Naufal Suka sharing, fotografi, dan bertualang :)

Pengertian & Prinsip Seni Rupa

5 min read

prinsip-seni-rupa

Kehidupan manusia tidak dapat terlepas dari yang namanya seni, khususnya seni rupa. Bahkan sejak zaman dahulu seni rupa sudah ada di dunia. Lalu apa sebenarnya seni rupa itu? Dan apa saja prinsip seni rupa tersebut?

Nah, pada kesempatan kali ini kita akan bersama-sama membahas mengenai prinsip seni rupa dan juga pengertian seni rupa itu sendiri. Tidak perlu lama-lama, yuk langsung simak pembahasan prinsip seni rupa berikut ini:

A. Prinsip Seni Rupa

prinsip-seni-rupa
pixabay

Sebuah karya seni rupa, dikatakan memiliki nilai estetika disebabkan unsur seni rupa yang dikandungnya. Baik berupa warna, garis, bentuk, bidan, dan lain sebagainya.

Namun ternyata, keindahan karya seni rupa dihasilkan karena prinsip-prinsip seni rupa yang mendukung segala bentuk karya seni rupa itu sendiri.

Prinsip seni rupa tersebut dapat dijadikan sebagai sebuah pedoman dalam membuat karya seni seperti desain bangunan yang menjadi pembahasan di situs avantela ini. Adapun penjelasan dari prinsip-prinsip seni rupa tersebut adalah sebagai berikut:

1. Kesatuan (Unity)

prinsip-seni-rupa-kesatuan
pixabay

Prinsip seni rupa yang pertama ialah kesatuan atau unity. Prinsip kesatuan merupakan wadah unsur-unsur lain di dalam sebuah seni rupa, sehingga unsur unsur seni rupa dapat saling berhubungan antara satu dengan yang lainnya dan tidak berdiri sendiri.

Oleh sebab itu, unsur seni rupa akan bersatu padu dalam membangun sebuah komposisi yang menarik, serasi, dan indah. Prinsip kesatuan adalah bahan atau pondasi awal pada komposisi karya seni.

2. Keselarasan (Harmony)

prinsip-seni-rupa-keselarasan
pixabay

Prinsip keselarasan merupakan prinsip yang berfungsi untuk menyatukan unsur yang ada di dalam seni rupa dari berbagai bentuk benda. Keselarasan muncul dengan adanya kesamaan, kesesuaian, dan juga tidak bertentangan.

Keselarasan dapat dimunculkan dengan cara mengatur pencahayaan, warna, dan juga mengatur bentuk dengan rapi atau tidak terlalu mencolok antara satu dengan yang lain.

Tujuan dari prinsip keselarasan atau harmony adalah untuk menciptakan perpaduan yang selaras.

3. Irama (Rythme)

prinsip-seni-rupa-irama
pixabay

Irama atau yang bisa disebut juga rythme, adalah pengulangan satu atau lebih unsur secara teratur dan terus menerus sehingga menghasilkan kesan bergerak.

Pengulangan ini dapat berwujud garis, bentuk, ataupun macam-macam warna. Selain itu, pengulangan unsur bentuk apabila diletakkan pada tempat yang sama akan terlihat statis.

Berbeda dengan irama atau rythme harmony, yang menghasilkan nilai estetika yang unik. Oleh karena itu kalian perlu mencoba dan mempelajari lebih lanjut dalam melakukan variasi bentuk, warna, ukuran, ataupun jarak.

4. Komposisi (Composition)

prinsip-seni-rupa-komposisi
pixabay

Prinsip komposisi atau composition di dalam seni rupa memiliki arti berupa prinsip dalam menyusun unsur-unsur rupa kesenian dengan mengatur dan mengelompokkannya menjadi sebuah susunan yang serasi, teratur, dan bagus.

Selain itu, prinsip komposisi ini juga menjadi dasar dari sebuah karya seni. Mengapa demikian? Karena komposisi memiliki hubungan dengan penyusunan unsur seni rupa, sehingga menghasilkan sebuah karya seni yang menarik.

5. Kesebandingan (Proporsi)

prinsip-seni-rupa-proporsi
pixabay

Kesebandingan atau proporsi, adalah sebuah prinsip seni rupa yang mempunyai acuan pada keteraturan dan penyesuaian dari bentuk fisik sebuah karya seni rupa yang sudah dibuat.

