Apa Yang Anda Ketahui Tentang Akuntansi Keuangan Daerah Jelaskan?

Apa Yang Anda Ketahui Tentang Akuntansi Keuangan Daerah Jelaskan
Sistem akuntansi keuangan pemerintah daerah adalah sistem akuntansi untuk mencatat, menggolongkan, menganalisis, mengikhtisarkan dan melaporkan transaksi-transaksi keuangan yang dilakukan oleh Pemerintah Daerah dalam rangka pelaksanaan APBD.

Jelaskan apa yang kamu ketahui tentang akuntansi keuangan?

Apa yang Dimaksud dengan Akuntansi Keuangan? – Akuntansi keuangan disebut juga akuntansi umum ( general accounting ) adalah bidang akuntansi yang berhubungan dengan pencatatan transaksi perusahaan dan penyusunan laporan keuangan secara berkala yang berpedoman kepada prinsip akuntansi.

  • Jogianto (1997), akuntansi keuangan menyediakan informasi yang relevan terkait dengan laporan-laporan berkala seperti laporan arus kas, neraca, laba ditahan, dan perubaan modal dari pihak internal dan eksternal perusahaan sebagai bahan pertimbangan dalam pengambilan keputusan manajemen.
  • Kieso & Weygant (2000), akuntansi keuangan merupakanproses penyusunan laporan keuangan perusahaan secara menyeluruh yang akan digunakan oleh pengguna laporan keuangan dari pihak internal maupun eksternal perusahaan.
  • Sugiarto (2002), arti dari akuntansi keuangan yaitu salah satu bidang akuntansi yang berfokus pada penyiapan laporan keuangan yang dilakukan secara bertahap dalam setiap perusahaan sebagai bentuk pertanggungjawaban pihak manajemen kepada para pemegang saham dan investor.
  • Warren Reeve Fees (2008), akuntansi keuangan ialah proses pencatatan dan pelaporan data sekaligus kegiatan ekonomi perusahaan di mana laporan tersebut akan menghasilkan laporan utama bagi pemilik, kreditor, lembaga pemerintah dan masyarakat umum meskipun informasi laporan tersebut sangat berguna bagi manajer.
  • Martini (2012), financial accounting memiliki orientasi pada pelaporan dari pihak eksternal yang mempunyai tujuan mendetail kepada masing-masing pihak yaitu yang membuat pihak pembuat laporan keuangan berpatokan pada prinsip dan asumsi-asumsi dalam proses pembuatan laporan keuangan,

Apa yang dimaksud pengelolaan akuntansi daerah?

Definisi Pengelolaan Keuangan Daerah – Yang dimaksud dengan pengelolaan keuangan daerah merupakan kegiatan yang dilakukan oleh pejabat pengelola keuangan, yang sesuai dengan jabatan dan wewenangnya, meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengawasan, dan pertanggungjawaban.

Untuk lebih memahami pengertian pengelolaan keuangan daerah, terlebih dahulu Anda harus memahami tentang pengertian keuangan daerah. Menurut Peraturan Pemerintah Nomor 58 Tahun 2006, keuangan daerah adalah segala hak dan kewajiban yang dimiliki suatu daerah untuk menyelenggarakan pemerintahannya sendiri yang dapat dinilai secara moneter, termasuk berbagai bentuk kekayaan yang erat kaitannya dengan kewajiban dan hak daerah.

Siklus Pengelolaan Keuangan Daerah merupakan rangkaian proses pengelolaan keuangan daerah mulai dari penganggaran yang bercirikan definisi, pelaksanaan, penatausahaan, dan akuntansi untuk pelaksanaan APBD. Sementara, pihak pengelola keuangan daerah adalah Pejabat Pengelola Keuangan Daerah (PPKD), yaitu kepala satuan pengelolaan keuangan daerah yang bertanggung jawab atas pelaksanaan anggaran daerah dan bertindak sebagai bendahara umum daerah.

Apa tujuan dan fungsi akuntansi keuangan daerah?

