Pidato tentang Kebersihan Lingkungan Masyarakat

Pidato tentang kebersihan lingkungan masyarakat – menjaga kebersihan merupakan salah satu hal yang harus senantiasa kita perhatikan. Baik dari kebersihan diri sendiri, kebersihan rumah, dan juga kebersihan lingkungan masyarakat.

Karena lingkungan yang bersih, akan menjadikan aktivitas-aktivitas kita menjadi lebih nyaman. Selain itu, lingkungan yang akan berdampak baik juga bagi kesehatan tubuh kita bersama.

Karenanya pada artikel kali ini, kita akan membahas contoh-contoh pidato tentang kebersihan lingkungan masyarakat. Semoga dari pidato yang kita sampaikan ini, akan timbul kesadaran pada diri audience yang mendengarkan akan pentingnya menjaga kebersihan.

Khususnya kebersihan lingkungan masyarakat, berikut ini adalah contoh pidato yang dapat kalian jadikan sebagai refrensi.

Pidato tentang Kebersihan Lingkungan Masyarakat Desa

contoh-pidato-tentang-kebersihan-lingkungan-masyarakat-terbaik
liputansumsel

Hingga saat ini mungkin masih banyak kita jumpai di sekeliling kita, khususnya masyarakat desa dekat sungai. Akan kurangnya kesadaran untuk membuang sampah pada tempatnya, sehingga tidak jarang kita melihat banyak sampah-sampah yang dibuang di sungai begitu saja.

Padahal dampak buruk dari hal yang dianggap sepele itu sangatlah besar sekali, salah satunya tercemarnya air dan apabila hujan turun akan dapat mengakibatkan banjir.

Sehingga harus ada himbauan dari Kepala Desa ataupun tokoh masyarakat kepada warganya akan pentingnya menjaga kebersihan. Nah, berikut ini adalah contoh pidato kebersihan lingkungan masyarakat desa yang dapat dijadikan sebagai materi.

Pembukaan

Assalamualaikum Wr. Wb.

Yang terhormat bapak Kepala Desa Durian Runtuh (Bpk…….)

Yang terhormat ketua karang taruna (Mas……)

Yang terhormat seluruh tokoh masyarakat yang tidak dapat saya sebutkan satu persatu

Serta hadirin yang saya hormati pula

Puja dan puji syukur marilah senantiasa kita haturkan kehadirat Allah SWT, yang dimana Allah SWT masih senantiasa memberikan nikmatnya kepada kita semua. Sehingga kita dapat berkumpul dan menghadiri acara pada hari ini dalam keadaan sehat wal afiat.

Sholawat serta salam semoga senantiasa tercurah limpahkan kepada suri tauladan terbaik bagi kita semua, yaitu Nabi Muhammad SAW. Semoga kita bisa mendapatkan syafaat dari beliau kelak di yaumil qiyamah. Aamiin.

Hadirin yang dirahmati oleh Allah SWT

Berdirinya saya disini, ingin sedikit menyampaikan pidato tentang kebersihan lingkungan masyarakat. Khususnya kebersihan lingkungan masyarakat di Desa Durian Runtuh.

Isi Pidato tentang Kebersihan Lingkungan Masyarakat Desa

Memiliki lingkungan yang bersih sudah pasti menjadi dambaan bagi setiap orang, tidak terkecuali kita semua. Siapa yang tidak ingin tinggal/hidup di dalam lingkungan yang bersih? Saya rasa tidak ada.

Namun untuk menciptakan lingkungan masyarakat yang bersih, itu tergantung dari diri kita sendiri. Tergantung dari masyarakat yang menempati lingkungan masyarakat tersebut.

Sebagai contoh gampangnya, saya ambil dari lingkungan masyarakat kita sendiri.

Apakah lingkungan masyarakat kita sudah bersih? Lalu apa yang harus kita lakukan agar lingkungan masyarakat kita menjadi bersih?

Jawabannya mudah. Ya, kita harus membersihkannya.

