lem kayu. Sementara itu, Made mengaku agak sedikit kesulitan saat ia membuat berbagai macam model perkakas rumah tangga yang dijadikan interior desain. Ia harus memperhatikan betul jenis sampah kayu yang ada, konsep, konstruksi sampai proses perakitan kayu. Foto: Berbagai macam interior desain Kioski Gallery milik Made Sutamaya/Dok: indotrading.com “Pertama tergantung jenis barang yang akan kita buat termasuk perakitannya juga. Nah katakanlah seperti misalnya meja disana saya perlu membuat sebuah konsep opsi awal dari konsep.

Bagaimana membuat sebuah konstruksi yang benar dan kuat. Nah kalau membuat burung, itu tidak perlu konstruksi ini hanya diperlukan satu imajinasi,” tuturnya. Setelah selesai, proses terakhir adalah pernis. Seluruh meja, kursi, kaca dan lainnya akan dibuat mengkilat dengan menggunakan cairan tertentu. Sedangkan untuk persiadaan bahan baku berupa sampah kayu, Made tidak perlu khawatir.

Sampah kayu sangat mudah ia jumpai di pinggir pantai. Kalaupun jumlahnya jarang, Made siap membeli kayu-kayu bekas dari orang yang menawarkan padanya. Baca juga: “Nah kalau bahan bakunya ini kan adanya di musim hujan, setiap enam bulan sekali. Makanya kami harus mikirin bagaimana caranya memiliki stok untuk di musim panas.

  • Dengan cara mencari source yang baru karena kalau kita berpameran pertama bahan baku harus cukup, kedua produksi juga karyawan yang mengerjakan harus cukup, pemasaran juga harus oke kan, nah baru bisa seimbang.
  • Tapi kalau ada salah satu yang timpang, itu tidak akan jalan,” jelasnya.
  • Dijual Hingga Jutaan Rupiah Interior desain yang diproduksi oleh Made Sutamaya melalui Kioski Gallery seperti meja, kursi, kaca hingga lampu berdiri dijual dengan harga yang cukup terbilang mahal.

Harganya berkisar antara ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Foto: Pemilik Kioski Gallery, Made Sutamaya/Dok: indotrading.com “Produk yang Saya cipatakan itu lebih banyak kepada keperluan interior, seperti meja, kursi, all dekorasi, dan lain sebagainya. Macam-macam ya hingga Rp 6 juta,” katanya. Menurut Made, meski dibuat dengan menggunakan kayu bekas, ia bisa memastikan konstruksi kayu tetap kuat.

  • Bahkan berbagai macam produk desain interior yang dibuat Made dari kayu bekas ini diklaim awet sampai puluhan tahun.
  • Baca juga: “Kalau ketahanan luar biasa ya.
  • Arena kayunya sangat keras sekali.
  • Filosofinya begini untuk mengawetkan ikan, kita menggunakan garam bukan? Nah sekarang kayu-kayu ini mereka terendam di air laut bertahun-tahun bahkan hingga puluhan tahun,” paparnya.
You might be interested:  Apa Yang Dimaksud Dengan Pajak Kendaraan?

Menurut Made, kuatnya konstruksi kayu disebabkan proses kimiawi. Hal ini terjadi saat kayu terombang-ambing di laut. Air laut yang memiliki kadar garam cukup tinggi diyakini dapat membuat awet kayu. Foto: Berbagai macam interior desain Kioski Gallery milik Made Sutamaya/Dok: indotrading.com “Seperti saya bilang kayu ini sudah dipatenkan secara alami oleh air garam di laut jadi ketahannya luar biasa bisa sampai 20-30 tahun,” ujarnya. Disamping menyalurkan hobinya di bidang bisnis kerajinan tangan atau handmade, Made cukup senang menekuni bisnisnya ini.

Ia dapat memanfaatkan sampah kayu bekas tidak terpakai yang berserakan di pantai. Selain itu aksinya juga mampu menekan jumlah sampah kayu yang ada di pinggir pantai. Baca juga: “Awalnya itu ya karena kita tinggal di pesisir pantai jadi ingin memanfaatkan itu. Saya juga tidak ingin ada sampah yang mencemari lingkungan.