Salah satu tujuan sistem akuntansi keuangan daerah adalah menyediakan informasi keuangan yang lengkap, cermat, dan akurat sehingga dapat menyajikan laporan keuangan yang andal, dapat dipertanggungjawabkan dan dapat digunakan sebagai dasar untuk mengevaluasi pelaksanaan keuangan masa lalu dalam rangka pengambilan

Jelaskan apa yang dimaksud dengan akuntansi keuangan brainly?

Apa pengertian dari : 1 Akuntansi Keuangan 2 Akuntansi Biaya 3 Akuntansi Perpajakan 4 Akuntansi Akuntansi keungan adalah akuntansi yang kegiatannya meliputi pencatatan kegiatan finansial yang bertujuan untuk dapat menyajikan laporan keuangan yang meliputi neraca, laporan laba rugi dan laporan perubahan modal atau laporan laba ditahan selama jangka waktu tertentu.

Akuntansi Biaya adalah bidang Akuntansi yang mencatat dan menghitung serta menganaiisis data biaya pada perusahaan industri dalam usaha menentukan besalnya harga pokok produksi suatu barang atau produk. Perpajakan adalah bidang Akuntansi yang menekankan pada masalah pajak yang harus dibayar oleh perusahaan atau perseorangan kepada pemerintah.

Dalam perpajakan akan dibahas tentang hukum-hukum dan perhitungan-perhtiungannya dalam usaha menetapkan besamya pajak tersebut. Akuntansi anggaran adalah yang melakukan kegiatannya dengan menyusun anggaran, baik pendapatan maupun biaya atas dasar. pedoman-pedoman tertentu maupun standar dari suatu badan.

  • Anggaran merupakan pedoman bagi perusahaan, perorangan atau pemerintah dalam melakukan kegiatan finansialnya di masa yang akan datang.
  • Akuntansi pemeriksaan ialah yang melaksanakan kegiatan pemeriksaan terhadap hasil pencatatan dan laporan keuangan suatu badan, baik perusahaan maupun pemerintah.
  • Akuntansi Pemerintahan adalah bidang Akuntansi Keuangan yang diterapkan di lembaga pemerintahan.

Akuntansi Pemerintahan ini bertujuan untuk menyajikan laporan keuangan, pengendalian dan pengawasan keuangan pemerintah/negara. Akuntansi Manajemen adalah bidang Akuntansi yang bertujuan memberikan informasi kepada manajemen dalam menjalankan usahanya.

You might be interested:  Mengapa Ppn Termasuk Dalam Kategori Pajak Objektif?

latihan soal di sini beserta jawabannya mungkin bisa membantu https://mapelotomotif.blogspot.com/2019/03/soal-uas-pas-dasar-bank-akuntansi-dan.html

: Apa pengertian dari : 1 Akuntansi Keuangan 2 Akuntansi Biaya 3 Akuntansi Perpajakan 4 Akuntansi

Jelaskan apa pengertian akuntansi serta jelaskan tujuan utama akuntansi?

Pengertian – Akuntansi adalah suatu proses pencatatan transaksi keuangan, yang akan menghasilkan laporan keuangan yang dibutuhkan oleh berbagai pihak. Pihak yang dimaksud adalah pihak berkepentingan dalam setiap organisasi, maupun perusahaan baik dalam masyarakat maupun pemerintah.

  1. Apa yg dimaksud dengan akuntansi? Dikutip dari Modul Teknisi Akuntansi Dalam Jaringan terbitan Kemdikbud, Akuntansi adalah seni dalam mengukur, berkomunikasi, dan menginterpretasikan aktivitas keuangan.
  2. Profesi akuntan adalah seseorang yang bekerja di semua bidang yang mempergunakan keahlian akuntansi.

Pekerjaan akuntan dapat digolongkan sebagai, akuntan publik, internal, pemerintah dan pendidik. Seorang akuntan perlu memakai prinsip akuntansi. Prinsip dasar akuntansi adalah hal penting yang perlu diterapkan dalam semua proses pembuatan sebuah laporan keuangan.

