Cara Menganalisis Laporan Keuangan Yang Tepat?

Cara Menganalisis Laporan Keuangan Yang Tepat
Cara Menganalisis Laporan Keuangan

  1. Memahami Latar Belakang Perusahaan.
  2. Memperhatikan Faktor-Faktor yang Berpengaruh.
  3. Mereview Laporan Keuangan.
  4. Melakukan Analisis Rasio Laporan Keuangan.
  5. Membuat Kesimpulan.

Analisis apa saja yang digunakan dalam menganalisis laporan keuangan?

Jenis Analisis Laporan Keuangan – Ada dua jenis analisis laporan keuangan yang umum digunakan, yaitu analisis horizonal dan vertikal dan analisis rasio. Penggunaan analisis ini bergantung pada informasi apa yang akan dicari. Berikut penjabaran lebih lengkap perihal keduanya.

  • Analisis Horizontal dan Vertikal Analisis horizontal, juga dikenal sebagai analisis tren, dilakukan dengan cara membandingkan laporan keuangan saat ini dengan tahun-tahun sebelumnya.
  • Analisis ini kerap dinyatakan dalam bentuk persentase dan tergolong dinamis karena bergerak dari tahun ke tahun.
  • Contoh analisis horizontal adalah seperti ini: Didapatkan informasi laba perusahaan pada dua tahun terakhir, yaitu 200 juta (2018) dan 100 juta (2017).

Jadi ada peningkatan laba sebesar 100% yang tentu merupakan sebuah keberhasilan luar biasa. Namun ternyata keadaan ini juga diimbangi oleh peningkatan beban utang jangka panjang sebesar 250 juta. Dari sini, mitigasi risiko bisnis bisa dipetakan lebih jauh.

  • Sedangkan analisis vertikal dilakukan dengan cara membandingkan hubungan antara pos satu dengan yang lainnya dalam laporan keuangan tunggal.
  • Analisis ini bersifat statis atau tetap karena hanya menggunakan laporan keuangan di satu periode.
  • Analisis vertikal dilakukan dengan membandingkan nilai aset lancar, aset tetap, dan aset tidak berwujud dalam hubungannya dengan aset total secara keseluruhan.

Analisis Rasio Analisis rasio digunakan untuk mengetahui hubungan dari setiap akun tertentu yang terdapat di dalam laporan keuangan. Untuk melakukannya, perlu perbandingan nilai antara dua kuantitas. Tidak seperti analisis horizontal dan vertikal yang lebih naratif, dunia bisnis mengenal 15 macam analisis rasio.

  1. Dari 15 macam analisis tersebut, ada empat analisis rasio yang paling sering digunakan.
  2. Pertama, rasio profitabilitas.
  3. Analisis ini digunakan untuk mengetahui apakah perusahaan mencetak keuntungan.
  4. Edua, rasio likuiditas.
  5. Analisis ini digunakan untuk mengetahui apakah perusahaan bisa melunasi utang jangka pendek dengan memakai aset lancar.
You might be interested:  Apa Yang Anda Ketahui Tentang Modal Sosial?

Ketiga, rasio efisiensi. Analisis ini digunakan untuk mengetahui seberapa efektif perusahaan memanfaatkan aset untuk menghasilkan pendapatan. Terahir rasio solvabilitas. Analisis ini digunakan untuk mengetahui apakah perusahaan bisa melunasi semua utangnya.

Langkah pertama menganalisis laporan keuangan?

Identifikasi Kondisi Ekonomi dalam Industri – Mengidentifikasi kondisi ekonomi adalah langkah pertama dalam analisis keuangan perusahaan. Adapun kondisi ekonomi ini akan berpengaruh kepada laporan keuangan dan berhubungan dengan aktivitas perusahaan seperti produksi dan distribusi barang atau jasa.

Teknik teknik apa saja yang bisa digunakan untuk menganalisis laporan keuangan perusahaan?

4 Macam Analisis Laporan Keuangan Perusahaan Diperbarui 05 Jun 2022 – Dibaca 3 mnt Laporan keuangan merupakan hal krusial yang wajib dimiliki dan dibuat oleh berbagai macam bisnis. Fungsi dari laporan keuangan ini tidak lain tidak bukan adalah untuk mengetahui cash flow serta keuntungan dan kerugian dalam perusahaan.

  • Setelah dibuat, laporan keuangan tidak semata-mata dilihat dan dibiarkan begitu saja, melainkan dianalisa untuk mengetahui berbagai hal yang berhubungan dengan kesehatan finansial perusahaan.
  • Terdapat beberapa teknik analisis laporan keuangan yang bisa digunakan untuk berbagai jenis laporan keuangan.

Beberapa teknik ini meliputi analisis common size, analisis tren, analisis persentase perubahan, dan analisis industri. Apa saja perbedaan dan fungsi dari keempat analisis laporan keuangan tersebut? Baca Juga:

4 Apa yang dimaksud dengan analisis laporan keuangan?

Menurut Harjito dan Martono (2011:51), Analisis laporan keuangan merupakan analisis mengenai kondisi keuangan suatu perusahaan yang melibatkan neraca dan laba rugi.

Mengapa seorang analisis dalam melakukan analisa laporan keuangan harus menggunakan angka pembanding dalam rasio keuangan?

Mengapa perlu membandingkan suatu rasio keuangan dengan standard tertentu seperti standard industri? Karena angka – angka yang berdiri sendiri sulit dikatakan baik tidaknya. Untuk itu diperlukan pembanding yang bisa dipakai untuk melihat baik tidaknya angka yang dicapai oleh perusahaan.

Mengapa perlu melakukan analisis terhadap laporan keuangan yang dimiliki sebuah perusahaan?