Akhirnya karena banyak potongan kayu dan ranting yang mengganggu lingkungan pantai, itulah awal ide tercetus mmebuat usaha yang mengguankan bahan limbah itu,” jelas pria kelahiran 10 Oktober 1967 ini. Sudah Diekspor ke Eropa Hingga Afrika Barang pajangan interior desain seperti meja, kursi, lampu berdiri hingga kaca rias yang dibuat oleh Made Sutamaya melalui bisnisnya Kioski Gallery kian tumbuh dan berkembang. Foto: Berbagai macam interior desain Kioski Gallery milik Made Sutamaya/Dok: indotrading.com “Kita banyak ekspornya ke Eropa seperti Jerman, ada Belanda, Prancis, Italia, dan Afrika,” sebut Made. Padahal ketika pertama kali ia menjual produknya harus dilalui dengan susah payah.

Made mengaku tidak bisa hanya menunggu pembeli di sebuah workshop miliknya di Tegalalang, Bali. Mau tidak mau ia harus bergerak. Baca juga: Jalan satu-satunya yang bisa dia lakukan adalah dengan mengikuti berbagai event atau pameran. Pameran dianggap sebagai jalan alternatif mencari dan mendapati calon pembeli yang potensial.

MADE SUTAMAYA (KIOSKI GALLERY) | BALI NOW

“Ya awalnya sangat susah sekali, ya karena ini kita ciptakan awal dari 2003, ya awal-awal ya harus berpameran dulu. Makanya saya ajak para UKM yang lain untuk berpameran karena di pameran kita akan mendapatkan buyer lebih banyak, tidak seperti di toko,” tuturnya. Foto: Berbagai macam interior desain Kioski Gallery milik Made Sutamaya/Dok: indotrading.com Setelah itu, Made bermanuver dengan menggunakan media online seperti Facebook untuk menjual barang dagangannya. Kedua cara tersebut kini menjadi tumpuan Made untuk meraup keuntungan dari bisnis ini.

“Beda dengan 20 tahun yang lalu sistemnya masih manual, tidak ada online dan semacamnya. Tapi zaman sekarang sudah banyak acara pameran, media online itu memudahkan kita untuk memasarkan produk kita dan mendapatkan buyer bahkan dari luar negeri,” ucapnya. Baca juga: Alhasil nama Made Sutamaya muai dikenal banyak orang lewat interior desain dengan menggunakan sampah kayu bekas.

Ia mampu meraup omzet hingga Rp 300 juta per bulan. “Ya lumayan, setiap bulan bisa tembus Rp 100 hingga Rp 300 juta per bulan,” tukasnya. Selain memiliki omzet yang cukup besar, Made juga menyabet sejumlah penghargaan top. salah satunya adalah Parama Karya Award 2015 dari Presiden Joko Widodo (Jokowi). Foto: Pemilik Kioski Gallery, Made Sutamaya/Dok: indotrading.com “Bahkan ibu-ibu pengangguran yang putus sekolah, mereka adalah yang saya bina dan sudah menjadi karyawan saya,” katanya. Baca juga: Saat ini, Made juga telah memiliki mitra bisnis sebanyak 250 orang yang tersebar di Jawa Timur, Bali, Lombok dan Sumbawa.

Bagi Made, semakin banyak mitra bisnis maka semakin baik terutama untuk memperluas jaringan pemasaran. “Ya harus saya harus memiliki generasi jadi usaha saya diturunkan kepada anak saya, saya selalu mengajak anak-anak saya berpameran, dan mereka juga dilibatkan dalam pembuatan seni ini. Karena harapan saya jangan sampai usaha ini putus,” tutupnya.

Reporter: Kumi Laila Penulis: Wiji Nurhayat : Dari Pengepul Sampah Kayu, Made Kini Jadi Pengusaha Beromzet Rp 300 Juta/Bulan

Hal hal apa saja yang membuat Made sutamaya sukses?

Made Sutamaya adalah salah satu pengusaha yang sukses dan berhasil di bidang kerajinan, tepatnya sebagai pengepuh sampah kayu. Ia mengatakan telah memulai bisnis sejak tahun 2003. Made Sutamaya berhasil mengolah berbagai kayu yang berasal dari tumpukan sampah kayu bekas yang berserakan di pinggir pantai.

Siapakah Made sutamaya?

5. Made Sutayama – Made Sutamaya adalah salah satu wirausahawan sukses di bidang kerajinan yang merintis bisnis kerajinannya dari nol. Ia dulu pernah bekerja di galeri seni, dari sanalah ia berinisiatif untuk membangun usaha sendiri. Ia mempelajari dunia furniture, hingga akhirnya memutuskan untuk mendirikan usaha furniture yang punya desain cantik.

