Zain Muhammad - Pemuda biasa yang ingin hidupnya bermanfaat untuk sesama

Pengertian Instrumen Penelitian

5 min read

pengertian instrumen penelitian

Pengertian instrumen penelitian, yaitu sebuah instrumen yang memiliki peranan  sangat penting di dalam teknik pengumpulan data penelitian.

Baik itu dalam jenis riset kualitatif, kuantitatif, eksperimen, ataupun deskriptif.

Alasan mendasar untuk menggunakan instrumen di dalam sebuah penelitian yaitu, lantaran adanya kesempatan tertentu yang memberikan penilaian “apakah penting suatu konsepsi penelitian yang dihadirkan secara ilmiah ataupun tidak ilmiah.”

Nah, untuk mengetahui penjelasan lebih lengkap mengenai instrumen penelitian, yuk simak pembahasan super lengkap tentang pengertian instrumen penelitian di bawah ini:

Apa itu Instrumen Penelitian?

pengertian-instrumen-penelitian
pixabay

Secara umum,  pengertian dari instrumen penelitian yaitu “sebuah alat yang digunakan untuk mengumpulkan data-data atau informasi yang bermanfaat.”

Hal tersebut bertujuan untuk menjawab permasalahan di dalam penelitian.

Namun alat ini harus dipilih sesuai dengan jenis data yang dibutuhkan dalam penelitian.

Sedangkan instrumen berfungsi sebagai alat pada saat penelitian yang menggunakan suatu metode.

Menyusun sebuah instrumen penelitian, dapat dilakukan oleh peneliti apabila peneliti sudah memahami dengan benar mengenai penelitiannya.

Selain itu, pemahaman terhadap variabel ataupun hubungan antar variabel adalah modal penting bagi seorang peneliti agar dapat menjabarkan sebuah sub variabel, indikator, deskriptor, dan juga butir-butir instrumennya.

Instrumen penelitian dapat diartikan juga sebagai suatu alat yang memenuhi persyaratan akademis, sehingga dapat dipergunakan sebagai alat untuk mengukur suatu obyek ukur atau mengumpulkan data mengenai suatu variabel.

Berdasarkan penjelasan di atas, maka pengertian dari instrumen penelitian secara terminologis yaitu:

“Suatu alat bantu yang digunakan oleh peneliti untuk mengukur atau mengumpulkan informasi kuantitatif maupun kualitatif sebagai bahan pengolahan yang berkenaan dengan objek ukur yang sedang diteliti.”

Sedangkan di dalam ranah pendidikan, instrumen penelitian umumnya digunakan sebagai alat ukur prestasi belajar siswa.

Faktor-faktor  yang diduga memiliki hubungan atau pengaruh terhadap hasil belajar, perkembangan hasil belajar, keberhasilan dalam proses belajar mengajar guru, dan juga keberhasilan dalam pencapaian suatu program tertentu.

Pengertian Instrumen Penelitian Menurut Para Ahli

pengertian-instrumen-penelitian-menurut-para-ahli
pixabay

Selain pengertian instrumen penelitian secara umum tersebut, beberapa pakar dan ahli di dalam bidang ini juga mengutarakan definisi mengenai instrumen penelitian.

Berikut penjelasannya:

1. Farida Yusuf Tayibnapis (2000: 102)

Menurut Farida Yusuf Tayibnapis, pengertian instrumen penelitian yaitu suatu alat yang digunakan untuk merekam informasi yang dikumpulkan.

2. Suryabrata (2008: 52)

Menurut Suryabrata, pengertian instrumen penelitian ialah suatu alat yang digunakan untuk merekam. Pada umumnya secara kuantitatif, ataupun keadaan dan aktivitas atribut-atribut psikologis.

Atribut-atribut psikologis tersebut secara teknis dapat digolongkan menjadi atribut kognitif dan atribut non kognitif.

Namun lebih jauh lagi, ia katakan bahwa atribut kognitif perangsangnya adalah pertanyaan.

Sedangkan atribut non kognitif perangsangnya adalah pernyataan.

3. Notoatmodjo (2010)

Instrumen penelitian menurut Notoatmodjo ialah, alat-alat yang akan digunakan untuk mengumpulkan data.

Instrumen penelitian ini bisa berupa kuesioner, formulir observasi, ataupun formulis-formulir lain yang berkaitan dengan pencatatan data dan lain sebagainya.

Ketahui juga ya Pengertian Sistem Informasi Manajemen

4. Sugiyono

Sugiyono menyampaikan bahwa, pengumpulan data bisa dilakukan dalam berbagai tempat, berbagai cara, dan juga berbagai sumber.

Apabila dilihat dari tempatnya, maka dapat dikumpulkan pada laboratorium dengan metode eksperimen, di rumah dengan berbagai responden, dlsb.

