Apa Yang Anda Ketahui Tentang Laporan Keuangan?

Apa Yang Anda Ketahui Tentang Laporan Keuangan
Apa Itu Laporan Keuangan – Laporan keuangan merupakan catatan informasi keuangan suatu perusahaan, termasuk semua transaksi yang terjadi dalam bisnis pada suatu periode tertentu. Pencatatan ini digunakan untuk menggambarkan kinerja perusahaan. Sedangkan menurut Ikatan Akuntansi Indonesia (IAI) laporan keuangan diartikan sebagai bagian dari proses pelaporan keuangan yang terdiri dari jenis laporan keuangan neraca, laporan laba rugi, perubahan posisi keuangan hingga materi penjelasan lain yang menjadi bagian integral dari laporan keuangan.

Laporan neracaLaporan laba rugiLaporan perubahan ekuitasLaporan perubahan posisi keuanganCatatan dan laporan lain

Apa itu laporan keuangan?

1. Laporan Laba Rugi – Laporan laba rugi adalah laporan finansial perusahaan yang dibuat oleh bisnis untuk mengetahui pengeluaran dan pemasukan bisnis secara mendetail. Isi dari laporan ini ialah data-data pendapatan sekaligus beban yang ditanggung oleh perusahaan.

Biasanya laporan ini dibuat untuk menjelaskan kondisi keuangan perusahaan pada periode tertentu. Maka dari itu, sebagian besar laporan dikerjakan pada akhir tahun atau akhir bulan, sesuai ketentuan di perusahaan tersebut. Dengan adanya laporan laba rugi, para stakeholder bisa mengetahui kondisi finansial perusahaan yang terkini.

Sehingga laporan tersebut bisa dijadikan sebagai dasar evaluasi untuk langkah kebijakan selanjutnya. Artikel terkait : Pengertian Laporan Laba Rugi, Jenis, Fungsi, dan Contohnya Terdapat dua jenis laporan laba rugi yang biasa digunakan oleh bisnis pertama adalah single step dan kedua adalah multiple step.

Apa saja bentuk laporan keuangan yang dihasilkan oleh suatu perusahaan?

Unsur-Unsur Laporan Keuangan –

You might be interested:  Yang Dimaksud Dengan Tarif Pajak Proporsional Adalah?

Tujuan laporan keuangan perusahaan tercermin dari laporan keuangan yang terdiri dari beberapa unsur laporan keuangan. Seperti yang diungkapkan Hanafi (2007:12), menjelaskan bahwa ada tiga bentuk laporan keuangan yang pokok yang dihasilkan oleh suatu perusahaan yaitu Neraca, laporan rugi laba dan laporan aliran kas.

  1. Neraca
  2. Laporan Laba Rugi
  3. Laporan Perubahan Modal
  4. Laporan Arus Kas
  5. Catatan Atas Laporan Keuangan

Dari beberapa unsur-unsur laporan keuangan diatas, penulis hanya menggunakan laporan Neraca dan laporan laba rugi.

  • Mengapa analisis laporan keuangan penting?

    Kesimpulan – Analisis laporan keuangan saat ini dianggap sebagai hal penting dan utama dalam kegiatan bisnis; tanpa ini, menjalankan bisnis akan menjadi sia-sia. Oleh karena itu bagi setiap organisasi, melakukan analisis laporan keuangan tidak hanya diperlukan tetapi wajib dilakukan untuk pengembalikan keputusan bisnis yang lebih baik.

    Sayangnya masih banyak pemilik bisnis yang menganggap laporan keuangan itu tidak penting dan melakukan pembukuan sesuasi standar. Sehingga banyak bisnis yang harus gulung tikar karena tidak bisa mengatahui kesehatan keuangan bisnis mereka dengan optimal. Jika Anda tidak ingin hal ini terjadi pada bisnis Anda, mulai sekarang lakukanlah pencatatan setiap transaksi yang terjadi dalam bisnis, baik itu pengeluaran atau pemasukan untuk mendapatkan gambaran kesehatan keuangan yang lebih baik.

    MENGENAL LAPORAN KEUANGAN

    Untuk membuat proses pencatatan transaksi dan membuat laporan keuangan lebih efisien, Anda bisa menggunakan softaware akuntansi yang memiliki fitur sesuai dengan kebutuhan bisnis dan mudah digunakan, salah satunya adalah Kledo. Kledo adalah software akuntansi online terbaik buatan Indonesia yang dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan pemilik bisnis akan pembukuan yang mudah, praktis dan murah.

    Apakah bisnis harus mempunyai laporan keuangan?

    Tahukah Anda bahwa ada beberapa jenis laporan keuangan? Laporan keuangan merupakan salah satu laporan yang sangat penting untuk suatu usaha. Hal ini dikarenakan laporan keuangan mempunyai karakteristik yang mampu menunjukkan kondisi finansial suatu usaha dalam periode waktu tertentu.

    Semua bisnis wajib mempunyai laporan keuangan jika mau bisnis tersebut tetap eksis dan berkembang. Laporan keuangan perusahaan adalah sesuatu yang vital yang harus dimiliki perusahaan dalam menjalankan usahanya, Dari laporan keuangan dapat terlihat bagaimana kondisi keuangan perusahaan dalam satu periode.

    Perusahaan yang sehat bukan berarti perusahaan yang tidak memiliki hutang, tetapi bagaimana perusahaan mengelola hutang dan aset yang dimiliki untuk keberlangsungan bisnisnya. Tidak hanya bagi perusahaan yang sudah besar saja, laporan keuangan juga sangat penting untuk bisnis kecil dan menengah.