Ia memulai bisnisnya dari menemukan kayu bekas yang tidak dipakai lagi di dekat pantai. Dari sana, Made Sutayama mengubah kayu bekas itu jadi furniture yang lebih bernilai. Karyanya ini pun menarik perhatian wisatawan asing, hingga akhirnya semakin berkembang. Ia berinisiatif mempekerjakan ibu-ibu yang membutuhkan bantuan di sekitar lokasi usaha.

Produk usahanya ini pun sudah dijual hingga ke Eropa. Itulah beberapa tokoh wirausahawan sukses di bidang kerajinan dalam negeri yang bisa kamu jadikan inspirasi. Semoga dengan mempelajari pengalaman mereka, kamu bisa mendapatkan ilmu yang bermanfaat yang bisa kamu terapkan pada usaha yang tengah kamu miliki.

  1. Tak hanya inspirasi, tentu kamu juga memerlukan berbagai skill untuk menunjang bisnis yang ingin kamu jalani.
  2. Untuk itu, kamu bisa mengikuti berbagai yang disediakan oleh Pijar Mahir.
  3. Pada dasarnya, menyediakan berbagai pelatihan yang akan menambah pengetahuan serta meningkatkan kemampuan kamu di satu bidang tertentu.
You might be interested:  Mengapa Pelanggan Perlu Mengetahui Informasi Mengenai Keuangan Perusahaan?

Khusus untuk penerima manfaat, Kamu tidak perlu mengeluarkan uang sepeser pun. Yuk, jadi lebih mahir di bidang pilihanmu! : Inspiratif Ini 5 Tokoh Wirausahawan Sukses di Bidang Kerajinan | Pijar Mahir – 2022

Apa modal utama seseorang untuk bisa sukses?

Ingin menjadi seorang yang sukses dalam bidang pekerjaan atau profesi yang akan di geluti atau sedang di jalani merupakan keinginan banyak orang pada saat ini. Namun, untuk menjadi seorang yang sukses tidaklah semudah yang dipikirkan, Anda harus bekerja keras dan mempunyai mental yang kuat agar menjadi sukses dan berhasil dibidang pekerjaan atau profesi yang akan ditekuni atau sedang digeluti. Berikut akan diuraikan mengenai penjelasan ke lima jenis modal untuk meraih kesuksesan tersebut.1. Modal Kepribadian (Personality) Yang dimaksud dengan modal kepribadian di sini yaitu Anda harus menyadari kelebihan dan kekurangan yang dimiliki, mengetahui apa yang menjadi hobi, pengendalian emosi yang baik, memiliki empati yang tinggi dan juga motivasi yang tinggi.

  • Motivasi akan membantu Anda untuk terus bertahan dan berjuang.
  • Perlu Anda ketahui, modal kepribadian bukanlah sebuah warisan dari orang tua, Anda harus menyadari dan terus berlatih, dan melalui semua tahapan proses yang dapat menjadi pembelajaran.
  • Memahami dengan benar kekurangan dan kelebihan pada diri sendiri tetapi ingat Anda juga tidak boleh tinggi hati atas kelebihan yang dimiliki.

Dari penjelasan diatas, dapat kita ringkas bahwa modal kepribadian adalah suatu kegiatan penguasaan diri. Sehingga Anda harus dapat membawa diri pada hal yang positif. Hal ini tentu saja akan sangat bermanfaat dan sangat diperlukan untuk meraih kesuksesan dan keberhasilan dalam menekuni bidang pekerjaan atau profesi Anda.

  1. Beberapa kunci kesuksesan yang terkait dengan Modal Kepribadian, diantaranya : • Tekad Tekad sebagai kunci kesuksesan.
  2. Dibutuhkan kemauan keras dan niat yang kuat untuk mencapai keberhasilan dalam hidup.
  3. Adanya kemauan yang kuat untuk bekerja tanpa henti, sekalipun mengalami kegagalan, hambatan, kesulitan di sepanjang jalan.

Kunci kesuksesan dijalani dengan waktu yang tidak sebentar, oleh karena itu dibutuhkan tekad kuat agar tidak mudah menyerah. Bahkan ketika kunci kesuksesan membawa pada sukses sesungguhnya, tekad harus tetap berkobar. • Disiplin Salah satu kunci kesuksesan lainnya adalah disiplin.

