Zain Muhammad - Pemuda yang memiliki hobi Membaca, Menulis, Fotografi, dan Berpetualang -

Pengertian Seni Arsitektur

6 min read

pengertian-seni-arsitektur

Pengertian seni arsitektur – Seni arsitektur, merupakan seni yang dilakukan oleh setiap individu untuk berimajinasikan diri mereka dan ilmu dalam merancang suatu bangunan.

Sedangkan arsitektur memiliki arti tersendiri, yaitu suatu kegiatan yang dilakukan oleh seorang atau sekelompok individu untuk membuat rancangan berdasarkan kreatifitas dan gagasannya sendiri.

Nah, apabila sebelumnya kita sudah membahas mengenai pengertian seni tari dan seni drama, maka pada kesempatan kali ini kita akan membahas secara lengkap mengenai seni arsitektur.

Pengertian Seni Arsitektur

pengertian-seni-arsitektur
source: architecturalrecord.com

Apa itu seni arsitektur? Seni arsitektur merupakan cabang seni rupa yang menggunakan imajinasi untuk memberikan bentuk pada suatu bangunan tempat tinggal atau bangunan serbaguna lainnya.

Di dalam dunia arsitektur, seniman merancang pembangunan lingkungan mulai dari lingkup kecil seperti bangunan atau desain produk, hingga ke dalam lingkup besar seperti perencanaan perkotaan atau taman kota.

Sedangkan secara bahasa, arsitektur berasal dari kata “archi” yang berarti kepala, dan “techton” yang berarti tukang.

Sehingga pengertian arsitektur secara umum adalah, seni yang dilakukan individu atau kelompok untuk merancang sebuah bangunan yang dihasilkan dari ide dan imajinasi mereka.

Pengertian Seni Arsitektur Menurut Para Ahli

Pengertian Seni Arsitektur menurut para ahli
source: pixabay.com

Sebagai cabang seni dan ilmu lainnya, seni arsitektur tentu memiliki ahli dan pakar yang memaparkan atau menginterprestasikan apa itu seni arsitektur?

Berikut ini adalah beberapa definisi dan pengertian seni arsitektur menurut para ahli dan pakar dibidangnya:

1. Djauhari Sumintardja

Pengertian seni arsitektur menurut Djauhari Sumintardja adalah, karya manusia yang bermanfaat bagi manusia itu sendiri. Manfaat tersebut terdiri dari manfaat untuk badan, dan juga manfaat untuk jiwa.

Manfaat arsitektur untuk badan yaitu memberi perlindungan diri bagi badan. Sedangkan manfaat arsitektur untuk jiwa yaitu dapat memberikan ketenangan, kesejukan, kenyamanan, dan lain sebagainya.

2. Y. B. Mangunwijaya

Pengertian seni arsitektur menurut Y. B. Mangunwijaya yaitu, sebagai vastuvidya atau wastuwidya yang memiliki arti ilmu bangunan.

Wastuwidya mencakup ilmu tata gedung, tata bumi, dan kemudian lintas (dhara, harsya, dan kana).

Mangunwijaya juga mengartikan arsitektur sebagai penciptaan suasana perkawinan guna dan citra.

Arsitektur tidak dilihat dari kemewahan bahan, teknologi, dan harganya. Karena dari bahan-bahan sederhana juga dapat memberikan cerminan refleksi keindahan yang puitis dari sebuah arsitektur dan jauh lebih bersih dari godaan ataupun kepongahan (1988:348).

3. Robert Gutman

Pengertian arsitektur menurut Robert Gutman adalah kulit ketiga manusia.

Gutman juga menyampaikan bahwa arsitektur merupakan suatu lingkungan produksi yang tidak hanya menjembatani manusia dan lingkungan, namun juga sebagai wahana ekspresi kultural untuk mengatur kehidupan jasmaniah, psikologis, dan lain sebagainya.

4. Benjamin Handler

Pengertian dan definisi yang diutarakan oleh Benjamin Handler merupakan definisi untuk seorang arsitek.

Menurutnya, arsitek adalah seorang seniman struktur yang menggunakan struktur secara estetis berdasarkan prinsip-prinsip struktur itu sendiri.

