Modal Yang Dapat Memberikan Keuntungan Bagi Pemiliknya Saja Disebut Modal?

Modal Yang Dapat Memberikan Keuntungan Bagi Pemiliknya Saja Disebut Modal
Modal Perseorangan –

Jenis modal perseorangan adalah modal yang diperoleh dari mereka yang memiliki fungsi untuk memudahkan berbagai aktivitas dan akan memberikan laba pada pemiliknya. Contoh dari modal perseorangan ini adalah deposito, properti pribadi, saham, dll.

Apa yang dimaksud dengan modal konkret?

CARA STARTUP BAGI HASIL USAHA DENGAN PEMODAL & PENGELOLA USAHA

Jenis-jenis modal – Dalam buku Dasar-Dasar Kewirausahaan (2019) karya Choms Gary Ganda dan kawan-kawan, dijelaskan beberapa jenis modal, yaitu:

Berdasarkan sumber modal

Berdasarkan sumbernya, modal dibedakan menjadi dua jenis, yaitu:

Modal internal

Sumber modal internal adalah modal yang diperoleh dari internal suatu perusahaan, biasanya diperoleh dari hasil penjualan. Modal jenis ini sulit digunakan untuk mengembangkan produksi karena sifatnya yang terbatas dan sulit mengalami peningkatan signifikan. Baca juga: Sistem Ekonomi: Definisi dan Jenisnya

Modal eksternal

Sumber modal eksternal adalah modal yang diperoleh dari luar perusahaan. Modal eksternal biasanya digunakan untuk mengembangkan produksi karena sifatnya tidak terbatas. Modal eksternal biasanya berasal dari pinjaman bank, koperasi, atau sumber modal lainnya. Modal eksternal juga bisa diperoleh dari investor yang menanamkan modalnya pada suatu perusahaan.

Berdasarkan fungsi

Berdasarkan fungsinya, modal dibedakan menjadi dua jenis, yaitu:

Modal perseorangan

Modal perseorangan merupakan modal yang berasal dari seseorang yang berfungsi untuk memudahkan berbagai aktivitas dan memberikan laba kepada pemiliknya. Contohnya deposito, saham, obligasi, dan lain-lain.

Modal sosial

Modal sosial merupakan modal yang dimiliki oleh masyarakat di mana modal tersebut memberikan keuntungan bagi masyarakat secara umum dalam melakukan kegiatan produksi. Contohnya jalan raya, pasar, pelabuhan, dan lain-lain. Baca juga: Pembagian Ilmu Ekonomi dan Cabang-Cabang Ilmu Ekonomi

You might be interested:  Yang Dimaksud Dengan Akumulasi Modal Dalam Koperasi Ialah?

Berdasarkan wujud

Berdasarkan wujudnya, modal dibedakan menjadi dua jenis, yaitu:

  1. Modal konkret merupakan modal yang dapat dilihat secara kasat mata atau berwujud. Contoh modal konkret adalah bahan baku, mesin, tanah, dan lain-lain.
  2. Modal abstrak merupakan modal yang tidak bisa dilihat secara kasat mata atau tidak berwujud. Contoh modal abstrak adalah skill tenaga kerja, keterampilan, dan lain-lain.

Berdasarkan sifatnya

Berdasarkan sifatnya, modal dibedakan menjadi dua jenis, yaitu:

  1. Modal tetap adalah modal yang bisa dipergunakan berkali-kali dalam proses produksi.
  2. Modal lancar adalah modal yang habis sekali pakai dalam proses produksi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Apa yang dimaksud dengan modal internal?

Modal Internal –

Sumber: Pexels Modal internal ialah modal yang berasal dari satu atau lebih orang yang bekerja dalam perusahaan. Modal internal sangat penting bagi suatu perusahaan karena ini adalah dana awal yang digunakan supaya operasional perusahaan bisa berjalan.