Sebutkan Modal Yang Diperlukan Untuk Mengolah Sumber Daya Alam?

Sebutkan Modal Yang Diperlukan Untuk Mengolah Sumber Daya Alam
Jawaban:

  • SDM.
  • Kemampuan dalam pengolahan SDA.
  • Uang dan tempat.

Apa saja sumber daya alam yang menjadi modal utama pembangunan Mengapa?

Paul Oneal/pexels Mengapa sumber daya alam disebut modal utama pembangunan? Bobo.id – Teman-teman, coba perhatikan rumahmu dan sebutkan barang-barang yang terbuat dari bahan alam. Jika kamu menyadari, hampir sebagian besar barang dan bangunan rumah kita berasal dari bahan yang ada di alam.

  • Lemari, meja, kursi, dan perabotan lainnya terbuat dari kayu yang ada di sekitar kita.
  • Bangunan rumahmu dapat berdiri kokoh karena ada di dalamnya terdapat campuran pasir dan semen yang berasal dari alam.
  • Ini berarti, manusia memanfaatkan sumber daya alam dalam berbagai bidang kehidupan, mulai dari sandang, pangan, dan papan.

Pada pelajaran tematik kelas 4 SD tema 9, terdapat pertanyaan mengapa sumber daya alam disebut modal utama pembangunan? Yuk, temukan kunci jawaban pertanyaan tersebut dari penjelasan berikut ini! Sumber Daya Alam dan Modal Pembangunan Teman-teman, tahukah kamu apa yang dimaksud dengan pembangunan? Baca Juga: Contoh Hak dan Kewajiban Manusia terhadap Hutan, Materi Kelas 4 SD Pembangunan yaitu proses, cara, perbuatan membangun, mendirikan, dan memperbaiki.

  1. Dalam konteks ini, pembangunan bisa berupa pembangunan fisik maupun non fisik.
  2. Pembangunan fisik contohnya membangun jalan tol, membangun gedung, membangun jembatan, dan sebagainya.
  3. Sedangkan pembangunan non fisik contohnya memberikan penyuluhan untuk masyarakat, pembangunan pendidikan, dan pembangunan ekonomi.

Nah, mengapa sumber daya alam bisa menjadi modal pembangunan? Sebab, kita bisa membangun Indonesia ini dengan memanfaatkan sumber daya alam yang ada. Sumber daya alam seperti pasir, batu, besi, dan sebagainya bisa digunakan masyarakat untuk membangun infrastruktur negara.

Selain itu, sumber daya alam juga bisa digunakan untuk kegiatan ekspor, yang hasil penjualannya nanti bisa digunakan untuk keperluan pembangunan. Kegiatan ekspor bisa menambah devisa negara, yang nantinya juga akan berdampak pada pembangunan ekonomi. Jadi, itulah mengapa kekayaan alam Indonesia bisa dimanfaatkan oleh masyarakat, dalam bidang apapun.

Asalkan, setiap masyarakat juga harus mengingat dan melakukan kewajibannya untuk melestarikan sumber daya alam yang ada. Baca Juga: Cari Jawaban Kelas 4 SD Tema 9, Apa yang Terjadi Jika Kita Tidak Menghemat Air? Manfaat Melestarikan Sumber Daya Alam Beberapa contoh cara melestarikan sumber daya alam adalah menjaga kebersihan lingkungan dan menenam tumbuhan.

  • Ini akan berdampak baik karena dapat menjaga lingkungan tetap bersih, sehat, dan nyaman untuk dihuni.
  • Selain itu, makhluk hidup lain juga dapat menikmati keuntungan lingkungan yang asri sebagai tempat hidup mereka.
  • Misalnya, dengan melakukan reboisasi secara berkesinambungan, maka banyak jenis tanaman yang akan lestari.