Apa tujuan dari akuntansi pemerintah daerah?

Salah satu tujuan akuntansi keuangan daerah adalah untuk menyediakan informasi keuangan dalam bentuk laporan keuangan yang lengkap, cermat, akurat dan transparan sehingga dapat menyajikan laporan keuangan yang dapat dipertanggungjawabkan dan dapat digunakan sesuai kebutuhan para pengguna laporan keuangan baik pihak

Apa yang dimaksud dengan perencanaan keuangan daerah?

Perencanaan keuangan daerah diarahkan agar seluruh proses penyusunan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) semaksimal mungkin dapat menunjukkan latar belakang pengambilan keputusan dalam penetapan arah kebijakan umum, skala prioritas dan penetapan alokasi serta distribusi sumber daya dengan melibatkan partisipasi

Apa tugas pengelola keuangan daerah?

B. Tugas Pejabat Pengelola Keuangan Daerah sebagaimana dimaksud dalam Diktum KESATU adalah sebagai berikut: 1. menyusun dan melaksanakan kebijakan pengelolaan keuangan daerah ; 2. menyusun Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah dan Rancangan Perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah ; 3. melaksanakan

Apa saja yang termasuk dalam asas akuntansi keuangan pemerintah daerah?

ASAS-ASAS UMUM DALAM PENGELOLAAN KEUANGAN DAERAH (BAGIAN 1) – 11 Januari 2015 Catatan Pojok asas -asas umum dalam pengelolaan keuangan, asas keuangan daerah, BPK, bpkp, hukum pengelolaan keuangan daerah, keuangan, Keuangan Daerah, KEUANGAN NEGARA, Pedoman Pengelolaan Keuangan Daerah, pengelolaan keuangan daerah, perusahaan daerah, yusran lapananda Catatan Pojok YUSRAN LAPANANDA, SH. Jika kita membaca suatu regulasi atau peraturan perundang-undangan, dipastikan kita langsung menuju kepada bab-bab dan pasal-pasal yang menjadi tujuan untuk menjawab atau ingin mengetahui sesuatu yang sementara kita pikirkan. Sebenarnya sebelum kita membaca pasal-pasal yang ada, ada baiknya kita memahami lebih awal mengenai asas-asas yang sudah diatur pada awal-awal bab dan pasal di setiap regulasi atau peraturan perundang-undangan.

  1. Selain pula itu kita harus lebih awal membaca dan memahami pengertian-pengertian yang biasanya diatur pada pasal 1 di setiap regulasi atau peraturan perundang-undangan.
  2. Begitu pula, di dalam membaca atau memahami tentang pengelolaan keuangan daerah, maka lebih awal kita harusnya membaca atau memahami tentang asas-asas umum dalam pengelolaan keuangan daerah.

Asas, dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (edisi ketiga) terbitan Pusat Bahasa Departemen pendidikan Nasional, Balai Pustaka, 2006., berarti dasar atau hukum dasar. Asas atau dasar diartikan sesuatu yang menjadi tumpuan berpikir atau berpendapat. Dalam pembentukan suatu regulasi atau peraturan perundang-undangan asas merupakan filosofi yang mendasari terbentuknya regulasi atau peraturan perundang-undangan.

Pada hakikatnya asas menerangkan sesuatu arah, suatu panduan/pedoman, sesuatu kewajiban atau sesuatu yang dianggap benar, dan sesuatu larangan. Di dalam pengelolaan keuangan daerah terdapat 5 (lima) asas pengelolaan keuangan daerah, yaitu: (1) asas umum pengelolaan keuangan daerah; (2) asas umum APBD; (3) asas umum penyusunan APBD; (4) asas umum pelaksanaan APBD; dan (5) asas umum penatausahaan keuangan daerah,

Kelima asas dalam pengelolaan keuangan daerah ini sebagaimana yang diatur di dalam Peraturan Pemerintah Nomor 58 Tahun 2005 tentang Pengelolaan Keuangan Daerah dan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 13 Tahun 2006 tentang Pedoman Pengelolaan Keuangan Daerah sebagaimana diubah terakhir dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 21 Tahun 2011.1.

