Yang Termasuk Kegiatan Manajemen Keuangan Adalah?

Yang Termasuk Kegiatan Manajemen Keuangan Adalah
MANAJEMEN KEUANGAN PERUSAHAAN Abstract Manajemen keuangan merupakan segala aktivitas perusahaan yang berkaitan dengan usaha untuk mendapatkan pendanaan yang diperlukan dengan biaya minimal dan syarat-syarat yang paling menguntungkan, serta usaha untuk menggunakan dana tersebut se-efisien mungkin.selain itu kegiatan manajemen ini juga bertujuan untuk mengelola dana maupun aset-aset yang dimiliki perusahaan untuk dimanfaatkan pada hal-hal atau kegiatan yang membantu tercapainya tujuan utama perusahaan (profit).

  1. Dalam perusahaan atau bisnis, manajemen keuangan memiliki tiga aktivitas utama yang dilakukan oleh manajer keuangan yaitu: perolehan dana, aktivitas penggunaan dana dan pengelolaan aktiva.
  2. Etiga hal tersebut berkaitan dengan sumber keungan internal maupun eksternal perusahaan.
  3. Modal kerja dan kepemilikan saham juga termasuk tugas dalam manajemen keuangan.

Sedangkan manajemen keuangan perusahaan merupakan salah satu kunci kesuksesan sebuah perusahaan. Keuangan adalah dasar operasional perusahaan yang harus dikelola dengan baik. Pengelolaan keuangan yang buruk tentu dapat mengakibatkan kerugian dan pada tahap ekstrem dapat menghentikan jalannya sebuah perusahaan.

  1. Yang harus diperhatikan dalam manajemen keuangan perusahaan diantaranya perusahaan harus memiliki prinsip keterbukaan terhadap aktivitas keuangan perusahaan.
  2. Profesional di bagian keuangan sebuah perusahaan wajib menyediakan informasi tentang aktivitas keuangan bagi orang yang berkepentingan, sehingga setiap departemen di perusahaan mendapat gambaran mengenai hal apa yang harus dilakukan untuk menjaga stabilitas keuangan perusahaan.

Kemudian akuntabilitas dalam manajemen keuangan merupakan kewajiban hukum dalam sebuah perusahaan.

Apa saja kegiatan utama dalam manajemen keuangan perusahaan?

2. Memanfaatkan Dana Perusahaan – Kegiatan utama dalam manajemen keuangan perusahaan selanjutnya adalah memanfaatkan dana perusahaan, merupakan tugas pokok manajemen keuangan dimana setelah dana yang dibutuhkan diperoleh. Namun dalam memanfaatkan dana perusahaan, adapun beberapa dana yang dimanfaatkan perusahaan dalam menjalankan usahanya yaitu : a.

  • Melunasi Kewajiban (utang) Dalam sebuah manajemen keuangan dana tersebut bisa di pergunakan untuk membayar utang yang sudah dalam keadaan jatuh tempo.
  • Di mana khususnya untuk utang jangka panjang yang umumnya bernilai besar.
  • Sebab apabila sebuah perusahaan tidak bisa atau gagal dalam membayar utang maka akan menyebabkan perusahaan di pailitkan dan usaha akan tutup.b.
You might be interested:  Jelaskan Yang Dimaksud Lembaga Keuangan Bukan Bank?

Memenuhi Segala Kegiatan Operasional Perusahaan Sebuah perusahaan yang kesulitan menjalankan kegiatan operasionalnya bisa menggunakan dana yang diperoleh agar bisa beroperasi dengan normal. Sebab perusahaan yang tidak bisa beroperasional secara normal bisa menyebabkan penurunan produktivitas.

Dengan begitu akan mengakibatkan kinerja keuangan perusahaan semakin memburuk dan kerugian akan terjadi dalam perusahaan.c. Melakukan Investasi Apabila sebuah perusahaan tidak memiliki utang yang jatuh tempo, atau kondisi perusahaan mampu untuk membayarnya, dan tidak memiliki masalah dengan dana operasional perusahaannya.

Pengenalan manajemen keuangan

Maka di sinilah waktu yang tepat bagi perusahaan untuk melakukan investasi. Dalam manajemen keuangan bisa menginvestasikan dana yang telah di dapat ke dalam bentuk aktiva tetap perusahaan. Investasi yang dapat dilakukan oleh sebuh perusahaan dapat berupa membangun pabrik baru, membeli perluasan tanah, membangun sebuah gedung baru, dan membeli sarana dan prasarana yang baru untuk mengembangkan usaha perusahaan.

