Keragaman Suku Dan Budaya Yang Ada Merupakan Modal Untuk?

Keragaman Suku Dan Budaya Yang Ada Merupakan Modal Untuk
Keberagaman Suku, Bangsa dan Agama Modal Utama Pembangunan BENGKALIS–Bupati Bengkalis diwakili Staf Ahli Bupati Bidang Ekonomi dan Keuangan, H. Indra Gunawan menghadiri acara Dialog Kerukunan Umat Beragama Majelis Ulama Indonesia Propinsi Riau bertempat di Gedung Daerah Datuk Laksamana Raja Di Laut, Sabtu (24/8/2019).

  • Dialog Kerukunan Umat Beragama Majelis Ulama Indonesia Provinsi Riau ini diikuti sebanyak 40 orang peserta terdiri dari MUI Provinsi Riau, MUI Kecamatan se-Kabupaten Bengkalis dan perwakilan Ormas-ormas se-Kabupaten Bengkalis.
  • Dalam sambutannya Bupati Bengkalis yang dibacakan Staf Ahli H.
  • Indara Gunawan menegaskan, Indonesia merupakan negara yang luas dan penuh kemajemukan yang memiliki ratusan juta penduduk berbilang kaum dan suku bangsa.

Masing-masing suku bangsa dan kelompok etnik tersebut memiliki latar belakang budaya dan agama yang berbeda-beda pula dan Perbedaan dalam kehidupan manusia merupakan anugrah dari Tuhan. “Keberagaman suku bangsa dan agama tersebut merupakan modal utama yang akan menopang pembangunan nasional bagi penguatan ekonomi, politik dan kesejahteraan masyarakat.

Lebih lanjut Indra mengatakan Kampanye kerukunan antar umat beragama harus senantiasa di dengungkan dan di galakkan untuk mengantisipasi terjadinya pertikaian dan konflik di antara umat beragama. Kegiatan dialog kerukunan umat beragama yang ditaja oleh MUI Propinsi Riau di Bengkalis ini adalah sebuah ikhtiar yang sangat baik sekali dan patut didukung. “Ajaran Islam yang mengusung misi rahmatan lil’alamin sangat mendorong sekali agar terciptanya kedamaian dan kemaslahatan di tengah-tengah masyarakat, perbedaan suku dan bangsa merupakan sesuatu yang bersifat sunatullah dan merupakan tanda-tanda kekuasaan Allah SWT, ” ujar Indra.

Diakhir sambutannya indra menegaskan, Kenyataan sudah menunjukkan bahwa pertikaian dan kerusuhan antar kelompok berasal dari latar belakang suku dan agama. Pemerintah senantiasa mendorong dan berupaya semaksimal mungkin agar tatanan kehidupan masyarakat aman dan harmonis di tengah perbedaan suku dan agama senantiasa terjaga.

  • Agar terwujudnya tujuan tersebut, perlunya dukungan dan partisipasi dari berbagai pihak dan elemen masyarakat tertutama dari kalangan tokoh-tokoh agama termasuk dari MUI, melalui sinergisitas dari berbagai kalangan masyarakat, kehidupan yang rukun dan damai tetap harus dipertahankan,” pungkasnya.
  • Hadir Ketua Umum MUI Provinsi Riau Prof.

Dr.H.M. Nazir Karim, MA, Kapolres Bengkalis Yusup Rahmanto, Kepala Dinas Badan Pendapatan Daerah Imam Hakim, Kaban Kesbangpol H. Hermanto Baran, Ketua MUI Kabupaten Bengkalis H. Amrizal dan Ketua Baznas Kabupaten Bengkalis Ali Ambar dan Kepala Bagian Kesra Setda Bengkalis H.

Mengapa negara Indonesia memiliki suku bangsa serta budaya yang beragam?

Keberagaman Budaya Indonesia dalam Semangat Nasionalisme Keragaman Suku Dan Budaya Yang Ada Merupakan Modal Untuk Yogya (RE) – Indonesia memiliki warisan budaya yang kaya. Wilayah kepulauan yang membentang dari Sabang hingga Merauke membuat Indonesia memiliki keragaman budaya dari berbagai suku bangsa. Berdasarkan sensus Badan Pusat Statistik pada tahun 2010, ada lebih dari 300 kelompok etnik atau 1.340 kelompok suku bangsa di Indonesia.

Keanekaragaman ini mencetuskan semboyan Bhineka Tunggal Ika yang berarti berbeda-beda tapi tetap satu. Meski memiliki aneka ragam suku, budaya, agama, dan golongan, Indonesia tetaplah satu kesatuan. Semboyan tersebut mengukuhkan bahwa sejatinya keragaman yang ada di negeri kita ini merupakan kekayaan dan keindahan bangsa Indonesia yang tidak dimiliki oleh negara lain.