Misalnya saja saat seorang seniman ingin melukis sebuah pemandangan alam berupa gunung. Maka seniman tersebut harus benar-benar bisa dan pandai dalam menyeimbangkan proporsi tumbuhan dan benda lain yang ada pada gunung.

Misal saja ukuran pohon, ukuran batu, dan lain sebagainya perlu diukur atau ditentukan sedetail mungkin. Besar kecil, luas sempit, panjang pendek merupakan masalah prinsip proporsi.

Begitu pula dengan pembuatan karikatur, maka setiap ukuran dari berbagi unsur seni rupa yang ada pada karikatur tersebut harus dalam ukuran atau perbandingan yang proporsional.

6. Pusat Perhatian (Center Of Interest)

seni-rupa
pixabay

Prinsip seni rupa yang satu ini bisa disebut juga dengan prinsip dominasi. Yaitu sebuah prinsip yang memiliki tujuan untuk bisa menampilkan bagian tertentu dari sebuah karya seni rupa.

Sehingga dengan begitu terlihat lebih berbeda atau menonjol dari bagian lain yang ada disekitarnya. Hal tersebut dapat dilakukan dengan cara mengatur warna, posisi, ukuran, ataupun unsur lainnya.

7. Penekanan (Contrast)

pengertian-seni-rupa
pixabay

Penekanan atau contrast, adalah prinsip yang menjadi dasar dari kesan perbedaan dua buah unsur yang mempunyai sifat saling berlawanan dan juga yang saling berdekatan.

Dengan adanya prinsip penekanan atau contrast ini lah yang akan menjadikan sebuah karya seni terlihat lebih segar, baru, serta tidak monoton dan membosankan.

Selain itu dengan adanya perbedaan yang mencolok baik dari segi warna, penggambaran bentuk, dan juga ukuran dari karya seni tersebut juga akan memberikan tampilan yang jauh lebih menarik.

8. Gradasi (Gradation)

prinsip-seni-rupa-gradasi
pixabay

Kata gradasi memang sudah menjadi kata yang cukup familiar di tengah-tengah masyarakat, namun kebanyakan juga belum memahami betul mengenai pengertian salah satu prinsip penting dalam karya seni rupa ini.

“Untuk pengertian gradasi itu sendiri yaitu, sebuah susunan warna yang berdasar pada beberapa tingkatan khusus di dalam sebuah karya seni.”

Gradasi warna memang tidak selalu digunakan dalam menciptakan sebuah karya seni rupa, namun apabila kita melihat karya seni rupa yang berupa mozaik, karikatur, lukisan, ataupun seni rupa 2 dimensi lainnya, maka kita akan melihat bahwa gradasi warna memiliki peran yang besar untuk menciptakan karya-karya seni indah tersebut.

Oleh sebab itu, dengan adanya gradasi warna tersebut akan menjadikan sebuah karya seni menjadi jauh lebih hidup dan bermakna.

9. Keseimbangan (Balance)

prinsip-seni-rupa-balance
pixabay

Prinsip dasar dari karya seni yang terakhir yaitu keseimbangan atau balance. Prinsip dasar karya seni satu ini mempunyai tanggung jawab terhadap kesan yang tercipta dari sebuah susunan unsur unsur seni rupa.

Sehingga apabila seorang seniman pandai dalam mengatur keseimbangan unsur-unsur seni rupa yang sedang dikerjakan, maka akan muncul sebuah daya tarik tersendiri bagi para penikmat seni yang melihat hasil karya tersebut.

Dengan prinsip seni rupa tersebut, maka hasil dari sebuah karya seni akan terlihat lebih bewarna dan menarik.

Baca juga: Pengertian Seni Tari

B. Pengertian Seni Rupa

pengertian-seni-rupa
pixabay

Jika tadi kita sudah membahas mengenai prinsip seni rupa, lalu apa pengertian dari seni rupa itu sendiri?

Secara umum, seni rupa merupakan sebuah cabang seni yang hasil karyanya bisa dirasakan oleh indera manusia, khususnya adalah indera penglihatan dan indera peraba.

Selain itu, pengertian seni rupa yaitu suatu cabang kesenian yang menghasilkan sebuah karya yang bisa dinikmati oleh masyarakat secara umum. Hal tersebut dikarenakan karya yang dihasilkan memiliki bentuk dan wujud nyata yang dapat dilihat.

Sehingga seni rupa atau fine art adalah suatu karya seni yang fokus pada keindahan visual dan juga sentuhan.

