Naufal Muhsy Learner. Blogger. Photographer ~ Mohon do'anya semoga situs ini bisa memberikan manfaat untuk kawan-kawan semua :)

Tips Mereview Text Film dengan Mudah

5 min read

cara-mereview-text-film

Review text film adalah, sebuah teks yang bertujuan untuk meringkas, memberikan gambaran, komentar, meninjau ulang, serta mengkritisi sesuatu yang di review (dalam pembahasan kali ini adalah film).

Nah, jika sebelumnya kita sudah membahas mengenai cara mereview jurnal dan cara mereview artikel, maka pada kesempatan kali ini, kita akan bersama-sama mempelajari mengenai review text film. Baik dari pengertian, ciri-ciri, tujuan, struktur, dan juga contoh dari review text film itu sendiri.

Nggak perlu lama-lama, yuk langsung baca pembahasan berikut!

Pengertian Review Text Film

pengertian-review-text-menurut-ahli
pixabay

Review memiliki makna yaitu, tinjauan, ringkasan, ataupun tinjauan ulang. Sehingga jika ada frasa book review, berarti maknanya tinjauan buku.

Selain itu, review text juga dapat diartikan sebagai salah satu jenis teks dalam bahasa Inggris (genre), yang memiliki tujuan untuk meninjau suatu karya.

Karya yang ditinjau juga ada berbagai macam, bisa film, buku, jurnal, benda, dan lain sebagainya.

Kemudian, review dilakukan juga untuk mengetahui tentang kualitas, kelebihan, dan juga kekurangan yang ada pada karya tersebut. Lalu hal tersebut akan ditujukan kepada pembaca ataupun khalayak umum.

Ciri-ciri Review Text Film

ciri-ciri-review-text-film
pixabay

Tentu di dalam sebuah teks, ia memiliki ciri-ciri tersendiri. Nah, sama halnya dengan review text film ini. Lalu apa saja ciri-ciri dari review text? Berikut pemaparannya:

  • Fokus pada specific participants
  • Menggunakan adjective (kata sifat)
  • Menggunakan long and complex clause (kalusa yang panjang dan rumit)
  • Menggunakan metafora (perumpamaan)

Tujuan Review Text Film Dibuat

tujuan-dari-dibuatnya-review
pixabay

Tujuan dibuatnya sebuah review text film adalah, “to critise an at work, event for a public audience.” yaitu untuk memberikan ulasan, tinjauan, bahkan kritik terhadap suatu karya seni ilmiah, buku, film ataupun dalam bentuk lainnya untuk dihadirkan kepada khalayak umum.

Struktur Umum Review Text Film

susunan-review-buku-yang-baik
pixabay

Di dalam penulisan review text, kita tidak bisa membuatnya secara asal-asalan. Namun, ada struktur atau beberapa hal yang harus diperhatikan dalam review text tersebut.

Berikut penjelasan mengenai struktur umum pada review text:

Introduction (paragraf pertama)

Introduction atau paragraf pertama, umumnya berisikan pengenalan terhadap pokok atau gambaran umum mengenai sebuah karya/benda yang akan direview.

Gambaran umum tersebut dapat di isi dengan nama, kegunaan, dan lain sebagainya.

“Place the work in it’s general and particular context, often by comparing it with others of its kind or throught an analog with a non-art object or event”

Yaitu menempatkan karya yang ditinjau pada konteks umum ataupun khusus, biasanya dilakukan dengan membandingkan karya lain yang masih sejenis atau melalui analogi obyek bukan karya seni.

Evaluation

Pada bagian evaluation, umumnya berisi mengenai gambaran detail dari sebuah karya.

Gambaran tersebut antara lain menceritakan mengenai kelebihan, keunikan, kualitas, serta hal-hal yang membuatnya menarik dengan memberikan gambaran yang lebih mendetail terhadap suatu karya atau benda yang akan direview.

Selain itu, gambaran tersebut juga dapat berupa bagian-bagian di dalamnya, baik keunikan ataupun kualitasnya.

Pada bagian ini, usahakan untuk menghindari deskripsi yang terlalu banyak mengenai karya atau benda tersebut. Hal tersebut bertujan untuk menjauhkan dari kesan “mengajari” pembaca.