Selain itu, kita wajib melestarikan hewan liar yang ada di Bumi. Sebab, jika hewan-hewan banyak yang punah karena kurangnya kesadaran manusia, apa yang akan terjadi? Tumbuhan mengalami hambatan perkembangbiakan karena tidak dibantu hewan. Manusia juga kekurangan kebutuhan nabati hewani sebagai sumber nutrisi tubuh.

Kuis!
Apa yang dimaksud dengan pembangunan non fisik?
Petunjuk: Cek di halaman 2!

Tonton video ini, yuk! – Ayo, kunjungi adjar.id dan baca artikel-artikel pelajaran untuk menunjang kegiatan belajar dan menambah pengetahuanmu. Makin pintar belajar ditemani adjar.id, dunia pelajaran anak Indonesia. Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News Artikel ini merupakan bagian dari Parapuan Parapuan adalah ruang aktualisasi diri perempuan untuk mencapai mimpinya.

Apa yang dimaksud sumber daya alam sebagai modal?

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas Rawa bakau di Pulau Iriomote, Jepang, menyediakan layanan yang bermanfaat untuk akumulasi sedimen, perlindungan pantai, pembibitan, dan tempat pemijahan ikan yang pada gilirannya dapat mendukung komunitas nelayan pesisir. Sedikitnya 35% dari cadangan rawa bakau dunia telah hancur hanya dalam 20 tahun Kata-kata dari tahun 1937 oleh FDR tentang “modal alami” dan “menyeimbangkan anggaran sumber daya kita” Lebah madu ( Apis mellifera ) menyerbuki tanaman Avokad. Cadangan sehat spesies penyerbuk liar dan yang dibudidayakan adalah penting untuk mendukung industri pertanian dan membantu memastikan keamanan pangan. Pandangan udara dari Hutan Hujan Amazon. Dipandang sebagai aset modal alami, hutan hujan memberikan layanan pengaturan udara dan air, sumber potensial obat-obatan baru dan sekuestrasi karbon alami. Kebakaran di sepanjang Rio Xingu, Brasil – Observatorium Bumi NASA. Kehilangan aset modal alami mungkin memiliki dampak signifikan pada ekonomi lokal dan global, serta pada iklim. Banyaknya komponen modal alami dapat dipandang sebagai penyediaan barang-barang penting dan layanan ekosistem yang menopang beberapa kunci masalah global kita, seperti persediaan makanan dan air, meminimalkan perubahan iklim, dan memenuhi kebutuhan energi.

Modal alami atau modal alam adalah modal sumber daya alam dunia, yang meliputi geologi, tanah, udara, air, dan semua organisme hidup. Beberapa aset modal alami menyediakan barang dan jasa gratis untuk manusia, yang sering disebut layanan ekosistem, Dua di antaranya (air bersih dan tanah subur) menopang ekonomi dan masyarakat kita dan memungkinkan keberlangsungan kehidupan manusia.

Modal ini merupakan perluasan dari gagasan ekonomi tentang modal (sumber daya yang memungkinkan produksi lebih banyak sumber daya) untuk barang dan jasa yang disediakan oleh lingkungan alam. Sebagai contoh, hutan atau sungai yang terpelihara dengan baik dapat menyediakan aliran pepohonan baru atau ikan berkelanjutan tanpa batas waktu, sedangkan penggunaan berlebihan dari sumber-sumber daya tersebut dapat menyebabkan penurunan ketersediaan kayu atau cadangan ikan secara permanen.

  • Modal alam juga menyediakan layanan esensial bagi manusia, seperti daerah tangkapan air, pengendalian erosi, dan penyerbukan tanaman oleh serangga, yang pada gilirannya memastikan kelangsungan hidup jangka panjang sumber-sumber daya alam lainnya.
  • Arena pasokan layanan yang berkelanjutan dari aset modal alami yang tersedia tergantung pada lingkungan yang sehat dan berfungsi, struktur dan keanekaragaman habitat dan ekosistem merupakan komponen penting dari modal alami.
You might be interested:  Usaha Yang Menguntungkan Dengan Modal Kecil?

