Sebutkan Karakteristik Laporan Keuangan Yang Memiliki Kualitas Baik?

Sebutkan Karakteristik Laporan Keuangan Yang Memiliki Kualitas Baik
2. Karakteristik Laporan Keuangan Haruslah Andal – Agar informasi dalam laporan keuangan yang dihasilkan dapat dipercaya dan andal, maka karakteristik penyajian informasi pada laporan keuangan harus dibuat berdasarkan peraturan atau pedoman yang berlaku.

Selain itu, laporan keuangan juga disajikan secara menyeluruh. Seperti yang kita ketahui, informasi dalam laporan keuangan harus bebas dari pengertian yang menyesatkan dan kesalahan material, menyajikan informasi secara jujur dan dapat diverifikasi. Sehingga informasi yang relevan saja tidak cukup karena tidak dapat diandalkan.

Jika demikian, informasi yang ada pada laporan keuangan dapat menyesatkan dan merugikan pengguna laporan keuangan. Agar informasi dapat diandalkan maka harus memenuhi syarat berikut:

Penyajian jujur, Informasi yang disajikan dalam laporan keuangan harus sesuai dengan kebenaran sehingga informasi tersebut dapat dipercaya. Memiliki isi yang substansial, Karakteristik laporan keuangan harus disampaikan sesuai dengan transaksi yang terjadi sesuai dengan realistas ekonomi dan bukan hanya bentuk hukumnya. Pertimbangan sehat, Maksudnya yaitu informasi akuntansi harus memiliki manfaat dalam menghadapi ketidakpastian ekonomi karena mengandung unsur hati-hati dalam melakukan perkiraan. Netralitas. Penyajian laporan keuangan diarahkan pada kebutuhan umum pemakai, bukan keinginan pihak tertentu.

Apa saja karakteristik laporan keuangan?

2.1 1. Understandability atau dapat dimengerti 2.2 2. Relevansi 2.3 3. Keandalan 2.4 4. Keterbandingan 2.5 5. Konsistensi 2.6 6. Netralitas 2.7 7. Materialitas 2.8 8. Ketepatan waktu 2.9 9. Verifikasi 2.10 10. Konservatisme Apa itu Karakteristik Laporan Keuangan?

Bagaimana cara mendapatkan kualitas laporan keuangan yang baik?

Laporan keuangan terutama digunakan untuk menilai kondisi keuangan, mengevaluasi efektivitas dan efisiensi suatu entitas pelaporan, membantu menentukan ketaatannya terhadap peraturan perundang-undangan, dan mambuat suatu keputusan. Kualitas pelaporan keuangan berhubungan dengan kinerja keseluruhan perusahaan yang tergambarkan dalam laba perusahaan.

You might be interested:  Apa Saja Yang Termasuk Pajak Pusat?

Untuk menyediakan informasi yang berguna dan bermanfaat bagi pihak-pihak yang berkepentingan, maka informasi yang disajikan dalam laporan keuangan harus memenuhi karakteristik kualitatif. *** Karakteristik kualitatif laporan keuangan adalah ukuran-ukuran normatif yang perlu diwujudkan dalam informasi akuntansi sehingga dapat memenuhi tujuannya.

Agar dapat memenuhi kualitas yang dikehendaki dan dapat memenuhi kebutuhan penggunanya, laporan keuangan perlu memenuhi empat karakteristik berikut:

Relevan

Laporan keuangan dikatakan relevan apabila informasi yang termuat didalamnya dapat memengaruhi keputusan pengguna dengan membantu mereka mengevaluasi peristiwa masa lalu atau masa kini, memprediksi masa depan, dan menegaskan atau mengoreksi hasil evaluasi mereka. Selain itu informasi dapat dikatakan relevan jika disajikan tepat waktu dan lengkap.

Andal

Andal berarti Informasi dalam laporan keuangan bebas dari pengertian yang menyesatkan dan kesalahan material, menyajikan setiap fakta secara jujur, serta dapat diverifikasi. Peggunaan informasi yang relevan, tetapi hakikat atau penyajiannya tidak dapat diandalkan, maka informasi tersebut secara potensial dapat menyesatkan.

Dapat dibandingkan

Informasi yang termuat dalam laporan keuangan akan lebih berguna jika dapat dibandingkan dengan laporan keuangan periode sebelumnya atau laporan keuangan entitas pelaporan lain pada umumnya. Perbandingan dapat dilakukan secara internal dan eksternal. Perbandingan secara internal dapat dilakukan bila suatu entitas menerapkan kebijakan akuntansi yang sama dari tahun ke tahun.

Dapat dipahami

Informasi yang disajikan dalam laporan keuangan dapat dipahami oleh pengguna dan dinyatakan dalam bentuk serta istilah yang disesuaikan dengan batas pemahaman para pengguna. Sehubungan dengan hal ini, pengguna diasumsikan memiliki pengetahuan yang memadai atas kegiatan dan lingkungan operasi entitas pelaporan, serta adanya kemauan pengguna untuk mempelajari informasi yang dimaksud.

*** Agar dapat memenuhi karakteristik kualitatif maka informasi dalam laporan keuangan harus disajikan secara wajar berdasarkan prinsip akuntansi yang berlaku umum, dan untuk mendapatkan kualitas laporan keuangan yang baik harus memenuhi keempat karakteristik kualitatif seperti relevan, andal, dapat dibandingkan dan dapat dipahami.

You might be interested:  Yang Menjadi Dasar Hukum Pajak Di Indonesia Adalah?

Bacaan Lebih Lanjut: Sebutkan Karakteristik Laporan Keuangan Yang Memiliki Kualitas Baik Lihat Money Selengkapnya Beri Komentar Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Apa yang dimaksud dengan laporan keuangan subtansial?

b. Laporan keuangan harus Subtansial – Substansial artinya informasi akuntansi yang ada dalam laporan keuangan harus disampaikan sesuai transaksi dan peristiwa lainya dengan subtansial dan realitas ekonomi, bukan hanya bentuk hukumnya.

Apa manfaat laporan keuangan bagi perusahaan?

5+ Karakteristik Kualitatif Laporan Keuangan – Karakteristik kualitatif laporan keuangan dibuat untuk menyediakan informasi yang bermanfaat guna mengevaluasi performa manajerial dan juga organisasional. Pelaporan keuangan akan mampu membantu memenuhi kewajiban perusahaan agar semakin akuntabel secara publik.

  1. Pelaporan keuangan juga akan membantu memenuhi keperluan para pengguna laporan keuangan yang memiliki keterbatasan dalam hal kewenangan.
  2. Eterbatasan kemampuan untuk mendapatkan informasi dan oleh karena itu para pemilik kepentingan laporan keuangan menyandarkan laporan keuangan sebagai suatu sumber informasi yang sangat penting.

Informasi yang disajikan di dalam laporan keuangan harus berdasarkan dengan Standar Akuntansi Pemerintah atau SAP, jadi harus mempunyai karakteristik kualitatif laporan keuangan. Jadi, berdasarkan SAP, karakteristik kualitatif laporan keuangan adalah sebagai berikut ini: