Pengertian Pemasaran Langsung Beserta Manfaatnya

Pemasaran Langsung – Pemasaran merupakan salah satu kegiatan atau aktivitas wajib yang harus dilakukan oleh sebuah perusahaan.  Tak heran jika kemudian semua para pebisnis mencari sistem pemasaran yang memang bisa mendatangkan banyak keuntungan, sehingga bisa berdampak baik pada usaha yang dijalankannya.

Nah tahukah kamu, bahwa sebenarnya di dalam dunia bisnis ada berbagai jenis pemasaran yang bisa kamu temukan, salah satunya adalah pemasaran langsung atau yang kerap disebut-sebut dengan istilah direct marketing.

Mungkin, bagi kamu yang baru saja terjun ke dunia bisnis atau yang akan terjun di dunia bisnis masih bingung dan bertanya-tanya, apa sih sebenarnya pemasaran langsung itu dan sederet pertanyaan lainnya yang berkaitan dengan direct marketing. Ia kan? Kalau belum tahu, yuk simak penjelasannya berikut ini ya.

Pengertian Pemasaran Langsung

Pengertian Pemasaran Langsung

Direct marketing adalah salah satu metode berjualan dengan menggunakan media pemasaran langsung dengan tidak melibatkan pihak perantara di dalam proses pemasarannya.

Pengertian pemasaran langsung yang lainnya ialah menurut Wikipedia, bahwa pemasaran langsung adalah sebuah bentuk mengkomunikasikan penawaran dimana sebuah bisnis atau perusahaan bisa berkomunikasi dengan pelanggan secara langsung, kemudian menentukan metode yang memang pas.

Penemu Pemasaran Langsung

Kalau sudah bahas pemasaran langsung kayaknya kurang afdhal ya kalau kita nggak bahas penemunya. Hehe.

Jadi, pemasaran langsung ini ditemukan oleh agensi Wundermann Thomson. Jika kamu merupakan pegiat berbagai informasi terkait pemasaran tentu sudah kenal ya dengan Wundermann Thompson ini.

Agensi keren ini sudah mempunyai kantor sebanyak 200 loh, dan 19 di antaranya berada di pasar yang telah go Internasional. Keren nggak? Ya wajar dong ya kalau mereka bisa menghadirkan sebuah jenis pemasaran yang juga keren.

Nah, tahukah kamu, bahwa di antara pendiri agensi ini, ada seorang laki-laki yang bernama Lester Wunderman. Lester Wunderman ini merupakan sosok yang pertama menggunakan istilah pemasaran langsung, atau direct marketing.

So, nggak heran kalau Lester ini kerap disapa dengan sebutan ‘bapak direct marketing’.

Lester Wunderman dilahirkan pada 22 Juni 1920, dan telah diwafatkan dua tahun yang lalu pada tanggal 9 Januari 2019.

Sosok luar biasa ini merupan seorang eksklusif periklanan di Amerika, malahan, beliau juga dianggap banyak orang sebagai penemu pemasaran langsung modern loh.

Ada banyak sekali terobosan-terobosan yang dicetuskannya. Lester mengidentifikasikan, kemudian memberikan penamaan, dan juga mendefinisikan istilah pemasaran langsung saat berpidato di MIT tahun 1967. Setahun berikutnya ia dilantik ke Hall of fame Iklan.

Kurang keren apa coba bapak direct marketing satu ini?

Baca juga:

Manfaat Pemasaran Langsung

Manfaat Pemasaran Langsung

Pernah bertanya nggak sih, alasan kenapa direct marketing ini ada? Ya kalau kamu bertanya-tanya terkait alasan, tentu erat keitannya dengan manfaat ya.

Jadi, kita akan lihat, apa sebenarnya manfaat pemasaran langsung ini. Dan ini bisa menjadi pertimbangan buat kamu jika kelak menggunakan direct marketing. Ia nggak?

Manfaat direct marketing kita bagi menjadi dua ya, pertama adalah manfaatnya bagi produsen, dan yang kedua manfaat bagi konsumen.

Kedua belah pihak akan mendapatkan keuntungannya masing-masing. Tenang. Selain itu, ada beberapa manfaat lagi.

1. Bagi Produsen

Pemasaran langsung adalah strategi marketing yang mengedepankan komunikasi.

Maka, kamu akan langsung berhadapan dengan konsumen, berkomunikasi dengan santai, sehingga kamu bisa melihat respon mereka seperti apa.

