Zain Muhammad - Pemuda biasa yang ingin hidupnya bermanfaat untuk sesama

Pengertian Bisnis Online

8 min read

pengertian-bisnis-online

Pengertian Bisnis Online – Perkembangan internet pada zaman sekarang memang memudahkan banyak orang dalam mencari informasi.

Namun bukan hanya itu, internet juga dapat menjadi pintu rezeki bagi banyak orang yang memahami mengenai peluang usaha.

Era modern dengan perkembangan tekonologinya yang sangat pesat memberikan banyak kesempatan kepada para pedagang untuk berjualan melalui dunia maya.

Belakangan ini, bisnis online menjadi sebuah trend karena memang dapat dilakukan oleh siapapun, dimanapun, dan kapanpun asalkan mempunyai perangkat yang terhubung dengan internet.

Baik itu dari bisnis online skala kecil dan sederhana, sampai dengan bisnis online yang memiliki omset miliaran rupah.

Nah, untuk lebih jelasnya, yuk simak pembahasan mengenai pengertian bisnis online sampai dengan seluk beluk pembuatan dan peluang di dalamnya.

Apa itu Bisnis Online?

pengertian-bisnis-online
pixabay

Pengertian bisnis online secara umum ialah, segala kegiatan atau aktivitas bisnis yang dikerjakan secara online (melalui internet).

Selain itu, bisnis online dapat diartikan juga sebagai suatu cara untuk melakukan promosi atau menawarkan suatu barang dan jasa yang dilakukan dengan menggunakan jaringan internet.

Oleh karena itu, setiap orang yang memiliki suatu usaha dan melakukan aktivitas usaha atau bisnisnya dengan menggunakan internet, mereka dapat dikatakan sebagai pelaku bisnis online.

Aktivitas atau kegiatan bisnis online ini memiliki berbagai macam jenis, seperti jual beli online, menyediakan jasa secara online, dan berbagai jenis lainnya yang dapat kita temukan secara online di berbagai bidang perindustrian.

“Pengertian bisnis online secara umum ialah, segala kegiatan atau aktivitas bisnis yang dikerjakan secara online (melalui internet).”

Pengertian Bisnis Online Menurut Para Ahli

pengertian-bisnis-online-menurut-para-ahli
pixabay

Selain pengertian bisnis online secara umum tadi, beberapa ahli dan pakar dalam bidang ini juga menyampaikan mengenai pengertian bisnis online.

Apa saja pengertian bisnis online menurut para ahli dan pakar tersebut? Berikut ulasannya:

1. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Di dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia atau yang biasa disebut dengan KBBI, pengertian bisnis online ialah:

Suatu usaha komersial di dalam bidang perdagangan baik yang menjual produk ataupun jasa, yang dimana menjadikan internet sebagai wadahnya.

2. Yudhi Wicaksono

Menurut seorang ahli yang bernama Yudhi Wicaksono, pengerian bisnis online adalah: Suatu kegiatan jual beli di dalam sambungan internet dan fitur belanja online yang sudah tersedia.

3. Jasmadi dan Solusindo

Menurut Jasmadi dan Solusindo, bahwa bisnis online juga dapat digunakan sebagai komunitas.

Sehingga dapat diartikan, sebagai tempat untuk berbagi informasi yang dimana kita bisa menyumbangkan kemampuan kita untuk membuat komunitas yang solid melalui internet.

4. Dedik Kurniawan

Sedangkan pengertian bisnis online menurut Dedik Kurniawan ialah, suatu kegiatan yang menggunakan atau memanfaatkan fasilitas jaringan internet untuk melakukan segala kegiatan yang dapat dilakukan secara online.

Seperti halnya bisnis, daftar sekolah/kuliah, searching, stalkingmencari berita, dan lain sebagainya.

Dari pengertian bisnis online menurut beberapa ahli tersebut, kita dapat mengambil kesimpulan bahwa:

“Bisnis online merupakan suatu kegiatan atau aktivitas yang dilakukan secara perseorangan atau komunitas untuk mendapatkan suatu keuntungan dan juga berbagi informasi dengan memanfaatkan jaringan internet yang telah tersedia.”

