Naufal Muhsy Founder of Trifaris Media site. Sangat menyukai bisnis online dan saat ini sedang mendalami Internet Marketing.

Sejarah Bola Basket dan Perkembangannya Hingga Saat ini

4 min read

sejarah bola basket dan perkembangannya

Mengenal sejarah bola basket, olahraga legendaris yang populer di Amerika Serikat dan negara-negara maju lainnya.

Pada saat ini, siapa sih yang tidak mengenal olahraga bola basket? Ya, salah satu olahraga yang banyak sekali peminatnya, khususnya dikalangan anak muda.

Namun meskipun begitu, ternyata masih banyak yang belum mengetahui sejarah awal berdirinya bola basket beserta perkembangannya.

Oleh karena itu, berikut saya mencoba menyajikan pembahasan lengkap mengenai sejarah bola basket beserta teknik dasar, peraturan, dan juga pemain-pemain legendaris bola basket.

Yuk langsung saja simak pembahasannya!

Sejarah Singkat Bola Basket Dunia

Sejarah Singkat Bola Basket Dunia

Sejarah bola basket, pertama kali diciptakan sebelum adanya permaianan bola voli oleh seorang guru olahraga bernama James Naismith pada tahun 1891.

Awal mulanya, James Naismith ingin menciptakan sebuah permaianan/ olahraga yang dapat dimainkan oleh murid-muridnya di dalam ruangan tertutup pada saat musim dingin.

James mulai menciptakan olahraga bola basket, dengan mengambil inspirasi dari permainannya di masa kecil. Tentu nya basket yang James ciptakan saat itu sudah jauh berbeda dengan permainan basket saat ini.

Agar bisa diterima oleh orang banyak, saat itu James hanya membuat beberapa peraturan dasar saja.

Beberapa aturan yang coba ia terapkan yaitu, setiap tim/ kelompok terdiri dari 9 orang. Tidak ada yang namanya dribble. Sehingga teknik penggiringan yang digunakan saat itu hanya dengan melempar bola.

Seiring dengan berjalannya waktu, permainan bola basket semakin berkembang dan dikenal. Mulai saat itu juga permainan itu diberi nama basketball.

Permainan basket terus menyebar khususnya di Amerika, dan terus berkembang pesat hingga saat ini.

Sejarah Singkat Bola Basket Asia dan Indonesia

Sejarah Singkat Bola Basket Asia dan Indonesia

Berbeda dengan sejarah renang, sejarah bola basket Asia dimulai dengan dikenalnya permainan basket di beberapa negara seperti Jepang, Filipina, dan juga Cina.

Kemudian sekitar pada tahun 1920, orang-orang Cina mulai masuk dan menetap ke Indonesia. Secara tidak langsung mereka juga mulai memperkenalkan olahraga basket ini.

Setelah itu, tepatnya pada tahun 1930 di berbagai kota di Indonesia mulai bermunculan perkumpulan-perkumpulan bola basket.

Perkumpulan-perkumpulan itu dimulai dari Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, dan Medan.

Kemudian sejak saat itu permainan basket semakin berkembang pesat, khususnya setalah Indonesia merdeka pada tahun 1945.

Teknik Dasar Bola Basket

Teknik Dasar Bola Basket

Untuk bisa memainkan bola basket dengan baik, tentunya kita harus mengetahui dan mempelajari teknik-teknik dasar dalam permainan basket ini.

Sehingga kita tidak bermain basket dengan cara yang asal-asalan, karena hal tersebut dapat menyebabkan cedera atau pun kejadian-kejadian yang tidak diinginkan.

Adapun beberapa teknik dasar bola basket yang perlu kamu pelajari adalah, memegang bola, dribble, passing, shooting, rebound, dan pivot.

Berikut ini adalah penjelasan singkat mengenai teknik-teknik dasar tersebut.

1. Teknik Dasar Memegang Bola

Di dalam permainan basket, tentunya memegang bola adalah salah teknik dasar yang perlu diperhatikan.

Sebab dengan memegang bola menggunakan teknik yang baik dan benar, akan membuat kita dapat menguasai dan mengendalikan bola.

Selain itu bola juga tidak akan mudah lepas, sehingga kita dapat bermain dengan lebih baik.

2. Teknik Passing (Melempar/ Mengoper Bola)

Passing (melempar/ mengoper/ mengumpan) adalah teknik kedua yang perlu dipelajari. Hal tersebut bertujuan agar kita dapat memberikan umpan yang baik kepada rekan satu tim.

Di dalam passing, ada beberapa cara yang perlu kamu pelajari. Macam-macam passing bola basket tersebut adalah sebagai berikut:

  • Bounce Pass (Operan Memantul)
  • Chest Past (Operan Dada)
  • Overhead Pass (Operan di Atas Kepala)
  • Baseball Pass (Operan Baseball)

3. Teknik Dribble (Menggiring Bola)

Dalam basket, dribbel merupakan gerakan memantulkan bola ke lantai berkali-kali sambil berjalan/ berlari menuju arah ring lawan.

Teknik dribbel ini dapat dilakukan dengan menggunakan satu atau pun dua tangan (dengan cara bergantian). Di dalam dribble ada 2 jenis gerakan yang perlu ketahui, yaitu dribble tinggi dan dribble rendah.

