Naufal Muhsy Penyuka kopi yang tak terlalu manis. Pembelajar yang tak jua paham. Pejalan yang tak jua sampai.

Mengulas 7 Surat Keterangan Usaha Dari Desa dan Cara Membuatnya

7 min read

contoh-surat-keterangan-usaha-dari-desa

Surat keterangan usaha dari desa – Pada zaman sekarang, ada banyak sekali orang yang berlomba-lomba untuk membangun sebuah usaha. Namun di dalam membangun suatu usaha, tentunya ada beberapa hal yang harus dipenuhi, surat keterangan usaha misalnya.

Untuk membuat surat keterangan usaha, ada banyak sekali hal-hal yang harus diperhatikan, dan syarat-syarat yang harus dipenuhi. Karena sebab itu, tidak sedikit orang yang masih bingung mengenai format dan cara pembuatannya.

Nah, jika sebelumnya kita sudah membahas mengenai contoh surat keterangan domisili dan surat keterangan kerja untuk visa, maka pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai surat keterangan usaha dari desa secara rinci.

Sehingga dengan begitu, kalian dapat mempelajarinya dan menjadikannya sebagai referensi.

Pengertian SKU (Surat Keterangan Usaha)

pengertian-surat-keterangan-usaha
pixabay

Sebelum masuk pada pembahasan utama, apa sih sebenarnya surat keterangan usaha itu?

Surat keterangan usaha atau yang biasa disingkat dengan SKU adalah, surat yang menjadi sebuah bukti sekaligus legalitas dari keberadaan suatu usaha.

Pentingnya untuk memiliki surat keterangan usaha ini telah diterangkan di dalam Undang-undang Nomor 3 Tahun 1982 tentang Wajib Daftar Perusahaan.

Undang-undang tersebut memang tidak menyebutkan secara ekspisit mengenai keterangan usaha, namun undan-undang tersebut menyatakan tentang pentingnya suatu usaha untuk terdaftar di dalam catatan resmi dan memiliki bukti yang menerangkan keabsahan usaha itu sendiri.

Manfaat Surat Keterangan Usaha

manfaat-surat
pixabay

Tentu bukan tanpa alasan, mengapa para pelaku usaha termasuk pelaku UMKM perlu untuk memiliki keterangan usaha ini. Yap, karena surat keterangan usaha ini dapat memberikan berbagai manfaat.

Apa saja manfaat dari surat keterangan usaha tersebut? Berikut ulasannya:

1. SKU Menjadi Bukti Legalnya Usaha yang Dijalankan

Dengan memiliki surat keterangan usaha, kita bisa mendapat manfaat bahwa usaha yang sedang kita jalankan diketahui keberadaannya secara resmi oleh pemerintah setempat.

Selain itu, adanya SKU ini bisa menjadi pelengkap Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) yang wajib dimiliki oleh pelaku usaha. Kemudian perlu kalian ketahui juga bahwa, setiap usaha akan dapat beroperasi apabila memiliki izin yang telah diatur oleh undang-undang.

Baik dari Tanda Daftar Perusahaan (TDP) yang diatur UU No. 3 Tahun 1982, hingg Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) yang diatur di dalam UU No. 7 Tahun 2014.

2. SKU Menjadi Syarat Pembuatan NPWP Pribadi bagi Wirausaha

Siapapun yang memiliki status Wajib Pajak (WP), termasuk pelaku usaha,  maka diharuskan untuk memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP). Oleh karena itu, surat keterangan usaha ini berperan sebagai syarat yang harus dipenuhi dalam pembuatan NPWP pribadi bagi wirausaha.

3. Syarat Wajib untuk Mengikuti Lelang atau Tender

Untuk mengikuti suatu event/acara baik berupa lelang  atau tender yang diadakan oleh lembaga pemerintah atau pemerintah daerah, umumnya mengharuskan setiap pengusaha untuk menyertakan surat keterangan usaha sebagai kelengkapan administratif.

Sebab dengan adanya surat keterangan usaha, maka dapat menjadi bukti bahwa kegiatan tender atau lelang yang diadakan diikuti oleh usaha yang legal.

