Naufal Muhsy Founder of Trifaris Media site. Sangat menyukai bisnis online dan saat ini sedang mendalami Internet Marketing.

15+ Pengertian Sampah Menurut Para Ahli dan Secara Umum

5 min read

pengertian-sampah-menurut-para-ahli

Pengertian Sampah Menurut Para Ahli – Tentu bukan menjadi sesuatu yang asing lagi ketika kita mendengar kata sampah. Kita dapat melihat sampah ada dimana-mana, baik di tempat sampah ataupun berserakan di jalan dan lain sebagainya.

Secara singkat dapat kita definisikan, bahwa sampah merupakan material sisa yang tidak diinginkan setelah berakhirnya suatu proses.

Sampah adalah sebuah produk yang belum memiliki nilai ekonomi, sehingga tidak dibutuhkan dan dibuang begitu saja oleh manusia.

Nah, apabila sebelumnya kita sudah membahas mengenai pengertian manajamen menurut para ahli, maka pada kesempatan kali ini kita akan bersama-sama membahas mengenai pengertian sampah beserta penjelasannya.

Pengertian Sampah Secara Umum

pengertian-sampah
karungberas99.com

Sebagaiman yang telah kita singgung sedikit pada pembukaan, sampah memiliki pengertian secara umum kurang lebih sebagai berikut:

Sampah merupakan, sesuatu yang telah terbuang ataupun dibuang (tidak terpakai lagi) yang bersumber dari hasil aktivitas manusia dan alam yang belum memiliki nilai ekonomis atau nilai jual.

Dengan kata lain, material sisa yang dibuang sebagai hasil dari suatu proses produksi, baik itu rumah tangga ataupun industri.

Adapun material sisa yang disebut tadi ialah, sesuatu yang berasal dari manusia, hewan, ataupun dari tumbuhan. Sedangkan wujud nyata dari sampah tersebut dapat berbentuk padat, cair, ataupun gas.

Selain itu, sampah juga didefinisikan oleh sebagian orang sesuai dengan derajat keterpakaiannya.

Di dalam proses-proses alam, sebenarnya tidak ada yang namanya konsep sampah, yang ada hanya produk-produk yang dihasilkan setelah dan selama proses alam tersebut berlangsung.

Pengertian Sampah Menurut Para Ahli

pengertian-sampah-menurut-para-ahli
pixabay

Agar lebih memahami mengenai pengertian sampah, mari kita simak bersama-sama mengenai pengertian sampah menurut para ahli berikut ini:

1. Setyo Purwendro

Pengertian sampah menurut Setyo Purwendro adalah, bahan padat yang telah dibuang dari aktivitas rumah tangga, pasar, hotel, industri, dan aktivitas manusia lainnya.

Sehingga sampah juga dapat diartikan sebagai sampingan dari aktivitas manusia yang tidak terpakai.

2. Mustofa

Mustofa menyampaikan pengertiannya mengenai sampah, yakni merupakan bahan yang sudah tidak berharga dalam pemakaian, barang cacat ataupun rusak.

3. Kodoatie

Menurut Kodoatie, pengertian dari sampah adalah, limbah atau barang buangan yang bersifat padat atau setengah padat, yang berasal dari hasil kegiatan perkotaan ataupun siklus kehidupan makhluk hidup.

4. Rie G. S

Rie G. S. mendifinisikan sampah sebagai suatu barang yang kita miliki, namun sama sekali tidak pernah ada gunanya.

5. Wijaya Jati

Wijaya Jati mengartikan bahwa sampah adalah benda yang dihasilkan sebagai konsekuensi dari aktivitas manusia.

6. Dr. Tanjung (1982)

Menurut penuturan Dr. Tanjung (1982), sampah merupakan sesuatu yang sudah tidak berguna lagi, yang dibuang oleh pemakai atau pemiliknya.

7. Leonardo (1990)

Pengertian sampah menurut Leonardo (1990) ialah, limbah padat merupakan salah satu bentuk limbah yang terdapat di lingkungan masyarakat, yang dikenal juga  dengan istilah sampah.

8. Azwar (1990)

Azwar (1990) menuturkan definisinya mengenai sampah, bahwa sampah adalah sebagian dari sesuratu yang tidak dipakai, tidak disenangi, atau sesuatu yang harus dibuang yang umumnya berasal dari kegiatan atau aktivitas manusia (termasuk kegiatan industri).