Asas-asas Umum Pengelolaan Keuangan Daerah; yaitu (a) asas terintegrasi yang berarti pengelolaan keuangan daerah dilaksanakan dalam suatu sistem yang terintegrasi yang diwujudkan dalam APBD yang setiap tahun ditetapkan dengan peraturan daerah. (b) asas tanggung jawab yang berarti keuangan daerah dikelola: (1) Secara tertib adalah bahwa keuangan daerah dikelola secara tepat waktu dan tepat guna yang didukung dengan bukti-bukti administrasi yang dapat dipertanggungjawabkan; (2) Taat pada peraturan perundang-undangan adalah bahwa pengelolaan keuangan daerah harus berpedoman pada peraturan perundang-undangan; (3) Efektif merupakan pencapaian hasil program dengan target yang telah ditetapkan, yaitu dengan cara membandingkan keluaran dengan hasil; (4) Efisien merupakan pencapaian keluaran yang maksimum dengan masukan tertentu atau penggunaan masukan terendah untuk mencapai keluaran tertentu; (5) Ekonomis merupakan pemerolehan masukan dengan kualitas dan kuantitas tertentu pada tingkat harga yang terendah; (6) Transparan merupakan prinsip keterbukaan yang memungkinkan masyarakat untuk mengetahui dan mendapatkan akses informasi seluas-Iuasnya tentang keuangan daerah; (7) Bertanggung jawab merupakan perwujudan kewajiban seseorang untuk mempertanggungjawabkan pengelolaan dan pengendalian sumber daya dan pelaksanaan kebijakan yang dipercayakan kepadanya dalam rangka pencapaian tujuan yang telah ditetapkan; (8) Keadilan adalah keseimbangan distribusi kewenangan dan pendanaannya dan/atau keseimbangan distribusi hak dan kewajiban berdasarkan pertimbangan yang obyektif; (9) Kepatutan adalah tindakan atau suatu sikap yang dilakukan dengan wajar dan proporsional; (10) Manfaat untuk masyarakat adalah bahwa keuangan daerah diutamakan untuk pemenuhan kebutuhan masyarakat.2.

Asas-asas Umum APBD; yaitu (a) asas penganggaran sesuai urusan pemerintahan, kemampuan pendapatan daerah, fungsi APBD dan penetapan APBD. Asas ini mengandung arti bahwa APBD disusun sesuai dengan kebutuhan penyelenggaraan pemerintahan dan kemampuan pendapatan daerah berpedoman kepada RKPD dalam rangka mewujudkan pelayanan kepada masyarakat untuk tercapainya tujuan bernegara, dan APBD, perubahan APBD, dan pertanggungjawaban pelaksanaan APBD setiap tahun ditetapkan dengan peraturan daerah, serta APBD mempunyai: (1) fungsi otorisasi yang berarti anggaran daerah menjadi dasar untuk melaksanakan pendapatan dan belanja pada tahun yang bersangkutan; (2) fungsi perencanaan yang berarti anggaran daerah menjadi pedoman bagi manajemen dalam merencanakan kegiatan pada tahun yang bersangkutan; (3) fungsi pengawasan yang berarti anggaran daerah menjadi pedoman untuk menilai apakah kegiatan penyelenggaraan pemerintahan daerah sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan; (4) fungsi alokasi yang berarti anggaran daerah harus diarahkan untuk menciptakan lapangan kerja/mengurangi pengangguran dan pemborosan sumber daya, serta meningkatkan efisiensi dan efektivitas perekonomian; (5) fungsi distribusi yang berarti kebijakan anggaran daerah harus memperhatikan rasa keadilan dan kepatutan; (6) fungsi stabilisasi yang berarti anggaran pemerintah daerah menjadi alat untuk memelihara dan mengupayakan keseimbangan fundamental perekonomian daerah.