  • Disiplin membentuk karakter pribadi seseorang untuk bekerja secara sistem dan mematuhi peraturan yang berlaku.
  • Bila kita terbiasa dengan disiplin, maka kita tidak akan mudah menunda-nunda pekerjaan.
  • Ini sangat penting untuk mempercepat kita mencapai kesuksesan.
  • Apabila kita terbiasa disiplin, otomatis manajemen waktu kita juga sangat baik.

Perlu diingat, waktu adalah hal paling berharga, kita mungkin bisa membeli apapun tapi tidak dengan waktu. Jadi, kesuksesan yang kita raih sangat ditentukan dengan apa yang kita kerjakan saat ini. • Kerja keras Tanpa adanya kerja keras, semua tindakan yang diambil hasilnya tidak akan maksimal.

Artinya kerja keras memiliki peranan yang penting dalam menentukan kesuksesan seseorang. Niat dan tekad yang kuat dengan dibarengi kerja keras hasilnya akan memuaskan. Pepatah mengatakan tidak ada usaha yang mengkhianati hasil. • Jujur Kejujuran menjadi modal utama dalam meraih kesuksesan. Dengan memiliki sifat jujur akan mendapatkan kepercayaan dari orang lain sehingga menjadikan kita dipercaya oleh banyak orang.

Zaman sekarang ini mencari orang jujur sudah sulit, banyak orang yang tidak bisa dipercaya apalagi masalah keuangan. Mungkin terselip pertanyaan di benak Anda kenapa sukses membutuhkan kejujuran? Jawabnya karena kejujuran menjadi pondasi kesuksesan dalam kehidupan, jika pondasi ini saja tidak kuat maka bangunannya akan runtuh.

Perbanyak relasi Sekarang ini pintar saja tidak bisa menjamin sukses. Membangun relasi yang baik dengan orang-orang baru adalah hal yang tidak kalah penting, membangun relasi ini ibaratnya seperti membangun masa depan. • Berani Mengambil Risiko Salah satu kunci kesuksesan lain adalah Anda harus berani mengambil risiko, saat Anda berani mengambil risiko hasilnya memang bisa berhasil bisa tidak, namun jika Anda melakukannya dengan baik tentu akan jauh lebih baik dibandingkan Anda terus ada di zona nyaman.

Ada banyak keputusan yang akan Anda ambil dalam kehidupan, pengambilan keputusan ini yang dapat membuat Anda melangkah lebih jauh. Untuk itu apabila ada kesempatan dalam menentukan suatu hal, cobalah untuk mengambil risiko. • Self Starter dan Komitmen Untuk menjadi seorang yang sukses dan berhasil dalam mengeluti suatu pekerjaan dan profesi dibutuhkan karakter yang proaktif, penuh semangat.

  1. Selanjutnya adalah komitmen untuk mampu bertahan.
  2. Sehingga komitmen untuk berjuang dan terus berupaya hingga mencapai kesuksesan sangat dibutuhkan.
  3. Berani Mengambil Tindakan Selanjutnya adalah berani mengambil tindakan.
  4. Anda harus mengambil tindakan dan tidak membiarkan Anda hanya berkutat dalam konsep saja.

• Kesabaran dan Kegigihan Kesabaran dan kegigihan menjadi faktor keberhasilan selanjutnya. Anda dituntut untuk bisa bersabar menghadapi berbagai masalah yang muncul di kemudian hari. Selain itu, sabar dibutuhkan untuk menghadapi setiap permasalahan yang dihadapi dalam pekerjaan ataupun profesi yang Anda digeluti.

  • Egigihan punya wujud serupa kesabaran.
  • Egigihan akan membuat Anda kuat dalam menghadapi berbagai masalah tersebut dan tidak mudah menyerah.
  • Arena kesuksesan yang diraih pasti beriringan dengan sederet masalah.
  • Egigihan juga diperlukan dalam mengembangkan pekejaan ataupun profesi, berpikir kreatif, dan bekerja lebih keras.

• Banyak belajar Belajar tidak harus ke bangku sekolah atau kuliah atau belajar hanya pada saat sekolah atau kuliah saja, tetapi belajar disini identik dengan proses yang dijalani dalam meraih kesuksesan. Setiap ada kegagalan bisa dijadikan introspeksi terutama penyebabnya kemudian barulah dicari solusinya.