Dengan demikian, kamu bisa langsung mengetahui berbagai hal terkait bisnis yang kamu bangun. Ia kan? Kamu bisa langsung menjadikan tanggapan konsumen menjadi pertimbangan ketika akan membuat inovasi nantinya.

juga lebih jeli ketika menganalisa metode marketing yang tepat nantinya. Apalagi, metode pemasaran satu ini sulit loh ditiru lawan bisnis kamu.

Manfaat lainnya adalah bisa mengkhususkan dan juga meyesuaikan pesanan sesuai dengan kebutuhan konsumen, informasi yang disampaikan mempunyai peluang dipahami dengan mudah, karena bahannya akan dikirimkan apabila konsumen sudah positif akan membeli, dan sebagainya.

2. Bagi Konsumen

Dalam direct marketing, konsumen akan dibagi menjadi dua ya. Pertama, konsumen yang menggunakan poduk eceran, dan kedua konsumen yang membeli barang langsung banyak.

Jika konsumen eceran, biasanya akan membeli produk atau barang ya seadanya, sak butuh e.

Meskipun demikian, mereka tetap akan memperoleh keuntungan kok, karena konsumennya nggak perlu repot-repot keluar rumah, manasin motor, pergi ke toko, beli.

Sehingga, cara ini akan memudahkan semua konsumen, dimanapun dan kapanpun, konsumen juga akan lebih mudah memilih dan memilah barang, bahkan memungkinkan juga melakukan perbandingan.

Tak hanya itu saja, bahkan semua konsumen juga bisa melihat-lihat daftar barang atau katalog produk yang ditawaran. Sehingga, pembelian biasanya bukan cuma sekali doang, tapi berlanjut.

Nah, sementara keuntungan bagi konsumen insdustri adalah bisa mempelajari produk dengan teliti, seksama, dan baik tanpa menghabiskan waktu bertemu langsung.

Itu doang manfaatnya? Nggak sis, biar lebih jelas, yuk simak beberapa manfaat pemasaran langsung lainnya.

  • Anggaran pemasaran yang lebih efisien

Dengan menggunakan direct marketing, kamu akan merasa terbantu dalam menetapkan tujuan, dan bisa juga meningkatkan penjualan, karena anggaran pemasarannya jauh lebih efisien.

Sehingga, manfaat pemasaran satu ini, kamu bisa melakukan kampanye marketing yang cukup efektif dan lebih giat, dan tak perlu mengeluarkan anggaran yang banyak hanya untuk promosi.

  • Iklan sudah tertarget

Manfaat direct marketing yang berikutnya adalah memungkinkan pemasaran kamu dalam membuat target kelompok konsumen dengan memesan iklan yang sesuai.

  • Meningkatkan loyalitas pelanggan

Dalam membangun dan mengembangkan bisnis, kamu tentu membutuhkan konsumen yang loyal. Ia nggak?

Maka, dengan memilih direct marketing ini, itu artinya kamu tengah membangun sebuah hubungan yang baik dengan semua pelanggan. Bahkan, direct marketing juga memungkinkan loh untuk mempersonalisasikan iklan.

Nah, salah satu trik keren yang harus kamu jalankan ketika menggunakan pemasaran ini adalah dengan memprogram loyalitas pelanggan.

Misalnya adalah dengan memberikan diskon setiap hari Jumat, atau kerap memberikan ucapan selamat kepada pelanggan. Hal sederhana ini bisa meningkatkan loyalitas pelanggan loh sis.

  • Membantu mendorong bisnis baru

Manfaat yang terakhir adalah bisa mendapatkan berbagai keuntungan. Hal ini karena kamu melakukan komunikasi secara langsung dengan konsumen, tentu saja, ini adalah hal yang krusial dalam bisnis yang baru.

Pentingnya Pemasaran Langsung

Pentingnya direct marketing atau Pemasaran Langsung

Pemasaran langsung terbilang sangat mudah untuk diterapkan ke sebuah bisnis atau perusahaan loh sis. Nggak percaya? Simak deh penjelasannya berikut.

1. Strategi Promosi yang Efisien

pemasaran satu ini beda dong sama pemasaran lainnya, sehingga sangat memungkinkan untuk membuat target yang bisa dijangkau oleh banyak orang dan mereka benar-benar tertarik kepada produk yang kamu tawarkan.

2. Membantu Marketer untuk Menjangkau Pelanggannya dengan Lebih Cepat

Marketer dalam pemasaran langsung tentu bisa menjagkau banyak pelanggan yang memang berpotensial melarisi dagangan dengan mudah dan cepat.