Hadirin yang dirahmati oleh Allah SWT

Namun terkadang, untuk melakukan kegiatan kerja bakti kebersihan itu sendiri kita malas. Karenanya melalui pidato yang sampaikan berikut, semoga tumbuh pada diri kita bersama kesadaran untuk senantiasa menjaga kebersihan lingkungan masyarakat ini.

Salah satu cara paling minimal untuk menjaga kebersihan lingkungan masyarakat kita adalah, dengan tidak membuang sampah sembarangan. Karena dengan adanya kesadaran untuk membuang sampah pada tempatnya, dari hal yang kecil ini akan hadir dampak kebaikan yang besar.

Namun jika kita meremehkan hal yang kecil ini, maka dari sini akan timbul sebuah dampak buruk yang besar pula.

Misalnya membuang sampah sembarangan di sungai, dari yang awalnya hanya satu sampah  aka nada sampah berikutnya yang datang. Sehingga apabila hujan turun, akan dapat mengakibatkan bencana banjir.

Hadirin yang dirahmati oleh Allah SWT

Dari diri kita, marilah kita tumbuhkan kesadaran akan pentingnya menjaga kebersihan. Baik di dalam rumah kita sendiri, sekitar rumah kita, hingga lingkungan masyarakat kita.

Semoga dengan tumbuhnya kesadaran akan pentingnya menjaga kebersihan tersebut, lingkungan disekitar kita menjadi lebih nyaman, kondusif, serta harmonis.

Penutupan

Hadirin yang dirahmati oleh Allah SWT

Mungkin cukup itu pidato yang dapat saya sampaikan, apabila ada ucapan atau kata yang salah dan kurang berkenan di hati hadirin semuanya saya mohon maaf yang sebesar-besarnya.

Kurang lebihnya mohon maaf, billahitaufik walhidayah waridho walinayah

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Baca juga: Contoh Pembukaan Pidato Bahasa Inggris

Pidato tentang Kebersihan Lingkungan Masyarakat Sekolah

kebersihan-lingkungan-sekolah-pidato-kerja-bakti
sdityabis.sch.id

Di dalam lingkungan sekolah, banyak diantara kita yang masih sering menemui teman-teman yang tidak membuang sampah pada tempatnya. Sedangkan, tempat sampah yang telah disediakan oleh sekolah ada banyak sekali, namun belum timbul kesadaran pada diri teman-teman.

Sedangkan untuk sekedar mengingatkan atau menegurnya secara langsung kita masih merasa sungkan, akhirnya kita hanya diam. Padahal jika kita terus menerus membiarkannya, akan berakibat fatal pada kenyamanan dalam belajar.

Berikut ini adalah contoh pidato kebersihan lingkungan masyarakat sekolah yang dapat kalian jadikan sebagai materi, terutama saat ada kegiatan lomba pidato dan lain sebagainya.

Pembukaan

Assalamualaikum Wr. Wb.

Yang terhormat, bapak Kepala Sekolah (Bpk…)

Yang terhormat, bapak ibu guru sekalian

Dan yang saya sayangi dan cintai teman-temanku semua

Pertama-tama dan yang paling utama, marilah kita panjatkan ucapan rasa syukur Alhamdulillah kepada Allah SWT. Atas kehadirat-Nya lah kita masih diberikan kesehatan sehingga dapat hadir pada acara hari ini.

Kedua kalinya, sholawat beriring salam marilah senantiasa kita curahkan kepada manusia mulia yaitu kepada Nabi Muhammad SAW. Semoga kita semua dapat merasakan nikmatnya surge bersama-sama dengan beliau. Aamiin-aamiin yaa rabbal aalamiin.

Isi Pidato tentang Kebersihan Lingkungan Masyarakat Sekolah

Hadirin sekalian yang berbahagia

Lingkungan merupakan tempat tinggal bagi setiap makhluk hidup yang telah Allah SWT ciptakan di dunia ini. Karenanya, sebagai satu-satunya makhluk hidup yang telah Allah SWT anugerahi akal untuk berfikir, sudah selayaknya bagi kita untuk senantiasa menjaga kelestarian lingkungan ini.

