Anita Aprilia Setangguh Karang. "Love to study. Sharing about finance, business and business opportunities."

Strategi Pemasaran untuk Bisnis Pariwisata

5 min read

Strategi Pemasaran untuk Bisnis Pariwisata

Strategi Pemasaran Pariwisata – Bisnis selalu berkaitan dengan strategi, dan ini udah nggak rahasia lagi ya. Semua orang bahkan sepakat, kalau yang namanya bisnis nggak cuma butuh modal duit, tapi juga strategi, termasuk bisnis pariwisata.

Saat ini, ada banyak banget wisata-wisata baru bermunculan, terutama di daerah-daerah Jawa. Kamu bisa melihat sendiri bagaimana pesatnya dunia pariwisata saat kini.

Jadi jangan heran kalau sekarang banyak bermunculan bisnis-bisnis yang berkaitan dengan pariwisata, termasuk jasa pariwisata dan hotel ia kan?

Nah, dalam menjalankan bisnis pariwisata, kamu harus mempunyai strategi pemasaran pariwisata yang tepat ya sis. Hal ini bertujuan agar bisnis yang kamu jalankan bisa berkembang, nggak cuman stagnan, alias diam ditempat.

Pentingnya Strategi Pemasaran Pariwisata

Pentingnya Strategi Pemasaran Pariwisata

Oke sis, sebelum membahas strategi pemasaran pariwisatanya, kita bahas dulu tentang apa sih pentingnya strategi pemasaran pariwisata sebenarnya?

Strategi pemasaran pariwisata adalah hal yang paling penting dilakukan agar sebuah wisata bisa ramai dikunjungi, apalagi mengingat bahwa persaingan semakin tinggi dimana-mana.

Nah, salah satu strategi yang paling tepat ya dengan promosi. Ia nggak? Kamu tahu dong kalau kegiatan satu ini bisa menjadi daya tarik tersendiri untuk tempat wisata yang ditawarkan, misalnya adalah dengan memasang iklan dan melakukan promosi penjualan.

Adanya strategi pemasaran ini tentu akan membuat banyak orang tahu akan keberadaan wisata yang baru saja muncul.

Tak hanya itu saja, apabila strategi pemasaran yang kamu lakukan tepat, maka kamu hanya perlu menunggu waktu saja mendapati bahwa wisata yang kamu promosikan sudah semakin ramai dan terus berkembang.

Selain itu, dengan strategi jugalah semua calon pengunjung akan menemukan beragam informasi terkait tempat wisata yang akan kamu buka.

Kemudian yang terkahir, strategi pemasaran pariwisata juga akan membuat tempat wisata tersebut terus diawasi dengan efektif, karena memang yang namanya mengelola wisata tentu harus diadakan pengawasan yang rutin agar bisa menciptakan nuansa yang nyaman.

Strategi Pemasaran Pariwisata

Strategi Pemasaran Pariwisata

Dalam bisnis apapun, strategi merupakan salah satu hal yang paling penting untuk diperhatikan. Jadi  jangan heran kalau cuman karena mikir strategi banyak yang dibuat pusing. Ya karena memang sulit cuy.

Wajar sih, karena hadiah dari strategi pemasaran pariwisata yang tepat ya sukses. Namanya sukses mah, butuh perjuangan kan rek?

Ada berbagai hal penting yang meski kamu siapkan ketika membuat perencanaan strategi.

1. Membangun Identitas Tempat Wisata

Strategi pemasaran pariwisata yang pertama kali harus kamu lakukan adalah dengan membangun atau membuat identitas tempat wisata yang akan kamu pasarkan.

Strategi ini menuntut kamu untuk mengumpulkan berbagai informasi, misalnya tentang hal-hal yang kiranya akan kamu tawarkan kepada para wisatawan.

Tak hanya itu saja, kamu juga meski menggali berbagai informasi menarik tentang hal-hal yang bisa menjadi pembeda antara tempat wisata kamu dengan destinasi wisata lainnya.

Dalam proses pembuatan identitas wisata kamu membutuhkan berbagai informasi detail  lainnya tentang sejarahnya mungkin, ataupun alasa-alasan kenapa wisata tersebut ada.

Karena nggak bisa dipungkiri sih, bahwa yang namanya identitas itu perlu. Termasuk identitas sebuah wisata. Karena biasanya, identitas bisa menjadi sebuah daya tarik tersendiri bagi para wisatawan.

