Rincian Modal Usaha Laundry

Rincian Modal Usaha Laundry – Kebutuhan dan kesibukan tiap orang berbeda-beda. Ada yang sibuknya kebangetan, tapi ada juga yang selonya malah kebangetan juga hhehe.

Namun tampaknya, jumlah yang sibuk jauh lebih banyak sih, karena kita bisa lihat kalau bisnis laundry mulai banyak banget memadati jalanan di seluruh daerah Indonesia.

Hal ini bisa dong kita jadikan acuan, bahwa banyak sekali masyarakat kita yang membutuhkan jasa bisnis laundry ini sehingga keberadaannya sangat mudah ditemukan.

Nah, kabar ini tentu bisa menjadi informasi yang menarik bagi kamu yang selama ini bingung hendak bisnis apa? Kamu bisa memulai bisnis lanundry loh.

Tapi, sebelum mulai bisnis laundry, kamu harus menyiapkan segalanya dengan matang, salah satunya adalah rincian modal usaha laundry ini.

Prospek Usaha Laundry

Prospek Usaha Laundry

Hingga detik ini dan ke depan, bisnis laundry mempunyai prospek yang sangat jelas dan sangat menjanjikan, karena memang bisnis laundry ini termasuk jenis usaha anti krisis yang mempunyai perputaran uang yang terbilang sangat cepat.

Berbeda dengan bisnis lain, sehingga sangat bagus jika kamu jadikan sebagai usaha utama ataupun sampingan ya, karena nyaris semua orang membutuhkan jasa ini.

Sampai kapanpun ada populasi manusia, maka kebutuhan akan pakaian bersih pasti selalu ada. Ada banyak sekali masyarakat di Indonesia yang membutuhkan jasa laundry ini, mulai dari mahasiswa, pelajar, karyawan, orangtua, usia lanjut, ibu rumah tangga, dan sebagainya.

Fenomena ini tentu menjadi angin segar bagi kamu yang ingin mengambil kesempatan dari besarnya peluang ini, ingat ya, semakin cepat kamu mulai, maka akan cepat bisnis kamu berkembang.

Tunggu apa lagi? Padahal bisnis satu ini merupakan peluang emas yang sangat sayang jika dilewatkan loh.

Kamu bisa menjalankan bisnis laundry dengan sistem kiloan atau malah satuan. Semakin sibuknya orang-orang membuat bisnis ini akan terus laku dipasaran, percaya deh.

Selain itu sebanyak apapun saingannya, jika laundry kamu bisa memberikan kualitas terbaik tentu tetap mampu bersaing dengan bisnis laindry lainnya.

Rincian Modal Usaha Laundry

Rincian Modal Usaha Laundry

Sebelum memulai bisnis laundry, ada berbagai hal yang meski kamu buat dengan matang, salah satunya adalah rincian modal usaha laundry.

Hal ini tentu agar memudahkan kamu ketika akan memulai usaha, dan rincian modal usaha laundry masih menjadi pertanyaan bagi sejumlah orang. Kamu harus melakukan penghitungan anggaran dengan tepat dan cermat agar tidak mengalami kerugian.

Rincian modal usaha laundry sebenarnya bisa loh kamu sesuaikan dengan budget yang kamu miliki, bahkan hanya dengan modal di bawah Rp. 10 juta saja kamu sudah bisa memulai bisnis laundry kecil-kecilan.

Nah kalau ternyata kamu mampu di finansial dan punya modal lebih dari Rp. 10 juta, maka kamu sudah bisa membuka laundry yang cukup besar.

Tinggal mengikuti tujuan atau keinginan kamu aja, ingin mulai bisnis laundry yang kecil atau besar hhehe.

Okey, kalau masih bingung rincian modal usaha laundry, kamu bisa menyimaknya berikut ini ya. Di bawah ini rincian modal usaha laundry yang akan masuk ke investasi ya sis.

No Nama Barang Harga
1 Mesin cuci Rp. 2.000.000
2 Strika Rp. 250.000
3 Ember ukuran besar Rp. 100.000
4 Hanger dan penjepit pakaian Rp. 150.000
5 Timbangan Rp. 50.000
6 Rak Rp. 300.000
7 Meja dan Kursi Rp. 200.000
8 Sewa gedung setahun Rp. 7.000.000
9 spanduk Rp. 50.000
10 Biaya Lain-lain Rp. 500.000
Total: Rp. 10.600.000

Biaya di atas belum dengan modal kerjanya, seperti bagian administrasi yang mencakup berbagai hal, misalnya buku laporan kas, pena, karbon, selotip, nota, kertas, dan lainnya yang bisa memakan dana Rp. 250.000.