4. Syarat Perubahan Golongan Listrik dari Rumahan ke Bisnis

Perusahaan Listrik Negara atau yang biasa disebut PLN, menetapkan surat keterangan usaha sebagai salah satu syarat yang harus dilengkapi untuk mengubah golongan tarif listrik dari listrik rumahan (R) menjadi listrik bisnis (B).

5. Syarat Mengajukan Pinjaman ke Bank

Salah satu syarat yang harus dipenuhi oleh seorang pengusaha untuk memperoleh pinjaman dari bank adalah, menyertakan surat keterangan usaha. Karena tanpa adanya surat keterangan usaha, mustahil aplikasi pengajuan pinjaman uang akan diproses.

Syarat Membuat Surat Keterangan Usaha Dari Desa

syarat-membuat-surat-usaha
pixabay

Sebelum membuat surat keterangan usaha, tentunya ada beberapa syarat yang harus dipenuhi. Baik syarat-syarat yang berupa dokumen, atupun kelengkapan administratif yang harus dibawa ke kantor kelurahan atau kecapatan agara pengajuan SKU dapat diproses.

Apa saja syarat-syarat pembuatan surat keterangan usaha tersebut? Berikut adalah pemaparannya:

  • Surat Pengantar RT/RW
  • Surat Pernyataan atau Permohonan
  • KTP atau Kartu Tanda Penduduk yang masih berlaku (Asli dan Fotokopi)
  • Kartu Keluarga (KK) Fotokopi

Namun perlu dicatat, bahwa syarat administratif ini dapat berbeda-beda di setiap wilayahnya. Oleh karena itu, pastikan terlebih dahulu mengenai syarat yang harus dipenuhi dengan bertanya di kantor kelurahan ataupun kantor kecamatan setempat.

Baca juga: Contoh Surat Kuasa 

Langkah-langkah Membuat Surat Keterangan Usaha Dari Desa

langkah-langkah-membuat-surat
pixabay

Setelah melengkapi syarat-syarat untuk membuat surat keterangan usaha dari kantor kelurahan ataupun kecamatan, maka selanjutnya ada langkah-langkah yang harus diperhatikan dalam pembuatan pembuatan surat keterangan usaha. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Pemohon surat keterangan usaha datang ke kantor kelurahan atau kecamatan dengan membawa berkah-berkas yang telah menjadi syarat administratif.
  2. Menemui petugas yang bersangkutan dan menyampaikan permohonan mengenai pembuatan SKU.
  3. Petugas yang bersangkutan menerima berkas dan melakukan pemeriksaan untuk memastikan bahwa berkas-berkas tersebut sudah lengkap dan sesuai dengan ketentuan.
  4. Proses pembuatan SKU menghabiskan waktu sekitar 10-30 menit, tergantung ketentuan dari petugas ataupun banyaknya antrian.
  5. Kemudian setelah SKU dibuat, maka tinggal meminta tanda tangan dan cap/stempel dari lurah atau camat sebagai pihak yang berwenang.
  6. Terakhir, surat usaha sudah siap dan dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.

Daftar Contoh Surat Ketarangan Usaha Dari Desa

Setelah memahami pengertian, manfaat, dan langkah-langkah dalam pembuatan surat keterangan usaha, berikut ini adalah contoh-contoh surat keterangan usaha yang dapat dijadikan sebagai referensi:

1. Contoh Surat Keterangan Usaha yang Baik dan Benar

Contoh surat keterangan usaha yang petama ini adalah contoh surat keterangan usaha yang sering digunakan oleh kebanyakan masyarakat. Berikut adalah contoh surat keterangan usaha yang baik dan benar:

PEMERINTAH KABUPATEN MAGETAN

KECAMATAN KAWEDANAN

DESA NGADIREJO

SURAT KETERANGAN USAHA

Nomor: 232/SKU/Desember/2019

Yang bertanda tangan di bawah ini, Kepala Desa Ngadirejo, Kecamatan Kawedanan, Kabupaten Magetan. Dengan ini menerangkan bahwa:

Nama                             : Firmansyah Adi Sofyan

NIK                                 : 48494920

Jenis Kelamin                 : Laki-laki

Tempat Tanggal Lahir    : Magetan, 29 September 1993

Agama                           : Islam

Pekerjaan                      : Wiraswasta

Alamat                         : Ds. Ngadirejo, Kec. Kawedanan, Kab. Magetan

Merupakan benar penduduk yang berdomisili di Desa Ngadirejo, Kecamatan Kawedanan, Kabupaten Magetan.