Interpretation

Dibagian interprestasi, seorang penulis atau pembuat review text memberikan pendapat atau pandangannya terhadap karya atau benda yang direview.

Tentu saja, hal ini dilakukan setelah kita melakukan evaluasi yang cukup terhadap karya atau barang tersebut.

Selain itu, tidak jarang untuk mendukung, memperkuat, atau bahkan meningkatkan kualitas atau hasil mengenai karya atau benda yang diriview, seorang penulis atau reviewer akan membandingkan karya atau benda yang direview dengan karya atau benda lainnya yang masih satu jenis.

Summary (Kesimpulan)

Pada bagian terakhir review text, ada summary atau kesimpulan. Dibagian ini, seorang penulis atau reviewer akan memberikan sebuah kesimpulan kepada pembaca mengenai karya atau benda yang telah direview.

Kemudian setelah memberikan penjelasan di bagian evaluasi dan pandangan penulis atau reviewer di bagian interpretasi, pada bagian ini penulis juga memberikan komentar mengenai karya atau benda tersebut. Berharga atau tidak untuk pembaca.

Baca juga: Cara Membuat Literature Review

Contoh Review Text Film

review-text-film-indonesia
pixabay

Nah, jika tadi kalian sudah membaca dan mempelajari mengenai pengertian, ciri-ciri, tujuan, dan juga struktur dari review text, agar lebih mudah dalam memahami, berikut contoh review text film yang dapat kalian jadikan sebagai referensi.

Contoh review text film Merry Riana: “Mimpi Sejuta Dollar”

Director: Hestu Saputra
Producer: Dhamoo Punjabi, Manoj Punjabi
Artist/Actors: Chelsea Islan, Dion Wiyoko, Kimberly Ryder, Ferry Salim, Niniek L Karim, Sellen Fernandez, Mike Muliyandro, Chyntia Lamusu
Studio: MD Pictures
Release date: December 24, 2014
Duration: 105 minutes
Country: Singapore, Indonesia

Orientation:

Merry Riana is a woman writer, young entrepreneur, and motivator who is successful and successful in achieving her career.

The success story of his life, he tells in a film called “Merry Riana: A Million Dollar Dream. The film was adapted from his own book of the same title.

This film visualizes how he struggled to survive the difficulties of life he faced, until finally he managed to achieve success.

Evaluation

The riots that occurred in May 1998 in Jakarta and other major cities in Indonesian regions made a Merry Riana forced to go and flee to Singapore.

Merry Riana’s father decided to send her daughter to Singapore, citing fear of seeing the unsafe condition.

Then Merry Riana left alone armed with just enough money to buy food for five days. Luckily, he met a friend of mine named Irene. Irene is her best friend who also wants to continue her studies at a university in Singapore.

With this help from his best friend, Merry was finally able to live in a dormitory and be accepted at one of the best colleges there.

However, all of that could only be Merry if he had paid money of $ 40,000. Until finally, the only hope he had was, by taking student loans that could only be obtained if Merry had a guarantor.

Then, Merry met with one of his seniors named Alva. Alva is a very calculating person, he gives all kinds of conditions before finally agreeing to help Merry.

He also told Merry to look for a part-time job, and Merry realized that he had to succeed as soon as possible. He does all kinds of work, from spreading online business brochures, to playing high-risk stocks.

The economic condition also fluctuates. The chaos of love ensued when Alva expressed her feelings for him, while Merry knew very well that Irene was in love with Alva.

Interpretation

The acting of a Chelsea Islan who played the role of Merry Riana in this film is very good. He is able to play his role as Merry Riana very well. However, this film will be even better and more positive if there is no kissing scene in it.

Summary

I think this is a very inspiring film, a film that can motivate people to succeed at a young age. This certainly brings positive enthusiasm for young people in Indonesia. The script writer in this film has also succeeded in bringing together a number of conflicts that make the storyline more lively.