You might be interested:  Laporan Keuangan Yang Diminta Bank Dari Perusahaan Untuk Memberikan Informasi?

Apa itu akuntansi keuangan dan contohnya?

Pengertian Akuntansi Keuangan – Menurut wikipedia, akuntansi keuangan adalah cabang akuntansi yang berkaitan pencatatan, perangkuman dan pelaporan transaksi-transaksi yang dihasilkan dari kegiatan operasi suatu perusahaan selama periode waktu tertentu untuk disampaikan kepada pihak luar, seperti pemegang saham, kreditor, pemasok, serta pemerintah.

Tuliskan pengertian akuntansi yang anda ketahui dan menurut siapa?

5. Soemarsono S.R (2004) – Definisi akuntansi atau accounting menurutnya adalah suatu proses mengidentifikasikan, mengukur dan juga melaporkan informasi ekonomi untuk memungkinkan adanya penilaian serta keputusan yang jelas dan tegas bagi mereka yang menggunakan informasi tersebut.

Berapa gaji seorang akuntan?

7. Akuntan Pemerintah – Posisi pekerjaan selanjutnya yang juga cukup menjanjikan dari jurusan keuangan ini adalah profesi akuntan pemerintah. Pada umumnya, pekerjaan yang akan kamu emban ketika kamu menekuni profesi akuntan pemerintah ini adalah melakukan pekerjaan akuntansi terkait keuangan dan ekonomi di lembaga pemerintahan.

Namun, benefit penting yang akan kamu dapatkan tentu saja adalah status pekerjaan sebagai karyawan tetap, dan berbagai keuntungan lain selama menjadi pegawai negeri sipil. Selain itu, kisaran gaji posisi akuntan pemerintah ini adalah kisaran angka Rp6.000.000 sampai dengan Rp10.000.000 per bulan. Kisaran gaji tersebut tentunya belum termasuk bonus dan tunjangan dinas lainnya yang bakal kamu dapat sebagai seorang pegawai akuntan pemerintah.

Baca juga:

Apa itu akuntansi keuangan dan contohnya?

Pengertian akuntansi keuangan menurut ahli – Sejumlah ahli memiliki sejumlah pendapat terkait pengertian akuntansi keuangan. Berikut beberapa diantaranya: Kieso & Weygant (2000) Akuntansi keuangan adalah penyusunan laporan keuangan sebuah bisnis secara menyeluruh dan selanjutnya akan digunakan oleh pengguna laporan keuangan dari pihak internal serta eksternal perusahaan.

Sugiarto (2002) Menurut Sugiarto, akuntansi keuangan adalah bagian dari akuntansi yang fokus pada penyusunan laporan keuangan secara bertahap di sebuah perusahaan. Umumnya, laporan ini menjadi bentuk pertanggungjawaban perusahaan kepada para pemegang saham dan investor. Persamaan akuntansi yang diterapkan mengacu pada Standar Akuntansi Keuangan (SAK) yaitu Aset = Ekuitas + Liabilitas.

Martini (2012) Akuntansi keuangan adalah laporan keuangan yang diorientasikan untuk pihak eksternal perusahaan. Mengacu pada beragamnya tujuan dari setiap pihak eksternal membuat pihak manajemen perlu menggunakan prinsip dan asumsi-asumsi dalam pembuatan laporan keuangan.

Apa pentingnya mempelajari akuntansi keuangan?

Manfaat dengan adanya akuntansi dalam kehidupan sehari-hari adalah kita dapat mengetahui apa saja penerimaan dan pengeluaran dari uang kita serta dapat juga mengawasi, mengontrol, merencanakan keuangan kita. Dengan menerapkan kegiatan akuntansi ini setiap harinya maka akan sangat membantu mengendalikan keuangan kita.