5. Sir Henry Wotton

Menurut Sir Henry Wotton arstitektur bangunan harus memiliki 3 kondisi berikut:

  • Komoditas
  • Kokoh
  • Menyenangkan

6. Renzo Piano

Menurut Renzo Piano, ketika sebuah gaya arsitektur dibentuk untuk menjadi merek dagang, maka hal tersebut secara tidak langsung akan menjadi sangkar yang mengekang dan membunuh para arsitek serta kebebasan mereka untuk berkembang.

Sebuah gaya arsitektur, hendaknya dibentuk berdasarkan metode yang ada, bukan dibentuk hanya untuk merek dagang.

7. Amos Rappoport

Pengertian arsitektur menurut Amos Rappoport yaitu, ruang lokasi hidup manusia yang bukan hanya sekedar fisik, namun juga menyangkut pranata-pranata kebiasaan dasar.

Pranata-pranata tersebut antara lain adalah, tata atur kebiasaan dan sosial masyarakat yang turut diwadahi dan mempengaruhi arsitektur.

8. Banhart CL dan Jass Stein

Pengertian seni arsitektur menurut Banhert CL dan Jass Stein adalah, sebuah seni dalam menegakkan bangunan,  yang dimana di dalam seni tersebut terdapat segi perencanaan, konstruksi, dan solusi dekorasinya.

Selain itu, sifat atau format bangunan, proses membangun, bangunan, dan kelompok lainnya adalah segi-segi lain yang juga ada di dalam arsitektur.

9. Cornelis Van de Ven

Menurut Cornelis Van de Ven pengertian arsitektur yaitu, penciptaan ruang yang diciptakan dengan cara yang benar dan direncanakan serta dipikirkan.

Pembaharuan di dalam arsiktektur yang terus menerus terjadi adalah, disebabkan faktor konsep-konsep ruang yang juga terus berkembang.

10. Claudil

Pengertian seni arsitektur menurut Claudil adalah, suatu hal yang personal, mengasyikkan, dan membutuhkan pengalaman.

Selain itu, arsitektur juga merupakan hasil persepsi dan penghargaan manusia terhadap ruang dan bentuk. Ada tiga empiris arsitektur menurut Claudil, yaitu: aspek fisikal, emosional, dan keperluan intelektual.

11. Francis DK Ching

Menurut Francis DK Ching seorang Profesor Emiritus di University of Washington, arsitektur merupakan kegiatan menyusun suatu tautan yang mempersatukan ruang, bentuk, kiat, dan fungsi.

Baca juga: Pengertian Seni Dekorasi

Sejarah Singkat Seni Arsitektur

sejarah-seni-arsitektur
source: befren.com

Perkembangan seni arsitektur memiliki sejarah yang sangat panjang, karena salah satu jenis seni rupa 3 dimensi ini terlahir dari adanya kebutuhan manusia akan sebuah kondisi lingkungan yang kondusif, aman, dan nyaman.

Selain itu, arsitektur juga terlahir disebabkan cara manusia dalam memanfaatkan bahan bangunan dan kecanggihan teknologi konstruksi atau bangunan.

 Sejarah ini berawal pada zaman pra sejarah, yang dimana teknik dari seni arsitektur tertua adalah “stonehegen” di daratan Inggris.

Pada umumnya, arsitektur pada zaman tersebut masih berupa bebatuan yang disusun berkeliling.

Namun keadaan tersebut terus berkembang, hingga arsitektur yang semula hanya sebuah susunan bebatuan perlahan menjadi sebuah bangunan rumah.

Adapun bangunan rumah yang dirancang pada saat itu hanyalah sebatas rumah pemukiman yang sederhana.

Seiring berjalannya waktu, bentuk dan tipologi bangunan semakin lama semakin rumit.

Ada banyak sekali bangunan yang berhasil terbentuk dari kerumitan-kerumitan tersebut, misalnya rumah sakit, tempat rekreasi, sekolah, dan lain sebagainya.

Perkembangan tersebut juga beriringan dengan munculnya karya tulis yang berhubungan dengan arsitektur. Salah diantaranya adalah “De Architecture karya Vitruvius.”

Pada zaman pra sejarah hingga abad pertengahan Eropa, pekerjaan arsitektur masih dilakukan secara kolektif, dalam artian hanya dilakukan oleh sejumlah ahli pada bidang arsitektur.

