Contoh Pidato Bahasa Indonesia tentang Kedisiplinan

Pidato bahasa Indonesia tentang kedisiplinan – pidato merupakan sebuah kegiatan berbicara atau menyampaikan suatu hal (wawasan/gagasan) di depan banyak orang atau khalayak ramai.

Pidato sendiri termasuk dalam salah satu teori dari pelajaran Bahasa Indonesia. Karenanya pidato sering kali digunakan sebagai ujian praktek di sekolah-sekolah, serta dijadikan ajang perlombaan ataupun pencarian bakat.

Namun meski pidato hanya disampaikan melalui kata-kata, kita tetap harus memperhatikan ekspresi wajah, intonasi suara, serta tingkah laku yang baik. Sehingga pidato yang baik dapat memberikan kesan positif bagi orang-orang yang mendengarnya.

Berikut ini merupakan pembahasan mengenai  contoh pidato tentang kedisiplinan yang dapat kalian jadikan sebagai materi maupun refrensi.

Pembukaan Pidato Bahasa Indonesia tentang Kedisiplinan

pidato-bahasa-indonesia-tentang-kedisiplinan-terbaik
pixabay

Bismillahirrahmanirrahiim

Assalamualaikum Wr. Wb.

(Mukadimah)

Hadirin yang saya hormati,

Pertama-tama dan yang paling utama, ucapan rasa syukur Alhamdulillah marilah senantiasa kita haturkan kehadirat Allah SWT. Atas segala limpahan rezeki, rahmat, dan hidayah-Nya sehingga kita mampu hadir pada perjumpaan hari ini dalam keadaan sehat wal afiat.

Kedua kalinya, sholawat serta salam semoga senantiasa tercurah limpahkan kepada junjungan Nabi kita yaitu Nabi Muhammad SAW. Dimana telah membawa ummatnya dari zaman jahiliyah hingga zaman islamiyah, dan semoga kita bisa mendapatkan syafaat dari beliau. Aamiin.

Pada kesempatan hari yang cerah ini, izinkan saya untuk menyampaikan sebuah pidato dengan tema kedisiplinan.

Isi Pidato Bahasa Indonesia tentang Kedisiplinan

isi-pidato-kedisiplinan-bahasa-indonesia-terlengkap
pixabay

Teman-teman yang dirahmati oleh Allah SWT

Kedisiplinan merupakan salah bentuk pendidikan atau proses bimbingan yang bertujuan untuk menanamkan perilaku, kebiasaan, ataupun membentuk seseorang dengan ciri tertentu. Selain itu, kedisiplinan juga merupakan salah satu kunci yang dapat mengantarkan kita menuju keberhasilan dan kesuksesan dalam hidup ini.

Karenanya, sudah seharusnya kedisiplinan kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Baik dalam lingkungan keluarga, masyarakat, lembaga, perguruan tinggi, ataupun sekolah.

Sehingga dengan kedisiplinan, segala aktivitas yang kita kerjakan dapat berjalan dengan tertib dan lebih terkondisi. Selain itu, kedisiplinan juga dapat menjadikan kita sebagai pribadi-pribadi yang lebih kokoh, teratur, percaya diri, serta mandiri.

Teman-teman yang dirahmati oleh Allah SWT

Pada saat ini, banyak sekali orang-orang yang menganggap kedisiplinan sebagai hal yang sulit untuk diterapkan. Karena kebanyakan dari mereka sudah dikuasai oleh rasa malas, sehingga menganggap yang penting hidup senang sebagaimana air mengalir.

Padahal, hal inilah yang justru bisa menjadi sebuah hambatan dalam menumbuhkan kedisiplinan pada diri sendiri dan kehidupan sehari-hari. Sedangkan seluruh aspek dalam kehidupan ini sangat membutuhkan yang namanya kedisiplinan.

