Anita Aprilia Setangguh Karang. "Love to study. Sharing about finance, business and business opportunities."

Pemasaran Global (Global Market) : Pengertian, Manfaat, dan Contohnya

5 min read

Pengertian Pemasaran Global

Berbisnis merupakan penggabungan dari berbagai aspek. Nggak heran kalau kamu ingin berbisnis harus punya beberapa pengetahuan dan skill terlebih dahulu, khususnya skill di bidang pemasaran global.

Skill ini sangat diperlukan loh dalam proses bisnis, dan akan selalu kamu temukan dalam transaksi impor ataupun ekspor produk, karena pada umumnya, pemasaran global merupakan kegiatan yang harus diikuti dan dilakukan oleh seluruh Negara yang ada di dunia ini.

Sehingga, semua pebisnis di dunia pasti mempunyai peluang dan kesempatan yang serupa untuk memasarkan dagangannya dengan cara-cara yang kreatif dan juga unik.

Hal ini sangat penting untuk dilakukan guna mendapatkan perhatian dan peminat di berbagai kalangan atas produk yang ditawarkan.

Masih bingung gais? Oke pelan-pelan ya, karena kita akan bahas banyak hal terkait pemasaran global, mulai dari pengertian pemasaran global, manfaatnya, hingga pendorong pemasaran global.

Semua pembahasannya akan kita kupas tuntas, sehingga akan mempermudah kamu yang akan memulai bisnis.

Apa Sih Pemasaran Global itu?

Apa Sih Pemasaran Global itu?

Ada yang udah tahu nggak sih pengertian pemasaran global itu apa? Nah, pemasaran global merupakan proses yang mengutamakan asset fisik, uang, sumber daya manusia, hingga tujuan sebuah perusahaan agar mendapatkan potensi dan juga mengambil langkah yang tepat atas ancaman yang ada pada pasar global.

Biasanya, kegiatan ini juga disebut dengan pemasaran yang bergengsi di seluruh dunia.

Apapun usaha yang tengah kamu jalankan, maka kamu mempunyai kesempatan untuk melakukan pemasaran global, asalkan usaha kamu mempunyai kreatifitas yang tinggi dan inovasi yang keren, karena pebisnis yang tangguh adalah pebisnis yang tak pantang menyerah tatkala melihat tantangan bisnis, seberat apapun itu.

Tantangan dan hambatan meskinya dijadikan sebagai peyemangat, agar usaha yang tengah dijalankan terus maju menembus batas dan terus berkembang pesat.

Sehingga, karakter ini seharusnya kamu miliki jika ingin maju. Dan seluruh pebisnis di Negara ini harus mempunyai karakter tersebut.

Kamu sudah punya belum? Kalau belum, yuk coba diri kamu menjadi pribadi yang berkarakter kuat.

Manfaat Adanya Pemasaran Global

Manfaat Adanya Pemasaran Global

Mungkin kamu masih bingung ya, apa sebenarnya manfaat pemasaran global ini. Oke stay tune sis.

1. Meningkatkan Kualitas Produk yang Lebih Baik

Semua pebisnis dituntut agar bisa menuangkan berbagai ide yang fresh, berkualitas dalam pemasaran global, supaya barang yang ditawarkannya mampu bersaing dengan produk pebisnis lainnya dan menjadi satu-satunya produk yang paling unggul.

Karena bagaimanapun, kita tahu pasti bahwa kualitas barang tentu mejadi faktor utama ramai tidaknya konsumen, apalagi jika sudah kualitas bagus, murah lagi. Beuh, auto rame banget dah tu bisnis.

Maka, sebagai pelaku usaha, kamu diminta dan dipaksa agar bisa menemukan solusi tersebut, agar kamu bisa memberikan produk yang berkualitas dan jauh lebih unggul dibandingkan yang lainnya. Dan ini menjadi salah satu manfaat pemasaran global, yakni meningkatkan kualitas produk.

2. Meningkatkan Kompetensi Para Pengusaha

Salah satu tujuan adanya pemasaran global adalah untuk meningkatkan kompetisi di antara para pebisnis dalam setiap bidang.

Nantinya, di kompetisi ini akan terlihat jelas, siapa sih pengusaha yang memang berkompeten dan siapa yang kurang berkompeten.

3. Pertumbuhan Ekonomi

Perkembangan masyarakat biasanya akan sangat bergantung dengan aktivitas jual beli di sekitarnya.

Maka tak heran, jika ternyata pemasaran global mempunyai pengaruh yang besar terhadap pertumbuhan ekonomi.