Apa yang dimaksud dengan akuntansi keuangan dan lembaga?

Akuntansi dan Keuangan Lembaga A. DESKRIPSI PROGRAM KEAHLIAN AKUNTANSI DAN KEUANGAN LEMBAGA(AKL) Akuntansi dan Keuangan Lembaga (AKL) di SMKN 1 Turen merupakan salah satu program keahlian dalam kelompok bisnis dan manajemen yang bertujuan untuk mempelajari pencatatan dan penyusunan laporan keuangan secara manual maupun menggunakan sistem komputerisasi untuk diterapkan terhadap suatu perusahaan baik itu jasa, dagang, maupun manufaktur.B.

PERAN KERJA Siswa Kualifikasi Program Keahlian Akuntansi dan Keuangan Lembaga (AKL) memiliki peran kerja yakni memiliki kemampuan menyusun laporan keuangan dan kemampuan mengoperasikan aplikasi komputer akuntansi untuk penyusunan laporan keuangan untuk bekerja di usaha bisnis dan/atau manajemen serta memiliki kemampuan mengelola keuangan dan menganalisis data keuangan, untuk bekerja di usaha dan manajemen baik dengan sistem manual maupun otomatisasi.C.

KEMUNGKINAN JABATAN

You might be interested:  Laporan Keuangan Yang Berisi Aset Kewajiban Dan Modal Adalah?

Staff Akuntan Staff Administrasi Staff Pajak Bagian Admin Warehouse Staff Staff Finance

D. KOMPETENSI DAN MATERI YANG DIAJARKAN

Simulasi dan Komunikasi Digital Pada mata pelajaran ini siswa AKL diajarkan untuk menggunakan fitur untuk pembelajaran kolaboratif daring (kelas maya) serta memroduksi video dan/atau animasi dan/atau musik digital. Ekonomi Bisnis Mata pelajaran ekonomi bisnis mengajarkan siswa AKL untuk menerapkan ilmu ekonomi dan membuat rancangan usaha kecil/menengah sesuai potensi lingkungannya Administrasi Umum Pada mata pelajaran ini siswa AKL diajarakan untuk menerapkan penggunaan peralatan kantor dalam kegiatan administrasi, menerapkan komunikasi di tempat kerja serta menerapkan pencatatan keuangan sederhana. Etika Profesi Mata pelajaran ini mengajarkan siswa AKL untuk menerapkan etika profesi dalam bidang akuntansi dan keuangan, menganalisis kompetensi personal dalam bidang akuntansi dan keuangan serta menganalisis faktor resiko kecelakaan kerja dalam bidang akuntansi dan keuangan. Aplikasi Pengolah Angka/Spreadsheet Mata pelajaran ini mengajarkan siswa AKL untuk menerapkan paket program pengolah angka/spreadsheet, menerapkan format aplikasi program pengolah angka/spreadsheet untuk siklus akuntansi perusahaan jasa dandagang serta mengevaluasi kegiatan keuangan dengan aplikasi pengolah angka yang ditetapkan oleh perusahaan Akutansi Dasar Pada mata pelajaran ini siswa AKL diajarkan untuk memahami asumsi, prinsip-prinsip dan konsep dasar akutansi, memahami tahapan siklus akuntansi serta melakukan pencatatan buku jurnal, konsep debet dan kredit, saldo normal, sistematika pencatatan, dan bentuk jurnal, buku besa, membuat jurnal penyesuaian dan menyusun laporan keuangan. Perbankan Dasar Pada mata pelajaran ini siswa AKL diajarkan untuk menghitung simpanan dana giro, menghitung simpanan dan tabungan, menghitung simpanan dana deposito serta menyusun laporan kredit perbankan Praktikum Akuntansi Perusahaan Jasa, Dagang dan Manufaktur Pada mata pelajaran ini siswa AKL diajarkan untuk menerapkan siklus akuntansi mulai dari mengidentifikasi buktri transaksi, membuat jurnal umum dan khusus, menyusun buku besar, serta menghasilkan laporan keuangan yang dibutuhkan oleh perusahaan jasa, dagan-g, dan manufaktur. Praktikum Akuntansi Lembaga/Instansi Pemerintah Pada mata pelajaran ini siswa AKL diajarkan untuk melakukan pencatatan system akuntansi keuangan, dan struktur akuntansi keuangan desa/kelurahan, melakukan pencatatan Akuntansi penerimaan pembiayaan, dan akuntansi pengeluaran pembiayaan di desa/kelurahan serta menyusun laporan keuangan desa /kelurahan yang meliputi penyusunan neraca saldo, pencatatan jurnal Akuntansi Keuangan Mata pelajaran ini mengajarkan siswa AKL untuk melakukan pengelolaan dana kas perusahaan di bank dan melakukan pencatatan utang jangka pendek (pembelian barang dagang secara kredit, wesel, pembelian angsuran, utang pajak, utang gaji, dan pendapatan diterima dimuka) Komputer Akuntansi Mata pelajaran ini mengajarkan siswa AKL untuk menggunakan system komputerisasi akutansi untuk mengentri data, membuat jurnal, serta menyusun laporan keuangan. Administrasi Pajak Mata pelajaran ini mengajarkan siswa AKL untuk melakukan perhitungan pajak penghasilan (PPh) Pasal 21, melakukan pengisian surat setoran pajak (SSP) PPh pasal 21, melakukan perhitungan PPh Badan terutang serta melakukan pengisian surat setoran pajak (SSP) PPh badan Produk Kreatif dan Kewirausahaan Mata pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan bertujuan untuk membekali siswa ilmu mengenai pembentukan usaha mulai dari mendesign usaha, menghitug harga pokok produksi, system produksi, melakukan promosi online, dan menghasilkan laporan keuangan usaha

