Naufal Muhsy Learner. Blogger. Photographer ~ Mohon do'anya semoga situs ini bisa memberikan manfaat untuk kawan-kawan semua :)

Perkembangan Startup Studio Indonesia

2 min read

Perkembangan Startup Studio Indonesia

Saat ini, perkembangan dunia teknologi sudah semakin canggih. Tentu, kabar luar biasa perkembangan ini menjadi sebuah peluang besar bagi kamu yang berniat terjun ke dunia bisnis digital. Dan ternyata, tingginya peminat bisnis berbasis digital akhirnya membuat Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) menyelenggarakan sebuah program yang diberi nama Startup Studio Indonesia.

Program startup Indonesia terbilang sedang booming-boomingnya. Di mana, Kemkominfo memiliki target, mereka akan mencetak 150 startup yang berkualitas tinggi sampai tahun 2024 mendatang.

Program  startup studio Indonesia menjadi bukti, bahwa pemerintah mendukung penuh kemajuan ekosistem startup yang ada di Indonesia. Bentuk dukungan Kemkominfo ialah menyediakan berbagai fasilitas yang bisa diakses oleh pegiat early-stage startup demi mengembangkan bisnisnya.

Perkembangan Startup Studio Indonesia

Perkembangan Startup Studio Indonesia

Program yang diselenggarakan oleh pemerintah ini sudah dimulai sejak tahun 2020. Itu artinya, masih setahun berjalan.  Meskipun masih terbilang baru, namun peminat dari program ini terbilang sangat banyak. Program startup studio Indonesia mempunyai target yakni di tahap Angel sampai pre-series.

Pada gelombang pertama, sudah ada 668 tartup yang mendaftarkan diri ke program startup studio Indonesia. Di mana, keseluruhannya tersebar dari sabang hingga merauke. Dari banyaknya pendaftar, kemudian dilakukan penyaringan hingga tersisa 20 startup yang terpilih.

Dan untuk saat ini, tengah diadakan gelombang kedua. Semuel A Pangerapan, selaku Direktur Jenderal Aplikasi dan Informatika di Kemkominfo menyatakan, bahwa dari program ini diharapkan dapat mencetak, kemudian mengembangkan skala bisnis.

Pemerintah mempunyai keyakinan yang besar, bahwa Indonesia sangat berpotensi bagi perkembangan ekonomi  digital yang terus meningkat. Karena sejalan dengan pesatnya pertumbuhan startup.

Bahkan menariknya, kini Indonesia tengah menduduki peringkat yang ke lima, dalam nominasi negara yang mempunyai banyak startup. Peringkat ini mencakup skala internasional loh. Sementara jika dirangking se Asia, maka Indonesia menduduki peringkat ke dua.

Jumlah startup di Indonesia sudah mencapai angka 2.229, dan akan terus dikembangkan melalui program startup studio Indonesia. Dengan jumlah starup yang sudah sangat banyak program ini juga berharap, bahwa startup di Indonesia mampu bersaing dengan startup negara lain. Karena itulah Indonesia meski dan membutuhkan yang namanya talenta digital, terampil, berwawasan luas ketika mengembangkan startup.

Melihat jumlah pendaftar pada program startup, terlihat bahwa Indonesia mempunyai masa depan yang cerah dan unggul, apalagi dibantu dengan berbagai fasilitas yang mendukung.

Alumni dari peserta gelombang pertama menyatakan, bahwa program ini sangat bermanfaat, dan sudah memberikan peningkatan yang signifikan dalam pengembangan bisnis mereka.

Dari 20 startup, terdapat 3 startup yang sudah mendapatkan penawaran investasi dari pihak Venture Capital.

Sementara selebihnya mempunyai 20 persen lebih month-to-mont traction growth yang angkanya terbilang sangat menarik. Selain itu, ada juga beberapa yang justru melakukan kolaborasi, dan juga kerjasama demi mengembangkan produk.

Semmy berharap, bahwa program startup studio Indonesia bisa menjawab berbagai tantangan digital dari ke hari, terutama early-stage, kemudian membangun kolaborasi antara pegiat startup yang satu dengan lain demi mengembangkan sebuah sistem yang tangguh dalam ekonomi digital bersakala besar.

Dalam hal ini, Kemkominfo akan memprioritaskan 6 sektor bisnis yang akan dikembangkan di startup, yaitu industri unggulan yang ada di Indonesia, ada pendidikan, maritim, kesehatan, agrikultur, logistik, dan pariwisata.

Sementara untuk kategori esaly-stagenya bisa diikuti oleh startup yang sudah mempunyai paling tidak minimum valuable product (MVP) dengan traction tiga bulanan. Sementara proses validasinya, sudah mempunyai badan hukum, tahap pendanaan angel, sampai mencapai pre series investasi.

Bagaimana Caranya Mengikuti Pelatihan Startup Studio?

Bagaimana Caranya Mengikuti Pelatihan Startup Studio?

Setelah mengetahui berbagai hal tentang startup studio Indonesia, kamu tentu penasaran kan bagaimana cara mengikuti programnya? Nah, berhubung persaingannya cukup ketat, kamu bisa mengikut beberapa kriteria berikut,

  1. Pilihlah startup yang memang bergerak di enam sektor tadi. Ada kesehatan, maritim, pendidikan, aglikultur, logistik, dan pariwisata. Karena bagaimanapun, enam sektor ini merupakan sektor yang sangat diprioritaskan.
  2. Startup kamu sudah mempunyai MVP dan juga traction paling tidak tiga bulan.
  3. Startup kamu sudah mempunyai badan hukum, dan sedang proses mencari product-market-fit.

Jika kamu merasa startup yang kamu rintis sudah memenuhi kriterias di atas, nggak salahnya buat mencoba program ini ya. Siapa tahu beruntung.

Naufal Muhsy Learner. Blogger. Photographer ~ Mohon do'anya semoga situs ini bisa memberikan manfaat untuk kawan-kawan semua :)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.