Dengan identitas yang jelas dan menarik, tentu tempat wisata yang akan kamu bangun jauh lebih terarah.

Maka, buatlah nama tempat yang memang cocok dan menarik. Caranya ya itu tadi, dengan menggabungkan beberapa hal tadi, misalnya adalah sejarahnya.

2. Menentukan Target Pasar

Strategi pemasaran pariwisata selanjutnya ialah dengan menentukan target pasar.

Bagaimanapun, penentuan target pasar tidak hanya diperuntukkan bagi pebisnis pakaian atau makanan ya, karena ternyata bisnis pariwisata juga sama.

Dengan menentukan target pasar, maka kamu akan merasa terbantu dalam memasarkannya nanti. Hal ini karena target pasar mempunyai pengaruh yang sangat besar bagi sebuah usaha, dan bisa menentukan berapa banyak sih pengunjung yang datang.

3. Menetapkan Harga

Harga menjadi salah satu strategi pemasaran pariwisata yang juga tak kalah pentingnya dengan strategi pemasaran yang lain. Karena biasanya, harga selalu mencerminkan kualitas dan juga fasilitas yang ditawarkan.

Maka, kamu harus memperhatikan dengan baik, berapa kira-kira biaya yang mesti dikeluarkan para pengunjung tatkala datang ke tempat wisata yang kamu miliki?

Kamu harus mempertimbangkan berbagai hal, seperti nggak semua pengunjung yang ada berasal dari kalangan orang mampu, nggak semua pengunjung usianya sama, dan nggak semua pengunjung berasal dari satu kota.

So, petimbangkan hal tersebut dengan matang ketika harus menentukan harga yang tepat.

Hal ini bertujuan supaya tempat wisata yang kamu kelola bisa dikunjungi oleh banyak orang.

Jangan lupa mempertimbangkan kondisi fasilitasnya ya, jangan sampai kamu menetapkan harga yang tinggi padahal fasilitas yang kamu tawarkan tidak sesuai dengan harganya.

Tentu hal ini akan membuat para pengunjung kecewa dan mereka pasti nggak bakalan mau lagi berkunjung. Maka ketika menentukan harganya, perhatikan dahulu aspek-aspek di atas dengan cermat.

Baca Juga:

4. Melakukan Pemasaran

Melakukan Pemasaran

Pemasaran atau marketing adalah hal yang paling penting dalam memasarkan pariwisata. Maka tak heran jika melakukan pemasaran juga termasuk ke dalam strategi pemasaran pariwisata yang harus kamu lakukan.

Dengan melakukan pemasaran, kamu akan menemukan target yang jelas, apalagi jika kamu memilih jenis pemasaran yang tepat.

Kini bentuk pemasaran bukan hanya sekedar berbentuk reklame yang dipajang di pinggir jalan saja. Ia toh? Kalau dulu sih ia, tapi sekarang sudah nggak lagi.

Karena sudah ada media sosial yang siap membantu kamu dalam melakukan pemasaran. Dengan menggunakan pemasaran di media sosial, kamu bisa mempromosikan dengan mudah dan cepat, karena memang sistem digital menawarkan kemudahan tersebut.

Nah untuk melakukan pemasaran di media sosial, ada beberapa hal yang meski kamu perhatikan. Pertama, buat dulu nih akun media sosialnya. Kalau sudah, ikuti berbagai akun yang masih berkaitan dengan wisata.

Nah, jika sudah, kamu bisa mulai menambahkan teman atau memfollow semua orang yang kamu kenal, kemudian posting deh.

Ketika memposting, jangan lupa untuk memasukkan foto yang benar-benar bagus, jernih, dan keren. Selain itu, berikan caption yang menarik, lengkap dengan hastag yang sesuai.

Hal ini akan mempermudah akun kamu menemukan pangsa pasarnya sendiri, terutama jika kamu menggunakan hastag ya.

5. Menggunakan Jasa Iklan

Saat ini, ada banyak sekali penyedia jasa iklan yang bisa kamu gunakan, misalnya tabloid, majalah, radio, televisi, dan sebagainya.

Strategi satu ini terbilang cukup cerdas loh, apalagi jika kamu memilih radio dan televisi. Percaya deh, hanya dalam hitungan jam saja wisata kamu akan dipadati pengunjung, terutama jika di antara tim kalian ada yang menguasai copywriting, beuh lancar jasa pasti.