C. Pengertian Seni Rupa Menurut Bahasa

pengertian-seni-rupa-menurut-bahasa
pixabay

Secara bahasa seni rupa dapat diartikan berdasarkan kata-kata penyusunnya. Seni rupa sendiri dibangun dari dua kata, yakni kata seni dan rupa. Kedua kata tersebut memiliki arti yang berbeda-beda.

Kata seni memiliki makna sebuah cara dalam menampilkan suatu keindahan dalam bentuk karya, gerakan, ataupun beberapa metode lainnya. Sedangkan rupa memiliki makna wujud atau sesuatu yang dapat dirasa, dilihat, diraba, dan juga dinikmati.

Apabila ditinjau dari bahasa, maka dapat disimpulkan bahwa seni rupa merupakan suatu cara untuk menampilkan keindahan dalam bentuk karya yang bisa dirasa, dilihat, diraba, dan juga dinikmati.

Dalam konteks atau pembahasan ini, apapun itu selamam mempunyai keindahan dan dapat dirasa, dilihat, diraba, dan dinikmati maka termasuk ke dalam seni rupa.

D. Pengertian Seni Rupa Menurut Para Ahli

penegertian-seni-rupa-menurut-para-ahli
pixabay

Selain pengertian seni rupa di atas, beberapa ahli dan pakasr seni rupa juga mengemukakan pendapatnya mengenai apa itu seni rupa. Berikut ini adalah beberapa pengertian seni rupa menurut para ahli di dunia:

1. Coorig Hartong

Coorig Hartong merupakan seorang seniman atau pakar seni rupa yang berasal dari belanda. Menurut Coorig Hartong, seni rupa merupakan sebuah cara untuk mengespresikan diri dan emosi, sehingga orang lain dapat ikut menikmatinya.

Selain itu Coorig Hartong juga menganggap bahwa seni rupa merupakan sebuah pesan keindahan yang perlu disampaikan kepada penikmatnya.

2. Kumala Devi Chattopadhayaya

Kumala Devi Chattopadhayaya adalah seorang seniman atau ahli seni rupa yang berasal dari Negara India. Wanita yang satu ini berjuang dan berusaha keras untuk bisa meningkatkan nilai seni rupa yang ada pada negaranya.

Menurut Kumala Devi Chattopadhayaya seni rupada merupakan luapan ekspresi yang disampaikan dari seorang seniman kepada para penikmatnya. Dalam makna lain, seni rupa merupakan sebuah jembatan untuk membuat orang lain paham dengan apa yang dirasakan oleh seniman.

3. Sussane K Langer

Pakar atau tokoh seni berikut ini sebanarnya merupakan seorang filsuf yang berasal dari Amerika Serikat. Menurut Sussane, seni rupa merupakan bentuk hasil karya manusia yang mempunyai keindahan serta dapat dinikmati oleh orang lain.

Sussane K Langer juga memberikan gambaran bahwa seni rupa merupakan sebuah proses penciptaan keindahan yang tujuannya untuk dinikmati.

4. La Mery

La Mery merupakan seorang ahli seni rupa yang sangat terkenal yang berasal dari Negara Perancis. Menurut La Mery, seni rupa merupakan penglihatan yang dilakukan secara simbolis dengan bentuk yang lebih tinggi dan juga lebih indah.

La Mery juga menegaskan bahwa seni rupa merupakan sesuatu yang menekankan pada keindahan.

5. Haukin

Menurut Haukin, seni rupa merupakan bagian dari sebuah ekspresi jiwa manusia yang diimajinasikan dan diterapkan pada sebuah benda. Haukin juga memiliki pendapat bahwa seni rupa adalah seni yang juga memiliki tujuan untuk dipamerkan atau ditunjukkan pada khalayak ramai.

E. Sekian

Demikianlah pembahasan kita mengenai prinsip seni rupa dan juga pengertian seni rupa yang dapat kalian pelajari dan jadikan sebuah referensi.

Semoga dengan adanya pembahasan tersebut dapat membantu kalian dalam mempelajari prinsip seni rupa dengan baik dan benar.

Akhir kata, semoga pembahasan tersebut dapat bermanfaat, sekian dan terimakasih 🙂

Naufal Suka sharing, fotografi, dan bertualang :)

Pengertian Seni Tari

Naufal
7 min read

Pengertian Seni Kolase

Naufal
6 min read

Pengertian Seni Fotografi

Naufal
6 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.