Metode-metode, yang disebut “pemeriksaan aset modal alami”, membantu pengambil keputusan memahami bagaimana perubahan dalam kinerja aset modal alami saat ini dan masa depan akan berdampak pada kesejahteraan manusia dan ekonomi.

Apa tujuan manusia untuk mengolah sumber daya alam?

Tujuan pengelolaan sumber daya alam adalah sebagai berikut : Menyelaraskan hubungan manusia dengan lingkungan hidup sebagai salah satu bagian dari tujuan pembangunan manusia Indonesia seutuhnya. Memanfaatkan sumber daya alam secara bijak dan terkendali.

  • Membentuk manusia Indonesia yang mencintai dan berperan sebagai Pembina lingkungan hidup.
  • Menjamin kesinambungan pembangunan berwawasan lingkungan demi kepentingan generasi sekarang dan yang akan datang.
  • Melindungi negara dari berbagai pengaruh luar yang dapat merusak dan mencemarkan lingkungan.
  • Namun yang paling utama adalah untukmeningkatkan dan melestarikan mutu kehidupan.

Jadi, jawaban yang benar adalah C. – Tujuan pengelolaan sumber daya alam adalah sebagai berikut :

Menyelaraskan hubungan manusia dengan lingkungan hidup sebagai salah satu bagian dari tujuan pembangunan manusia Indonesia seutuhnya. Memanfaatkan sumber daya alam secara bijak dan terkendali. Membentuk manusia Indonesia yang mencintai dan berperan sebagai Pembina lingkungan hidup. Menjamin kesinambungan pembangunan berwawasan lingkungan demi kepentingan generasi sekarang dan yang akan datang. Melindungi negara dari berbagai pengaruh luar yang dapat merusak dan mencemarkan lingkungan.

Namun yang paling utama adalah untuk meningkatkan dan melestarikan mutu kehidupan. Jadi, jawaban yang benar adalah C.

Mengapa sumber daya alam bisa menjadi modal utama pembangunan brainly?

mengapa sumber daya alam bisa menjadi modal utama pembagunan?​ Jawaban: karena SDA merupakan bahan utama dalam pembangunan berbagai infrastruktur. SDA tersebut meliputi kayu, baja, biji besi, alumunium, pasir, batu keras, timah. Selain itu SDA dapat meningkatkan perekonomian negara untuk mendukung pembangunan. Jawaban: Sumber daya alam (SDA) bisa menjadi modal utama pembangunan karena SDA merupakan bahan utama dalam pembangunan berbagai infrastruktur. SDA tersebut meliputi kayu, baja, biji besi, alumunium, pasir, batu keras, timah. Selain itu SDA dapat meningkatkan perekonomian negara untuk mendukung pembangunan.

010011111000110101001010101010010101010111001101110101100101010110

: mengapa sumber daya alam bisa menjadi modal utama pembagunan?​

Sumber daya modal meliputi apa saja?

Oleh: Rina Kastori, Guru SMPN 7 Muaro Jambi, Provinsi Jambi KOMPAS.com – Modal menjadi salah satu unsur penting dalam ekonomi. Tanpa modal, pengusaha akan kesulitan dalam menjalankan kegiatan ekonominya. Sumber daya modal adalah segala sesuatu yang digunakan untuk menghasilkan barang dan jasa.

Sumber daya modal berdasarkan kepemilikannya Sumber daya modal berdasarkan bentuknya Sumber daya modal berdasarkan sumbernya Sumber daya modal berdasarkan sifatnya Sumber daya modal berdasarkan wujudnya

Baca juga: Mengenal Manfaat Pasar Modal Berikut penjelasannya:

Apa saja yang termasuk sumber daya modal?

Sumber daya modal adalahalat atau barang hasil produksi yang dipakai sebagai saranauntuk menghasilkan barang dan jasa. Contoh sumber daya modal adalah mesin, alat-alat kantor, dan gedung. Jadi, jawaban yang tepat adalah poin D. – Sumber daya modal adalah alat atau barang hasil produksi yang dipakai sebagai sarana untuk menghasilkan barang dan jasa.