Baca juga: Pengertian Sistem Informasi Manajemen

Jenis-jenis Bisnis Online

jenis-jenis-bisnis-online
pixabay

Kegiatan bisnis online ini dapat kamu wujudkan ke dalam berbagai jenis (wujud tampilan di internet). Beberapa diantaranya adalah berbentuk sebagai berikut:

1. Website

Pertama adalah website. Pengertian dari website yaitu, segala sesuatu yang kamu kunjungi setiap hari di internet. Baik dari Google, Facebook, Twitter, Tokopedia, CNN, Kompas, hingga Trifaris.net ini.

Sehingga ketika kamu membuka layanan-layanan tersebut pada dekstop ataupun mobile, maka yang kamu buka adalah website.

2. Toko Online atau Marketplace

Kedua adalah toko online atau marketplace. Pengertian dari markateplace yaitu, suatu perantara antara penjual dan pembeli di dunia maya.

Toko online atau marketplace ini bertindak sebagai pihak ketiga di dalam sebuah transaksi online, yaitu dengan menyediakan tempat berjualan dan fasilitas pembeyaran. Sehingga marketplace ini dapat dikatakan sebagai departement store online.

3. Blog

Ketiga adalah blog. Sedikit berbeda dengan pengertian website di atas, bloga merupakan suatu website yang mengandung konten personal dalam bentuk artikel, foto, video, ataupun link ke website lain yang disediakan oleh penulis blog (Sumber: Merriam Webster).

Blog didefinisikan juga sebagai website yang dikelola oleh beberapa penulis, dan berisi observasi, opini, ataupun pengalaman pribadi dari penulis.

4. Akun Media Sosial

Media sosial, merupakan sebuah media daring dengan para penggunanya yang dapat dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan juga menciptakan isi blog, jejaring sosial, forum, dan lain sebagainya.

Keempat jenis tampilan tadi, merupakan jenis tampilan yang paling sering digunakan untuk menjalankan bisnis online ataupun transaksi jual beli secara online.

Manfaat & Keuntungan Bisnis Online

manfaat-dan-keuntungan-bisnis-online
bisnisukm.com

Mungkin beberapa diantara kamu masih ada yang penasaran, apa sih manfaat dari bisnis online itu? Baik, mari kita simak secara seksama, beberapa manfaat dari menjalankan bisnis online bagi penjual:

1. Modal Rendah

Modal termasuk ke dalam salah satu bagian paling penting yang harus disiapkan atau dimiliki ketika kamu akan menjalankan suatu usaha.

Sedangkan umumnya, modal yang perlu dikeluarkan untuk suatu usaha juga cukup besar. Nah, dengan bisnis online ini, kamu tidak perlu merogoh kocek atau mengeluarkan modal besar-besaran.

Mengapa? Sebab kamu hanya memerlukan perangkat seluler ataupun komputer dan sejenisnya beserta koneksi internet.

Sehingga dengan begitu, orang-orang yang melihat produk yang kamu jual akan mengetahui jika kamu sedang menjalankan sebuah bisnis.

Maka saat itulah, buat orang-orang yang melihat itu tertarik untuk membeli produk kamu tersebut.

2. Biaya Operasional Murah

Biaya operasional, adalah biaya-biaya yang akan digunakan untuk membeli barang, menghasilkan barang, memasarkan barang, membayar gaji karyawan, dan lain sebagainya.

Oleh sebab itu, tentu biaya yang akan dikeluarkan juga tidak sedikit bukan?

Namun jauh berbeda jika kamu menjalankan bisnis online, kamu hanya perlu mengeluarkan biaya operasional yang cukup murah, sebab kamu hanya perlu menginput produk dan mempromosikannya.

Sehingga kamu tidak perlu bingung-bingung untuk memikirkan ongkos kirim, karena pihak konsumen yang akan menanggungnya.

3. Menjadi Bos Bagi Diri Sendiri

Jika kamu adalah termasuk golongan orang yang tidak suka diperintah oleh bos, ataupun disuruh-suruh oleh atasan, maka bisnis online menjadi pilihan yang tepat.

Sebab saat menjalankan bisnis online, kamu dapat membuat peraturan sendiri atau bahkan bekerja tanpa peraturan bagi diri kamu sendiri.