Maka sudah selayaknya bagi kita sebagai seorang siswa, untuk memiliki kedisiplinan ini. Karena, di dalam sekolah kita akan menemukan banyak sekali peraturan-peraturan atau tata tertib yang tentu harus kita patuhi.

Karena hadirnya peraturan-peraturan atau tata tertib tersebut bertujuan untuk kebaikan kita bersama. Seperti peraturan datang ke sekolah tepat waktu, menggunakan pakaian dengan rapi, baik, dan benar, dan lain sebagainya.

Kita menanamkan kedisiplinan pada diri sendiri, untuk membantu agar kita senantiasa berada pada jalur kesuksesan. Sebagaimana tugas siswa atau pelajar adalah belajar, maka kita harus senantiasa belajar dengan giat dan tekun agar kelak dapat meraih kesuksesan.

Teman-teman yang dirahmati oleh Allah SWT

Meskipun sebagian kita masih ada yang merasa sulit untuk menanamkan kedisiplinan, sebenarnya ada beberapa cara yang dapat kita gunakan untuk menumbuhkan kedisiplinan ini.  Diantaranya adalah:

1. Komitmen / Konsisten

Ya, jika kita telah menentukan pilihan mana yang baik dalam hidup kita, maka kita membutuhkan yang namanya komitmen. Karena dengan komitmen, kedisiplinan yang berusaha kita tumbuhkan tidak mudah kendor atau hilang begitu saja.

2. Memprioritaskan sesuatu

Dengan menganggap penting sebuah pekerjaan atau aktifitas, maka perlahan kedisiplinan itu akan tumbuh pada diri kita. Karenanya kita harus menyusun hal-hal yang kita anggap penting dan jangan sampai kita menyepelekan atau meremehkan hal tersebut.

3. Membiasakan diri

Dengan membiasakan diri agar senantiasa dalam kedisiplinan, maka seiring berjalannya waktu kita akan benar-benar menjadi orang yang memiliki dedikasi tinggi dalam hal kedisiplinan. Karena sesuatu yang dikerjakan secara konsisten (terus menerus) tanpa disadari akan menjadi sebuah kebiasaan. Maka jadikanlah kedisiplinan sebagai kebiasaan.

4. Kesadaran hati dan diri

Tanyakan pada hati dan diri kita sendiri, apakah kita sudah menerapkan kedisiplinan dalam hidup ini. Apabila kita merasa sudah cukup disiplin, maka kita bisa meningkatkan kedisiplinan tersebut.

Namun apabila kita merasa belum cukup disiplin, maka menanamkan kesadaran pada hati dan diri sendiri adalah cara terbaik. Bahwa kita harus berubah, menjadi lebih baik, serta mengambil langkah-langkah yang tepat dan mantap untuk menumbuhkan kedisiplinan pada diri sendiri.

Teman-teman yang dirahmati oleh Allah SWT

Karenanya, marilah kita tanamkan pada diri kita kedisiplinan-kedisiplinan tersebut. Semoga dengan tertanamnya kedisiplinan pada diri kita, kita dapat menjadi manusia-manusia yang lebih baik kedepannya.

Manusia-manusia yang dapat mewujudkan impian-impiannya dan meraih cita-citanya. Dapat menjadi manusia-manusia yang lebih bermanfaat untuk keluarga, masyarakat, ummat, serta nusa dan bangsa.

Penutupan Pidato Bahasa Indonesia tentang Kedisiplinan

contoh-penutupan-pidato-terbaik-bahasa-indonesia
pixabay

Baik, demikianlah pidato yang dapat saya sampaikan dengan tema kedisiplinan, dan semoga apa yang sudah saya sampaikan tersebut dapat bermanfaat. Apabila ada kata yang salah itu datangnya dari saya pribadi, dan apabila ada baiknya itu datangnya hanya dari Allah SWT.