Kalau kamu ngerasa iklan di tv dan radio cukup mahal, coba yang murah dulu aja deh, misalnya di Koran atau surat kabar.

6. Mengadakan Pameran

Strategi selanjutnya adalah dengan mengadakan pameran. Mengadakan pameran ini merupakan salah satu strategi yang juga terbilang ampuh loh ya.

Jadi, nggak ada salahnya kalau kamu coba mengadakan pameran.

Carilah pameran yang memang benar-benar ramai peminat. Kamu bisa survey dahulu untuk mengetahui pameran yang banyak disukai masyarakat.

7. Membuat Website

Nah, kalau di poin ke tiga ada disinggung sedikit tentang memanfaatkan media sosial, maka strategi pemasaran pariwisata yang satu ini adalah dengan membuat website.

Percaya atau tidak, saat ini website seperti menjadi sebuah kewajiban yang harus ditunaikan oleh semua pelaku usaha loh.

Hal ini karena kita memang sedang hidup di zaman modern, sehingga teknologi mempunyai peranan yang sangat penting dalam membantu kamu melakukan promosi.

Mulai saat ini, cobalah untuk membuat Website bagi tempat wisata kamu, karena promosi manual atau konvensional sudah mulai ditinggalkan. Internet menjadi ladang yang paling luas untuk berpromosi.

Jika kamu membuatkan website bagi tempat wisata yang kamu kelola, maka hal ini akan membuat tempat wisata kamu terlihat sangat professional loh, apalagi jika tampilannya dibuat sedemikian rupa.

Maka, cobalah untuk membuat website yang memang benar-benar diurus, karena sampai saat ini ada banyak sekali website tempat wisata di berbagai daerah yang kesannya hanya sekedar upload saja atau sekedar punya saja tapi tidak pernah diurus. Sehingga websitenya terbengkalai.

Padahal, dengan menjadikan website sebagai strategi pemasaran pariwisata kamu akan menemukan dan mendapatkan berbagai macam keuntungan yang menggiurkan loh, salah satunya ya wisata yang kamu kelola akan semakin terkenal.

Jangan lupa juga untuk mendaftarkan lokasinya ke Google Maps. Harga pembuatan website murah meriah kok, kamu hanya perlu menyewa hosting dan domain, yang harganya super terjangkau. Berkorban dikit nggak apa-apa lah ya sis.

8. Menyiapkan Spot Foto yang Menarik

Strategi pemasaran pariwisata yang terakhir adalah dengan menyediakan berbagai spot foto yang menarik. Karena ternyata, spot foto bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi sebuah tempat wisata loh.

Sampai saat ini, sudah banyak sekali tempat wisata yang menyediakan berbagai spot foto menarik yang bisa dimanfaatkan oleh para pengunjung untuk berselfi ria.

Mungkin beberapa kali ketika sedang berjalan-jalan kamu juga menemukan ada berbagai spot foto ya, nah jika kamu ingin menerapkan strategi ini maka pilihlah spot foto yang memang bisa menarik perhatian banyak orang.

Jangan buat spot foto yang biasa-biasa aja, karena bakalan kalah saing sama tempat wisata yang lain. Untuk hal ini, saya sarankan kamu untuk melihat salah satu spot foto yang ada di Hutan Pinus Pengger di Jogja.

Jika sudah, kamu bisa menjadikan spot foto di Hutan Pinus Pengger tersebut sebagai acuan atau contoh ketika akan membuat spot foto yang menarik. Keren banget kan?

Sampai kini, spot foto di Hutan Pinus Pengger tersebut masih belum ada tandingannya loh.

So, buatlah spot foto yang memang tidak biasa sehingga banyak orang yang penasaran dan berbondong-bondong datang ke tempat wisata yang kamu kelola.

Pikirkan dengan matang konsepnya, lalu realisaskikan dengan maksimal.

Oke sekian strategi pemasaran pariwisata yang harus kamu ketahui, jangan lupa untuk survei terlebih dahulu karena yang namanya strategi pemasaran pasti membutuhkan berbagai data, terutama jika kaitannya dengan pariwisata.

Anita Aprilia Setangguh Karang. "Love to study. Sharing about finance, business and business opportunities."

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.