4. Teknik Shooting (Menembak Bola)

Teknik shooting atau menembak bola, adalah teknik dalam permainan basket untuk memasukkan bola ke dalam ring lawan dan mencetak poin.

Cara melakukan shooting ini ada bermacam-macam, berikut adalah macam-macam shooting yang ada di dalam basket yang perlu kamu ketahui:

  • Set shoot
  • Jump shoot
  • Slam dunk
  • Lay up

5. Teknik Pivot

Teknik pivot adalah, gerakan di dalam permainan basket yang berupa menggerakkan atau memutar badan sambil bertumpu pada salah satu kaki.

Sambil bergerak, pemain harus terus berusaha untuk menjaga bola supaya bola tidak direbut oleh pemain lawan.

Teknik pivot ini sangat bagus sekali untuk digunakan mengecoh lawan.

6. Teknik Rebound

Teknik rebound adalah, teknik yang digunakan untuk merebut bola yang gagal masuk ke dalam ring. Baik yang bola yang ditembakkan oleh lawan atau pun rekan satu tim.

Apabila rekan satu tim gagal melakukan shooting, maka teknik rebound berguna untuk memasukkan bola kembali ke dalam ring lawan.

Namun apabila yang gagal melakukan shooting adalah tim lawan, maka teknik ini dapat digunakan untuk mencegah lawan dari memasukkan bola itu kembali.

Ketahui juga Sejarah Tolak Peluru Beserta Cara Bermainnya!

Peraturan di Dalam Bola Basket

Peraturan di Dalam Bola Basket

Dalam setiap permainan atau olahraga, tentunya ada peraturan-peraturan yang perlu diperhatikan dan ditaati. Sama halnya dalam permainan bola basket.

Baik dari jumlah pemain, durasi/ waktu pertandingan, dan lain sebagainya. Berikut adalah beberapa peraturan bola basket yang perlu diketahui.

1. Pemain

Setiap tim/ grup terdiri dari lima pemain inti, di tambah dengan beberapa pemain cadangan.

Umumnya tim akan dibagi menjadi tiga, pertama yaitu pemain depan, pemain tengah, dan pemain belakang.

Pemain depan bertugas sebagai penyerang, sekaligus menghalangi pemain tim lawan agar tidak menerobos pertahanan.

2. Durasi Pertandingan dan Skor

Menurut FIBA (Federasi Bola Basket Internasional), durasi pertandingan bola basket adalah 4×10 menit. Sementara aturan dari NBA (National Basketball Association) yaitu 4×12 menit.

Dalam kurun waktu tersebut, maka setiap tim harus berusaha untuk mencetak poin sebanyak mungkin. Tim yang berhasil mendapatkan skor lebih tinggi pada akhir pertandingan, maka ia berhasil menjadi tim pemenang.

Pada setiap pergantian babak, akan ada jeda waktu untuk istirahat selama 10 menit.

3. Waktu Membawa Bola

PERBASI (Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia) telah menyatakan beberapa peraturan mengenai penguasaan bola, yaitu:

  • Peraturan 3 detik: Pada saat tim menguasai bola, maka pemain hanya dibolehkan berada di dalam area terlarang lawan selama 3 detik.
  • Peraturan 8 detik: Pemain boleh mempertahankan atau membawa bola di dalam daerahnya sendiri, namun dibatasi waktu selama 8 detik.
  • Peraturan 24 detik: Pemain boleh melakukan serangan hanya dalam durasi waktu 24 detik sebelum bola menyentuh ring.

4. Peraturan Lainnya

  • Toleransi jumlah pelanggaran yang diberikan kepada setiap pemain adalah 4 kali. Sehingga apabila melakukan kesalahan yang ke 5, maka pemain bisa mendapatkan diskualifikasi.
  • Pemain dilarang melakukan double dribble.
  • Pemain boleh melemparkan bola menggunakan teknik apa saja, namun dilarang melempar dengan cara memukul atau meninju.
  • Pemain dilarang berlari sambil memegang atau membawa bola, bola harus dibawa dengan cara di dribble.

Atlet-atlet Bola Basket Legendaris

Atlet-atlet Bola Basket Legendaris

Menjadi seorang atlet atau pemain basket profesional, serta dapat mengikuti berbagai macam ajang pertandingan bergengsi, tentu menjadi impian setiap atlet dalam olahraga tersebut.

Dibersamai dengan kerja keras dan latihan, serta memiliki prinsip pantang menyerah, maka suatu hari impian tersebut akan tercapai.

Berikut ini adalah 5 daftar nama atlet basket profesional yang sukses menjadi legenda basket.

  • Michael Jordan
  • Magic Johnson
  • Kareem Abdul-Jabbar
  • Shaq O’Neal
  • Larry Bird

Sekian

Demikianlah ulasan lengkap mengenai sejarah bola basket beserta teknik dasar, peraturan, dan juga atlet-atlet legendaris bola basket.

Semoga dengan adanya pembahasan ini, dapat membantu dan memudahkan kamu dalam mempelajari permainan basket dengan lebih baik.

Akhir kata semoga dapat bermanfaat, sekian dan terimakasih 🙂

Naufal Muhsy Founder of Trifaris Media site. Sangat menyukai bisnis online dan saat ini sedang mendalami Internet Marketing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.