Bagaimana Prosedur Dan Langkah-Langkah Untuk Menyusun Laporan Keuangan Proforma?

Bagaimana Prosedur Dan Langkah-Langkah Untuk Menyusun Laporan Keuangan Proforma
Prosedur penyusunan laporan keuangan proforma meliputi beberapa langkah : 1) Memproyeksikan penjualan untuk sejumlah periode pada masa mendatang.2) Memproyeksikan biaya operasional (harga pokok penjualan, biaya penjualan, dan administrasi, biaya pajak diluar bunga) dan kemudian menurunkan proyeksi pendapatan operasional.

Langkah langkah untuk menyusun laporan keuangan proforma?

Laporan Proforma – Pengertian, Jenis, & Contohnya | Tokopedia Kamus Bagikan “Ikhtisar laporan keuangan yang menunjukkan harta dan utang, atau pendapatan dan pengeluaran yang mungkin diakui pada masa mendatang; laporan ini juga menunjukkan proyeksi pendapatan apabila perusahaan akan merger dengan perusahaan lain, atau penjualan sebagian dan operasinya; perusahaan sering diminta untuk menyampaikan laporan proforma ketika mengajukan aplikasi kredit (pro formo statement).” Otoritas Jasa Keuangan Laporan Proforma adalah sebuah laporan proyeksi keuangan secara formal untuk mencerminkan transaksi yang direncanakan dalam satu periode tertentu.

  • Laporan proforma merupakan salah satu komponen penting dari rencana karena dapat memperkirakan dan kondisi keuangan suatu perusahaan di masa yang akan datang.
  • Laporan proforma menjadi bagian yang integral untuk meyakinkan calon kreditur dan investor untuk memberikan bantuan dana yang dibutuhkan suatu perusahaan.

Laporan proforma juga membantu pemilik perusahaan untuk merencanakan cara meningkatkan kekuatan keuangan dan pertumbuhan perusahaan yang sehat karena laporan ini dapat memperkirakan kondisi keuangan perusahaan sampai periode tertentu. Berikut adalah cara menyusun sebuah laporan proforma:

Hitung proyeksi pendapatan perusahaan Anda dengan menggunakan asumsi pasar yang realistis. Lakukan riset dan diskusi dengan ahli dan akuntan untuk menentukan arus pendapatan normal per tahun, arus kas, dan asumsi akumulasi aset. Perkirakan total liabilitas dan biaya Anda. Perhatikan setiap pengeluaran yang ada dan pastikan estimasi yang dibuat tetap realistis. Perkirakan arus kas perusahaan. Poin ini menyangkut seputar di masa yang akan datang, penjualan aset,, penerbitan, dan sebagainya.

: Laporan Proforma – Pengertian, Jenis, & Contohnya | Tokopedia Kamus

Apakah tujuan dari penyusunan laporan keuangan proforma?

Bicara tentang keuangan dan bisnis pastilah tak lepas dari laporan keuangan yang menginformasikan ‘kesehatan dan kekuatan’ suatu perusahaan secara finansial. Di samping itu, laporan keuangan yang menampilkan data tentang aset, utang, pendapatan, dan pengeluaran sekaligus juga mencerminkan kinerja keuangan yang menunjukkan kemampuan perusahaan dalam mengelola bisnisnya dan menghasilkan keuntungan. Definisi pro forma Istilah pro forma berasal dari bahasa Latin yang artinya “demi bentuk” atau “sebagai bentuk”. Istilah ini digunakan dalam berbagai bidang seperti akuntansi, bisnis, investasi, hukum, teknik, bahkan pemerintahan. Namun bahasan pro forma di sini lebih ditekankan pada definisi yang berhubungan dengan bidang keuangan.

  1. Dalam dunia investasi, pro forma merupakan metode yang digunakan perusahaan untuk menghitung hasil keuangan dengan proyeksi atau asumsi tertentu yang memenuhi persyaratan minimum sebagai formalitas.
  2. Istilah pro forma dalam akuntansi didefinisikan sebagai laporan aktivitas keuangan perusahaan yang bersifat sementara, kecuali transaksi yang tidak biasa dan tidak berulang.
You might be interested:  Jelaskan Produk Pasar Modal Yang Diperjualbelikan Di Bei?