Sementara biaya lainnya ada juga pewangi, deterjen, kispray, refill kispray, sabun mandi, dan sebagainya yang membutuhkan dana paling tidak Rp. 300.000.

Ada juga plastik dan tali Rp. 50.000, air dan listrik Rp. 300.000, dan gaji karyawan jika kamu membutuhkan karyawan sebesar Rp. 1.000.000. Maka totalnya ada Rp. 1.600.000.

Nah, kalau rincian modal usaha laundry satu ini masuknya ke modal kerja, beda sama yang investasi ya.

Kalau yang investasi sifatnya bisa bertahan lama barangnya, sementara yang modal kerja di awal ya harus ada perputaran setiap bulan, misalnya, deterjen yang pasti bakalan habis, dan lain sebagainya.

Maka, rincian modal usaha laundry yang meski kamu keluarkan adalah biaya investasi + biaya modal kerja. Yakni Rp. 10.600.000 + Rp. 1.600.000= Rp. 12.200.000.

Apabila kamu membuka bisnis laundry di lokasi yang memang sangat strategis, maka sebulan kamu bisa mendapatkan laba paling kecil Rp. 4 juta loh, itu berarti hanya butuh beberapa bulan saja untuk mengembalikan modal. Ia kan? Yakin nggak tergiur buat buka bisnis laundry sis?

Nah, kalau udah balik modal, kamu udah nggak perlu lagi nih mikiran biaya investasinya, yang harus kamu fikirkan hanya seputar bagaimana mengembangkan laudry dan memikirkan modal kerja dari laba per bulan yang kamu dapatkan.

Ya karena kamu baru buka, alangkah baiknya kalau labanya kamu simpan baik-baik dulu ya, agar bisa mempersiapkan seluruh kebutuhan beberapa bulan ke depan.

Hal ini bertujuan untuk mengantisipasi sesuatu yang kurang baik terjadi, karena bagaimanapun, yang namanya musibah bisa datang kapan saja, sehingga kamu harus bersiap-siap.

Kalau kamu punya modal yang lumayan banyak, saya sarankan untuk membeli barang-barang yang berkualitas tinggi ya dear, supaya semua barang-barang investasi bisa tahan dalam waktu yang lama, sehingga kamu tidak perlu terlalu memikirkan investasi penggantinya dalam waktu dekat.

Baca Juga:

Tips Sukses Menjalankan Usaha Laundry

Tips Sukses Menjalankan Usaha Laundry

Dalam berbisnis, kamu tentu mempunyai tujuan mendapatkan untung kan ya? Kayaknya nggak ada deh orang yang kalau berisnis nggak nyari untung, apalagi kalau udah ngeluarin modal besar hhehe.

Mungkin, kalau bagi orang yang kayanya kebangetan, bisnis laundry mah cuma dianggap angin lalu, untung ya syukur, nggak ya ngak apa-apa, karena hartanya bisa memutar bisnis tersebut.

Tentu berbeda dong dengan kita yang menjadikan bisnis laundry sebagai pekerjaan atau sumber penghasilan utama, tentu kamu tidak bisa sembarangan agar bisa menuai keuntungan.

Oleh karena itu kamu harus tahu nih tipsnya agar bisnis laundry yang kamu jalankan bisa baik-baik saja ke depan.

Ada berbagai jurus jitu yang bisa kamu terapkan, sehingga sangat menunjang bagi prospek bisnis laundry kamu ke depan. Tipsnya ada apa aja?

  • Pertama, menimbang

Timbanglah pakaian yang akan dilaundry dengan tepat dan akurat, kemudian catat. Kamu harus menjelaskan kepada pelanggan, berapa lama waktu pengerjaan, harga, jenis layanan yang akan digunakan, hingga namanya.

  • Kedua, mencuci

Cucilah pakaian semua pelanggan kamu dengan baik. Misalnya dengan memisahkan pakaian yang didasarkan pada jenis dan warnanya, hal ini bertujuan agar semua pakaian tetap baik-bai saja ketika akan diterima oleh pelanggan.

Mereka memberikan pakaian dalam kondisi yang bagus, maka kamu juga harus mengembalikannya dalam kondisi yang juga sama bagusnya. Pisahkan pakaian yang luntur dan tidak luntur ya sis.