Berdasarkan pengamatan kami, bahwa nama tersebut di atas adalah benar memiliki usaha minimarket dengan nama Adimart yang beralamat di Desa Ngadirejo, Kecamatan Kawedanan, Kabupaten Magetan.

Adapun surat keterangan ini kami buat guna kelengkapan persyaratan kredit KPR di Ngadirejo.

Demikian surat keterangan usaha ini kami buat dengan sebenar-benarnya agar dapat dipergunakan sebagaimana mestinya, dan untuk intansi yang berkepentingan menjadi bahan periksa adanya.

Magetan, 29 Desember 2019

Kepala Desa Ngadirejo

Abdurrahman Rozaqi, S.E

2. Contoh Surat Keterangan Usaha dari Desa

Sebagaiman yang telah kalian ketahui, bahwa surat keterangan usaha dapat diterbitkan oleh aparat setempat yang dimana pelaku usaha mendirikan usahanya.

Di dalam hal pembuatan surat keterangan usaha ini, kerap kali kepala desa atau lurah dimintai tolong untuk bisa membantu menerbitkan surat tersebut demi berbagai keperluan dari pemilik usaha.

Berikut adalah contoh surat keterangan dari desa yang dapat dijadikan referensi:

PEMERINTAH KABUPATEN MAGETAN

KECAMATAN KAWEDANAN

DESA NGADIREJO

Jalan: Panglima Jendral Sudirman Nomor 32 Ngadirejo

SURAT KETERANGAN USAHA

Nomor: 123/433/544.545.543/2019

Yang bertanda tangan di bawah ini, Kepala Desa Ngadirejo, Kecamatan Kawedanan, Kabupaten Magetan. Menerangkan dengan sesungguhnya bahwa:

Nama                             : Intan Permatasari

Tempat Tanggal Lahir    : Magetan/13/04/1995

Jenis Kelamin                 : Perempuan

Agama                           : Islam

Pekerjaan                      : Pedagang

Alamat                         : Ds. Ngadirejo, Kec. Kawedanan, Kab. Magetan

Benar nama tersebut di atas adalah warga desa kami, dan sepanjang pengetahuan kami nama tersebut di atas sampai saat ini memiliki kegiatan usaha rumahan berupa krupuk rambak.

Demikian surat keterangan usaha ini kami buat dengan sebenar-benarnya agar dapat dipergunakan sebagaimana mestinya, dan untuk yang berkepentingan menjadikan maklum.

Magetan, 29 Desember 2019

Kepala Desa Ngadirejo

Abdurrahman Rozaqi, S.E

3. Contoh Surat Keterangan Usaha dari RT/RW

Tidak selamanya surat keterangan usaha ini diterbitkan oleh kepala desa ataupun lurah, namun juga ada kemungkinan bahwa surat keterangan usaha diterbitkan oleh seorang ketua RT. Berikut contoh surat keterangan usaha dari ketua RT/RW yang dapat dijadikan referensi:

PEMERINTAH KABUPATEN MAGETAN

KECAMATAN KARANGREJO

DESA GRABAHAN

Rt 08/Rw 05 Lingkungan Wetan

SURAT KETERANGAN USAHA

Nomor: 10/SKU/Desember/2019

Ketua Rt 08/Rw 05 Ling. Wetan Desa Grabahan Kecamatan Karangrejo Kabupaten Magetan. Dengan ini menerangkan bahwa:

Nama                             : Sanjaya Adi Kusuma

Jenis Kelamin                 : Laki-laki

NIK                                : 48348085

Agama                           : Islam

Pekerjaan                      : Wiraswasta

Alamat                         : Rt 08/Rw 05 Ds. Grabahan, Kec. Karangrejo, Kab. Magetan

Benar nama tersebut di atas adalah adalah penduduk Ling. Wetan Desa Grabahan Kecamatan Karangrejo Kabupaten Magetan, dan benar menurut sepengetahuan kami bahwa ianya memiliki Usaha Jualan Sembako yang bertempat di Ling. Wetan dengan nama toko Ojo Lali.