Salah satu cara terbaik yang dapat kita lakukan untuk menjaga kelestarian lingkungan itu sendiri adalah, dengan menjaga kebersihannya.

Karena menjaga kebersihan lingkungan dapat dimulai dari diri kita sendiri, yaitu dengan kita membuang sampah pada tempatnya misalnya. Namun, terekadang kita masih merasa sulit untuk mempraktekannya.

Dikarenakan belum tumbuhnya kesadaran pada diri kita sendiri, akan penting dan manfaatnya membuang sampah pada tempatnya. Sehingga banyak sekali sampah-sampah yang masih berserakan, baik dari sampah plastik bekas makanan, minuman, maupun sampah kertas, dan lain sebagainya.

Hadirin sekalian yang berbahagia

Termasuk di dalam lingkungan sekolah, sebagai tempat kedua setelah rumah bagi kita untuk belajar maka kita juga harus senantiasa menjaga kebersihannya. Karena dengan menjaga kebersihannya, sekolah kita akan memiliki suasana yang lebih indah, asri, sejuk, serta membuat nyaman untuk melakukan kegiatan belajar mengajar.

Oleh karena itu, sebagai bagian dari keluarga sekolah ini. Saya menghimbau dan sangat menginginkan akan tumbuhnya kesadaran pada diri kita untuk senantiasa menjaga kebersihan lingkungan sekolah yang kita cintai ini.

Selain dengan membuang sampah pada tempatnya, cara untuk mewujudkan bersihnya lingkungan sekolah kita ini adalah dengan adanya petugas piket kebersihan yang digilir setiap harinya.

Maka alangkah baiknya bagi teman-teman siswa/i yang mendapatkan jadwal piket, untuk bisa datang ke sekolah lebih awal. Sehingga saat kegiatan belajar mengajar berlangsung, ruang kelas dalam keadaan bersih dan nyaman untuk ditempati.

Hadirin sekalian yang berbahagia

Tentu sudah kita ketahui bersama, bahwa disediakannya tempat sampah di lingkungan sekolah kita ini bukanlah tanpa tujuan. Namun, disediakannya tempat sampah tersebut agar kita senantiasa membuang sampah pada tempat yang sudah disediakan tersebut.

Sehingga dengan begitu, lingkungan sekolah ktia tidak akan menjadi seperti stadion yang selesai digunakan konser. Banyak sampah-sampah yang berserakan dan tidak sedap untuk dipandang.

Hadirin sekalian yang berbahagia

Agama kita, agama islam mengajarkan. Bahwa kebersihan adalah bagian dari iman, karenanya jika masih belum tumbuh kesadaran pada diri kita untuk menjaga kebersihan, berarti ada yang layak untuk dipertanyakan pada keimanan kita.

Meskipun makna kebersihan disini bukan hanya mencerminkan kebersihan jasmani, namun juga kebersihan rohani. Setidaknya dengan adanya kesadaran pada diri kita akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan, semoga kita dapat menjadikan sekolah kita sebagai tempat yang membawa kita pada kuatnya keimanan kepada Allah SWT. Aamiin yaa rabbal aalamiin.

Penutupan

Hadirin sekalian yang berbahagia

Akhirnya, usai sudah pidato yang dapat saya sampaikan. Semoga apa yang telah saya sampaikan tersebut dapat bermanfaat, serta ada hikmah yang dapat diambil.

Kurang lebihnya mohon maaf, aaqulu qaulii haadza wa astagfirullaha lii walakum

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Baca juga: Pidato Bahasa Indonesia Tentang Kedisiplinan

Sekian

Demikianlah pembahasan kita mengenai contoh pidato tentang kebersihan lingkungan masyarakat yang dapat dijadikan sebagai materi dan referensi.

Semoga dengan adanya pembahasan tersebut dapat membantu dan memudahkan kalian dalam mempersiapkan pidato, baik untuk lomba, kegiatan di sekolah, ataupun kegiatan di masyarakat.

Akhir kata, semoga pembahasan tersebut dapat bermanfaat, sekian dan terimakasih 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.