Jelaskan Yang Anda Pahami Tentang Administrasi Keuangan?

Jelaskan Yang Anda Pahami Tentang Administrasi Keuangan
Mengenal Administrasi Keuangan: Pengertian, Fungsi, Manfaat, Komponen, Petugas, Dasar Pengelola serta Prinsipnya – Mekari Jurnal Apa yang dimaksud dengan administrasi keuangan? Administrasi Keuangan adalah suatu upaya pengelolaan yang mencakup semua aktivitas yang berhubungan dengan keuangan guna mencapai tujuan suatu perusahaan atau organisasi.

  • Pengertian administrasi keuangan menurut para ahli dapat dibagi menjadi dua jenis, yaitu:
  • Pengertian administrasi keuangan dalam arti sempit adalah semua aktivitas yang berhubungan dengan pencatatan pemasukan dan pengeluaran untuk pembiayaan berbagai kegiatan organisasi, dimana bentuknya berupa tata usaha atau tata pembukuan keuangan.
  • Pengertian administrasi keuangan dalam arti luas adalah suatu kebijakan mengenai pengadaan dan penggunaan keuangan organisasi untuk mewujudkan kegiatan organisasi tersebut, dimana bentuknya berupa pengelolaan keuangan meliputi perencanaan, pengaturan, pertanggungjawaban, dan pengawasan keuangan.

Menurut The Liang Gie, pengertian administrasi keuangan adalah proses perencanaan, penyediaan, dan penggunaan uang dalam suatu perusahaan/ organisasi. Dengan kata lain, administrasi keuangan merupakan kegiatan penataan keuangan, yang mencakup penyusunan anggaran belanja, penentuan sumber dana, cara pemakaian, hingga pembukuan. Jelaskan Yang Anda Pahami Tentang Administrasi Keuangan

Apa itu administrasi keuangan?

Pengertian Administrasi Keuangan – Administrasi keuangan adalah suatu proses kegiatan usaha yang dilakukan untuk dapat membantu, melayani, dan kegiatan tersebut dalam mencapai tujuannya. Tentunya hal ini akan dibutuhkan oleh setiap perusahaan yang ingin keuangannya diatur dengan baik.

  1. Pengertian administrasi keuangan lainnya sebagai sebuah aktivitas yang dilakukan oleh sekelompok orang, untuk mengatur dan memimpin kegiatan tersebut supaya tujuan yang dicapai bisa lebih efektif dan efisien.
  2. Di era digital ini, kegiatan ini juga memiliki keberagaman dalam kegiatan operasionalnya di perusahaan.
You might be interested:  Tambahan Kemampuan Yang Diperoleh Subjek Pajak Disebut?

Sehingga dalam pengertian administrasi keuangan juga memiliki arti luas dan sempit bagi perusahaan. Pada arti luas, adalah sebuah kegiatan organisasi yang termasuk ke dalam pengelolaan keuangan misalnya akuntabilitas, perencanaan, regulasi dan pengawasan keuangan.

Bagaimana cara memaksimalkan fungsi administrasi keuangan dalam perusahaan?

Berikut ini ada beberapa cara untuk memaksimalkan fungsi administrasi keuangan dalam perusahaan, yaitu sebagai berikut : a. Fungsi Pencarian Dana Dalam fungsi pencarian dana ini, dimaksudkan agar perusahaan mampu memenuhi kegiatan dan kebutuhan perusahaan.

Apa tugas karyawan dalam administrasi keuangan?

Jobdesk dan Tugas Administrasi Keuangan – Sesuai dengan namanya, pasti tugas dan tanggung jawabnya tidak jauh-jauh dari bagian keuangan. Sehingga dibutuhkan ketelitian dan kecermatan dalam melakukan pekerjaannya, salah sedikit saja bisa berakibat fatal. Agar kamu mengetahui gambaran pekerjaan yang dilakukan administrasi keuangan, kamu bisa mencermati beberapa tugas berikut ini :

  1. Menyusun perencanaan keuangan seperti perencanaan peminjaman, pemasukan, pengeluaran hingga pembiayaan.
  2. Membuat laporan keuangan harian, mingguan, bulanan dan tahunan yang kemudian dilaporkan ke atasan.
  3. Melakukan pengelolaan uang kas perusahaan mulai dari menyimpan di bank, menentukan setoran, melakukan pencatatan transaksi dll.
  4. Bersama-sama karyawan lain dan atasan untuk menentukan kebijakan administrasi keuangan.
  5. Membuat, memeriksa dan mengarsip faktur, nota supplier, laporan AP/AR untuk memastikan status hutang/piutang.
  6. Mencatat penerimaan pembayaran dari pelanggan.
  7. Mengelola semua pembayaran tagihan agar pembayaran tepat waktu, termasuk pembayaran terhadap supplier.
  8. Melakukan pengarsipan dokumen transaksi guna menjaga ketertiban administrasi dan memudahkan nanti jika sewaktu-waktu dibutuhkan.
  9. Melakukan analisis keuangan dan pelaporan kepada organisasi.
  10. Membantu mengelola aktivitas hutang dan piutang perusahaan.

Baca juga : 10 Tugas dan Tanggung Jawab Administrasi Perkantoran

Mengapa perusahaan harus memperhatikan administrasi keuangan?

Dalam perkembangan usaha yang sangat pesat, tentunya perusahaan harus memperhatikan administrasi keuangan. Mengapa administrasi keuangan sangat penting? Karena merupakan salah satu aspek yang dapat mengatur pendapatan dan pengeluaran perusahaan. Justru dikarenakan aspek tersebut penting, maka perusahaan perlu melakukan administrasi keuangan secara efektif dan efisien.

  1. Ebanyakan orang akan mengira bahwa administrasi keuangan selalu berhubungan dengan mencatat transaksi keuangan atau pembayaran.
  2. Namun keberadaan kegiatan ini juga bisa Anda artikan sebagai sebuah proses yang dilakukan oleh seseorang, untuk mengelola keuangannya di dalam perusahaan baik itu bersifat pribadi atau publik.
You might be interested:  Apa Tujuan Membayar Pajak Kepada Pemerintah?

Hal ini juga bertujuan agar terciptanya sistem keuangan yang baik, dan terstruktur bagi perusahaan dimasa yang akan datang. Administrasi keuangan merupakan sebuah proses rencana keuangan yang terorganisir, sehingga kegiatan tersebut dapat mencapai tujuan perusahaan.