Mengapa Analisis Keuangan Sangat Penting Suatu proses penelitian laporan keuangan beserta unsurnya yang bertujuan untuk mengevaluasi dan memprediksi kondisi keuangan perusahaan serta juga mengevaluasi hasil yang telah dicapai perusahaan pada masa lalu dan sekarang disebut sebagai analisis keuangan,

  1. Selain itu, juga dapat disebut dengan suatu hubungan antara satu angka dalam laporan keuangan dengan angka yang lain yang mempunyai makna untuk menjelaskan arah perubahan pada suatu fenomena.
  2. Angka-angka di dalam laporan keuangan akan mempunyai sedikit arti apabila dilihat secara sendiri-sendiri, tetapi dengan analisis keuangan maka akan lebih mudah dalam menginterprestasikannya.
You might be interested:  Tahapan Pencatatan Keuangan Yang Benar Adalah?

Berikut ini ada beberapa peranan analisis laporan keuangan, antara lain : Manfaat analisis keuangan Analisis keuangan sangat berarti agar proses cash flow perusahaan dapat berjalan dengan lancar. Berikut ini berbagai manfaat dari adanya analisis keuangan bagi sebuah perusahaan.

Untuk mengetahui hubungan di antara suatu perusahaan dengan perusahaan yang lain, baik pada satu laporan keuangan ataupun antar laporan keuangan. Sehingga jika terjadi kelemahan di dalam satu atau beberapa perusahaan pada laporan keuangan, maka akan diambil suatu tindakan untuk memperbaikinya. Untuk mengetahui posisi keuangan perusahaan pada suatu periode tertentu. Seperti harta, kewajiban dan modal atau hasil usaha yang telah dicapai dalam beberapa periode. Untuk mengetahui beberapa kelemahan yang dapat menjadi kekurangan suatu perusahaan. Untuk mengetahui beberapa kekuatan yang dimiliki suatu perusahaan. Untuk mengetahui langkah perbaikan yang perlu untuk dilakukan, yang berkaitan dengan posisis keuangan di perusahaan pada saat ini. Dapat memberikan suatu informasi yang lebih luas dan lebih dalam dari pada informasi yang terdapat pada laporan keuangan biasanya. Dapat menggali beberapa informasi yang tidak tampak secara kasat mata dari suatu laporan keuangan atau yang berada dibalik laporan keuangan tersebut. Dapat mengetahui beberapa kesalahan yang terdapat dalam laporan keuangan serta dapat membongkar hal yang mempunyai sifat konsisten dalam hubungannya dengan suatu laporan keuangan ataupum kaitannya dengan informasi yang dapat diperoleh dari luar perusahaan. Dapat menentukan sebuah peringkat perusahaan menurut kriteria tertentu yang sudah dikenal di dalam dunia bisnis. Dapat membandingkan situasi perusahaan satu dengan perusahaan yang lain pada periode sebelumnya atau dengan standart industri normal maupun standart yang ideal. Dapat memahami situasi dan juga kondisi keuangan, hasil usaha serta struktur keuangan pada suatu perusahaan. Dapat untuk memprediksi potensi yang mungkin akan dilakukan perusahaan di masa yang akan datang. Dapat memberikan suatu informasi yang diinginkan oleh para pengambil keputusan. Untuk melakukan penilaian suatu kinerja manajemen pada masa datang, apakah perlu dilakukan penyegaran atau tidak. Dapat digunakan sebagai pembanding perusahaan satu dengan perusahaan yang sejenis tentang hasil yang telah mereka capai.

You might be interested:  Komponen Yang Menyusun Laporan Perubahan Modal Adalah?

Tujuan analisis keuangan Pada dasarnya setiap kegiatan manajemen memiliki tujuan untuk mendapatkan sesuatu. Begitu pula dengan analisis keuangan, berikut ini berbagai tujuan dari analisis keuangan yang harus dilakukan oleh perusahaan Anda.

Screening – Analisis dilakukan dengan cara melihat analisis keuangan dengan tujuan untuk memilih suatu kemungkinan investasi atau merger Forcasting – Analisis dipakai untuk meramalkan suatu kondisi keuangan perusahaan dimasa yang akan datang. Diagnosis – Analisis bertujuan untuk melihat kemungkinan adanya beberapa masalah yang terjadi baik di dalam manajemen operasi, keuangan maupun masalah yang lain. Evaluation – Analisis dilakukan untuk menilai suatu prestasi manajemen, operasional dan juga efisiensi. Sehingga dapat mengevaluasi hasil kinerja pada perusahaan tersebut. Understanding – Dengan melakukan suatu analisis keuangan, informasi mentah yang dibaca pada laporan keuangan akan menjadi lebih luas dan juga lebih dalam. Sehingga dapat lebih dimengerti.

Itulah beberapa peran analisis keuangan dalam suatu perusahaan. Untuk menjadi perusahaan yang berkembang, seorang pemimpin harus dapat mengatur laporan keuangannya dengan baik. Supaya tidak terjadi hal-hal yang dapat merugikan perusahaannya. Selain itu, untuk menghindari penyimpangan di dalam keuangan perusahaan maka perlu dilakukan analisis pada laporan keuangan tersebut.

  1. Hal itu dilakukan untuk memperbaiki penyimpangan keuangan yang telah terjadi, sehingga perusahaan yang mereka pimpin dapat berjalan dengan baik dan berkembang pesat.
  2. Demikian artikel tentang analisis laporan keuangan, semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk para pemimpin dan calon pemimpin dalam mengatur keuangan perusahaan mereka.

Salam Pencerahan! Sumber : https://www.tommcifle.com/mengapa-analisis-keuangan-sangat-penting/ : Mengapa Analisis Keuangan Sangat Penting