Berbagai keragaman tersebut melahirkan bentuk keragaman budaya Indonesia. Keragaman budaya tersebut beraneka macam, seperti rumah adat, upacara adat, pakaian adat tradisional, tarian adat tradisional, alat musik dan lagu tradisional, senjata tradisional, bahkan beragam makanan khas.1.

You might be interested:  Jelaskan Komponen Yang Ada Dalam Laporan Perubahan Modal?

Rumah Adat Rumah adat tradisional adalah sebuah bangunan atau konstruksi yang sengaja dibangun dan dibuat sama persis dari tiap generasi tanpa adanya modifikasi. Rumah adat masih hingga kini masih dipertahankan, baik segi kegunaan, fungsi sosial, dan budaya di balik corak atau desain bangunan tersebut.

Bahkan, nama rumah adat di masing-masing daerah pun berbeda.2. Upacara Adat Upacara adat adalah salah satu bentuk adat istiadat atau kebiasaan masyarakat tradisional yang masih mempunyai nilai-nilai relevan bagi kehidupan dan kebutuhan masyarakat. Upacara adat dikenal sebagai salah satu warisan nenek moyang di daerah masing-masing yang dijaga dan dilestarikan secara turun-temurun.

  1. Meskipun perkembangan zaman semakin maju, namun upacara adat tak dilupakan oleh sebagian masyarakat.
  2. Hal itu karena upacara adat memiliki nilai filosofis dan kekuatan tersendiri oleh sebagian masyarakat setempat.3.
  3. Pakaian Adat Tradisional Pakaian adat tradisional merupakan salah satu identitas dari salah satu suku.

Cara pertama kali yang digunakan dalam mengenali suatu suku adalah dengan melihat pakaian adatnya, selain melihat dari rumah adatnya. Biasanya pakaian adat dikenakan ketika upacara adat berlangsung. Seiring dengan perkembangan zaman, pakaian adat telah menjadi salah satu tren dalam berbusana.

Bahkan banyak yang memodifikasi pakaian adat agar terlihat trendi, meskipun dikenakan saat acara informal serta dipadupadankan dengan pakaian modern.4. Tarian Adat Tradisional Tarian adat sering menjadi satu rangkaian dalam seremoni upacara adat. Tarian adat tradisional lazimnya memiliki karakteristik yang memperlihatkan budaya dan kearifan daerah setempat.

Tarian adat tradisional menjadi salah satu keragaman budaya Indonesia yang terkenal dan banyak diperlihatkan di acara penting tingkat Internasional.5. Alat Musik dan Lagu Tradisional Indonesia mempunyai berbagai alat musik tradisional khas dan unik. Bahkan beberapa alat musik tradisional Indonesia telah dikenal hingga ranah Internasional.

Bagi kehidupan masyarakat adat, alat musik tradisional memiliki 3 fungsi, sebagai salah satu media atau sarana upacara adat, pengisi latar musik pada pertunjukan seni, dan sarana ekspresi, kreasi, bahkan komunikasi.6. Senjata Tradisional Awalnya senjata tradisional digunakan untuk berburu, berladang hingga melindungi diri dari musuh.

Seiring berjalannya waktu, senjata tradisional menjadi jati diri serta simbol dari suatu suku serta aset kebudayaan sebuah daerah yang mengandung nilai serta norma budaya yang dianut masyarakat tersebut.7. Makanan Khas Nampaknya tidak elok apabila makanan di daerah tidak menjadi identitas daerah tersebut.

  • Sebagai negara kepulauan dengan tanahnya yang subur serta dapat menumbuhkan berbagai jenis tanaman, menjadikan Indonesia kaya akan hasil bumi yang beragam.
  • Sehingga muncul sajian khas dari masing-masing daerah dengan memanfaatkan hasil bumi yang ada.
  • Sajian tersebut menciptakan makanan khas dengan cita rasa yang melekat di setiap hidangannya.

Keragaman budaya Indonesia datang dari berbagai kebudayaan lokal yang terus tumbuh dan berkembang. Adapun munculnya keragaman budaya tersebut akibat dari pengaruh yang tampak dan merekah di masyarakat. Sehingga menciptakan kebudayaan itu sendiri. Seiring berjalannya waktu, perkembangan kebudayaan mempunyai peran dan fungsi untuk meningkatkan semangat nasionalis.

Hal itu karena budaya lokal memuat nilai-nilai sosial yang perlu diterapkan oleh tiap masyarakat Indonesia itu sendiri. Bahkan dengan perkembangan informasi yang semakin global, budaya Indonesia semakin menyebar tidak hanya di Indonesia saja. Beberapa negara luar telah mengenal budaya asli Indonesia. Sehingga menarik minat untuk berkunjung serta mempelajari budaya tersebut.