Ada banyak kegiatan belajar yang bisa diikuti untuk menambah keilmuan seperti belajar dengan ahlinya, membaca buku atau mengikuti acara pelatihan. Selain itu Anda juga bisa memanfaatkan media internet untuk menambah wawasan, karena ada banyak sharing ilmu-ilmu yang dibagikan secara gratis. • Mau menerima kritik dan saran Kritik dan saran yang diberikan orang lain kepada kita menjadi salah satu mentor yang membimbing menuju kesuksesan.

Anda harus bisa menerima kritik atau saran dari orang lain, intinya jangan merasa terpojok atas kritik dan saran yang diberikan. Justru Anda harus berterima kasih atas apa yang sudah disampaikan kepada Anda.2. Modal Pengetahuan Modal pengetahuan adalah salah satu aspek dalam kunci kesuksesan.

You might be interested:  Pemungutan Pajak Yang Dilakukan Pemerintah Berdasarkan?

Tentunya pengetahuan atau wawasan di sangat dibutuhkan dalam menunjang bidang pekerjaan atau profesi yang ditekuni. Memiliki pengetahuan tentang bidang pekerjaan atau profesi serta pengetahuan umum yang dapat menunjang pekerjaan yang akan atau sedang dijalani. Setelah memiliki pengetahuannya, Anda perlu menerapkannya ke dalam bidang pekerjaan atau profesi yang dijalankan.

Keterampilan Anda bisa berkembang seiring menjalankan pekerjaan atau profesi dengan pengetahuan yang dimiliki.3. Modal Keterampilan Kunci kesuksesan selanjutnya adalah keterampilan. Tidak ada keterampilan yang muncul secara instan tanpa melewati berbagai hal.

Dengan melewati berbagai kejadian kita akan semakin terasah dan mudah beradaptasi dalam kondisi apapun. Keterampilan seperti: komunikasi, manajemen, evaluasi, tampil di depan orang dan bernegosiasi didapat dengan kemampuan yang terus diasah. Apalagi persaingan semakin ketat, sehingga keterampilan perlu dibaharui dan dikembangkan agar mampu bersaing.

Semakin orang memiliki keterampilan yang banyak maka peluang untuk meraih sukses dan keberhasilan juga semakin terbuka.4. Modal Kreativitas Seperti yang kita ketahui, di berbagai bidang pekerjaan dan profesi, persaingan begitu ketat dan kompetitor pasti memiliki strategi untuk memajukan bidang pekerjaan dan profesi mereka masing-masing.

  1. Sehingga untuk dapat meraih sukses dan keberhasiln dibidang pekerjaan, Anda harus dapat bersaing.
  2. Salah satu modal penting yang dapat digunakan untuk bersaing adalah kreativitas.
  3. Reativitas sangat penting dalam meraih kesuksesan dan keberhasilan di berbagai bidang pekeraan ataupun profesi, apalagi jika Anda sedang memiliki keterbatasan.

Melalui modal kreativitas, Anda dapat menciptakan sebuah penemuan baru, tentunya yang memiliki nilai orisinalitas dan keunikan yang dapat menjadi ciri dari Anda. Bagaimana cara memperoleh modal kreativitas? Menurut ahli, kreativitas dapat diperoleh dengan cara berlatih.

  • Beberapa kegiatan yang dapat melatih kreativitas Anda adalah seperti berlatih berpikir kreatif dengan cara bermain game, mencoba sesuatu yang baru, berpikir metafora.
  • Ada pula teori yang dapat Anda pakai yaitu teori SCAMPER.
  • Teori SCAMPER merupakan kegiatan substitusi, modifikasi, analog, magnifi, put other use, eliminasi, reverse.

Misalnya kreatifitas dalam bidang bisnis atau perdagangan, Anda ingin membuat sebuah produk, maka Anda dapat mengambil produk lama atau produk orang, kemudian Anda dapat melakukan modifikasi-modifikasi atas produk tersebut sehingga dapat memberikan nilai tambah.5.

  • Modal Profesionalisme Profesionalisme yang dimaksud disini adalah profesionalitas dalam bidang pekerjaan atau profesi.
  • Jadi modal profesionalisme ini salah satu aspek yang menentukan kesuksesan dan keberhasilan dalam bidang pekerjaan atau profesi yang akan atau sedang Anda geluti.
  • Profesionalitas dapat dicapai dengan cara mengerjakan dengan teliti, memahami keseluruhan proses dan memiliki pengawasan yang baik.