Namun bukan biologis karena kotoran manusia (human waste) tidak termasuk di dalamnya.

9. Slamet (1993)

Slamet (1993), mengartikan sampah sebagai sesuatu yang tidak dikehendaki oleh yang punya dan bersifat padat. Ada yang mudah membusuk, namun ada juga yang tidak mudah membusuk.

10. Juli Soemirat (1994)

Menurut Juli Soemirat (1994), pengertian dari sampah yaitu, sesuatu yang tidak dikehendaki oleh yang punya dan bersifat padat.

11. Tchobanoglous (1995)

Menurut Tchobanoglous (1995), definisi atau pengertian dari sampah yaitu, semua buangan yang dihasilkan dari aktivitas manusia atau hewan yang sudah tidak diinginkan atau digunakan lagi, baik yang berbentuk padat ataupun setengah padat.

12. Prof. W. Radyastuti (1996)

Menurut Prof. W. Radyastuti (1996), pengertian dari sampah adalah, suatu barang yang dianggap tidak dapat dipakai kembali dan dibuang oleh pemakai sebelumnya. Namun, masih memiliki kemungkinan untuk dapat dipakai ataupun diolah kembali.

13. Manik (2003)

Menurut Manik (2003), pengertian dari sampah yaitu, suatu benda yang tidak digunakan atau tidak dikehendaki dan harus dibuang yang dihasilkan dari aktivitas atau kegiatan manusia.

14. Notoatmojo (2003)

Notoatmojo (2003) mendefinisikan sampah secara singkat, yang diartikan sebagai benda atau bahan yang sudah tidak terpakai/digunakan lagi.

15. Kamus Lingkungan (1994)

Menurut penyampaian yang berada pada Kamus Lingkungan (1994) pengertian dari sampah yaitu, bahan yang tidak mempunyai nilai atau tidak berharga.

Baik untuk digunakan secara biasa ataupun khusus di dalam produksi dan pemakaian. Barang rusak atau cacat selama manufaktur, atau materi berlebihan atau buangan.

16. World Health Organization (WHO)

Menurut World Health Organization atau yang biasa disingkat WHO, pengertian dari sampah yaitu, sesuatu yang tidak dipakai atau digunakan, tidak disenangi, atau sesuatu yang dibuang yang berasal dari kegiatan manusia dan tidak dapat terjadi dengan sendirinya.

Baca juga: Pengertian Produk Menurut Para Ahli

Jenis-jenis Sampah

jenis-jenis-sampah
ulyadays.com

Setelah memahami mengenai pengertian sampah, baik secara umum ataupun pengertian sampah menurut para ahli, berikutnya kita juga perlu memahami mengenai jenis-jenis dari sampah tersebut.

Jenis-jenis sampah ini dapat dikelompokan atau diklasifikasikan ke dalam beberapa bagian. Berikut jenis-jenis sampah sesuai pembagiannya:

1. Jenis Sampah Berdasarkan Sifatnya

Berdasarkan sifatnya, sampah terbagi menjadi dua bagian, yaitu

Sampah organik (Degradable): Yaitu sampah yang dapat membusuk dan mengurai, sehingga sampah tersebut bisa diolah untuk dijadikan kompos. Misalnya daun kering, sayuran, sisa makanan, dan lain sebagainya.

Sampah anorganik (Undegradable): Yaitu sampah yang sangat sulit untuk terurai dan membusuk. Namun, samapah anorganik ini dapat didaur ulang untuk dijadikan seseuatu yang baru dan bermanfaat.

Apa saja contoh sampah anorganik tersebut? Misalnya kaleng bekas, botol plastik, karton, dan lain sebagainya.

2. Jenis Sampah Berdasarkan Bentuknya

Berdasarkan bentuknya, sampah dapat terbagi menjadi beberapa bagian, diantaranya yaitu:

Sampah padat: Sampah padat merupakan, material yang dibuang oleh manusia (kecuali kotoran manusia). Contoh dari sampah padat ini diantarnya adalah, pecahan gelas, sampah dapur, plastik bekas, dan lain sebagainya.

Sampah cair: Sampah cair merupakan, bahan atau limbah cair yang tidak dibutuhkan dan dibuang oleh manusia. Contoh dari sampah cair yaitu, sampah cair dari tempat cucian, sampah cair dari toilet, dan lain sebagainya.

