Naufal Pemuda biasa yang ingin hidupnya bermanfaat untuk ummat

Pengertian Seni Ilustrasi

5 min read

seni-ilustrasi

Membahas tentang pengertian seni ilustrasi, seni ilustrasi merupakan sebuah seni yang tercipta dengan tujuan untuk memberikan kebahagiaan melalui sebuah keindahan. Hal tersebut diperuntukkan agar dapat dinikmati dan bukan untuk dinilai.

Saya sangat yakin bahwa kalian semua pernah menemukan atau melihat sebuah bentuk dari karya seni ilustrasi, hanya saja mungkin kalian belum mengetahui jika itu adalah seni ilustrasi.

Nah, agar kita memiliki pengetahuan yang lebih luas mengenai seni ilustrasi, sebagaimana kita memahami pengertian seni batik dan seni kolase, pada kesempatan kali ini kita akan bersama-sama belajar mengenai seni ilustrasi yang dibahas secara tuntas pada artikel berikut ini.

Yuk, simak pembahasannya!

A. Pengertian Seni Ilustrasi Secara Umum

pengertian-seni-ilustrasi
khanzaku-wordpress-com

Apa itu seni ilustrasi? Seni ilustrasi merupakan sebuah gambar atau foto yang digunakan untuk menjelaskan suatu teks atau naskah. Hal tersebut bertujuan agar pembaca lebih mudah dalam memahami pesan atau informasi yang disajikan oleh naskah tersebut.

Selain itu, seni ilustrasi merupakan sebuah kata yang berasal dari bahasa Belanda, yakni ilustrasi yang memiliki arti sebuah hiasan dengan gambar.

“Secara terminologi, ilustrasi adalah sebuah gambaran yang memiliki fungsi sebagai sarana dalam menjelaskan suatu kejadian.”

Adapun pengertian ilustrasi menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) ialah, sebuah gambar yang menjelaskan isi dari sebuah buku atau sebuah tulisan.

Sehingga dengan begitu dapat memudahkan pembaca dalam memainkan imajinasinya untuk mengartikan tulisan melalui sebuah gambar.

B. Pengertian Seni Ilustrasi Menurut Para Ahli

pengertian-seni-ilustrasi-menurut-para-ahli
pixabay

Selain pengertian seni ilustrasi di atas, beberapa ahli dan pakar dalam bidang seni juga menyampaikan defenisi seni ilustrasi. Berikut ini adalah pengertian seni ilustrasi menurut beberapa ahli tersebut:

1. Rohidi (1984:87)

Menurut Rohidi, seni ilustrasi yaitu sebuah seni lukis atau seni gambar yang diabadikan untuk kepentingan lain, yang bisa memberikan penjelasan atau mengiringi sebuah tulisan atau teks. Contoh cerita pendek pada sebuah majalah.

2. Soedarso (1990:87)

Menurut Soedarso, seni ilustrasi merupakan sebuah ekspetasi dari ketidak mungkinan serta tidak berbeda jauh dengan angan-angan, yang sifatnya virtual atau maya.

3. Martha Thoma (dalam Sofyan, 1194:171)

Martha Thoma berpendapat bahwa, seni ilustrasi masih memiliki hubungan dengan seni rupa. Yaitu penggambaran sesuatu melalui elemen rupa dengan tujuan menerangkan, menjelaskan, ataupun memperindah sebuah teks.

Hal tersebut bertujuan agar pembacanya dapat merasakan secara langsung melalui panca indera sendiri, mengenai kesan dan sifat-sifat gerak dari cerita yang disajikan. 

C. Fungsi Seni Ilustrasi

fungsi-seni-ilustrasi
budsies.com

Di dalam suatu seni, tentunya terdapat peran dan tujuan dalam penyampaian pesan atau maksud tertentu. Baik dalam menyampaikan sebuah nilai estetika, atau pesan yang secara jelas dan nyata  digambarkan pada sebuah seni ilustrasi.

Berikut ini adalah beberapa fungsi seni ilustrasi:

1. Fungsi Seni Ilustrasi Secara Umum

  • Sarana untuk mempromosikan produk

Contoh dari sarana mempromosikan produk ini adalah, pada kemasan suatu produk tentunya akan membutuhkan sebuah desain yang bagus dan menarik. Hal tersebut bertujuan agar konsumen tertarik untuk membeli produk yang dipromosikan.

  • Menarik perhatian pembaca untuk membaca judul

Pada suatu tulisan, ternyata judul merupakan salah satu hal yang memiliki pengaruh besar terhadap minat pembaca untuk membaca isinya hingga akhir. Maka disinilah peran ilustrasi sangat diperlukan.

  • Menarik perhatian pembaca untuk memahami isi

Dengan adanya sebuah gambar ilustrasi pada sebuah teks cerita atau informasi, maka teks atau informasi tersebut dapat dipahami dengan mudah oleh para pembacanya.

Oleh karena itu, ilustrasi bisa memberikan sebuah penjelasan atau lebih memperjelas suatu informasi atau teks cerita yang disampaikan.

