Informasi Yang Disajikan Dalam Laporan Keuangan Harus Dapat Diuji?

Informasi Yang Disajikan Dalam Laporan Keuangan Harus Dapat Diuji
4. Dapat Dipahami – Informasi yang disajikan dalam laporan keuangan dapat dipahami oleh pengguna dan dinyatakan dalam bentuk serta istilah yang disesuaikan dengan batas pemahaman para pengguna. Untuk itu, pengguna diasumsikan memiliki pengetahuan yang memadai atas kegiatan dan lingkungan operasi entitas pelaporan, serta adanya kemauan pengguna untuk mempelajari informasi yang dimaksud.

Mengapa informasi yang disajikan dalam laporan keuangan disebut andal?

Andal – Saat informasi yang disajikan dalam laporan keuangan disebut andal apabila informasi tersebut memenuhi syarat yaitu harus bebas dan tak terikat dengan pengertian yang menyesatkan dan kesalahan material, menyajikan semua fakta yang ada secara jelas dan jujur, serta informasi yang disajikan telah terverifikasi.

Walaupun informasi yang disajikan telah relevan, namun apabila dalam penyajiannya tidak dapat diandalkan maka pemanfaat informasi tersebut secara potensial dapat dikatakan menyesatkan atau salah. Berikut ini merupakan syarat-syarat informasi dikatakan andal, antara lain: 1. Disajikan Secara Jujur Umumnya setiap informasi laporan keuangan yang disajikan akan menggambarkan kejujuran dalam bertransaksi dan kejadian lainnya.2.

Dapat Diverifikasi (verifiability) Informasi laporan keuangan yang disajikan akan dapat diuji, dan jika pihak berbeda ingin melakukan pengujian juga maka hasilnya akan tetap menunjukkan kesimpulan yang tidak beda jauh atau hampir sama.3. Netralitas Informasi laporan keuangan akan mengarah pada kebutuhan umum dan tidak berpihak kepada pihak tertentu.

Apakah laporan keuangan dapat diuji?

Dapat Dipahami – Informasi yang disajikan dalam laporan keuangan dapat dipahami oleh pengguna dan dinyatakan dalam bentuk serta istilah yang disesuaikan dengan batas pemahaman para pengguna. Untuk itu, pengguna diasumsikan memiliki pengetahuan yang memadai atas kegiatan dan lingkungan operasi entitas pelaporan, serta adanya kemauan pengguna untuk mempelajari informasi yang dimaksud.

You might be interested:  Apa Yang Kamu Ketahui Dengan Pajak?

Apakah kebenaran laporan keuangan yang disusun hanya berdasarkan pada penyusun saja?

D: Informasi Laporan Memenuhi Prinsip Netral – Informasi harus diarahkan pada kebutuhan umum pemakai dan tidak bergantung pada kebutuhan dan keinginan pihak-pihak tertentu. Tidak boleh ada usaha untuk menyajikan informasi yang menguntungkan beberapa pihak. Sementara hal tersebut akan merugikan pihak-pihak lain yang mempunyai kepentingan yang berlawanan.

Apakah laporan keuangan harus memiliki keandalan?

2. Syarat Khusus (Kualitatif) – Syarat khusus atau syarat kualitatif laporan keuangan merupakan syarat-syarat yang terdiri dari beberapa poin yang harus disajikan secara terperinci. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, syarat ini meliputi dapat dipahami, relevan, keandalan, dan dapat dibandingkan.a.

  • Dapat Dipahami Syarat kualitatif laporan keuangan adalah dapat dipahami atau Understandability.
  • Laporan keuangan yang disusun harus jelas dan mudah dipahami oleh setiap pihak.
  • Maka dari itu, dalam penyusunannya harus sesuai dengan siklus akuntansi yang jelas supaya pihak yang membutuhkan informasi keuangan dari laporan tersebut bisa memahami isinya dengan jelas.b.

Relevan Syarat kualitatif laporan keuangan selanjutnya adalah relevan dengan tujuan perusahaan. Relevan yang dimaksud yaitu laporan keuangan harus bisa menggambarkan beberapa informasi penting yang sesuai dengan fakta kegiatan perusahaan. Informasi juga harus akurat tentang kondisi perusahaan secara menyeluruh untuk semua aktivitas yang berhubungan dengan kegiatan memperoleh laba.c.

Memiliki Keandalan Laporan keuangan yang disusun harus memiliki keandalan, yaitu sesuai komponen laporan keuangan dengan ukuran dan daya uji kebenaran. Supaya bisa memiliki keandalan, maka diperlukan dasar penetapan aturan tertentu untuk mengukur kebenaran laporan keuangan. Selanjutnya, kendala hanya mungkin jika laporan keuangan disusun bersifat netral atau tidak memihak.

Keandalan juga bisa diukur dengan ketepatan waktu dalam menyajikannya, karena akan dijadikan sebagai dasar pengambilan keputusan bagi perusahaan. Baca Juga : Penjelasan Lengkap Mengenai Neraca Saldo Berlangganan newsletter kami Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda! d.

  1. Dapat Dibandingkan Laporan keuangan yang dibuat harus mempunyai daya banding atau dapat dibandingkan.
  2. Artinya, laporan keuangan harus bisa memberikan informasi sebagai perbandingan dengan laporan periode sebelumnya.
  3. Agar bisa dibandingkan dengan benar, maka laporan keuangan harus bersaldo normal sesuai dengan akun atau rekening perkiraan.
You might be interested:  Bagaimana Tugas Dari Seorang Kepala Bagian Keuangan?

Semua harus dipastikan telah memenuhi proses yang tepat sesuai dengan ketetapan yang pasti dalam ilmu akuntansi.