Transaksi atau aktivitas keuangan yang dikecualikan dari hasil pro forma mencakup biaya restrukturisasi, penurunan nilai investasi, dan biaya akuntansi lain seperti penyesuaian neraca saat ini guna memperbaiki praktik akuntansi yang salah di tahun-tahun sebelumnya.

Sementara dalam bisnis, pro forma merupakan laporan keuangan yang disusun dan dipersiapkan secara khusus untuk kepentingan tertentu seperti akuisisi, merger, perubahan struktur modal, atau investasi modal baru. Pro forma dalam bisnis digunakan untuk meramalkan atau memproyeksikan hasil yang diharapkan dari transaksi dengan menekankan pada perkiraan pendapatan bersih, arus kas, dan pajak.

Secara sederhana dapat dipahami bahwa laporan pro forma menunjukkan status proyeksi aktivitas keuangan perusahaan berdasarkan laporan keuangan saat ini. Tujuan dan manfaat pro forma Apa pentingnya laporan keuangan pro forma? Sebagai hasil proyeksi dari aktivitas keuangan, laporan keuangan pro forma memang tidak menampilkan data riil berdasarkan transaksi faktual. Meski demikian, laporan keuangan pro forma disusun berdasarkan laporan keuangan riil perusahaan saat ini.

  • Untuk memperkirakan prospek bisnis perusahaan di masa mendatang berdasarkan data keuangan yang ditampilkan dalam laporan keuangan saat ini.
  • Menganalisis kondisi keuangan perusahaan di masa lalu dan sekarang.
  • Memproyeksikan kondisi keuangan perusahaan saat ini dan posisi keuangan perusahaan di masa yang akan datang.
  • Meminimalisir risiko yang mungkin muncul atas strategi keuangan yang direncanakan perusahaan.

Dari tujuan tersebut, laporan keuangan pro forma penting tak hanya bagi manajemen perusahaan, tetapi juga para pemegang saham, investor, dan juga kreditur. Laporan keuangan pro forma digunakan sebagai dasar untuk membandingkan dan menganalisis informasi yang dibutuhkan perusahaan terkait dengan upaya mengembangkan dan memajukan bisnisnya.

Seiring dengan tujuannya, penyusunan laporan keuangan pro forma memberikan manfaat bagi manajemen perusahaan dan juga investor. Laporan keuangan pro forma digunakan sebagai tolok ukur atau anggaran penting untuk mengoperasikan bisnis sepanjang tahun. Dari laporan keuangan pro forma, manajemen bisa memperkirakan besar biaya yang dikeluarkan, penjualan yang diharapkan, termasuk tingkat laba yang diinginkan di periode-periode mendatang.

You might be interested:  Berikut Hal-Hal Yang Menyebabkan Perubahan Modal Kecuali?

Secara keseluruhan, laporan keuangan pro forma mampu memberikan informasi yang dibutuhkan untuk membuat pilihan yang tepat bagi pengembangan bisnis perusahaan. Tak hanya bagi manajemen perusahaan, laporan keuangan pro forma juga bermanfaat bagi para pemegang saham dan investor. Prosedur penyusunan laporan keuangan pro forma Penyusunan laporan keuangan pro forma dilakukan untuk melihat sensitivitasnya terhadap perubahan asumsi dan perubahan penilaian terhadap laporan keuangan pro forma tersebut. Terdapat dua metode yang sering digunakan untuk menyusun laporan keuangan pro forma, yakni dengan software khusus yang telah menyediakan template dan manual.

  • Penggunaan software lembar kerja seperti Microsoft Excel dapat membantu mempermudah penyusunan laporan keuangan pro forma.
  • Sebab, software tersebut menyediakan lembar kerja yang secara otomatis akan mengisi dan menghitung entri yang benar berdasarkan data yang diinput.
  • Apapun metode yang digunakan, pada prinsipnya penyusunan laporan keuangan pro forma memiliki prosedur yang sama.

Berikut prosedur penyusunannya.