Apabila dilihat dari sumber datanya, maka pengumpulan data dapat menggunakan sumber primer dan sekunder.

Sumber primer ialah, sumber data yang langsung memberikan data kepada pengumpul data.

Sedangkan sumber sekunder ialah, sumber yang tidak langsung memberikan data pada pengumpul data. Misal melalui orang lain ataupun melalui dokumen.

5. Ibnu Hajar

Menurut Ibnu Hajar, instrumen penelitian merupakan alat ukur yang digunakan untuk mendapatkan sebuah informasi kuantitatif mengenai variabel yang berkarakter dan objektif.

Adapun jenis data yang dimaksud tersebut ialah:

  • Data kuantitatif: Adalah jenis data yang berhubungan dengan jumlah atau kuantitas yang dapat dihitung atau disimbolkan dengan ukuran-ukuran kuantitas.
  • Data kualitatif: Adalah jenis data yang berhubungan dengan nilai kualitas seperti baik, sangat baik, cukup, kurang, dan lain sebagainya.
  • Data nominal, ordinal, rasio, ataupun data interval
  • Data primer atau sekunder

6. Suharsimi Arikunto

Menurut Suharsimi Arikunto pengertian instrumen penelitian ialah, alat bantu yang dipilih dan digunakan oleh peneliti dalam melakukan kegiatannya untuk mengumpulkan data-data supaya kegiatan tersebut menjadi lebih sistemasis & dipermudah olehnya.

7. KBBI

Di dalam KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), pengertian instrumen penelitian yaitu alat yang digunakan untuk mengerjakan sesuatu (misal alat yang digunakan oleh pekerja teknik, alat-alat kedokteran, optik, kimia, dlsb).

Sarana penelitian (berupa seperangkat tes dan sebagainya) untuk mengumpulkan data sebagai bahan pengolahan.

Jenis-jenis Instrumen Penelitian

jenis-jenis-instrumen-penelitian
pixabay

Adapun jenis-jenis instrumen penelitian diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Skala Pengukuran

Skala pengukuran adalah, alat untuk mengukur sikap, nilai, bakat, minat, motivasi, perhatian, dan lain sebagainya yang disusun dalam bentuk pernyataan.

Kemudian akan dinilai responden dan hasilnya dijadikan dalam bentuk rentangan nilai angka sesuai dengan kriteria yang dibuat oleh peneliti.

Baca juga: Pengertian Simulasi Digital

2. Kuesioner atau Angket

Kuesioner atau angket adalah suatu penyelidikan mengenai suatu masalah yang umumnya banyak menyangkut kepentingan umum atau orang banyak.

Hal tersebut dilakukan dengan jalan mengedarkan suatu daftar pertanyaan berupa formulir-formulir, yang kemudian diajukan secara tertulis kepada sejumlah subyek untuk mendapatkan suatu jawaban atau respons tertulis.

(Kartini Kartono, Pengantar Metodologi Riset Sosial, hlm.200).

3. Tes

Tes adalah alat ukur yang diberikan kepada individu untuk mendapatkan jawaban-jawaban yang diharapkan. Baik secara tulisan ataupun secara lisan.

Hasil pengukuran ini lebih banyak digunakan untuk dijadikan data kuantitatif yang pada umumnya menggunakan alat ukur data interval, sehingga dapat diolah dengan teknik statistika.

4. Wawancara

Wawancara atau interview, adalah salah satu alat pengumpul data yang sangat baik untuk mengetahui tanggapan, pendapat, motivasi, perasaan, serta proyeksi atau pandangan seseorang terhadap masa depan.

Metode wawancara ini digunakan apabila data yang diperlukan sebagian besar berada dalam benak pikiran responden.

Oleh karena itu, wawancara banyak digunakan pada saat studi-studi persepsi yang bernuansa kualitatif.

5. Observasi

Observasi ini banyak digunakan dalam mengukur tingkah laku individu maupun proses terjadinya suatu kegiatan yang dapat diamati.

Selain itu, observasi merupakan pengamatan dan pencatatan dengan sistematik fenomena-fenomena yang diselidiki.

6. Dokumentasi

Dokumentasi adalah suatu bentuk arsip ataupun pengabadian. Dokumentasi ini digunakan untuk mendapatkan data secara langsung dari tempat penelitian.

Misal literature buku-buku yang relevan, majalah, laporan kegiatan, notulen rapat, catatan harian, review jurnal, dan beberapa dokumen lain yang masih berkaitan dengan penelitian.

Jenis Metode Penelitian

jenis-metode-instrumen-penelitian
pixabay

Jenis metode penelitian sosial ataupun penelitian eksakta akan sangat diperlukan dalam prosesiasi penyelesaian karya tulis ilmah, seperti makalah, artikel, skripsi, ataupun sebuah laporan penelitian lainnya.