Contoh yang bisa kamu lakukan dan sering kamu temukan adalah seorang marketing membuat kampanye dengan menggunakan email.

3. Dapat disesuaikan

Maksudnya apa kak? Nah, maksud dari dapat disesuaikan di sini adalah perusahaan atau pebisnis bisa membuat sebuah pesan atau lebih yang akan memanfaatkan data konsumen untuk kepentingan iklan.

Contoh nih, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang makanan bisa mengakses berbagai informasi konsumennya, mulai dari jenis kelamin, usia, pendapatan, kebiasaan, dan sebagainya.

Maka, dengan data-data tersebut, tentu seorang marketer bisa langsung menggunakan data tadi untuk keperluan konten iklan, yang bisa disesuaikan dengan konsumen langganan dengan prospek ke depan.

Sehingga akan mempermudah perusahaan dalam membidik konsumen yang sesuai dengan target.

4. Dapat diukur efisiensinya

Jika kamu menggunakan pemasaran ini, maka kamu bisa loh mengira-ngira penghasilan kampanye kamu dengan cara menganalisa beberapa hal, misalnya jumlah konsumen yang memberikan tanggapan pada iklan, penghasilan yang didapat, hingga pengembalian investasi seluruhnya.

Tak hanya itu saja, bahkan marekternya juga bisa mengetahui loh sebesar apa sih prospek yang ada?

So, jelas banget ya, kalau pemasaran langsung akan memberikan berbagai keuntungan bagi bisnis yang kamu jalankan.

Faktor yang Mempengaruhi Pemasaran Langsung

Ada beberapa factor yang akan mempengaruhi pemasaran langsung, dan ini juga harus kamu ketahui dengan jelas agar mudah ketika akan mengaplikasikannya.

1. Target Pasar

Pemasaran satu ini sudah mempunyai target pasar yang detail. Sehingga, produk ataupun jasa yang akan ditawarkan memang sudah sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh pasar.

Nah, agar kamu bisa memperoleh target, maka kamu harus mengetahuinya ketika merencanakan pemasaran, yakni dengan menganalisis segmen pasar terlebih dahulu, sehingga pemasaran yang kamu lakukan nantinya akan sesuai target.

Target pasar kamu meski mempunyai kedekatan dengan produk yang akan kamu tawarkan. Hal ini berguna agar kamu membangun citra produk dengan mudah.

Apalagi, yang namanya ciri khas dan keunikan sebuah produk pasti sangat berguna, salah satunya adalah agar lebih mudah dikenal, sehingga jika ingin melakukan pembelian ulang bisa gampang.

2. Cara Penyampaian Informasi

Bagaimanapun, yang namanya informasi harus bisa disampaikan dengan baik dan benar. Dan cara menyampaikan informasi juga tepat, karena mempunyai kedudukan yang sangat tinggi, dan sangat penting.

Ada banyak faktor yang meski kamu perhatikan, seperti bahasa, gesture tubuh, mimik, yang memang bisa mempengaruhi konsumen untuk melarisi produk kamu, hingga akhirnya memilih untuk membeli produk yang kamu jual.

Kamu juga meski menyampaikan informasi yang sesuai dengan produk yang kamu tawarkan, sehingga seorang sales meski mengetahui kelebihan dari produk yang akan ditawarkannya.

Buatlah informasi yang memang mudah dipahami dan dicerna oleh target pasar. Tak hanya itu saja, kamu juga harus bisa menjelaskan dengan tepat mengenai manfaat produk yang dijual, apalagi jika tenyata produk yang kamu jual mempunyai efek samping.

Dengan demikian, semua konsumen tentu akan merasa aman dan tertarik untuk melarisi produk kamu.

So, jangan lupa untuk menentukan tujuan pemasaran terlebih dahulu agar pemasaran yang kamu lakukan bisa mengenai sasaran dengan tepat. Jangan lupa juga untuk memilih media yang tepat dan cepat ya.

Oke, sekian dulu pembahasan mengenai pemasaran langsung yang harus kamu ketahui. Ada berbagai poin penting ya, seperti manfaat, pentingnya pemasaran langsung, hingga faktor yang mempengaruhi direct marketing.

Inti dari pemasaran langsung adalah komunikasi yang tepat. So, buatlah informasi sedetail dan sesederhana mungkin, agar semua konsumen kamu bisa memahaminya dengan mudah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.