Mengapa bisa seperti itu? Ya, karena kamu adalah atasan untuk diri kamu sendiri.

4. Membuka Lowongan Pekerjaan

Sebagaimana yang sudah kita ketahui bersama, bahwa pengangguran di negara kita ini jumlahnya ada banyak sekali.

Nah, dengan menjalankan bisnis oline ini lah kamu dapat membuka sebuah lowongan pekerjaan, sehingga bisa turut serta dalam mengangkat dan mengurangi jumlah pengangguran di Indonesia.

5. Dapat Dijalankan Dimana Saja dan Kapan Saja

Salah satu keuntungan dari bisnis online selain yang telah disebutkan tadi adalah, kamu dapat menjalankannya dimana saja dan kapan saja.

Baik itu di rumah, di kantor, di tempat umum, atau bahkan di tempat yang jauh sekalipun saat kamu  sedang berlibur.

Mengapa bisa semudah itu? Sebab, kamu hanya cukup membawa perangkat seluler zdan memantau website ataupun toko online (olshop) tempat kamu menjual produk ataupun jasa.

6. Dapat Menjangkau Masyarakat Luas

Karena internet dapat menjangkau wilayah dengan sangat luas, maka tentu saja bisnis online ini juga dapat menjangkau wilayah dengan luas yang sama.

Karena setiap orang yang menggunakan koneksi internet bisa saling terhubung, namun dengan syarat salah seorang dari mereka mengetahui mengenai seseorang yang lain ataupun informasi yang didapatkannya.

Nah, oleh karena itu, hal ini bisa menjadi sebuah peluang dan keuntungan yang besar bagi kamu, sebab kamu hanya perlu mempromosikan produk kamu di internet.

Apalagi jika sudah ada banyak orang yang tahu dan mengenal jika kamu adalah seorang penjual produk, maka mereka bisa saja akan langsung mengontak kamu dan ingin segera melakukan transaksi.

Baca juga: Pengertian Simulasi Digital

Tantangan Bisnis Online

tantangan-bisnis-online
pixabay

Seiring banyaknya manfaat dan keuntungan yang didapat dari bisnis online tadi, sebanding pula dengan tantangan-tantangan yang diberikan.

Karena tentunya, semua bisnis dan usaha memiliki tantangan dan hambatan di dalamnya.

Oleh karena itu, kenalilah terlebih dahulu beberapa hambatan atau tantangan di dalam bisnis online ini, agar kamu siap melewati dan menyelesaikannya saat nanti menemui hambatan atau tantangan itu.

Apa saja hambatan dan tantangan di dalam bisnis online itu? Berikut penjelasannya:

1. Memastikan Website Mudah Ditemukan

Sebagai seorang pebisnis online, website adalah salah satu media penyampaian yang efektif.

Sehingga tidak ada salahnya apabila kamu berupaya lebih keras lagi untuk membangun website tersebut.

Mengapa demikian? Karena hal tersebut bertujuan agar memudahkan orang-orang dalam menemukan website yang telah kamu bangun.

Caranya yaitu, dengan kamu rutin mengisi (memposting) konten dan produk pada page atau halaman website kamu tersebut.

Selain itu, kamu juga dapat melakukan optimasi SEO (Search Engine Optimization), memasang iklan pada media-media online, menggunakan Google Ads, rajin memasarkan, mempromosikan, ataupun mengiklankan produk via media sosial, dan lain sebagainya.

2. Meyakinkan Calon Konsumen

Setelah kamu membuat website bisnis online dan mengoptimasinya, sudah pasti akan ada pengunjung pada website kamu tersebut.

Selanjutnya, kamu harus berusaha untuk meyakinkan para pengunjung atau calon konsumen terhadap produk pada website tersebut.

4. Kompetitor yang Serupa

Tantangan bisnis online berikutnya yaitu, adanya atau banyaknya kompetitor yang menjual produk serupa.

Sehingga hal ini sedikit banyak akan lebih mempersulit ruang gerak kamu untuk memasarkan produk dagangan tersebut.

Namun tidak perlu khawatir, karena dengan adanya kompetitor akan membuat diri kamu lebih bersemangat lagi dalam menjalankan bisnis.