Adapun jenis-jenis metode penelitian yang dapat digunakan adalah sebagai berikut:

1. Kualitatif

Metode penelitian kualitatif, merupakan metode penelitian yang mempergunakan perhitungan yang tidak menggunakan angka numerik.

Di dalam jenis penelitian ini, lebih condong kepada tingkat kajian pustaka yang kuat dan juga melakukan analisis terhadap teori-teori lama yang mengandung hasil penelitian.

2. Kuantitatif

Metode penelitian kuantitatif, merupakan metode penelitian yang menggunakan analisis data dengan angka-angka numerik.

Instrumen yang digunakan dalam metode penelitian ini yaitu menggunakan sistem angket, polling, ataupun menggunakan kuesioner.

Pengertian Logika paling lengkap ini perlu kamu pelajari!

3. Eksperimen

Metode penelitian eksperimen, merupakan jenis metode penelitian yang lebih mendakatkan diri pada riset di dalam sebuah laboratorium dengan cara langsung terjun kelapangan.

Hal ini merupakan ciri khas utama dalam metode eksperimen.

Pelaksanaan atau cara kerja dari metode ini lebih didasari pada sikap penelitian yang ingin menyempurnakan sebuah hasil dari penelitian yang didapat.

4. Deskriptif

Terkahir metode penelitian deskriptif, metode ini merupakan metode penelitian yang mempergunakan data dan teknik dengan menggunakan analisis yang berdasarkan pada kajian pustaka.

Sedangkan instrumen yang digunakan di dalam metode ini lebih mendekati pada bentuk penelitian kualitatif.

Oleh sebab itu, banyak orang yang memberi nama metode penelitian ini dengan istilah kualitatif deskriptif.

Contoh Instrumen Penelitian

contoh-penelitian
pixabay

Setelah memahami mengenai pengertian instrumen penelitian, jenis-jenis, dan metodenya, maka berikut ini adalah beberapa contoh, atau instrumen yang umumnya digunakan dalam mengumpulkan data atau informasi pada sebuah penelitian:

1. Alat Rekam

Alat rekam dapat digunakan sebagai pelengkap dalam melakukan riset atau penelitian di lapangan.

Alat perekam/dokumentasi ini bisa dalam bentuk audio maupun video. Sehingga kamu dapat menggunakan kamera, smartphone, tape recorder, serta alat rekam lainnya.

2. Buku Catatan

Fungsi adanya buku catatan ini adalah, untuk mencatat apa yang didapatkan dari hasil penelitian yang ada diluar pikiran.

Sehingga dengan menggunakan teknik ini, data-data yang dibutuhkan ataupun tidak dibutuhkan dalam wawancara dan kuesioner nantinya dapat dimasukan sebagai pelengkap.

3. Buku Tes

Untuk penggunaan buku tes ini lebih mengerucut kepada jenis metode penelitian eksperimen yang banyak menghabiskan waktu di dalam laboratorium.

4. Wawancara

Wawancara merupakan contoh instrumen penelitian yang dapat dilakukan secara langsung maupun tidak langsung.

Jenis teknik pengumpulan data dengan menggunakan instrumen wawancara ini lebih cocok apabila digunakan dalam metode penelitian jenis kualitatif.

5. Kuesioner

Contoh alat atau instrumen pengumpul data yang dapat digunakan saat melakukan sebuah penelitian berikutnya adalah dengan melakukan penyebaran angket.

Dimana angket tersebut berisi sejumlah pertanyaan terhadapa responden yang berkaitan dengan penelitian yang akan dilakukan.

6. Peneliti

Terakhir adalah peneliti. Sebagai ahli riset, setiap individu baik secara langsung ataupun tidak langsung merupakan bagian dari instrumen penelitian itu sendiri.

Kehadiran dari seorang peneliti sangat berperan penting, karena dengan adanya peneliti tersebutlah ilmu pengetahuan dapat berkembang.

Dari sejumlah penjelasan mengenai instrumen penelitian tadi, perlu kamu ketahui bahwa penggunaan sebuah instrumen dalam riset bisa berbeda-beda antara satu metode dengan metode pengumpulan data yang lainnya.

Sekian

Demikianlah pembahasan kita mengenai pengertian instrumen penelitian beserta jenis-jenis, metode, dan juga contoh di dalamnya.

Semoga dengan adanya pembahasan ini dapat membantu dan memudahkan kamu dalam memahami pengertian instrumen penelitian dengan baik.

Akhir kata, semoga pembahasan-pembahasan tersebut dapat bermanfaat, sekian dan terimakasih 🙂

Zain Muhammad - Pemuda biasa yang ingin hidupnya bermanfaat untuk sesama

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.