E. STRUKTUR DAN MUATAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN Bidang Keahlian : Bisnis Dan Manajemen Program Keahlian : Akuntansi dan Keuangan Kompetensi Keahlian : Akuntansi dan Keuangan Lembaga

MATA PELAJARAN Alokasi Waktu Normal Alokasi waktu Pandemi
A. Muatan Nasional
1. Pendidikan Agama dan Budi Pekerti 318 212
2. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan 212 106
3. Bahasa Indonesia 354 177
4. Matematika 424 212
5. Sejarah Indonesia 108 72
6. Bahasa Inggris dan Bahasa Asing Lainnya 352 234
B. Muatan Kewilayahan
1. Seni Budaya 108 72
2. Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan 144 144
3. Muatan lokal Bahasa Daerah/Jawa 180 90
4. Bimbingan Koseling 72 36
Jumlah A + B 2,272 1,355
C. Muatan Peminatan Kejuruan
C1. Dasar Bidang Keahlian
1. Simulasi dan Komunikasi Digital 108 54
2. Ekonomi Bisnis 72 36
3. Administrasi Umum 72 36
4. IPA 72 36
C2. Dasar Program Keahlian
1. Etika Profesi 72 36
2. Aplikasi Pengolah Angka/Spreadsheet 108 54
3. Akutansi Dasar 180 90
4. Perbankan Dasar 108 54
C3. Kompetensi Keahlian
1. Praktikum Akuntansi Perusahaan Jasa, Dagang dan 454 302
Manufaktur
2. Praktikum Akuntansi Lembaga/Instansi Pemerintah 280 140
3. Akuntansi Keuangan 420 210
4. Komputer Akuntansi 350 175
5. Administrasi Pajak 210 105
6. Produk Kreatif dan Kewirausahaan 350 175
Jumlah C (C1, C2, dan C3) 2,856 1,503
Total 5,128 2,858

F. STRATEGI PEMBELAJARAN JARAK JAUH (NEW NORMAL) PROGRAM KEAHLIAN AKUNTANSI KEUANGAN LEMBAGA ARTIKEL LAINNYA PPDB 20 Maret 2020 Jam 12:00