  1. Memperkirakan proyeksi pendapatan bisnis dengan menggunakan asumsi pasar yang realistis, bukan hanya angka yang hanya menciptakan fantasi optimisme baik bagi para pemegang saham, investor, bahkan pihak manajemen perusahaan sendiri. Untuk menentukan asumsi pasar yang realistis, lakukan riset dan konsultasi dengan para ahli dan akuntan, agar bisa menentukan normal tidaknya alitasn pendapatan tahunan, asumsi arus kas, dan akumulasi aset.
  2. Memperkirakan total kewajiban dan biaya, di mana liabilitas mencakup pinjaman dan kredit. Sementara untuk perkiraan biaya mencakup barang-barang seperti sewa, utilitas atau peralatan, gaji karyawan, asuransi, lisensi, perizinan, bahan baku, pajak, dan lain sebagainya. Pastikan penentuan perkiraan setiap pengeluaran dilakukan secara realistis.
  3. Memperkirakan arus kas yang memproyeksikan penghasilan bersih di masa mendatang, penjuatan aset, dividen, penerbitan saham, dan lainnya. Perkiraan arus kas ini didasarkan pada laporan aliran kas yang diproyeksikan dari laporan laba rugi dan neraca.
You might be interested:  Pemungutan Pajak Yang Memberikan Wewenang Kepada Pihak Ketiga?

Artikel Terkait

  • Apa itu SBR007?
  • Apa itu Price Discrimination (Diskriminasi Harga)
  • Apa Perbedaan NPF (Non Performing Financing) vs NPL (Non Performing Loan)
  • Definisi Sensitivity Analysis

Demikianlah artikel tentang apa itu pro forma dan definisi pro forma, semoga bermanfaat bagi Anda semua.

Apakah yang dimaksud dengan laporan keuangan pro forma?

Laporan pro forma merupakan proyeksi laporan keuangan yang terdiri dari neraca dan laporan laba rugi suatu perusahaan (Sundjaja dan Barlian, 2003:171). Pro forma ini digunakan untuk menjadi dasar untuk membandingkan dan menganalisa informasi yang diperlukan oleh manajemen.

Jelaskan apa yang dimaksud dengan proyeksi laporan keuangan dan apa manfaatnya?

Proyeksi Laporan keuangan merupakan bentuk dari perencanaan keuangan. Proyeksi akan memudahkan perusahaan melihat apa yang terjadi beberapa tahun yang akan datang. Skenario sering juga disebut juga analisis sensitivitas.

Bagaimana laporan keuangan akuntansi dapat digunakan dalam proses pengambilan keputusan?

Hallo Ismail! Akuntansi adalah proses mencatat, mengikhtisarkan dan melaporkan transaksi perusahaan yang dapat digunakan untuk pengambilan keputusan perusahaan. Contoh laporan akuntansi dapat digunakan untuk pengambilan keputusan dapat dilihat pada keputusan manajer perusahaan.

  • Misalnya seorang manajer melihat laba perusahaan dari laporan keuangan (akuntansi).
  • Manajer tersebut melihat laba semakin mengalami penurunan dari bulan ke bulan.
  • Setelah dianalisis, laba yang semakin turun ini terjadi karena beban operasional yang semakin membengkak, sementara penjualan cenderung stagnan.

Maka dengan ini, manajer tersebut pun mengambil keputusan untuk menekan biaya operasional perusahaan dan meningkatkan penjualan barang. Jenjang: 12 SMA Topik: Akuntansi sebagai sistem informasi Semoga membantu ya –

Jelaskan langkah-langkah atau prosedur penyusunan kertas kerja secara berurutan?

Hallo Daiva, jawaban yang tepat atas pertanyaan diatas adalah (3), (2), (4), dan (1). Kertas kerja atau sering disebut neraca lajur adalah suatu kertas yang berkolom-kolom atau berlajur-lajur yang direncanakan secara khusus untuk menghimpun semua data-data akuntansi yang dibutuhkan pada saat perusahaan akan menyusun laporan keuangan dengan cara sistematis.

  1. Pada soal diatas, langkah-langkah penyusunan kertas kerja yaitu: 1.
  2. Mencatat NS di kolom kertas kerja. (3) 2.
  3. Membuat ayat jumal penyesuaian. (2) 3.
  4. Menghitung saldo dari neraca saldo digabung dengan jurnal penyesuaiannya. (4) 4.
  5. Memindahkan saldo NS disesuaikan ke R/L atau neraca.
  6. 1) Dengan demikian, langkah penyusunan neraca saldo adalah (3), (2), (4), dan (1).

Semoga bisa dipahami ya Daiva.