Dengan demikian, ekonomi di sebuah Negara bakalan auto naik jika banyak sekali aktivitas jual beli yang terjadi.

Dan ternyata, pertumbuhan ekonomi tadi akan membentuk sebuah grafik peningkatan, yang membuat ekonomi kian bagus dan menuntungan bagi para pebisis.

Baca juga:

4. Bertahan Hidup

Manfaat pemasaran global selanjutnya adalah untuk bertahan hidup, karena di sana ada berbagai kebutuhan pokok yang harus dipenuhi tiap orang.

Why? Ya karena pengusaha pasti harus bisa menghasilkan ide-ide cemerlangnya supaya bisa melakukan inofasi dan melakukan marketing.

Ide di sini mempunyai peranan yang sangat penting, karena nyaris semua pebisnis membutuhkan pemasaran global ini agar dapat bertahan hidup dan menciptakan kehidupan yang layak ke depan.

5. Meningkatkan Selera Masyarakat

Kelebihan pemasaran global berikutnya adalah bisa meningkatkan selera masyarakat.

Hal ini dilakukan oleh seorang pebisnis agar produk yang ditawarkannya bisa diminati banyak orang.

Sampai saat ini, selera masyakarat terus berubah, dan biasanya akan disesuaikan dengan kebutuhan tiap orang.

Bahkan kadang, selera masyarakat malah terus bergerak menurun sesuai dengan ekonomi di sebuah Negara.

Mungkin di antara kamu ada yang pernah ngalamin masa-masa ini, dimana kebutuhan di sesuaikan dengan kondisi uang saat itu.

Maka, siapapun pebisnisnya harus bisa berpikir keras untuk memperoleh ide yang cemerlang sehingga bisa meningkatkan selera masyarakat terhadap produk yang dihasilkan.

Apalagi kalau ternyata produknya adalah solusi dari kebutuhan masyarkat, pasti usaha kamu akan memperoleh keuntungan yang tinggi, percaya deh.

Faktor Pendorong Pemasaran Global

Faktor Pendorong Pemasaran Global

Kehadiran pasar global tentu sangat mempengaruhi pertumbuhan ekonomi, maka, hal ini harus dikembangakan terus menerus, agar bisa mencegah terjadinya ancaman perekonomian.

Oke, berikut ini beberapa faktor yang bisa menjadi pendorong pemasaran global.

1. Kualitas

Faktor pendorong yang pertama adalah kualitas. Dan kualitas merupakan salah satu bentuk persaingan yang sangat ketat dalam bisnis.

Maka, sebagai pelaku usaha, kamu harus bisa ya meningkatkan kualitas barang yang kamu produksi supaya bisa bersaing dengan bisnis lainnya.

Keinginan untuk meningkatkan kualitas barang harus dimiliki oleh semua pengusaha.

2. Perbaikan Komunikasi dan Transportasi

Adanya pemasaran global ternyata telah memperbaiki banyak hal, salah satunya adalah dalam bidang komunikasi dan juga tranportasi, yang bisa mempermudah semua pengusaha dalam mengatur urusan usahanya, termasuk dalam hal kirim mengirim antar Negara.

Perbaikan komunikasi dan transportasi juga telah memberikan berbagai dampak positif lainnya, misalnya adalah mempermudah akses siapapun ketika bepergian.

3. Perjanjian Ekonomi Regional

Perjanjian ini nyatanya mempercepat langkah pengembangan dan pengingkatan pasar global loh. Dan pada dasarnya, perjanjian ini dikerjakan oleh Negara besar, misalnya GATT, MEA, dan NAFTA.

4. Teknologi

Teknologi mempunyai peranan yang sangat penting dalam hal pemasaran global ini, karena dia bisa menjadi sarana penyedia berbagai perlengkapan dan barang yang memang diperlukan di dalam proses pemasaran global ini.

Keberadaan teknologi berguna sebagai pemberi kenyamanan bagi siapapun. Teknologi menjadi faktor pendorong adanya pemasaran global yang bersifat universal, sehingga tak akan ada batasan yang berarti bagi setiap Negara dan budaya.

Apabila sudah ada produknya, dikembangkan, dan ternyata bisa bersaing, maka ini akan meningkatkan pemasaran global di jaringan internet.

Baca juga:

  • Tips Menciptakan Peluang Usaha yang Baik

Konsep Pemasaran Global

Nah, setelah mengetahui banyak hal tentang pemasaran global, hal yang terkahir meski kamu ketahui adalah konsepnya. Jadi, pemasaran global ini mempunyai beberapa konsep penting.