Demikianlah surat keterangan ini kami buat dengan sebenar-benarnya agar dapat dipergunakan sebagaimana perlunya.

Magetan, 29 Desember 2019

Ketua Rt 08/Rw 05

Ds. Grabahan, Kec. Karangrejo

 

Drs. Edi Suherman

4. Contoh Surat Keterangan Usaha UMKM

Pada saat ini ada banyak sekali jenis UMKM atau Usaha Mikro Kecil dan Menengah di berbagai macam tempat, dan tentunya dalam mendirikan UMKM ini ada syarat-syarat yang harus dipenuhi, seperti surat keterangan usaha ini misalnya:

PEMERINTAH KABUPATEN MAGETAN

KECAMATAN KARTOHARJO

DESA BAYEM TAMAN

Jl. Raya Bayem Wetan – Kartoharjo Km. 04 No. Tlp. 08238530385 Kartoharjo, 85394

SURAT KETERANGAN USAHA

Nomor: 549/……./XII/2019

Yang bertanda tangan di bawah ini, Kepala Desa Bayem Taman Kecamatan Kartoharjo Kabupaten Magetan menerangkan bahwa:

Nama Kelompok             : MIKRO BURUH KONVEKSI

Nama Ketua Kelompok  : Danang Abdullah

Alamat                           : RT. 01 RW. 07 Desa Bayem Taman Kecamatan Kartoharjo Kabupaten Magetan

Adalah benar-benar Kelompok Usaha Kecil Menengah “MIKRO BURUH KONVEKSI” dan berdasarkan data yang tercatat pada kami, kelompok tersebut di atas bergerak di bidang Usaha Konveksi.

Demikian surat keterangan ini kami buat dengan sebenarnya, dimohon kepada yang bersangkutan kiranya dapat memberikan bantuan dan maklum adanya.

Bayem Taman, 29 Desember 2019

Kepala Desa Bayem Taman

 

Udin Hakim

5. Contoh Surat Keterangan Usaha Mebel

Ada banyak sekali usaha mebel yang dapat kita temukan pada saat ini. Ya, karena memang usaha yang satu ini sangat menjajikan, apalagi mengingat kebutuhan manusia yang semakin meningkat mengenai mebel atau bahan bangunan ini.

Namun sebagaimana yang telah kita ketahui, modal guna memperbesar usaha mebel ini tidaklah murah. Oleh karena itu, kalian dapat meminta surat keterangan usaha kepada petugas atau aparat setempat dan mengajukan pinjaman ke bank.

PEMERINTAH KABUPATEN MAGETAN

KECAMATAN LEMBEYAN

KEPALA DESA KEDUNGPANJI

Jl. Bukit Tinggi, Kedungpanji, Lembeyan, Magetan

SURAT KETERANGAN USAHA

Nomor: I/12/Desember/2019

Yang bertanda tangan di bawah ini, Kepala Desa Kedungpanji Kecamatan Lembeyan Kabupaten Magetan dengan ini menerangkan bahwa:

Nama                     : Danang Abdullah

Tempat/ Tgl Lahir   : Magetan, 25 November 1992

No. KTP                  : 9483048

Agama                   : Islam

Pekerjaan              : Wiraswasta

Alamat                   : RT. 11 RW. 10 Desa Kedungpanji Kecamatan Lembeyan Kabupaten Magetan

Nama yang tersebut di atas adalah benar penduduk yang berdomisili di Ds. Kedungpanji RT. 11 RW. 10, Kec. Lembeyan, Kab. Magetan

Berdasarkan pengamatan kami, bahwa benar orang yang bersangkutan memiliki usaha berupa Produksi Mebel di wilayah Desa Kedungpanji.

Demikian surat keterangan ini kami buat dengan sebenarnya, dimohon kepada yang bersangkutan kiranya dapat memberikan bantuan dan maklum adanya.

Dikeluarkan di : Ds. Kedungpanji, Kec. Lembeya

Pada tanggal   : 29 Desember 2019

Kepala Desa Bayem Taman

 

Ahmad Jainuddin Naciro

6. Contoh Surat Keterangan Usaha Bengkel

Perkembangan kendaraan bermotor semakin hari semakin meningkat, hal tersebut tentu juga berdampak pada meningkatnya kebutuhan akan jasa reparasi atau perbaikan kendaraan bermotor.