  • Ketiga, keringkan pakaian

Bagaimanapun, proses pengeringan pakaian mempunyai peran yang penting dalam menghasilkan kualitas cucian.

Sebersih apapun kamu mencuci, tapi jika tidak dikeringkan dengan baik, maka hasilnya tetap akan kacau gais. Karena jika tidak kering sempurna, alih-alih memberikan aroma yang wangi ketika ditambahkan parfum, eh malah menjadi bau apek.

  • Keempat, strika

Strika dengan baik, rapi, dan beri pewangi. Kalau bisa, berikan pewangi khas yang berbeda dengan tempat laundry yang lain, karena biasanya, aroma wangi yang tak biasa bisa menjadi salah satu daya atrik bisnis laundrymu.

  • Kelima, packing dengan rapi

Agar pakaian yang sudah mengalami berbagai tahapan tetap rapi, maka packinglah dengan baik.

Terakhir, simpan ke dalam rak. Gampangkan? Ia gampang sis, tapi kadang masih ada juga loh tempat laundry yang nggak memperhatikan hal tersebut.

Kasus yang sering terjadi adalah menggabungkan semua jenis pakain dan tetap menyetrika pakaian yang masih lembab.

Tips Sukses Memulai Bisnis Laundry

Nah, beberapa tips sukses usaha laundry di atas berkaitan dengan teknis. Ada tips lain nih gais yang bisa menunjang bisnis kamu supaya makin ramai pelanggan. Kalau tips di bawah ini di luar dari teknis ya,

1. Mempunyai Kemauan yang Kuat

Banyaknya pesaing di bisnis laundry menuntut kamu agar mempunyai kemauan yang kuat, apalagi di bisnis satu ini ada banyak sekali hambatan dan juga rintangan, atau masalah yang akan kamu temukan.

Misal, pesaing terus menerus bertambah dan laundryan sepi, jangan kasih kendor, jadikan setiap rintangan sebagai motivasi bagi kamu sehingga kamu bisa belajar lebih baik lagi.

2. Pelayanan cepat dan ramah

Selain kualitas hasil cucian, kamu juga harus memperhatikan kualitas pelayanan ya, karena semua pelanggan pasti mencari tempat laundry yang bisa melayaninya dengan baik dan nyaman.

Jangan sampai kamu mengecewakan pelanggan sekalipun. So, pastikan pakaian dan pelayanannya memuaskan, karena hal ini bisa menjadi alasan mengapa mereka kembali lagi.

3. Pemilihan lokasi usaha yang strategis

Pemilihan lokasi usaha yang strategis juga sangat perlu kamu lakukan, kamu bisa mencari lokasi yang memang masih sangat minim pesaing, atau kalau bisa sama sekali tidak ada pesaingnya.

Kemudian, lakukanlah sebuah penelitian kecil-kecilan, apakah di sekitar situ masyarakat membutuhkan laundry atau tidak, dan lain sebagainya.

Salah satu lokasi yang strategis adalah jalan raya. Ia kan? Karena di sana adalah tempat orang-orang datang dan pergi. Atau, di area perkantoran, sekolahan, kampus, kost-kostan, dan sebagainya.

4. Pemasaran

Semakin gencar kamu melakukan promosi, makan akan semakin besar kemungkinan bisnis kamu berkembang dengan cepat.

Kamu bisa melakukan beberapa hal loh, misalnya dengan membuatkan media sosial, menyebarkan borsur, memasang spanduk, reklame, dan sebagainya.

Kalau bisa nih, siapkan kurir yang akan melayani antar jemput laundry secara gratis, karena ini akan menjadi daya tarik lainnya dari bisnis yang kamu kelola.

5. Garansi

Jangan lupa memberikan garansi ya kalau memang ada pakaian yang hilang ataupun rusak.

6. Harga terjangkau

Berikan penawaran harga lebih terjangkau, atau paling tidak mengikuti harga pasaran saja.

Jika ingin memberikan penawaran yang lebih murah, kamu cukup memberikan selisih Rp. 500 saja ya. Karena walaupun angkanya sangat kecil, tapi ini juga bisa menjadi salah satu strategi yang cukup ampuh memikat banyak pelanggan.

Itulah dia beberapa rincian modal usaha laundry yang harus kamu kumpulkan. Semoga bermanfaat ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.