Jelaskan apa itu sumber daya modal berilah contohnya *?

contoh sumber daya modal dan penjelasannya – Brainly.co.id Sumber daya modal adalah salah satu sumber daya yang menunjang keberhaasilan sebuah negara contohnya bisa berupa uang namun dapat juga berwujud fisik seperti tanah,gedung kantor,pabrik,mesin-mesin dan tenaga kerja.maaf ya kalau salah:) : contoh sumber daya modal dan penjelasannya – Brainly.co.id

Sumber daya alam ada berapa?

FAQ – Sumber daya alam adalah segala sesuatu yang berasal dari bumi, biosfer dan atmosfer yang dapat dimanfaatkan untuk pemenuhan kebutuhan manusia. Secara umum, sumber daya alam dibagi menjadi 2 yaitu biotik/hayati dan abiotik/non-hayati. Beberapa contoh SDA biotik yaitu tumbuhan, hewan dan mikroorganisme.

You might be interested:  Yang Dimaksud Dengan Akumulasi Modal Dalam Koperasi Ialah?

Pemanfaatan sumber daya alam dapat dilakukan dengan dua cara apa saja jelaskan?

  1. Sumber Daya Alam dapat dimanfaatkan dengan cara langsung dan tidak langsung (C).
  2. Upaya penghematan Sumber Daya Alam berfungsi untuk melestarikan serta mengurangi kerusakan lingkungan (C).

Pembahasan: Sumber Daya Alam (SDA) dapat diartikan sebagai segala sesuatu yang berasal dari bumi, biosfer, maupun atmosfer yang dapat dimanfaatkan untuk kehidupan manusia. Berdasarkan sifatnya, sumber daya alam dibedakan menjadi 2, yaitu:

Sumber Daya Alam (SDA) yang dapat diperbaharui

Sumber Daya Alam yang dapat diperbaharui disebut juga dengan renewable resources merupakan sumber daya alam yang tidak akan habis, namun pemanfaatannya tetap harus dikontrol dan dijaga dengan baik agar tetap lestari. Contoh dari sumber daya alam ini, yaitu:

  1. Kayu
  2. Tanah
  3. Hewan
  4. Tumbuhan

Sumber Daya Alam (SDA) yang tidak dapat diperbaharui

Sumber Daya Alam (SDA) yang tidak dapat diperbaharui y aitu sumber daya alam yang ketika digunakan terus menerus maka dapat habis. Proses pembentukan dari sumber daya alam ini biasanya memakan waktu yang sangat lama hingga berjuta-juta tahun. Contoh dari sumber daya alam ini, yaitu:

  • Minyak bumi
  • Batubara
  • Gas alam
  • Nikel
  • Tembaga
  • Timah

Pelajari lebih lanjut

  1. Materi tentang sumber daya alam yang dapat diperbaharui pada brainly.co.id/tugas/12930287?referrer=searchResults
  2. Materi tentang perbedaan sumber daya alam yang dapat diperbaharui dengan sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui pada brainly.co.id/tugas/10556865?referrer=searchResults
  3. Materi tentang sumber daya alam hasil tambang pada brainly.co.id/tugas/12539755?referrer=searchResults

Detail jawaban Kelas : SD-4 Mapel : Sains Bab: Bab 11- Sumber Daya Alam Kode : 4.4.10 #AyoBelajar #SPJ2

Mengapa sumber daya alam merupakan hal yang paling penting dalam pembangunan ekonomi?

Bos Apemindo : SDA sangat penting bagi pertumbuhan ekonomi Merdeka.com – Ketua Asosiasi Pengusaha Mineral Indonesia (APEMINDO) Poltak Sitanggang, menjadi salah satu kandidat calon Menteri Energi dan Sumber Daya Alam (ESDM) pada pemerintahan Presiden terpilih Joko Widodo.