Di masa pencerahan, pekerjaan arsitek sudah dilakukan secara individual yang dikenal sebagai arsitektur.

Leonardo Da Vinci adalah salah sau arsitek yang masyhur pada abad pencerahan atau rennaissance.

Pada saat ini, arsitektur kembali dikerjakan secara kolektif oleh para ahli dibidangnya. Hal tersebut disebabkan tingkat kerumitan dari sebuah bangunan kian bertambah.

Macam-macam Seni Arsitektur

macam-macam-seni-arsitektur
source: pixabay.com

Adapun macam-macam seni arsitektur adalah sebagai berikut:

1. Arsitektur Modern

Arsitektur modern lebih mengutamakan fungsi dalam menentukan bentuk, ukuran, dan bahan dengan ornamen yang minim dan fungsional.

2. Arsitektur Mediterania

Arsitektur mediterania memiliki ornamen sederhana yang mengutamakan kenyamanan. Arsitektur mediterania terinspirasi dari bangunan-bangunan Italia dan Spanyol.

3. Arsitektur Klasik

Arsitektur klasik, memberikan kesan yang dan mewah. Ciri khas dari arsitektur klasik terletak pada pilar-pilar, ornament, dan profil-profil yang berkembang pada saat Kerajaan Romawi atau Yunani kuno.

4. Arsitektur Tema

Menurut Gunawan Tjahyono, tema dalam arti purbanya adalah pijakan bagi sebuah tajuk. Dari situlah kita yang terlibat dalam kehadirannya berangkat untuk melakukan bahasan, ulasan, daj juga tindakan (intelektual).

5. Arsitektur Minimalis

Banyak muncul pada awal 1990, berupa pengembangan bangunan perumahan di Indonesia yang menawarkan alternative rumah tinggal. Mulai dari perumahan tipe besar, sedang, dan kecil.

Fungsi Seni Arsitektur

fungsi-seni-arsitektur
source: pixabay.com

Selain macam-macam seni arsitektur di atas, tentunya arsitektur dibuat bukan tanpa tujuan, berikut ini adalah beberapa fungsi dari seni arsitektur tersebut:

1. Artistik Form (Fungsi Bentuk Artistik)

Di dalam hal ini, arsitektur dianggap sebagai salah satu bentuk dari seni. Oleh karena itu, arsitektur fungsional diartikan sebagai sebuah bentukan artistik yang memiliki nilai-nilai keindahan.

2. Container (Fungsi Perwadahan)

Fungsi perwadahan melihat arsitektur dari segi fisik. Yakni suatu ruang yang dapat mewadahi aktivitas tertentu, sehingga yang ada di dalamnya dapat merasakan keamanan dan kenyamanan.

3. Climatic Modifer (Fungsi Modifikasi/Kontrol Iklim)

Climatic modifer atau fungsi modifikasi merupakan penegasan arsitektur sebagai sebuah bangunan yang memiliki fungsi untuk mengantisipasi, mengkontrol dan juga beradaptasi dengan lingkungan fisiknya. Dalam hal ini merujuk pada iklim ditempat tersebut.

4. Envirenment Filter (Fungsi Filter Lingkungan)

Disini, arsitektur memiliki fungsi sebagai sebuah alat fileterisasi untuk lingkungan, baik dari segi fisik ataupun sosial.

5. Behaviour Medifer (Fungsi Pembentuk Perilaku)

Dalam hal ini, arsitektur berfungsi untuk melakukan modifikasi, membentuk, hingga memanipulasi suatu tindakan atau perilaku seseorang yang aktif melakukan interaksi berbentuk arsitektur tersebut.

6. Capital Investment (Fungsi Investasi Modal)

Fungsi yang terakhir adalah, arsitektur memiliki tujuan untuk mendatangkan sebuah manfaat, nilai tambahan, atau keuntungan.

Sedangkan investasi yang disebutkan di atas adalah, sebuah usaha untuk memanfaatkan sumber daya yang ada. Baik itu berupa uang, tenaga, ataupun modal guna menghasilkan nilai tambahan tertentu.

Misalnya adalah keuntungan profit dan benefit.

Teori Seni Arsitektur

teori-seni-arsitektur
source: pixabay.com

Berikut ini adalah beberapa teori yang terdapat di dalam seni arsitekture:

a. Theory in Architecture (what architecture is)

Teori yang pertama ini merupakan teori yang umumnya mengamati aspek formal, tektonik, structural, representasional, dan prinsip estetika yang melandasi gubahan arsitektur.