Oleh karena itu, Anda harus berpikir tentang perencanaan yang matang, kemudian mengeksekusi rencana dengan teliti, baik, benar sehingga hasil yang didapatkan berstandar tinggi. Demikianlah uraian ke lima jenis modal untuk meraih kesuksesan. Dengan memiliki modal kepribadian, pengetahuan, keterampilan, kreativitas, dan profesionalitas yang baik, Anda akan mendapatkan keunggulan dan kemudahan dalam mencapai cita-cita Anda sebagai seorang yang sukses dan berhasil dalam bidang pekerjaan atau profesi yang akan anda tekuni atau sedang Anda jalani.

Modal apa saja yang dibutuhkan untuk memulai usaha?

apa modal terpenting untuk memulai wirausaha?​ Jawaban: MENTAL, TOTALITAS, DANA CADANGAN, DAN MODAL MATERI/IDE. : apa modal terpenting untuk memulai wirausaha?​

Apa 3 modal utama berwirausaha?

JAKARTA: Untuk menjadi pengusaha, setidaknya harus memiliki tiga modal utama yakni keinginan yang besar, semangat dan kerja keras, serta keberanian dan kepercayaan diri. Tiga hal itulah yang diungkapkan oleh pengusaha nasional Ciputra, pendiri Grup Ciputra.

  • Setelah memiliki tiga modal utama itu, lanjut dia, seorang pengusaha juga harus terus belajar dan berlatih.
  • Belajar, belajar, belajar.
  • Berlatih, berlatih, berlatih.
  • Di Indonesia itu, sekitar 20%-30% memiliki semangat untuk menjadi pengusaha, sedangkan yang lainnya masih kurang bersemangat dan ingin jadi pegawai,” ujarnya, Senin (12/11).

Untuk terus mendorong lahirnya pengusaha-pengusaha muda, Ciputra mengatakan pihaknya sedang mengembangkan sistem pendidikan online ke seluruh Indonesia. “Kami ingin bangun semacam incubator centre, dimana entrepreneurs baru bisa dilahirkan. Kami ingin kembangkan sistem online ke seluruh Indonesia, untuk membina dan jadi mentor secara online, seminggu sekali berkumpul,” ungkapnya.

Di mana Made sutamaya mendapatkan sampah kayu?

Mengolah Sampah Laut Jadi Barang Seni Liputan6.com, Denpasar: Jika ada kemauan pasti ada jalan keluarnya. Namun kemauan yang kuat saja tidak cukup tanpa dibarengi dengan kreatifitas. Niscaya krisis ekonomi global yang sedang terjadi saat ini tidak akan terasa.

  1. Inilah yang diperlihatkan seorang pengusaha di Bali.
  2. I Made Sutamaya sukses mengelola sampah laut menjadi barang seni yang bernilai tinggi mulai dari patung hingga meja.
  3. Harga jualnya dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah.
  4. Ini rupiah mengalir deras ke kantong Sutamaya.
  5. Hingga kini pesanan dari luar negeri juga terus mengalir.

Sukses memang berbanding dengan kerja keras. Sutamaya setiap hari menyusuri Pantai Kuta dan juga pantai lainnya. Dia mencari sampah kayu yang dibawa arus laut. Selain sampah di sekitar pantai Pulau Dewata, Sutamaya mendatangkan sampah laut dari pulau Jawa dan Sulawesi.

Sampah yang didapat dikumpulkan di rumahnya, Kuta, Denpasar. Tahap selanjutnya sampah diolah menjadi barang seni. Sutamaya menekuni bisnis daur ulang sampah laut karena rasa kepeduliannya terhadap lingkungan. Dia mengaku prihatin dengan kondisi pantai yang kerap kotor. Sutamaya membuka usaha dengan modal awal Rp 50 juta.

Dengan modal itu diperoleh keuntungan Rp 10 hingga Rp 60 juta per bulan. Sutamaya sangat menjaga ekslusifitas barang ciptaanya. Setiap satu jenis barang tak akan dibuat dalam jumlah banyak.(UPI/Putu Setiawan) : Mengolah Sampah Laut Jadi Barang Seni