  • Poltak mengaku siap menjalankan amanah jika dipilih menjadi Menteri ESDM.
  • Poltak mengatakan, pengelolaan SDA di Indonesia selama ini mengalami kesalahan dalam meletakan paradigma pembangunan.
  • Menurutnya, kekayaan alam seharusnya memberikan tantangan dan kesempatan untuk membawa ekonomi Indonesia ke arah pembangunan berkelanjutan.

“Pengelolaan SDA seharusnya memberi manfaat bagi masyarakat secara adil karena sesuai mandat UUD Pasal 33 ayat (3). Namun yang terjadi adalah pengelolaan SDA lebih menitikberatkan asas ekonomi di mana eksploitasi SDA sebagai sumber devisa namun tidak secara cermat memperhitungkan biaya-biaya lingkungan,” kata Poltak, dalam siaran persnya, Jumat (19/9).

Ia melanjutkan, tata kelola SDA yang selama ini belum berpijak pada prinsip-prinsip pembangunan berkelanjutan telah mengakibatkan meningkatnya jarak antara masyarakat dengan alam sekitarnya. Selain itu, distribusi dan pemanfaatan SDA yang belum merata juga menyebabkan banyak masyarakat menjadi penonton dalam pemanfaatan sumberdaya alam sekitarnya.

“Sektor SDA sangat penting bagi pertumbuhan ekonomi Indonesia karena memiliki kontribusi yang dominan terhadap struktur perekonomian dan memiliki keunggulan kompetitif dibanding dengan negara-negara yang lain. Sektor SDA memberikan banyak kesempatan kerja, peningkatkan ekspor dan menarik investasi asing,” jelasnya.

  • Poltak menyebut ada tiga langkah mutlak yang harus dilakukan sebagai menteri jika negara ingin membenahi tata kelola di sektor Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).
  • Pertama, mewujudkan kedaulatan energi dan sumber daya mineral.
  • Edaulatan tersebut dapat ditempuh dengan sejumlah program nyata yang tidak dapat ditawar lagi yakni konversi ke gas, menggunakan energi kerakyatan, efisiensi penggunaan BBM, memperbaharui sektor kelistrikan, memperkuat peran BUMN Pertamina, PGN, dan PLN, serta meningkatkan nilai tambah mineral yang selama ini dikuasai asing dan swasta nakal,” paparnya.

Langkah Kedua, menurutnya pemberantasan mafia minyak dan gas serta (migas) dan tambang. Kesalahan masa lalu dalam pengelolaan kekayaan alam sehingga dimanfaatkan oleh para pengeruk keuntungan pribadi dan golongan saja. Hal ini tidak dapat ditolerir lagi.

“Bayangkan saja, saat ini kuota impor minyak ditetapkan sebesar 328 juta barel per tahun. Maka jika kita ilustrasikan, bahwa telah terjadi markup impor oleh para mafia migas per barel US$ 3 saja, maka dapat dihitung besar kerugian negara. Angkanya mencapai sekitar US$ 984 juta atau setara Rp 11 triliun,” ungkapnya.

Sedangkan yang Ketiga, melakukan penguatan kelembagaan kementerian ESDM. Selain dua program di atas, maka kementerian ESDM sebagai lembaga yang dibentuk untuk menjaga kedaulatan rakyat atas energi dan sumber daya mineral, serta dituntut untuk memberikan sumbangan besar bagi pendapatan negara untuk kesejahteraan rakyat, haruslah menjadi lembaga yang kuat, bersih dan bebas dari birokrat kotor yang potensial merusak sistem.

Mengapa sumber daya alam merupakan hal yang penting dalam pembangunan ekonomi?

Peran SDA hayati terhadap pembangunan ekonomi adalah: Menaikkan produk domestic bruto. Penyediaan lapangan pekerjaan. Menyejahterakan petani.

Mengapa sumber daya alam bisa menjadi modal utama pembangunan Osnipa?