1. Kebutuhan, Keinginan dan Permintaan

Ketiga hal ini mempunyai perbedaan loh. Nah, kebutuhan merupakan keadaan dimana manusia tidak akan pernah merasa puas, karena memang kebutuhan tidak diciptakan oleh pebisnis, tapi ada di dalam diri manusianya sendiri, sehingga kebutuhan tiap manusia bisa saja berbeda-beda.

Keinginan merupakan hasrat untuk memenuhi segala kebutuhan, yang dibentuk oleh beberapa hal, yakni kekuatan dan juga institusi sosial.

Sementara permintaan merupakan keinginan yang didukung dengan kemampuan dan juga kemauan ketika akan memilikinya. Keinginan telah menjadi permintaan apabila didukung dengan daya beli. Percaya deh.

Hal ini menjelaskan kepada kita, bahwa kamu, sebagai pelaku bisnis tidak akan pernah bisa menciptakan kebutuhan.

2. Nilai, Biaya, dan Kepuasan

Konsep yang kedua ini adalah perkiraan konsumen mengenai kemampuan produk yang kamu miliki untuk memenuhi semua kebutuhannya.

Pada kenyatannya, semua produk tentu mempunyai kemampuan yang berbeda-beda dalam memenuhi kebutuhan setiap orang, dan semua konsumen akan mencari produk yang memang bisa memenuhi kebutuhan mereka dengan baik dengan hasil terbaik.

Biasanya, nilai sebuah produk pasti akan selalu tergantung dengan seberapa jauh sih sebenarnya produk bisa mendekati kategori produk ideal, termasuk harganya.

3. Produk

Produk atau barang adalah sesuatu yang akan kamu tawarkan kepada konsumen untuk membantu mereka menemukan barang yang dibutuhkan atau yang diinginkan.

Umumnya produk tidak hanya soal kualitas barangnya, melainkan juga pelayanan yang kamu berikan, sehingga yang menjadi fokus kamu bukan hanya kualitas barang saja, tapi juga pelayanan yang akan kamu berikan.

4. Pasar

Pasar mencakup semua konsumen yang benar-benar berpotensial mempunyai kebutuhan dan keinginan tersendiri, sehingga bisa bersedia melarisi produk yang kamu tawarkan.

Istilah ini menunjukkan sejumlah konsumen ataupun pedagang dalam melakukan berbagai transaksi suatu barang.

Produk Indonesia yang Sudah Masuk Pemasaran Global

1. Mie Instan

Kalau soal mie instan mah, semua juga sudah tahu kenikmatannya. Tapi, siapa sangka gais, kalau produk yang Indonesia banget ini sudah go Internasional loh.

Bahkan, ada yang menyatakan, bahwa produk keren satu ini menjadi makanan yang paling diminati dunia dengan peringakatnya yang ke 8, padahal ada 50 pesaingnya di pasar global.

2. J.CO

Produk satu ini kerap dianggap sebagai produk punya luar negeri, padahal mah nggak sis.

J.Co adalah produk Indonesia yang sudah dikembangkan dari 2016 oleh Johny Andrean Group. Siapa sangka, produk satu ini mampu bersaing loh dan telah menjadi kompetitor donat yang paling terkenal.

Bahkan, J.Co tidak hanya bisa kamu temukan di Indonesia, tapi juga Negara tetangga, seperti Singapura, Cina, dan sebagainya.

Penutup

Itulah dia pembahasan seputar pemasaran global yang harus kamu tahu.

Sudah dibahas mengenai pengertian pemasaran global. Manfaatnya yang meliputi beberapa hal, faktor-faktornya yang ada empat, hingga konsep pemasaran globalnya sendiri.

Maka, sangat terlihat ya, kalau jenis pemasaran satu ini mempunyai pengaruh yang cukup besar bagi sebuah bisnis.

Siapapun kamu, jika kamu merasa sebagai seorang pebisnis, maka kamu dituntut untuk bisa mengembangkan bisnis kamu semaksimal mungkin, membuat terobosan-terobosan baru, menghadirkan ide-ide luar biasa, hingga berinovasi sekreatif mungkin, agar usaha kamu bisa naik ke tingkat Internasional. Keren kan ya?

Kalau sudah berada di tahap tersebut, metode atau strategi marketing kamu pasti berubah.

Semoga bemanfaat. Yakin deh, kalau kamu serius, produk kamu juga bisa go Internaisonal. Kuncinya, belajar dan sungguh-sungguh.

Anita Aprilia Setangguh Karang. "Love to study. Sharing about finance, business and business opportunities."

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.