Tentu dalam manajemen keuangan juga bisa menginvestasikannya ke dalam pasar modal. Namun melalui berbagai pertimbangan, manajemen keuangan harus bisa memilih jenis dan alternatif investasi yang paling menguntungkan dengan resiko yang paling rendah agar resiko yang ditanggung oleh perusahaan pun tidak terlalu besar.

Penggunaan dana perusahaan yang baik adalah penggunaan yang menyesuaikan kebutuhan perusahaan. Namun apabila sebuah perusahaan masih memiliki sebuah tanggungan utang yang lumayan memberatkan, maka sebaiknya tidak perlu untuk melakukan investasi, sebab akan menambah kesulitan bagi perusahaan dalam memanajemenkan keuangan.

Apa yang dimaksud dengan manajemen keuangan?

6. Grestenberg – Menurut Grestenberg, pengertian manajemen keuangan adalah bagaimana suatu bisnis diselenggarakan untuk mendapatkan dana, cara memperoleh dana, penggunaan dana tersebut, dan bagaimana bisnis didistribusikan.

Apa saja tugas manajemen keuangan?

1. Memperoleh Dana Perusahaan – Kegiatan atau tugas manajemen keuangan yang pertama adalah bagaimana caranya manajer keuangan memperoleh dana perusahaan yang dibutuhkan untuk membiayai kegiatan perusahaan tersebut. Namun secara umum, manajer keuangan bisa memperoleh sebuah dana yang berasal dari internal perusahaan dan eksternal perusahaan.a.

  • Dana Internal Perusahaan Dana internal perusahaan adalah dana yang berasal dari perusahaan itu sendiri.
  • Contoh dana internal dalam sebuah perusahaan adalah laba ditahan.
  • Yang dimaksud dengan laba ditahan adalah suatu laba bersih perusahaan yang berhasil diperoleh dan di gunakan kembali untuk membiayai kebutuhan perusahaan.b.
You might be interested:  Psak Yang Mengatur Tentang Penyajian Laporan Keuangan Adalah?

Dana Eksternal Perusahaan Dana eksternal perusahaan merupakan dana yang diperoleh dari teman atau saudara, investor perorangan lainnya, para pemasok bahan baku pemberi pinjaman berbentuk aset, bank-bank komersial dan lainnya. Dalam sebuah dana eksternal terdapat dua opsi alternatif yaitu menambah modal baru atau berhutang.

  1. Menambah modal baru berarti menerbitkan saham baru, yang dimana akan ada tambahan dana dari investor yang berasal dari pasar modal.
  2. Sebab dalam menerbitkan saham baru akan sangat mengubah struktur presentase kepemilikan perusahaan.
  3. Namun apabila manajemen keuangan memilih untuk mencari dana dari hutang.

Maka akan dihadapkan pilihan utang baik dalam jangka panjang maupun dalam jangka pendek. Untuk utang yang memiliki jangka pendek merupakan jenis utang yang pelunasannya memiliki jatuh tempo kurang dari 1 periode. Namun sedangkan utang jangka panjang merupakan jenis utang yang waktu pelunasannya lebih dari 1 periode atau 5 tahun ke atas.

Apa perbedaan manajemen keuangan dan Financial Management?

Manajemen keuangan memfokuskan perhatian pada proses pengelolaan keuangan pribadi, rumah tangga, organisasi, perusahaan, bisnis non laba maupun negara atau pemerintah. Manajemen keuangan mempelajari tentang aktivitas perencanaan, analisis dan pengendalian keuangan.

  1. Pemahaman tentang manajemen keuangan akan memudahkan untuk memahami berbagai masalah keuangan yang dihadapi dalam kehidupan sehari-hari, termasuk keuangan internasional, time value of money dan stock valuation sebagai salah satu indikasi keberhasilan pengelolaan keuangan.
  2. Manajemen keuangan (financial management) yang baik dalam perusahaan mampu beradaptasi dengan perubahan dan perkembangan juga menentukan berhasilnya sebuah usaha, sebaliknya manajemen keuangan yang buruk bisa jadi akan menimbulkan masalah baru di kemudian hari.

Dan untuk Anda yang akan menyusun skripsi, pembahasan materi ini juga bisa menjadi inspirasi untuk menentukan judul skripsi manajemen keuangan. Oleh karena itu, mari pelajari dan pahami pengertian manajemen keuangan, fungsi, tujuan, teori konsep dan aplikasi.