Kualitas Yang Harus Dipenuhi Oleh Laporan Keuangan?

Kualitas Yang Harus Dipenuhi Oleh Laporan Keuangan
02: Kesimpulan tentang Kualitas Informasi Akuntansi – Kriteria utama kualitas informasi akuntansi harus berguna untuk pengambilan keputusan oleh manajemen perusahaan. Laporan Laba Rugi, Neraca, Laporan Cash Flow, Laporan Perubahan Modal dan Catatan Atas Laporan Keuangan adalah laporan yang disusun oleh manajemen sebagai bentuk pertanggungjawaban kepada pihak internal dan eksternal.

  1. Relevan dan
  2. Dapat dipercaya ( reliability ).

Agar informasi akuntansi itu relevan, ada tiga sifat yang harus dipenuhi yaitu:

  1. mempunyai nilai prediksi,
  2. mempunyai nilai umpan balik ( feedback value ) dan
  3. tepat waktu.

Informasi yang dapat dipercaya mempunyai tiga sifat yaitu:

  1. dapat diperiksa ( verifiability ),
  2. netral dan
  3. menyajikan yang seharusnya.

Di samping dua sifat utama, relevan dan dapat dipercaya, kualitas informasi akuntansi juga mempunyai dua sifat sekunder yaitu:

  1. dapat dibandingkan dan
  2. konsisten.

Perlu diperhatikan juga bahwa, keseluruhan sifat ini disajikan dalam bentuk informasi yang dapat dipahami, karena walaupun seluruh sifat-sifat di atas dapat terpenuhi tetapi tidak dapat dipahami, maka tidak akan mencapai sasaran yang diharapkan. Hierarki sifat informasi ini diukur dalam dua batasanyaitu

  1. Manfaatnya harus lebih besar dari biaya
  2. Hanya diperlakukan pada informasi yang jumlahnya cukup berarti (material).

Jelaskan kualitas apa saja yang harus dimiliki oleh sebuah laporan keuangan?

Penutup – Demikianlah penjelasan dari kami tentang karakteristik kualitatif laporan keuangan. Jadi, bisa kita simpulkan bahwa karakteristik kualitatif laporan keuangan ada lima, yaitu mudah dipahami, relevan, materialitas, keandalan, dan dapat diperbandingkan.

  • Namun, agar Anda lebih mudah lagi dalam membuat laporan keuangan, kami sarankan agar Anda menggunakan software akuntansi dari Accurate Online.
  • Software akuntansi ini mampu menyajikan lebih dari 200 jenis laporan keuangan yang bisa Anda akses dimana saja dan kapan saja.
  • Selain itu, software akuntansi ini juga sudah dipercaya oleh lebih dari 300 lebih pebisnis di tanah air karena banyaknya fitur yang mampu memudahkan kegiatan bisnis online ataupun offline mereka.
You might be interested:  Berikut Ini Yang Merupakan Contoh Bentuk Pencatatan Keuangan Adalah?

Anda bisa langsung menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari dengan klik tautan gambar di bawah ini. Kualitas Yang Harus Dipenuhi Oleh Laporan Keuangan

Bagaimana kualitas yang harus ada dalam informasi akuntansi?

Karakteristik Kualitas Informasi Akuntansi Sekunder Dapat diverifikasi (Verifiability) Ketepatan waktu (Timeliness) Dapat dipahami (Understandability) Komparatif (Comparability)

Apa yang dimaksud dengan kualitas laporan keuangan?

Berdasarkan uraian diatas maka dapat disimpulkan bahwa kualitas laporan keuangan adalah sebuah informasi yang memiliki nilai informasi yang berkualitas dan sangat berguna bagi perusahaan dalam pengambilan keputusan.

Apa itu kualitas dalam akuntansi?

Mengenal Kualitas Informasi Akuntansi – Sebelum Anda mengetahui karakteristik kualitas informasi akuntansi ada baiknya jika Anda tahu apa itu kualitas informasi akuntansi. Pengertian kualitas informasi akuntansi ini diungkapkan oleh beberapa ahli. Kesimpulan dari beberapa pendapat para ahli tersebut mengungkapkan bahwa kualitas informasi akuntansi ini merupakan kemampuan informasi data supaya bisa memenuhi ekspektasi atau perusahaan di dalam kegiatan keuangan sehingga nantinya bisa bermanfaat dalam membuat keputusan yang tepat dan terpercaya.

Mengapa laporan keuangan yang berkualitas harus dapat diperbandingkan?

Halo Sya, kakak bantu jawab yaa 🙂 Jawaban: Karena laporan keuangan harus memiliki kualitas dan bermanfaat bagi pihak-pihak yang menggunakannya. Penjelasan: Laporan keuangan adalah laporan yang memuat informasi mengenai keuangan perusahaan. Laporan keuangan ini diperlukan oleh sejumlah pihak.

  • Sebagai laporan keuangan yang berkualitas, suatu laporan keuangan harus memenuhi sejumlah syarat.
  • Syarat-syarat tersebut antara lain: dapat dipahami, relevan, keandalan, dapat diperbandingkan, dapat dipercaya, konsisten dan materialitas.
  • Jika satu saja tidak memenuhi syarat-syarat di atas, maka laporan keuangan menjadi tidak berkualitas.

Laporan keuangan yang tidak berkualitas menjadi tidak bermanfaat bagi penggunanya karena ada informasi yang tidak jelas sehingga membingungkan para penggunanya. Dengan demikian, dalam laporan keuangan dibutuhkan informasi yang dapat dipahami, relevan, keandalan, dan dapat diperbandingkan karena laporan keuangan harus memiliki kualitas dan bermanfaat bagi pihak-pihak yang menggunakannya.