  • Untuk mempermudah dalam mengungkapkan suatu kejadian

Dengan ilustrasi, seseorang dapat dengan mudah mengungkapkan gambaran atas suatu kejadian yang telah dialami, ataupun kejadian yang belum terjadi melalui media gambar.

Sehingga dengan begitu kejadian tersebut dapat dipahami oleh orang lain tanpa harus ditulis secara rinci.

  • Untuk menggambarkan sesuatu

Gambar ilustrasi bisa membuat orang lain paham mengenai sebuah maksud dari suatu cerita atau informasi. Sehingga dengan begitu sebuah pesan atau tulisan yang digunakan akan menjadi lebih singkat, karena dengan gambar ilustrasi saja orang sudah dapat memahami mengenai maksud dari informasi yang disampaikan.

  • Mengandung nilai estetika

Ilustarasi juga mengandung sebuah nilai estetika seperti dengan gambar ilustrasi wajah seseorang. Sehingga tidak hanya berguna dalam memberikan penjelasan mengenai suatu teks atau informasi saja.

2. Fungsi Seni Ilustrasi Secara Khusus

  • Deskriptif: Memiliki fungsi untuk memberikan dan menjabarkan arti dari sebuah tulisan yang banyak dengan gambar. Sehingga maksud dari tulisan tersebut dapat dipahami hanya dengan melihat suatu gambar.
  • Ekspresif: Berfungsi untuk mengekspresikan sebuah ide atau gagasan yang dimiliki hanya dengan sebuah gambar. 
  • Kualitatif: Ilustrasi juga memiliki fungsi sebagai pembuatan sebuah tabel, simbol, grafik, dan lain sebagainya.
  • Analitis: Berfungsi untuk menjelaskan bagian-bagian pada sebuah benda dengan rinci.

D. Jenis-jenis Seni Ilustrasi

jenis-jenis-ilustrasi
pixabay

Seiring dengan perkembangan seni ilustrasi yang begitu pesat, tentu juga membuat jenis ilustrasi tersebut menjadi semakin beragam. Adapun jenis seni ilustrasi tersebut diantaranya adalah:

1. Gambar Karikatur

Gambar karikatur dapat kita temukan pada sebuah majalah ataupun koran. Karikatur merupakan sebuah gambar yang dibuat dengan penggambaran suatu objek yang konkret, dengan cara melebih-lebihkan ciri khas objek itu sendiri.

Selain itu, kata karikatur juga dimuat dari bahasa Italia yakni caricare yang memiliki arti memberi muatan atau melebih-lebihkan.

Gambar karikatur umumnya juga dimaksudkan untuk memberikan kesan humoris, kritikan ataupun sindiran yang dalam penggambarannya sudah ada penyimpangan proporsi tubuh. Baik itu objek manusia atau hewan.

2. Gambar Kartun

Gambar kartun umumnya dapat kita temukan pada majalah atau buku anak-anak. Hal ini bertujuan agar dengan hadirnya gambar pada buku bacaan, dapat menarik perhatian anak-anak untuk lebih betah dan berlama-lama dalam membaca.

Selain memberikan banyak pelajaran, hal ini juga bisa menambah kosa-kata anak dan melatih mereka untuk memainkan imajinasi.

3. Cerita Bergambar atau Komik

Di dalam sebuah cerita bergambar atau komik, sebuah ilustrasi dapat digunakan untuk menyatukan suatu tempat serta mendeskripsikan sebuah cerita dengan sudut pandang yang membuat pembaca tertarik untuk mengikuti alur cerita tersebut.

4. Gambar Ilustrasi Dekoratif

Ilustrasi dekoratif merupakan gambar yang berfungsi untuk menghiasi sesuatu dengan sebuah bentuk yang disederhanakan ataupun dilebih-lebihkan dengan gaya atau model tertentu.

5. Gambar Ilustrasi Naturalis atau Realis

Gambar ilustrasi naturalis merupakan gambar ilustrasi yang memiliki warna dan bentuk yang sama dengan bentuk asli di alam, tanpa ada suatu penambahan atau pengurangan.

6. Karya Sastra

Umumnya ilustrasi dari sebuah karya sastra dapat kita temukan pada buku pelajaran. Dimana ilustrasi ini berfungsi untuk memberikan sebuah pengetahuan dan juga memperjelas serta mempertegas suatu peristiwa.

Bentuk ilustrasi ini juga dapat kita temukan pada cerita pendek, puisi, ataupun sajak yang akan lebih menarik dan dapat menjadi gambaran dalam sebuah tulisan.

7. Ilustrasi Khayalan

Ilustrasi khayalan adalah gambar ilustrasi yang dihasilkan dari imajinasi imajinasi pembuatnya. Umumnya jenis ilustrasi yang satu ini banyak digunakan pada komik, novel, roman, dan lain sebagainya.

E. Manfaat Seni Ilustrasi

Manfaat Seni Ilustrasi
foggiareporter.it

Suatu ilustrasi memiliki banyak arti dan makna, ia membantu kita dalam memahami sebuah arti tersirat pada suatu tulisan dengan gambar. Berikut ini adalah beberapa manfaat dari seni ilustrasi:

  • Sebagai sarana untuk berkomunikasi

Secara umum suatu gambar dapat mendeskripsikan sebuah tulisan yang disampaikan.