Kunci Jawaban Kelas 4 SD Tema 9 Halaman 50 51 52 54 55 56 Buku Tematik Subtema 2 Pembelajaran 1 TRIBUNNEWS.COM – Inilah Subtema 2 Pembelajaran 1 di halaman 50, 51, 52, 54, 55 dan 56.

  • Buku Siswa Tematik Terpadu Kurikulum 2013 edisi revisi 2017 Kelas 4 SD Tema 9, memiliki judul Kayanya Negeriku.
  • Sementara, pada Subtema 2 Buku Tematik ini berjudul Pemanfaatan Kekayaan Alam di Indonesia.
  • Adapun dalam artikel ini berisi Pembelajaran 1 di Subtema 2 pada halaman 50, 51, 52, 54, 55 dan 56.
  • Sebelum melihat Buku Tematik, siswa dapat terlebih dahulu memahami soal kemudian menjawabnya sendiri.
  • Kunci jawaban pada artikel ini digunakan sebagai panduan dan pembanding oleh orang tua untuk mengoreksi pekerjaan anak.
  • Kunci jawaban Buku Tematik Tema 9 kelas 4 SD Subtema 2: Pemanfaatan Kekayaan Alam di Indonesia
You might be interested:  Yang Termasuk Jenis Modal Menurut Kepemilikannya Adalah?

Contoh pemanfaatan sumber daya energi dan perubahan energi (gas menjadi panas) bagi manusia adalah penggunaan gas LPG. Gas LPG diperoleh dari pengolahan dan penyaluran gas alam. Gas tersebut berubah menjadi energi panas sehingga dapat dimanfaatkan oleh manusia untuk memasak.

  1. Kunci Jawaban Halaman 50
  2. Ayo Berlatih
  3. Nah sekarang, tuliskan sumber-sumber energi yang digunakan dan perubahan energi yang terjadi saat melakukan kegiatan-kegiatan di bawah ini.
  4. Jawaban:
  5. 1. Sumber energi yang digunakan: Angin
  6. Perubahan energi: Energi angin menjadi energi gerak
  7. 2. Sumber energi yang digunakan: Listrik
  8. Perubahan energi: Energi listrik menjadi energi panas
  9. 3. Sumber energi yang digunakan: Panas
  10. Perubahan energi: Energi angin menjadi energi kimia
  11. 4. Sumber energi yang digunakan: Matahari
  12. Perubahan energi: Energi panas menjadi energi kimia
  13. 5. Sumber energi yang digunakan: Listrik
  14. Perubahan energi: Energi listrik menjadi energi gerak
  15. Kunci Jawaban Halaman 51
  16. Ayo Berlatih
  17. Carilah contoh pemanfaatan perubahan energi dalam kehidupan sehari-hari.
  18. Jawaban:
  19. 1. Energi gerak > energi listrik > pembangkit listrik tenaga air atau angin
  20. 2. Energi cahaya > energi listrik > teknologi panel surya
  21. 3. Energi listrik > energi kimis > charger batu baterai
  22. Kunci Jawaban Halaman 52
  23. Ayo Berlatih

1. Berilah contoh hasil sumber daya alam yang dapat diperbarui. Contohnya hasil pertanian, perkebunan, perikanan, hasil hutan dan hasil peternakan yang ada di daerah tempat tinggalmu (kota, kabupaten, atau provinsimu).

  • Tuliskan pada tabel berikut.
  • Jawaban:
  • Hasil pertanian:
  • – Jagung
  • – Padi
  • – Kacang kedelai
  • – Gandum
  • – Cabai
  • Hasil perkebunan:
  • – Kelapa sawit
  • – Karet
  • – Tebu
  • – Teh
  • – Kopi
  • Hasil perikanan:
  • – Ikan
  • – Udang
  • – Cumi-cumi
  • – Kepiting
  • – Teripang
  • Hasil hutan:
  • – Cendana
  • – Getah damar
  • – Sagu
  • – Mahoni
  • – Jati
  • Hasil peternakan:
  • – Sapi
  • – Kambing
  • – Ayam
  • – Bebek
  • – Telur

2. Agar menambah pemahamanmu tentang sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui, buatlah daftar yang memuat contoh barang tambang yang dihasilkan di daerah tempat tinggalmu (kota, kabupaten, propinsi).