Hal ini berkat semangat nasionalis para generasi muda Indonesia yang tidak hanya mempertahankan budaya lokal. Namun juga menyebarkan hingga ke luar Indonesia. Kegiatan-kegiatan dilaksanakan dalam rangka memperkenalkan budaya tersebut. Mulai dari lingkup nasional hingga internasional.

You might be interested:  Syarat Modal Yang Ada Dalam Mudharabah Adalah?

Apa yang dimaksud dengan makna keberagaman sosial budaya?

3 menit Ada banyak manfaat keragaman sosial budaya bagi masyarakat dan bangsa di berbagai bidang. Untuk lebih memahaminya, simak ulasan selengkapnya di artikel ini! Keragaman sosial budaya adalah kondisi masyarakat dengan latar belakang sosial dan budaya yang berbeda.

Keragaman sosial budaya sendiri dapat membawa sejumlah manfaat bagi masyarakat di berbagai bidang, terutama jika disikapi dengan baik. Artinya, walau berada dalam kondisi majemuk atau beragam, masyarakat hendaknya mampu menerapkan sikap toleransi dan saling menghormati. Salah satu manfaat keberagaman sosial budaya bagi masyarakat adalah untuk menarik para wisatawan asing dan dalam negeri berkunjung.

Lantas apa saja manfaat lainnya? Berikut manfaat lainnya berdasarkan situs Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia

Jelaskan apa yang dimaksud dengan keragaman budaya?

Keragaman budaya adalah keunikan yang ada dimuka bumi belahan dunia dengan banyaknya berbagai macam suku bangsa yang ada didunia,begitu juga dengan keragaman budaya khususnya di Indonesiatidak dapat dipungkiri keberadaannya sendiri sehingga menghasilkan kebudayaan yang berbeda dari setiap suku bangsa khususnya di

Bagaimana proses pembentukan keragaman budaya di Indonesia?

Keberagaman Dalam Masyarakat Indonesia refleksi sumber ilustrasi : Gambar pribadi KEBERAGAMAN DALAM MASYARAKAT INDONESIA Keberagaman adalah suatu kondisi dalam masyarakat yang terdapat banyak perbedaan dalam berbagai bidang, seperti dalam hal suku, bangsa, ras, keyakinan, dan antar golongan dalam bingkai Bhineka Tunggal Ika.

  • Eanekaragaman yang dimiliki Bangsa Indonesia merupakan kekayaan dan keindahan bangsa.
  • Eberagaman Bangsa Indonesia terbentuk oleh jumlah suku yang mendiami wilayah Indonesia yang tersebar dimana-mana, dan setiap suku tersebut mempunyai ciri atau karakter tersendiri baik dalam aspek sosial maupun budaya.

Keberagaman masyarakat Indonesia memiliki dampak positif bagi diri sendiri, masyarakat, bangsa dan Negara. Dampak positif memberikan manfaat bago perkembangan dan kemajuan, sedangkan dampak negatif mengakibatkan ketidakharmonisan bahkan kehancuran bangsa dan Negara.

  1. Eberagaman suku, budaya, ras, agama dan antar golongan menjadi daya tarik wisatawan asing untuk berkunjung ke Indonesia.
  2. Ita tidak hanya memiliki keindahan alam tetapi juga keindahan dalam keberagaman masyarakat Indonesia.
  3. Persatuan dan kesatuan disebuah Negara yang beragam dapat diciptakan salah satunya dengan perilaku masyarakat yang menghormati keberagaman bangsa dalam wujud perilaku toleransi terhadap keberagaman tersebut.

Sikap toleransi berarti menahan diri, bersikap sabar, membiarkan orang berpendapat lain dan berhati lapang terhadap orang orang yang memiliki pendapat yang berbeda. Toleransi sejati didasarkan sikap hormat terjhadap martabat manusia, hati nurani, dan keyakinan, serta keikhlasan sesama apapun agama, suku, golongan, idiologi atau pandangannya Keberagaman yang dimiliki bangsa Indonesia merupakaan kekayaan yang sangat berharga.

  • Sehingga Indonesia menggunakan semboyan “Bhineka Tunggal Ika”, yang artinya berbeda-beda tetap satu jua.
  • Makna semboyan Bhinneka Tunggal Ika mengandung bahwa walaupun bangsa Indonesia terdiri atas berbagai macam suku bangsa, adat-istiadat, ras dan agama yang beraneka ragam namun keseluruhannya merupakan suatu persatuan dan kesatuan.

Mereka bisa bersama-sama dalam perjuangan mengisi kemerdekaan untuk mewujudkan cita-cita negara yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur. Dengan keberagaman untuk mempersatukan perbedaan suku, adat istiadat, ras, dan agama bukan untuk perpecahan.