  • Menjelaskan secara singkat mengenai sebuah tulisan atau cerita

Dengan adanya sebuah gambar ilustrasi, suatu tulisan atau cerita akan lebih mudah untuk dipahami dan juga dimengerti.

  • Sebagai sarana untuk mengeskpresikan ide atau pikiran melalui sebuah gambar

Banyak orang-orang yang mereka senang dan hobi dengan menggambar. Hal tersebut ia gunakan dan manfaatkan untuk mengespresikan apa yang ia rasakan, menyalurkan hobi, atau pun mencurahkan isi hati dan lain sebagainya.

  • Menarik perhatian pembaca

Ilustrasi dapat digunakan dalam memberi gambaran lengkap tentang isi suatu karya. Contohnya adalah ilustrasi pada suatu buku atau majalah. Sebuah ilustrasi sangatlah berpengaruh untuk membuat para pembaca penasaran serta membuat mereka ketagihan untuk membacanya lebih lama.

  • Memberikan hiburan bagi pembaca

Untuk menghindari rasa bosan pada pembaca, para penulis dapat menggunakan gambar ilustrasi sehingga suasana membaca menjadi lebih hidup.

  • Meningkatkan nilai estetika pada sebuah gambar atau tulisan

Dengan adanya ilustrasi, dapat menjadikan seseorang lebih mudah dalam memahami dan memaknai sebuah pesan yang disampaikan oleh penulis.

  • Memudahkan dalam memahami sebuah tulisan

Adanya ilustrasi juga dapat membantu kita untuk menemukan arti dari sebuah tulisan yang kita baca secara menyeluruh.

F. Contoh Seni Ilustrasi

Setelah mengetahui dan memahami mengenai pengertian, fungsi, jenis, dan manfaat seni ilustrasi, berikut ini adalah beberapa contoh seni ilustrasi:

1. Majalah

contoh-seni-ilustrasi
gearpatrol.com

Pada sebuah majalah umumnya adalah majalah fashion, ilustrasi tentu mempunyai pengaruh dan nilai yang sangat penting. Mengapa bisa demikian? Karena ilustrasi dapat membantu konsumen dalam mengenal sebuah produk yang ditawarkan. Sehingga dapat menarik konsumen untuk membeli produk tersebut.

2. Komik

contoh-seni-ilustrasi
tentangkartunku.wordpress.com

Komik adalah sebuah karya seni yang memadukan rangkaian gambar untuk disusun menjadi sebuah cerita yang baik dan menarik.

3. Cover

contoh-seni-ilustrasi
commaapropar.cf

Tentu pada setiap buku terdapat yang namanya cover atau sampul. Dengan ilustrasi maka dapat menjadikan sebuah buku semakin menarik dan indah.

Selain itu dengan adanya ilustrasi juga dapat menarik perhatian pembaca, terutama pada buku-buku pelajaran. Karena dengan gambar akan lebih memudahkan siswa dalam memahami materi pelajaran.

G. Prinsip-prinsip di Dalam Seni Ilustrasi

prinsip-seni-ilustrasi
pixabay

Terdapat beberapa prinsip seni ilustrasi yang juga harus kita perhatikan, diantaranya adalah:

  1. Ilustrasi yang dibuat harus sesuai atau tepat dengan sasaran/target pembaca (anak-anak, remaja, atau dewasa).
  2. Objek yang dibuat harus sesuai dengan isi tulisan atau maksud dari sebuah cerita.
  3. Menarik dan mudah dimengerti.

H. Tahapan dan Cara Membuat Ilustrasi

Dalam pembuatan ilustrasi, terdapat beberapa proses atau tahapan yang harus dilalui, berikut adalah video cara membuat gambar pemandangan ilustrasi dan beserta tahapan-tahapannya:

  1. Menentukan ide dan konsep berdasarkan dengan cerita atau narasi
  2. Menentukan jenis ilustrasi yang ingin dibuat
  3. Menggambar sketsa global yang disesuaikan dengan cerita atau narasi
  4. Memberikan atau warna pada objek gambar sesuai dengan karakter cerita

I. Sekian

Demikianlah pembahasan kita mengenai seni ilustrasi yang dibahas secara lengkap dan mendalam. Kalian dapat menjadikan materi ini sebagai tambahan wawasan dan referensi dalam belajar.

Apabila kalian merasa artikel ini bermanfaat, kalian dapat membagikannya kepada teman-teman kalian yang sekiranya juga perlu membaca pembahasan ini. Untuk kritik, saran, dan masukan kalian dapat menuliskannya pada kolom komentar.

Akhir kata, semoga pembahasan-pembahasan tersebut dapat bermanfaat, sekian dan terimakasih 🙂

Naufal Pemuda biasa yang ingin hidupnya bermanfaat untuk ummat

Sketsa Kupu Kupu

Naufal
6 min read

Pengertian Seni Reklame

Naufal
5 min read

Pengertian Seni Dekorasi

Naufal
3 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.