Barang Modal Yang Dapat Dipakai Berulang Kali Disebut Modal?

Barang Modal Yang Dapat Dipakai Berulang Kali Disebut Modal
Jenis-jenis modal – Dalam buku Dasar-Dasar Kewirausahaan (2019) karya Choms Gary Ganda dan kawan-kawan, dijelaskan beberapa jenis modal, yaitu:

Berdasarkan sumber modal

Berdasarkan sumbernya, modal dibedakan menjadi dua jenis, yaitu:

Modal internal

Sumber modal internal adalah modal yang diperoleh dari internal suatu perusahaan, biasanya diperoleh dari hasil penjualan. Modal jenis ini sulit digunakan untuk mengembangkan produksi karena sifatnya yang terbatas dan sulit mengalami peningkatan signifikan. Baca juga: Sistem Ekonomi: Definisi dan Jenisnya

Modal eksternal

Sumber modal eksternal adalah modal yang diperoleh dari luar perusahaan. Modal eksternal biasanya digunakan untuk mengembangkan produksi karena sifatnya tidak terbatas. Modal eksternal biasanya berasal dari pinjaman bank, koperasi, atau sumber modal lainnya. Modal eksternal juga bisa diperoleh dari investor yang menanamkan modalnya pada suatu perusahaan.

Berdasarkan fungsi

Berdasarkan fungsinya, modal dibedakan menjadi dua jenis, yaitu:

Modal perseorangan

Modal perseorangan merupakan modal yang berasal dari seseorang yang berfungsi untuk memudahkan berbagai aktivitas dan memberikan laba kepada pemiliknya. Contohnya deposito, saham, obligasi, dan lain-lain.

Modal sosial

Modal sosial merupakan modal yang dimiliki oleh masyarakat di mana modal tersebut memberikan keuntungan bagi masyarakat secara umum dalam melakukan kegiatan produksi. Contohnya jalan raya, pasar, pelabuhan, dan lain-lain. Baca juga: Pembagian Ilmu Ekonomi dan Cabang-Cabang Ilmu Ekonomi

Berdasarkan wujud

Berdasarkan wujudnya, modal dibedakan menjadi dua jenis, yaitu:

  1. Modal konkret merupakan modal yang dapat dilihat secara kasat mata atau berwujud. Contoh modal konkret adalah bahan baku, mesin, tanah, dan lain-lain.
  2. Modal abstrak merupakan modal yang tidak bisa dilihat secara kasat mata atau tidak berwujud. Contoh modal abstrak adalah skill tenaga kerja, keterampilan, dan lain-lain.
You might be interested:  Produk Apa Saja Yang Termasuk Bagian Dari Pasar Modal?

Berdasarkan sifatnya

Berdasarkan sifatnya, modal dibedakan menjadi dua jenis, yaitu:

  1. Modal tetap adalah modal yang bisa dipergunakan berkali-kali dalam proses produksi.
  2. Modal lancar adalah modal yang habis sekali pakai dalam proses produksi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Apa yang dimaksud dengan barang modal?

Contoh barang modal – Pada bagian ini kita akan memberikan contoh-contoh barang modal sesuai dengan jenis yang telah dipaparkan diatas. Barang barang modal sebagaimana dijelaskan diatas memiliki 3 jenis yaitu fisik, non fisik dan infrastruktur. Contoh barang modal fisik

Barang modal fisik dapat berupa bangunan perumahan, contohnya rumah yang ditinggali.Barang modal fisik dapat juga berupa bangunan bukan perumahan. Contoh modal fisik jenis ini seperti gedung kantor, pembangkit listrik, pabrik, dan pusat perbelanjaan.Contoh barang modal fisik berupa perlengkapan tahan lama seperti mesin, truk, mobilContoh barang modal untuk inventori barang input dan output adalah perlengkapan pengatur suhu, mesin pembotolan, dan tong penyimpanan.

Contoh barang modal non fisik Barang modal yang berbentuk intangible (non fisik) tidak dapat digambarkn dalam bentuk barang fisik. Contoh barang modal berbentuk non fisik ini yaitu berupa modal manusia. Dalam beberapa literature seperti pada ekonomi publik didapati bahwa modal manusia merujuk pada pendidikan dan kesehatan.