Sehingga dengan hadirnya kebutuhan tersebut, memberikan peluang usaha kepada ahli kendaraan untuk mendirikan sebuah bengkel atau tempat reparasi. Berikut ini adalah contoh surat keterangan usaha bengkel yang dapat dijadikan sebagai acuan:

PEMERINTAH KABUPATEN MAGETAN

KECAMATAN MAOSPATI

KELURAHAN KRATON

SURAT KETERANGAN USAHA

Nomor: I/25/Desember/2019

Yang bertanda tangan di bawah ini, Lurah Kraton, Kecamatan Maospati, Kabupaten Magetan, dengan ini menerangkan bahwa:

Nama                     : Prima Pemuda Jaya

No. KTP                  : 85395058

Jenis Kelamin         : Laki-laki

Tempat/ Tgl Lahir   : Magetan/19/05/1995

Agama                   : Islam

Pekerjaan              : Wiraswasta

Alamat                   : Jl. Asmara Kusuma No. 23 Magetan

Adalah benar penduduk yang berdomisili di Kelurahan Kraton, Kecamatan Maospati, Kabupaten Magetan.

Berdasarkan data dan pengamatan kami, bahwa benar nama tersebut di atas memiliki usaha bengkel dengan nama Prima Jaya Tekno di wilayah Kelurahan Kraton.

Adapun surat keterangan usaha ini kami buat, guna untuk melengkapi persyaratan pengajuan kredit pinjaman ke bank.

Demikian surat keterangan usaha ini kami buat dengan sebenarnya, untuk dapat dipergunakan sebaik-baiknya dan sebagaimana mestinya.

Dikeluarkan di : Magetan

Pada tanggal   : 29 Desember 2019

Lurah Kraton

Kec. Maospati, Kab. Magetan

 

Agil Salim Mustofa

7. Contoh Surat Keterangan Usaha untuk Rumah Makan

Sebagai seorang pelaku usaha di bidang kuliner atau rumah makan, tentunya kalian menginginkan usaha yang besar dan memberi keuntungan yang banyak. Oleh karena itu, seorang pelaku usaha atau pemilik rumah makan akan terus berusaha untuk memperbesar usaha yang dimilikinya.

Namun jika ternyata kalian tidak memiliki cukup modal untuk mengembangkan usaha tersebut, kalian dapat meminta surat keterangan usaha dari aparat setempat guna mengajukan pinjaman ke bank atau lembaga keuangan lainnya.

Berikut ini contoh surat keterangan usaha dari aparat yang dapat kalian jadikan sebagai referensi:

PEMERINTAH KABUPATEN MAGETAN

KECAMATAN NGARIBOYO

DESA BANGSRI

SURAT KETERANGAN USAHA

Nomor: 3/SKU/Desember/2019

Yang bertanda tangan di bawah ini, Kepala Desa Bangsri Kecamatan Ngariboyo Kabupaten Magetan, menerangkan bahwa penduduk desa kami:

Nama                     : Ibnu Bambang

NIK                         : 48934104

Jenis Kelamin         : Laki-laki

Pekerjaan              : Wiraswasta

Alamat                   : Ds. Bangsri, Kec. Ngariboyo, Kab. Magetan

Nama tersebut di atas benar-benar mempunyai usaha: Rumah Makan Legowo

Demikian surat keterangan usaha ini kami buat dengan sebenarnya, untuk dapat dipergunakan bagi yang berkepentingan.

Bangsri, 29 Desember 2019

Kepala Desa Bangsri

Kec. Ngariboyo, Kab. Magetan

 

Agus Ahmad Sidqi

Sekian

Demikianlah pembahasan kita mengenai pengertian surat keterangan usaha beserta langkah pembuatan dan contoh-contohnya.

Semoga dengan adanya pembahasan tersebut dapat membantu dan memberikan kemudahan bagi kalian dalam membuat dan memproses surat keterangan usaha dengan mudah.

Akhir kata, semoga pembahasan-pembahasan tersebut dapat bermanfaat, sekian dan terimakasih 🙂

Naufal Muhsy Penyuka kopi yang tak terlalu manis. Pembelajar yang tak jua paham. Pejalan yang tak jua sampai.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.