  1. Jawaban:
  2. Bahan tambang organik:
  3. – Aspal
  4. – Batu bara
  5. – Gas bumi
  6. – Minyak bumi
  7. – Aftur
  8. Bahan tambang logam:
  9. – Emas
  10. – Perak
  11. – Tembaga
  12. – Intan
  13. – Fospaf
  14. Bahan tambang untuk industrik:
  15. – Aspal
  16. – Kobalt
  17. – Minyak bumi
  18. – Nikel
  19. – Uranium
  20. Kunci Jawaban Halaman 54
  21. Ayo Mengamati
  22. Kalian telah mengetahui kekayaan dan persebaran sumber daya alam.
  23. Berdasarkan jenis bendanya, sumber daya alam dibagi menjadi 2 yaitu sumber daya alam hayati dan sumber daya alam nonhayati.

Sumber daya alam hayati berupa makhluk hidup. Sebgaliknya, sumber daya alam nonhayati adalah sumber daya alam yang bukan berupa makhluk hidup.

  • Sekarang giliran kamu untuk menceritakan berbagai kekayaan sumber daya alam, baik hayati maupun nonhayati yang ada di daerahmu.
  • Jawaban:
  • Kekayaan sumber daya alam hayati di propinsi/kota/kabupaten tempat tinggalku
  • – Teh
  • – Padi
  • – Jagung
  • – Kelapa
  • Kekayaan sumber daya alam nonhayati di propinsi/ kota/kabupaten tempat tinggalku
  • – Semen
  • – Garam
  • Kunci Jawaban Halaman 55
  • Kekayaan sumber daya alam hayati di desa atau sekitar rumah atau tempat tinggalku
  • – Padi
  • – Jagung
  • – Sayuran
  • – Telur
  • Baca juga:
  • Baca juga:
  • Kekayaan sumber daya alam nonhayati di desa atau sekitar rumah atau tempat tinggalku
  • – Udara
  • – Tanah
  • – Air
  • Kunci Jawaban Halaman 56
  • Ayo Berlatih
  • Kamu telah membaca bacaan “Sumber Daya Alam sebagai Modal Pembangunan”.
  • Carilah informasi penting dalam bacaan tersebut.
  • Selanjutnya, lengkapilah gambar peta pikiran berikut.
  • Apa saja sumber daya alam itu?
  • Jawaban:
  • Sumber daya alam adalah segala sesuatu yang ada di alam yang dapat memenuhi kebutuhan hidup manusia.
  • Mengapa sumber daya alam bisa menjadi modal utama pembangunan?
  • Jawaban:
  • Karena SDA hayati dan non hayati yang kita miliki dapat kita jual/ekspor ke negara lain, contohnya bahan tambang dan uang yang didapat dari penjualan SDA digunakan untuk modal membangunan.
  • Berikan contoh pemanfaatan sumber daya alam dalam kegiatan ekonomi
  • Jawaban:
  • – Pembuatan mebel dari kayu
  • – Pembuatan gerabah dari tanah liat
  • – Air untuk usaha penjualan air minum

*) Disclaimer: Kunci jawaban di atas hanya sebagai panduan bagi orang tua. Tribunnews.com tidak bertanggung jawab atas kesalahan jawaban. Sebagian dari soal di atas merupakan pertanyaan terbuka. Artinya, ada beberapa jawaban tidak terpaku seperti di atas. (Tribunnews.com/Yurika) : Kunci Jawaban Kelas 4 SD Tema 9 Halaman 50 51 52 54 55 56 Buku Tematik Subtema 2 Pembelajaran 1