Etika aktivitas atau kegiatan yang mendorong perbaikan pada pendidikan dan kesehatan berarti meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Contoh aktivitas yang mendorong perbaikan modal manusia diantaranya perusahaan mengadakan training peningkatan keterampilan bagi tenaga kerja. Dengan program pendidikan yang meningkatkan keterampilan ini akan mendorong peningkatan produktivitas tenaga kerja.

You might be interested:  Perusahaan Yang Menjadi Sasaran Modal Ventura Adalah?

Kualitas modal manusia yang lebih baik ini akan mendorong tingkat produksi yang dihasilkan perusahaan. Contoh barang modal sosial (infrastruktur) Barang modal sosial atau infrastruktur ini berupa barang yang diperuntukkan bagi akses publik. Meskipun demikian, keberadaan barang yang aksesnya diperuntukkan bagi publik ini juga mempunyai manfaat bagi perusahaan.

  • Contoh barang modal sosial ini seperti jalan raya, jembatan, system transportasi massal, system pengairan, system keamanan (kepolisian) dan system pemadam kebakaran.
  • Catatan: Perlu diingat bahwa modal memiliki berbagai macam bentuk sehingga sulit untuk dihitung secara fisik.
  • Pada tenaga kerja dihitung berdasarkan jam dan tanah dihitung berdasarkan luas tanah.

Namun pada barang modal perhitungannya pada umumnya menggunakan nilai pasar sekarang dari asset yang dimiliki. Dengan demikian, perhitungan nilai modal berdasarkan nilai uang atas modal yang dimiliki. Namun perlu diingat baik-baik bahwa dalam literature ekonomi atau ketika membahas modal dalam ekonomi, pada umumnya yang dimaksud adalah modal actual yang dalam bentuk fisiknya bukan pada nilai uangnya.

Apa itu industri barang modal?

Industri barang modal – Industri barang modal merujuk pada sekumpulan perusahaan di mana sebagian besar pendapatan mereka berasal dari membuat atau mendistribusikan peralatan industri dan barang untuk keperluan produktif. Misalnya, mereka memproduksi peralatan berat dan ringan, mesin, komponen industri, dan peralatan konstruksi.

Kabel, kawat listrik, komponen atau peralatan listrik, turbin listrik, dan mesin listrik berat.Truk berat, mesin rolling, peralatan konstruksi, peralatan pemindahan tanah, dan mesin pertanian seperti traktor dan mesin penanaman dan pemupukan.Mesin dan komponen industri seperti mesin press, peralatan mesin, kompresor, elevator, dan eskalator.Produk dirgantara dan militer sipil seperti pesawat terbang.

Apa saja jenis modal?

Jenis-jenis modal – Dalam buku Dasar-Dasar Kewirausahaan (2019) karya Choms Gary Ganda dan kawan-kawan, dijelaskan beberapa jenis modal, yaitu:

You might be interested:  Dampak Yang Ditimbulkan Dari Membayar Pajak Adalah?

Berdasarkan sumber modal

Berdasarkan sumbernya, modal dibedakan menjadi dua jenis, yaitu:

Modal internal

Sumber modal internal adalah modal yang diperoleh dari internal suatu perusahaan, biasanya diperoleh dari hasil penjualan. Modal jenis ini sulit digunakan untuk mengembangkan produksi karena sifatnya yang terbatas dan sulit mengalami peningkatan signifikan. Baca juga: Sistem Ekonomi: Definisi dan Jenisnya

Apa itu pengeluaran barang modal?

Sebuah indikator untuk arah perekonomian – Pengeluaran untuk barang modal adalah salah satu indikator untuk melihat arah pertumbuhan ekonomi di masa depan. Investasi barang modal adalah mahal dan memerlukan lebih banyak pertimbangan, seperti terhadap tingkat pemanfaatan kapasitas saat ini, biaya dana dan prospek permintaan.

Jadi, ketika investasi modal meningkat, itu menandai prospek perekonomian yang positif di masa depan. Produsen percaya diri tentang pertumbuhan dan permintaan produk mereka, membuat mereka berani untuk meningkatkan belanja modal. Itu kemungkinan besar menunjukkan kemakmuran ekonomi ( ekspansi ) terus berlanjut.

Sebaliknya, jika kondisi permintaan buruk, seperti resesi, mereka biasanya akan menunda pembelian. Mereka pesimis dengan pertumbuhan dan permintaan mereka di masa depan.