Adanya keberagaman tersebut menjadi tantangan bagi bangsa Indonesia. Pemerintah memiliki peran penting untuk menjaga perbedaan tersebut. Tumbuhnya perasaan kedaerahan dan kesukuan yang berlebihan dapat mengancam keuntuhan bangsa dan negara. Sehingga perlu adanya kerukunan antar suku, pemeluk agama, dan kelompok-kelompok sosial.

Itu bukan hanya peran pemerintah tapi juga adanya keinginan bangsa Indonesia untuk tetap bersatu mempertahankan kebhinekaan : Keberagaman Dalam Masyarakat Indonesia

You might be interested:  Tujuan Utama Dari Badan Usaha Yang Berupa Perkumpulan Modal Adalah?

Mengapa keragaman dinilai sebagai modal besar bagi terbentuknya Indonesia?

Mengapa keberagaman masyarakat Indonesia menjadi modal dasar dalam pembangunan bangsa? tolong cpt Jawaban: Karena setiap masyarakat memiliki identitas dan ciri uniknya masing-masing. Namun, ada syarat yang harus dipenuhi agar keragaman sosial budaya dapat menjadi modal pembangunan. Syarat tersebut haruslah dipenuhi oleh setiap masyarakat dalam sebuah negara.

Apa keuntungan memiliki keragaman budaya?

Manfaat keberagaman budaya bagi suatu bangsa – Hendaknya keberagaman budaya dijadikan motivasi untuk membentuk persatuan bangsa. Apabila keberagaman ini disikapi dengan baik, akan ada banyak manfaat yang bisa didapatkan suatu bangsa. Apakah manfaat keberagaman budaya bagi suatu bangsa? Dilansir dari situs Kementerian Pendidikan Kebudayaan (Kemdikbud), berikut ini beberapa manfaat keberagaman budaya bagi suatu bangsa :

Menjadi identitas bangsa di mata dunia

Keberagaman budaya menciptakan identitas bagi suatu bangsa. Identitas tersebut akan membuat bangsa semakin dikenal di mata dunia. Baca juga: Contoh Keberagaman di Rumah dan Cara Menyikapinya

Memperkaya kebudayaan nasional

Keberagaman budaya bermanfaat untuk memperkaya kebudayaan nasional. Sebagai contoh Indonesia, yang dari Sabang sampai Merauke, mempunyai kebudayaan khas di tiap daerahnya. Hal ini menjadikan Indonesia sangat kaya dalam hal kebudayaan.

Mempererat persaudaraan

Manfaat lain dari keberagaman budaya bagi suatu bangsa adalah eratnya ikatan persuadaraan. Ikatan ini tumbuh karena masyarakatnya saling menghormati serta menghargai tiap kebudayaan, tanpa merasa budayanya jauh lebih baik dibanding lainnya.

Menjadi aset wisata

Keberagaman budaya yang dimiliki suatu bangsa menghasilkan daya tarik tersendiri, khususnya bagi warga mancanegara. Dengan demikian, keberagaman budaya dapat dijadikan potensi atau aset wisata bagi suatu bangsa.

Menjadi sumber pengetahuan

Keberagaman budaya di suatu bangsa bisa menjadi sumber pengetahuan, tidak hanya untuk penduduk lokal, tetapi juga mancanegara. Hal ini berarti budaya milik bangsa dapat dijadikan sumber pengetahuan untuk dipelajari serta diamati.

Menumbuhkan rasa nasionalisme

Manfaat lain dari keberagaman budaya bagi suatu bangsa adalah tumbuhnya sikap nasionalisme. Sikap ini muncul karena adanya rasa bangga, mencintai, serta menghormati banyak kebudayaan. Baca juga: Peran Pancasila dalam Keberagaman Bangsa Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com.

Mengapa keberagaman disebut sebagai modal dasar pembangunan?

Mengapa keragaman sosial budaya sebagai modal dasar pembangunan nasional? Karena dengan keberagaman ini negara kita akan mudah dikenal, akan keberagaman yang dimiliki. keberagaman inilah yang harus dipupuk sedemikian hingga infrastruktur suatu negara terjamin lengkap.

Apa manfaat keragaman sosial budaya bagi bangsa Indonesia?

Manfaat Keragaman Sosial Budaya di Bidang Sosial – Keberagaman sosial budaya memiliki manfaat bagi masyarakat di bidang sosial di antaranya sebagai berikut: 1. Menguatkan Tali Persaudaraan Kehidupan sosial dan budaya yang beragam dapat memperkuat tali persaudaraan di antara masyarakat.

Apa manfaat dari keragaman yang ada di Indonesia?

Sebagai identitas di mata internasional. Memupuk sikap toleransi. Menumbuhkan sikap nasionalisme. Menjadikan perbedaan sebagai alat pemersatu bangsa.