Apabila ada sumur di ladang, boleh kita menumpang mandi

Apabila ada umur yang panjang, boleh kita berjumpa kembali

Kurang lebihnya mohon, wabillahitaufik wal hidayah

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Wawasan Tambahan tentang Kedisiplinan

pengertian-penjelesan-tentang-disiplin-manfaat-lengkap
pixabay

Di dalam wawasan tambahan berikut ini, kita akan sedikit membahas mengenai pengertian disiplin, tujuan disiplin, serta manfaat disiplin. Tujuan hadirnya wawasan tambahan ini, saya berharap kita semua dapat memahami makna disiplin yang sebenarnya.

Sehingga kita semua bisa menjadi manusia-manusia yang lebih baik kedepannya.

Pengertian Disiplin

Disiplin merupakan suatu bentuk tindakan mematuhi dan mentaati sesuatu, sesuai dengan nilai-nilai dan aturan yang dipercaya merupakan tanggung jawabnya.

Dengan makna lain, disiplin adalah mematuhi suatu peraturan atau tunduk terhadap pengawasan dan pengendalian. Namun pendapat lain menyatakan bahwa, disiplin merupakan suatu sifat atau kemampuan seseorang dalam mengendalikan diri dan mematuhi aturan atau nilai-nilai yang telah disepakati.

Tujuan Disiplin

Menurut Ellen G. White, bahwa disiplin memiliki beberapa macam tujuan. Nah, tujuan-tujuan dari disiplin tersebut diantaranya adalah sebagi berikut:

  • Memperbaiki kebiasaan-kebiasaan
  • Menaklukan kuasa kemauan
  • Perintah diri
  • Mengajarkan menghormati orangtua dan Ilahi (Tuhan)
  • Penurutan atas dasar prinsip
  • Menghancurkan benteng setan
  • Untuk memberikan sasaran tertentu sekaligus membatasi cakrawala
  • Untuk mengembangkan suatu keteraturan dalam tindakan

Manfaat Disiplin

Bukan hanya tujuan, dengan disiplin tentunya ada banyak hal bermanfaat yang bisa kita dapat, dan diantara manfaat-manfaat dari disiplinan adalah sebagai berikut:

1. Menumbuhkan kepekaan: anak-anak atau seseorang yang diajarkan kedisiplinan sejak dini, akan memiliki pribadi yang peka dan peduli terhadap lingkungan dan perasaan orang lain.

2. Menumbuhkan kepedulian: anak-anak yang sudah diajarkan kedisiplinan, akan memiliki kepedulian, integritas, tanggung jawab, serta bisa menyelesaikan masalahnya.

3. Mengajarkan Keteraturan: anak-anak yang diajarkan tentang kedisiplinan akan memiliki pola hidup yang lebih teratur, serta bisa mengelola waktu-waktunya dengan baik.

4. Menumbuhkan Rasa Percaya Diri: dengan memiliki sikap disiplin, akan membuat anak atau seseorang lebih percaya diri dalam melakukan setiap aktivitasnya.

5. Menumbuhkan Kemandirian: kedisiplinan juga dapat membentuk seseorang menjadi pribadi-pribadi yang lebih mandiri, serta dapat bersosialisai dengan lebih baik.

6. Perkembangan Otak: saat usia 3 tahun, manusia akan menjadi seorang peniru ulung. Sehingga dengan mengajarkan kedisiplinan, akan membantu perkembangan otak serta membentuk kebiasaan dan sikap positif.

Sekian

Baik, usai sudah pembahasan kita mengenai contoh pidato Bahasa Indonesia tentang kedisiplinan yang dapat dijadikan sebagai materi maupun refrensi. Dilengkapi juga dengan wawasan tambahan mengenai kedisiplinan, yang semoga dapat menjadikan kita sebagai manusia yang lebih baik kedepannya. Aamiin.

Oh iya, jangan lupa juga untuk membaca puisi perpisahan kelas 6 yang dapat dijadikan sebagai refrensi untuk adik-adik dirumah. Sekian, semoga bermanfaat dan Terimakasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.