Bahkan kamu dapat membuat strategi, atau inovasi penjualan yang berbeda dan lebih baik dari kompetitor kamu tersebut.

Oleh karena itu, gunakanlah kreativitas kamu untuk bisa menarik konsumen terhadap produk yang kamu tawarkan.

5. Mengatur Keuangan

Manajemen di dalam bisnis online terkadang memang terasa mudah, hanya mengurus pembelian produk/ barang kemudian menjualnya kembali.

Namun jika tidak hati-hati dalam mengatur atau mengelola keuangan, maka masalah keuangan ini suatu waktu akan bisa menimpa bisnis kamu.

Sehingga kamu harus berusaha untuk selalu mencatat semua pendapatan dan pengeluaran untuk keperluan apapun ke dalam pembukuan.

Karena dengan adanya catatan atau pembukuan tersebut, kamu tidak perlu bingung-bingung apabila ada hal aneh saat kembali mengecek keuangan yang tersedia.

6. Penipuan

Penipuan di dalam bisnis online atau internet bukanlah suatu hal yang asing lagi.

Sejak bisnis online ramai di Indonesia pada tahun 2007-2008 melalui sebuah forum, penipuan sudah muncul di sana.

Oleh karena itu, kamu harus berhati-hati dengan hal ini. Sebab penipuan bukan hanya menimpa pembeli saja, namun penjual juga bisa terkena penipuan tersebut.

Baca juga: Pengertian Logika

Cara Memulai Bisnis Online untuk Pemula

Bagi seorang pemula, untuk memulai bisnis online bisa menjadi hal yang membingungkan, bahkan tidak sedikit yang masih ragu-ragu untuk memulai.

Karena di dalam benak mereka masih bertanya-tanya, bagaimana cara bisnis online? Langkah-langkah apa saja yang harus diperhatikan?

Nah, agar kamu lebih yakin untuk memulai dan membangun bisnis online yang kamu impikan, berikut ini ada 5 cara memulai bisnis online dari nol yang perlu diperhatikan:

1. Memahami Produk Apa yang Dijual

Hal utama yang harus kamu pahami adalah produk atau barang yang akan kamu jual.

Bahkan, kamu juga harus tahu sedetail-detailnya mengenai produk atau barang tersebut.

Mengapa demikian? Karena pemahaman tersebut akan membantu kamu untuk mengetahui kualitas produk yang dijual.

Selain itu, kamu juga bisa tahu berapa harga beli dan berapa harga jual yang pantas.

Kemudian, kamu juga harus memahami selera pasar.

Apa yang sedang orang-orang suka dan cari saat ini? Model dan barang sepeti apa yang ingin mereka punya?

Nah, jika hal-hal tersebut dapat kamu pahami, dijamin barang atau produk yang kamu jual akan mendatangkan banyak pembeli.

Selain memahami produk dan selera pasar, kamu juga harus memastikan bahwa produk atau barang yang akan kamu pasarkan nanti banyak yang cari di google.

Cara mudah dan gratis untuk mengetahui banyak tidaknya orang yang mencari produk tersebut, kamu dapat menggunakan Google Keyword Planner.

Dari situlah kamu dapat melihat dan mengetahui berapa volume pencarian dari produk yang akan kamu jual.

Apabila volume pencarian dari produk atau barang tersebut terlampau tinggi, maka tingkat persaingan dalam menjual produk tersebut juga semakin tinggi.

Sehingga pertimbangkanlah untuk mencari varian unik dari produk tersebut, yang masih jarang dijual orang namun tetap ada yang membutuhkan atau menyukai.

2. Cara Riset Kompetitor

Kamu harus mengetahui betul mengenai kompetitor kamu sendiri. Caranya yaitu, kamu dapat memulai dari riset bagaimana mereka menjual produk mereka secara online.

Buka-buka saja pada platform online market place, semisal Bukalapak, Tokopedia, Shopee, Lazada, Blibli, dan lain sebagainya.

Cari tahu mengenai apa yang mereka tawarkan sehingga banyak peminat yang mau beli. Rating dan review memang memberikan pengaruh yang cukup kuat, namun hal tersebut tidak selamanya berlaku.