3. Jenis Sampah Berdasarkan Sumbernya

Berdasarkan sumbernya, sampah dapat terbagi menjadi berbagai macam jenis yaitu:

  • Sampah yang berasal dari alam
  • Sampah yang berasal dari manusia
  • Sampah industri
  • Sampah pertambangan
  • Sampah konsumsi
  • Dan lain sebagainya

Dampak Sampah Pada Masyarakat

dampak-sampah-bagi-masyarakat
yogyakarta.kompas.com

Pada umumnya, sampah memiliki dampak yang kurang baik dalam kehidupan manusia, apalagi jika manusia itu sendiri tidak dapat menangani dan menjaga kebersihan lingkungannya.

Sedangkan menurut Gelbert dan tim (1996), dampak sampah terhadap kehidupan manusia dan lingkungan ada 3:

1. Dampak Sampah Pada Kesehatan

Penaganan yang kurang tepat pada sampah, akan memberikan dampak yang buruk bagi kesehatan masyarakat yang hidup disekitarnya.

Sampah-sampah yang tidak tertangani dengan baik tersebut, akan berpotensi menimbulkan bahaya bagi kesehatan seperti:

  • Penyakit cacingan
  • Penyakit Jamur
  • Penyakit diare, tifus, kolera
  • Dan lain sebagainya

2. Dampak Sampah Pada Lingkungan

Kedua, selain berdampak buruk bagi kesehatan manusia, penanganan sampah yang kurang tepat juga akan memberikan dampak yang buruk pada lingkungan.

Mengapa?

Ya, karena seringkali sampah yang menumpuk pada saluran air mengakibatkan aliran air menjadi tidak lancar, bahkan berpotensi mengakibatkan banjir.

Selain itu, sampah yang berada pada sekitar saluran air juga akan menimbulkan bau yang tidak sedap.

3. Dampak Sampah Pada Sosial dan Ekonomi

Ketiga, penanganan sampah yang tidak baik juga akan memberikan dampak yang buruk terhadap keadaan sosial dan ekonomi. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Meningkatnya biaya kesehatan yang dikeluarkan dikarenakan timbulnya banyak penyakit.
  • Kondisi lingkungan yang tidak bersih dikarenakan penanganan sampah yang kurang baik. Hal ini akan memberikan dampak pada kehidupan sosial masyarakat secara keseluruhan.

Baca juga: Pengertian Sampel Menurut Para Ahli

Cara Pengelolaan Sampah yang Baik

pengertian-sampah-menurut-para-ahli
mongabay.co.id

Mengacu pada pengertian dari sampah dan jenis-jenisnya, sangat diperlukan penanganan dan pengelolaan sampah secara baik dan benar.

Kemudian merujuk informasi dari Departemen Pekerjaan Umum kota Semarang tahun 2008, penangan dan pengelolaan sampah dapat dilakukan dengan sistem 3R.

Apa itu 3R? Berikut pemaparannya:

1. Mengurangi (Reduce)

Reduce atau mengurangi, merupakan metode pengelolaan sampah dengan cara mengurangi segala sesuatu yang dapat menyebabkan timbulnya sampah.

2. Menggunakan Kembali (Reuse)

Kemudian metode yang kedua yaitu metode reuse atau menggunakan kembali. Metode ini adalah, metode dengan cara menggunakan kembali sampah yang sudah terpakai baik digunakan dengan fungsi yang sama ataupun fungsi yang lain.

3. Daur Ulang (Recycle)

Yang terakhir adalah recyle atau daur ulang, yaitu pengelolaan sampah dengan cara mendaur ulang sampah-sampah yang sudah terpakai untuk dijadikan sesuatu yang baru dan dapat digunakan.

Selain cara pengelolaan sampah yang sudah disebutkan di atas, kamu juga dapat menerapkan pengelolaan sampah yang baik dari rumah kamu sendiri. Sehingga dengan begitu lingkungan kita bisa menjadi lingkungan yang lebih bersih dan sehat.

Sekian

Demikianlah pembahasan kita pada kesempatan kali ini mengenai pengertian sampah menurut para ahli beserta fungsi, dampak, dan juga cara pengelolaanya.

Semoga dengan adanya pembahasan tersebut, dapat membantu dan memudahkan kamu dalam memahami pengertian sampah dengan baik yang benar.

Akhir kata, semoga pembahasan-pembahasan tersebut dapat bermanfaat, sekian dan terimakasih 🙂

Naufal Muhsy Founder of Trifaris Media site. Sangat menyukai bisnis online dan saat ini sedang mendalami Internet Marketing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.