Adapun teori yang tergolong ke dalam kelompok ini, cenderung bersifat superfical, deskriptif, dan persepektif.

b. Theory of Architecture (how best to design)

Teori yang kedua, merupakan teori yang berusaha untuk menjelaskan bagaimana para arsitek mengembangkan prinsip dan menggunakan pengetahuan, teknik, serta gambar dalam proses desain dan produksi bangunan.

c.) Theory about Architecture (the achievement of Architecture)

Teori yang terakhir, memiliki tujuan untuk menjelaskan makna dan pengaruh arsitek, mendudukan arsitek dalam konteks sosial budaya, memberikan gambaran bagaimana arsitek bekerja sebagai produser budaya, ataupun memahami bagaimana arsitek digunakan dan diterima oleh masyarakat.

Contoh Seni Arsitektur

Arsitektur di Nusantara ini, dipengaruhi oleh keaneka ragaman budaya, sejarah, serta letak geografi Indonesia sendiri.

Selain itu, para pedagang luar negri dan penjajahan yang dialami Indonesia turut mempengaruhi kearsitekturan di Negara kepulauan ini.

Sejumlah budaya luar seperti Arab, Tiongkok, dan India juga turut mempengaruhi arsitektur Indonesia.

Nah, untuk lebih lengkapnya, berikut ini adalah beberapa contoh bangunan arsitektur yang ada di Indonesia:

1. Museum Tsunami Aceh

contoh-seni-arsitektur
source: genpi.co

Museum ini didirikan pada tahun 2009 silam oleh walikota Bandung Ridwan Kamil dan tokoh seni rupa Indonesia di bidang arsitektur.

Museum ini dibangun dengan tujuan untuk mengenang peristiwa tsunami Aceh pada tahun 2004 silam.

Selain itu, museum ini juga didirikan sebagai pusat pendidikan sekaligus tempat pengungsian apabila tsunami terjadi kembali.

2. Masjid Gedhe Kauman

contoh-seni-arsitektur
source: contractorkubahmasjid.com

Masjid Gedhe Kauman ini dibangun atas prakarsa Sultan Hamengku Buwono I yang bekerjasama dengan Kyai Faqih Ibrahim Diponingrat dan Kyai Wiryokusumo selaku arsitek.

Masjid ini didirikan pada tagal 29 Mei 1770 Masehi, dan termasuk kedalam salah satu contoh karya seni rupa dan terapan dibidang arsitektur bernafaskan Islam.

Masjid ini terletak di sebelah barat komplek Alu-alun Keraton Yogyakarta. 

3. Candi Borobudur

contoh-seni-arsitektur
source: travelspromo.com

Candi Borobudur, terletak di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Candi Borobudur ini terdiri atas teras yang berbentuk bujur sangkar dan memiliki tiga pelataran yang melingkar.

Dinding Candi Borobudur ini dihiasi dengan 2.672 panel relief dan juga terdapat 504 arca Budha.

Candi Borobudur juga dinyatakan sebagai candi dengan relief terbanyak dan terlengkap di dunia,

4. Candi Prambanan

contoh-seni-arsitektur
source: pixabay.com

Candi Prambanan atau yang juga dikenal sebagai Candi Roro Jonggrang ini merupakan komplek candi Hindu terbesar di Indonesia.

Candi ini dibangun pada abad ke-9 Masehi.

Desain arsitektur bangunan Candi Prambanan ini berpedoman pada kitab Wastu Sastra, sedangkan denah candi ini mengikuti pola mandala, dan bentuk candi dibuat tinggi menjulang layaknya candi Hindu pada umumnya.

Sekian

Demikianlah pembahasan kita mengenai pengertian seni arsitektur yang dibahas secara tuntas dan rinci. Semoga dengan adanya pembahasan  tersebut kalian dapat mempelajarinya dan menjadikannya sebagai referensi.

Akhir kata, semoga pembahasan-pembahasan tersebut dapat bermanfaat, sekian dan terimakasih.

Zain Muhammad - Pemuda yang memiliki hobi Membaca, Menulis, Fotografi, dan Berpetualang -

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.