Karena tidak sedikit juga di antara konsumen yang kecewa kemudian memberikan rating dan review buruk.

Nah, dari sini lah kamu dapat belajar untuk menawarkan keunggulan dari bisnis kamu yang tidak ada pada bisnis kompetitor.

Misalnya soal konsumen atau pembeli yang sangat tidak suka dengan respons yang lama, atau kemasan asal-asalan.

Maka kekurangan yang ada pada bisnis kompetitor tersebut dapat kamu manfaatkan untuk memaksimalkan penjualan bisnis online kamu.

3. Cara Mencari Supplier

kamu bisa saja mencari supplier pada pusat grosir, namun bisa-bisa kamu akan kesulitan dalam mengambil untung dari produk yang kamu jual.

Terus cari supplier nya dimana dong?

Tidak menutup kemungkinan untuk kamu mencari supplier sampai ke luar negri. Atau kamu juga dapat mendatangi sentra pengrajin pada daerah-daerah di Indonesia.

Buktinya Brodobrand sepatu cowok yang bisa sukses dengan memberdayakan pengrajin sepatu dari Cibaduyut.

Namun kamu juga bisa mencoba bekerjasama sebagai dropshipper ataupun reseller.

Di Indonesia terdapat beberapa tempat yang menawarkan kerjasama buat kamu yang ingin menjadi seorang dropshipper ataupun reseller, seperti Dusdusan.com, Bandros.co.id, Dropshipaja.com, Ratakan.com, dan lain sebagainya.

4. Bikin Brand yang Membuat Orang Percaya

Selanjutnya adalah membuat brand. Bikinlah brand yang cocok dan dapat membuat orang percaya. Semisal brand-brand terkenal seperti Nike, Polygon, dan lain sebagainya. Nama, log, dan brand mereka begitu melekat pada pikiran orang-orang.

Apalagi ditambah dengan kualitas produk yang mereka tawarkan, semakin menambah kepercayaan orang-orang bahwa produk mereka itu bagus.

Mengapa brand ini penting dan harus diperhatikan? Karena banyak yang sudah memulai bisnis online dengan cara yang bisa dibilang asal-asalan. Baik dari nama brand bisnisnya sendiri ataupun logo yang dibuatnya.

5. Promosi Gratis hingga Berbayar

Bukan menjadi suatu hal yang asing lagi, bahwa promosi melalu medsos dapat dilakukan dengan cara berbayar, namun dapat juga dilakukan secara gratis. Tapi meski sama-sama membantu meningkatkan volume penjualan, antara promosi berbayar dan gratis tentu lebih efektif yang berbayar, karena lebih tertarget.

Saat ini media sosial seperti Facebook dan Instagram telah menawarkan ads atau iklan berbayar untuk kamu yang ingin produknya semakin terkenal.

Dikutip dari laman Facebook, untuk biaya beriklan di sana dapat dimulai dari harga US$ 5 hingga US$ 50 ribu per minggu.

Peluang Bisnis Online Modal Kecil

peluang-bisnis-online-modal-kecil
sanyangtaxconsultants.com

Untuk lebih mudah dalam memulai bisnis online, apa saja sih kira-kira peluang bisnis online yang sedang naik saat ini, dan tentunya tidak membutuhkan modal besar.

Berikut ini beberapa peluang bisnis online modal kecil yang dapat kamu coba.

  • Menjual produk orang lain
  • Menjual jasa menulis artikel atau membuat konten website
  • Menjual jasa pembuataan website/blog
  • Menjadi makelar online
  • Menjual jasa konsultasi pada bidang tertentu secara online
  • Menjadi blogger profesional
  • Dan lain sebagainya

Sekian

Demikianlah pembahasan kita mengenai pengertian bisnis online beserta manfaat, keuntungan, jenis-jenis, tantangan, cara, dan juga peluangnya.

Semoga dengan adanya pembahasan tersebut dapat membantu dan memudahkan kamu dalam memahami dan menjalankan bisnis online di era sekarang.

Akhir kata, semoga pembahasan-pembahasan tersebut dapat bermanfaat, sekian dan terimakasih 🙂

Zain Muhammad - Pemuda biasa yang ingin hidupnya bermanfaat untuk sesama

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.