Terjemah

cara-membuat-review-text
pixabay

Sutradara : Hestu Saputra
Produser : Dhamoo Punjabi, Manoj Punjabi
Artis/Pemeran: Chelsea Islan, Dion Wiyoko, Kimberly Ryder, Ferry Salim, Niniek L Karim, Sellen Fernandez, Mike Muliyandro, Chyntia Lamusu
Studio : MD Pictures
Tanggal rilis : December 24, 2014
Durasi : 105 Menit
Negara : Singapore, Indonesia

Pengantar

Merry Riana merupakan seorang wanita penulis, pengusaha muda, serta motivator yang berhasil dan sukses di dalam mencapai karirnya.

Kisah sukses hidupnya, ia ceritakan di dalam sebuah film yang berjudul “Merry Riana: Mimpi Sejuta Dolar. Film tersebut diadaptasi dari bukunya sendiri dengan judul yang sama.

Film ini memvisualisasikan bagaimana ia berjuang untuk bisa bertahan dari kesulitan hidup yang ia hadapi, hingga akhirnya ia berhasil meraih kesuksesannya.

Evaluasi

Kerusuhan yang terjadi pada bulan Mei 1998 di Jakarta dan kota besar lainnya di daerah Indonesia membuat seorang Merry Riana terpaksa untuk pergi dan mengungsi ke Singapura.

Ayah Merry Riana memutuskan untuk mengirimkan putrinya ke Singapura, dengan alasan karena takut melihat kondisi yang sedang tidak aman itu.

Kemudian Merry Riana pergi sendirian berbekal uang yang hanya cukup untuk membeli makanan selama lima hari saja. Beruntungnya, ia bertemu dengan seorang sahabatnya yang bernama Irene. Irene adalah sahabatnya  yang juga ingin melanjutkan kuliah di universitas yang ada di Singapura.

Dengan adanya bantuan dari sahabatnya ini, akhirnya Merry bisa tinggal di asrama dan diterima di salah satu perguruan tinggi terbaik di sana.

Namun, semua itu baru bisa Merry dapat apabila ia sudah membayar uang sebesar $40,000. Hingga akhirnya, satu-satunya harapan yang ia punya adalah, dengan mengambil pinjaman mahasiswa yang hanya bisa didapat jika Merry memiliki seorang penjamin.

Kemudian, Merry bertemu dengan salah seorang seniornya yang bernama Alva. Alva adalah orang yang sangat perhitungan, ia memberikan segala macam syarat sebelum akhirnya setuju untuk menolong Merry.

Ia juga menyuruh Merry untuk mencari kerjaan sambilan, dan Merry sadar bahwa ia harus sukses secepatnya. Segala macam pekerjaan ia kerjakan, mulai dari menyebar brosur bisnis online, sampai bermain saham beresiko tinggi.

Kondisi ekonominya pun naik turun. Kemelut cinta pun terjadi ketika Alva menyatakan perasaan padanya, sementara Merry tahu betul bahwa Irene tengah jatuh cinta pada Alva.

Interpretasi

Akting dari seorang Chelsea Islan yang berperan sebagai Merry Riana dalam film ini sangat bagus. Ia mampu memainkan perannya sebagai Merry Riana dengan sangat baik. Namun, film ini akan menjadi lebih bagus dan positif lagi jika tidak ada adegan ciuman di dalamnya.

Rangkuman

Saya pikir ini adalah sebuah film yang sangat inspiratif, film yang bisa memberikan motivasi kepada orang-orang untuk sukses di usia muda. Hal ini tentu membawa semangat yang positif bagi anak-anak muda di Indonesia. Penulis skrip di dalam film ini juga telah berhasil membawa seraingkaian konflik yang membuat jalan cerita menjadi lebih hidup.

Sekian

Itulah sedikit pembahasan mengenai pengertian, ciri-ciri, tujuan, struktur, dan juga contoh dari review text film yang dapat kalian pelajari dan kalian jadikan sebagai referensi.

Semoga dengan adanya pembahasan tersebut dapat membantu dan juga memudahkan kalian dalam menyusun dan membuat review text film.

Akhir kata, semoga pembahasan-pembahasan tersebut dapat bermanfaat. Sekian dan terimakasih 🙂

Naufal Muhsy Learner. Blogger. Photographer ~ Mohon do'anya semoga situs ini bisa memberikan manfaat untuk kawan-kawan semua :)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.